Cara Tampil Cantik (Cakep) Luar Dalam Ketika Berpuasa

Siapa yang tidak mau tampil cantik (cakep) luar dalam ketika berpuasa? Tentu saja semua orang ingin penampilannya selalu segar meskipun sedang berpuasa, bukan? Ketika berpuasa, asupan makanan dan cairan ke dalam tubuh, porsinya tidak seperti hari-hari biasanya. Hal ini dapat mempengaruhi kondisi tubuh kita.
http://www.nurulfitri.com/2016/06/cara-cantik-luar-dalam-ketika-berpuasa.html
Keluhan yang kerap terjadi ketika menjalankan ibadah puasa, yaitu kondisi kulit yang menjadi kering, kusam serta tidak lancar dalam proses buang air besar. Dan yang paling sering ditemukan yaitu, keluhan dehidrasi. Semua keluhan tersebut bisa terjadi karena kita diharuskan untuk bangun sekitar 2 jam lebih awal dari biasanya, lalu terkena paparan sinar matahari, paparan polusi saat beraktivitas hingga berada di ruangan ber-AC, 8 jam saat di kantor.

Untuk menghindari keluhan yang terjadi ketika melakukan ibadah puasa, kita perlu melakukan beberapa perawatan. Inilah beberapa cara agar kita bisa tampil cantik (cakep) luar dalam dan kulit wajah serta tubuh tetap segar, ketika berpuasa sepanjang hari : 

Asupan Air Putih 13 Gelas
Apabila dalam sehari-hari kita mengosumsi air sebanyak 8 gelas sehari, maka ketika berpuasa, kita dianjurkan untuk minum sebanyak 13 gelas dalam sehari. Hal ini dianjurkan oleh dr. Edy Karta Sp.kk, yang mengatakan jika kandungan hidrogen, oksigen dan mineral yang ada dalam air putih memiliki banyak kegunaan bagi tubuh. 

Manfaat air bagi tubuh antara lain, melancarkan peredaran darah, mencegah kekeringan pada kulit dan membantu proses pembuangan racun atau toksin dalam tubuh kita.

Asupan cairan yang cukup ke dalam tubuh, dapat menjaga elastisitas, kelembapan tektur permukaan kulit dengan sempurna secara alami. Kita perlu waspada, jika kekurangan asupan air putih, selain mempengaruhi tekstur kulit, juga bisa membahayakan kerja organ-organ di dalam tubuh, seperti ginjal.
http://www.nurulfitri.com/2016/06/cara-cantik-luar-dalam-ketika-berpuasa.html

Perbanyak Porsi Buah dan Sayuran
Selain air putih, kita juga perlu menambah porsi buah dan sayuran dalam makanan harian kita ketika sedang berpuasa. Ketika berpuasa, usus manusia cenderung akan mengalami perubahan menjadi lebih kecil.

Oleh karenanya, mengonsumsi buah dan sayuran yang mudah dicerna oleh usus, dengan warna gelap dan mengandung asam folat, antioksidan, kalsium, zat besi dan kaya akan vitamin, dapat membantu kerja usus. 

Adapun buah yang mengandung banyak air, minyak, vitamin C, E, dan A, akan merangsang produksi kolagen, memberi nutrisi pada kulit dan membantu proses regenerasi sel-sel kulit.
Contoh buah dan sayur yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa diantaranya : jambu, tomat, semangka, labu, selada, wortel, seledri, lobak dan mentimun

Oh, iya, mengingatkan juga, berikan jeda sekitar 30 menit sesudah berbuka untuk memulai makan malam lengkap dengan sayuran yang diikuti dengan buah-buahan. Hal ini untuk membuat lambung tidak bekerja terlalu berat setelah seharian tidak diberi asupan makanan.
http://www.nurulfitri.com/2016/06/cara-cantik-luar-dalam-ketika-berpuasa.html

Menjaga Kebersihan Wajah
Untuk tampil segar luar dalam ketika berpuasa, kita juga perlu membersihkan wajah dengan teratur. Karena kulit yang bersih dan sehat akan membantu proses penyerapan produk kesehatan kulit dengan maksimal. Yang perlu diketahui, mencuci wajah dengan cara yang salah, malah akan menyebabkan kulit menjadi kering.

