Resep Soto Ayam

Soto Ayam
Di musim penghujan seperti ini, menyantap makanan berkuah yang hangat pastilah nikmat sekali. Contohnya soto ayam. Makanan satu ini tentu saja tidak asing lagi bagi kita semua. Bahan-bahan yang terdapat di dalam sayur ini begitu lengkap. Ada sayur yang mengandung vitamin. Soun yang kandungannya serupa dengan nasi, yaitu karbohidrat. Kita juga mendapatkan sumber protein dari daging ayam yang menjadi pelengkap di sayur ini. Bahan dan cara membuat sayur soto ayam ini tidaklah sulit. Berikut bahan dan cara membuatnya :

Bahan :
1/2 ekor ayam
100 gr soun kering, seduh dengan air panas lalu tiriskan
sayur kol secukupnya, iris tipis
250 gram kentang, iris seperti korek api, lalu digoreng
1 batang daun bawang
1 batang daun seledri
1 buah tomat
2 buah jeruk nipis
3 sdm bawang goreng
1.5 liter air
3 sdm minyak goreng untuk menumis
3 cm jahe
3 cm lengkuas
3 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan

Bumbu yang Dihaluskan
6 siung bawang merah
5 siung bawang putih
3 cm kunyit
1 sdt merica
1 1/2 sdm garam
1/2 sdt kaldu ayam bubuk

Cara Membuat :
  1. Rebus ayam  dalam 1.5 liter air hingga empuk. Angkat. Setelah dingin, goreng sebentar. Suwir-suwir. Air rebusan ayam disisihkan dahulu untuk kuah soto.
  2. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum. Masukkan jahe, lengkuas, daun salam dan serai.
  3. Bumbu yang telah harum dimasukkan ke dalam kuah soto yang sedang mendidih, aduk rata.
  4. Masukkan daun bawang, seledri dan tomat.
  5. Atur soun, kentang, kol di dalam mangkuk saji. Tambahkan ayam suwir lalu taburi dengan bawang goreng. Siram dengan kuah soto yang masih panas. 
  6. Beri jeruk nipis, hidangkan selagi panas.
# bagi yang tidak menyukai kol mentah, dapat menyeduh kol dengan air panas hingga setengah matang.

Related Post :
Resep Ayam Suwir Rica-rica
Cara Membuat Tongseng Kambing
Resep Bolu Koja

8 comments:

  1. Mendadak laper mbak... :) Aku sering masak ini...gampang+anak-anak suka...kalo nggak pake ayam..aku kadang pake cekernya ayam.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake ceker mbak..? wah makin mantap tuh.. :)

      Delete
  2. Kesukaan keluarga ku Mba, soto. Kadang soto banyumas, soto lamongan, kadang coto makasar atau soto betawi. Pokoknya yang namanya soto, keluargaku suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak... soto, makanan kesukaan saya dan anak-anak.. yummy ya :)

      Delete
  3. Kesukaan suamiku nih :)
    Makasih share-nya ya mbaa ...

    ReplyDelete
  4. Kesukaan keluargaku. Tapi sekarang males masak, karena sudah punya warung soto langganan :)

    ReplyDelete
  5. nyami banget apalagi d tambah sambal ijo bikin huhah :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}