Manfaat Tinta Cumi-Cumi

Manfaat tinta cumi-cumi. Siapa yang tidak mengenal hewan laut yang mengandung protein tinggi ini? Rasanya yang gurih dan teksturnya yang sedikit agak kenyal, membuat banyak orang menyukai hewan bertulang lunak ini. 
Cumi Asam Manis
Dalam penyajiannya, ada yang diolah tanpa tinta, namun ada pula yang mengolahnya bersama tinta yang berwarna hitam itu. Sebenarnya, sayang jika tinta tersebut dibuang karena banyak manfaat tinta cumi-cumi untuk tubuh kita, loh!

Barangkali dari penampakan hidangannya saja yang berbeda, yang menggunakan tinta, warnanya menjadi hitam dan agak kurang menarik. Oleh karena itu, tidak jarang tinta cumi-cumi dibuang tanpa ikut dimasak.

Cumi dengan tintanya
Selain cara penyajian yang dengan atau tanpa tinta, untuk menikmati cumi-cumi, orang mengolahnya dengan berbagai macam cara. Seperti digoreng dengan tepung, ditumis dengan saus tiram, dimasak dengan saus asam manis atau dengan cara dibakar. 
Anak-anak saya menyukai semua olahan cumi-cumi. Digoreng menggunakan tepung, suka! Dimasak asem manis, disikat! Diolah dengan tinta, ludess..! :))

Tahukan teman, ternyata tinta cumi-cumi banyak mengandung manfaat untuk tubuh kita. Apa saja manfaatnya? Beberapa manfaat tinta cumi-cumi yang dapat kita peroleh, yaitu :
  1. Menurut penelitian, tinta cumi-cumi dapat mengaktifkan sel darah putih yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh. Sel darah putih dapat memberantas kuman atau bibit penyakit.
  2. Tinta cumi dapat digunakan untuk mengatasi tumor. Universitas Jepang mengadakan penelitian dengan menggunakan tikus yang terkena tumor. Dari 15 ekor tikus yang disuntik menggunakan tinta cumi, 3 diantaranya mati. Namun 12 ekor tikus tetap hidup. Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, ternyata dalam tinta cumi-cumi terkandung mineral vitamin A, yang berpengaruh pada penyakit tumor.
  3. Selain itu, kandungan omega 3, protein, dan iodium yang terdapat pada tinta cumi, juga bisa melawan sel-sel kanker .
Nah, ternyata tinta cumi-cumi bermanfaat untuk tubuh kita, bukan? Selain itu, tinta cumi juga dapat menambah cita rasa tersendiri. Jadi, pilih memasaknya dengan menggunakan tinta, atau membuang tintanya?

16 comments:

  1. Ternyata banyak juga ya manfaatnya, langsung deh semoga aja bisa merasakan manfaatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kirain tinta itu, kotoran cumi..hi..hi..ternyata ada manfaatnya

      Delete
  2. Baru tahu banyak manfaatnya, sayang banget suami gak suka hewan laut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang, gak bisa makan bareng dong, ya..

      Delete
  3. manfaatnya banyak bngt yaa, ni makanan favorit aku bngt. boleh lah diajari sya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buatnya gampang kok, hanya menggunakan bumbu biasa aja. :)

      Delete
  4. selain banyak manfaatnya, lihat gambarnya bikin ngiler.

    ReplyDelete
  5. Ternyata bermanfaat banget ya. Selama ini saya memang suka dimasak yang masih ada tintanya. Dalam pikiran saya, ini pasti ada manfaatnya. Ternyata benar. Makasih ya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga lebih sering yang menggunakan tinta, Pak.

      Delete
  6. Kalau di daerah Bugis (Sulawesi Selatan), kami masak cumi dengan tintanya, Mbak. Lebih enak. Ternyata manfaatnya besar yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..kalau dari daerah Bugis, bumbunya apa aja ya? Sepertinya, gak sama, ya..

      Delete
  7. Baru tahu kalo tinta cumi2 banyak manfaatnya. Ternyata bener, ga ada ciptaan Allah yg sia-sia ya. Semua memiliki manfaat. Nice info Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak...ciptaan Allah tidak ada yang sia-sia. Semua pasti ada manfaatnya :)

      Delete
  8. agak gak suka gitu sih, eh tapi ada manfaatnya ternyata, thanks

    ReplyDelete
  9. biasanya malah agak risih klo ada tintanya,, ternyata itu malah punya khasiat to.. haa

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}