Membersihkan wajah yang benar, yaitu mengawalinya dengan membasahi kulit dengan air hangat. Kita bisa memilih pembersih yang mengandung vitamin C dan aloe vera gel yang dipercaya, menyegarkan dan mendinginkan kulit. Yang paling penting, pilihlah produk pembersih wajah yang mengandung glycerin yang berfungsi melembutkan kulit serta meningkatkan hidrasi. Setelah selesai membersihkan wajah, bilaslah dengan air dingin.

Agar kebersihan wajah bisa lebih maksimal, oleskan toner yang mengandung vitamin E dan wheat germ oil. Sisa sabun atau pembersih pun akan hilang, tanpa membuat wajah terasa kering dan terlindung dari radikal bebas.

Menjaga Kelembapan Permukaan Kulit
Setelah kulit bersih, kulit juga diperlukan pelembab pada pagi dan malam hari. Di pagi hari, gunakan pelembab yang mengandung UVA dan UVB serta memiliki kadar SPF 30, agar kulit terlindungi.

Sedangkan pada malam hari, menjelang tidur oleskan krim malam yang mengandung vitamin E dan cocoa butter yang mudah menyerap dan mengikuti suhu tubuh.  Dengan krim malam, maka kulit akan terasa halus dan lembap sepanjang malam. Bukankah kita telah mengetahui, jika pada malam hari kulit bisa melakukan penyerapan lebih baik sehingga nutrisi yang ada dalam krim malam dapat bekerja dengan maksimal?

Untuk kulit yang lebih tipis dari kulit wajah lainnya seperti area kulit mata, oleskan eye cream khusus untuk menghaluskan sekaligus mengurangi garis-garis halus di sekitar mata. Lebih baik menggunakan eye cream yang mengandung vitamin E dan algae extract.
http://www.nurulfitri.com/2016/06/cara-cantik-luar-dalam-ketika-berpuasa.html

Lakukan Perawatan Ekstra
Agar kesegaran kulit dapat kembali, gunakan perawatan ekstra yang praktis. Kita bisa mengandalkan masker dan lotion wajah. Selain mudah pada saat mengaplikasikannya, masker juga berfungsi menstimulasi peredaran darah, mengangkat sel kuit yang mati, membersihkan pori yang tersumbat dan mengurangi produksi minyak yang berlebih pada wajah.

Jika kulit muka telah kusam, gunakan masker yang memilik formula whitening dan berbentuk kain yang mudah dibersihkan. Penggunaan masker ini, dapat dilakukan seminggu sekali. 

Sedangkan untuk pemilik kulit wajah dengan warna tidak merata, terdapat noda-noda hitam yan membandel, oleskan lotion wajah dengan kandungan daun lidah buaya organik. Kandungannya ini, ampuh memberikan asupan atioksidan dan mengurangi produksi melanin. Wajah pun akan terlihat lebih cerah dan segar.

http://www.nurulfitri.com/2016/06/cara-cantik-luar-dalam-ketika-berpuasa.html

Nah, itulah beberapa cara agar tampil cantik (cakep) luar dalam ketika berpuasa. Bagaimana dengan teman-teman? Bagaimana caranya untuk membuat penampilan kita tetap segar sepanjang hari meskipun sedang berpuasa?

37 comments:

  1. Dan satu hal lagi yang belum disebut. Agar tampil cantik (Cakep) luar dalam ketika berpuasa, jangan lupa mandi. Hehehe... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha..ha..ha...iyaa, saya lupa menambahkan soal mandi. Makasih sudah diingatkan, Mas :)

      Delete
    2. Hehehe.... iya sama-sama :)

      Delete
  2. Waah aku jarang maskeran, pakai bedak aja cara hehehe

    ReplyDelete
  3. Makasih tipsnya mba..

    Duuh.. Saya klo d rumah sering lupa bersih2 wajah pakai sabun :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampai lupa, mbak. Supaya wajah tambah kinclong hi..hi..

      Delete
  4. Ketika puasa, asupan air malah lebih banyak ya mbak. Aku baru tahu itu. Makasih ya tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya terhindar dari dehidrasi dan kekeringan, asupan cairannya perlu diperbanyak :)

      Delete
  5. Oh iya, harus mulai rajin maskeran ya. Hihihi... baru ingat. Harus mulai rajin nih. Makasih sudah diingatkan perihal asupan minum dan masker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maskeran supaya lebih fresh dan kinclong he he he

      Delete
  6. Info yang sangat bermanfaat di bulan ramadhan

    ReplyDelete
  7. 13 gelas itu yg syulit... minumnya kalao malam ajah... pipis mulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nih. Perlu diatur, supaya bisa 13 gelas.

      Delete
  8. Aduh, puasa2 begini kok aku jadi malas merawat wajah ya. Banyakan di dalam rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merawatnya gak perlu keluar rumah Mbak. Dari dalam rumah juga bisa,kok!

      Delete
  9. Tipsnya bagus mbak seprtinya bisa saya coba tipsnya.

    ReplyDelete
  10. woww 13 gelas ya, aku sering kurang minum mungkin bikin badan rasanya lemes n lesu >.<
    belum lagi asupan sayurnya dikit
    makasih tipsnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu Mbak, harus banyak minum supaya gak lemes.

      Delete
  11. Wah jadi 8 gelas masih kurang ya saat puasa, mesti nambah lg nih targetu TFS Mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Ayoo, ditambah targetnya he he he

      Delete
  12. aku mulai perawatan nih mbak, mukaku kusam banget, baru aja MD ke dokter kulit n obatin jraawt. tapi kadang2 timbul malas jugaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah..yang baru pulang dari perawatan...senengnya :)

      Delete
  13. Selain asupan air yang banyak, kabarnya harus hindari teh dan kopi ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, kopi dan teh perlu dihindari juga jika sedang berpuasa. Makasih sudah diingatkan, mbak :)

      Delete
  14. Nah ini dia mba. Buah dan sayurm entah kenapa sekarang agak menurun nih asupan dua benda ini. Hup harus diperbaiki ini mumoung masih ada setengah bulan lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya...kadang buah dan sayur malah jadi menurun. Mungkin karena sudah merasa cukup dengan makanan yang lain ya mbak..

      Delete
  15. Karena tinggal di wilayah khatulistiwa yang cukup puanaassss, dehidrasi saat puasa rasanya jadi langganan. Alhasil kulit tubuh juga ikut kering terutama kaki, tangan, wajah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbak, kulit kaki dan tangan jadi kering. Perlu dirawat dengan lotion, nih :)

      Delete
  16. aku belum nerapin semuanya mbak.. apalagi yg no 1. jangankan 8 gelas. kadang kurang heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa diterapkan ya, mbak. Supaya mbak makin cantik dan bugar he..he..he

      Delete
  17. Minumku masih kurang buanyak #nyadar. Makasih Mbak artikelnya, ingetin aku nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak, diperbanyak, supaya keliatan cantik dan segar :)

      Delete
  18. mau dung cantik luar dalem...
    gak di bulan puasa aja sih maunya seterusnya hehehe
    konsistensinya ya suka rada susah niih

    ReplyDelete
  19. Mba Nurul, tulisan ini jadi pengingat agar penampilan tetap oke di bulan puasa. Katanya, air wudhu juga bisa buat kita jadi makin cantik. Hehee

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}