Inovasi Bisnis : Menarik Minat Pengunjung Dengan Spot Yang Instagramable di Warung Badung

Menarik minat pengunjung dengan spot yang instagramable merupakan salah satu inovasi dalam melakukan sebuah bisnis. Hampir semua bisnis memerlukan inovasi. Karena dengan melakukan inovasi, dapat meningkatkan omzet atau memberi nilai tambah bagi sebuah bisnis. 
Aspek apa saja yang memerlukan inovasi dalam bisnis? Hampir semua aspek memerlukan inovasi. Mulai dari segi manajemen, jenis jasa atau barang yang ditawarkan, tempat yang menarik hingga masalah pengelolaan keuangan. 
http://www.nurulfitri.com/2016/06/inovasi-bisnis-warung-badung.html
Contohnya saja, inovasi yang dilakukan pebisnis kuliner. Seperti kita ketahui, bisnis yang berhubungan dengan makanan, kini tengah marak di tengah masyarakat.

Akhir minggu lalu, saya mengunjungi Warung Badung, sebuah tempat makan yang berada di Jalan Jenderal MT. Haryono, Subang. Keluarga saya mengunjungi tempat ini, pada saat sore hari. Oleh karena itu, mohon dimaafkan apabila gambarnya tidak begitu terang, ya... :)

http://www.nurulfitri.com/2016/06/inovasi-bisnis-warung-badung.html
Rumah makan ini  didirikan di dalam sebuah ruko atau rumah toko. Dan seperti ruko pada umumnya, tempat ini pun tidak memiliki halaman yang dapat ditanamami pohon-pohon yang asri untuk dinikmati oleh pengunjung. Namun pemilik rumah makan ini bisa melakukan inovasi dalam berbagai aspek. Hingga saya kira, dapat bersaing dengan rumah makan lain yang biasanya memiliki taman luas dan asri serta menyediakan arena bermain untuk anak-anak. Apa saja inovasi yang dilakukan pemilik rumah makan ini untuk menarik minat pengunjung? 

Tempat Makan Yang Instagramable
Seperti yang telah saya ceritakan di awal, tempat ini merupakan bangunan yang tidak memiliki taman, namun memiliki balkon yang ada di lantai dua untuk melihat arus lalu lintas di depan rumah makan. Meningkatnya antusias masyarakat akan spot bagus untuk berfoto yang kemudian mengunggah di media sosial, diambil sebagai peluang bagus bagi pemilik Warung Badung.

Ketika memasuki tempat makan ini, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan yang eye catching. Di dinding kanan dan kiri, terpampang menu makanan dan minuman yang tersedia di tempat itu. Tidak seperti biasanya, menu yang bisa dilihat, tersedia dalam gambar-gambar yang menurut saya, cukup artistik.
http://www.nurulfitri.com/2016/06/inovasi-bisnis-warung-badung.html
Warung Badung tampak depan.
http://www.nurulfitri.com/2016/06/inovasi-bisnis-warung-badung.html
Menu-menu yang bisa dipesan di Warung Badung
Wajar saja, jika ada beberapa pengunjung yang mencoba berfoto dengan latar belakang menu yang terpampang di kedua sisi rumah makan ini. Dan apabila belum cukup dengan spot yang instagramable di Warung Badung bagian bawah, pengunjung dapat mencari spot yang lain di lantai atas.

Di sepanjang sisi tangga yang menuju ke ruang atas, terpasang beberapa buah lukisan yang disimpan dalam pigura. Dindingnya pun dilapisi wallpaper dengan motif kayu yang terkesan alami.

Ruangan yang ada di lantai atas, terbagi menjadi dua bagian. Terdapat ruangan smoking area dan menyatu dengan balkon serta satu ruangan ber-AC. Seperti keadaan di ruangan bawah, dinding di lantai atas pun di desain dengan kesan artistik. Satu sisinya melukiskan sebuah kota tua dengan bangunan kuno yang berjajar di sepanjang jalan. 

Sedangkan di sisi yang lain, dinding dilapisi oleh kertas bermotif kayu dan dihiasi oleh beberapa gambar yang menggambarkan tempo dulu. Tidak berbeda dengan keadaan di lantai bawah, di bagian atas rumah makan ini, para pengunjung juga banyak terlihat mengambil foto, untuk mengabadikan keberadaan mereka di rumah makan ini.
http://www.nurulfitri.com/2016/06/inovasi-bisnis-warung-badung.html
Spot yang paling banyak diminati oleh pengunjung
http://www.nurulfitri.com/2016/06/inovasi-bisnis-warung-badung.html
Dinging yang dilapisi kertas dengan motif kayu
http://www.nurulfitri.com/2016/06/inovasi-bisnis-warung-badung.html
Ruangan terbuka yang berhubungan dengan balkon
Saya juga gak akan heran, jika para pengunjung datang ke tempat ini, semata-mata hanya ingin mendapatkan spot yang menarik untuk berfoto. Urusan membeli makanannya barangkali urusan nomor dua ya ...hi..hi..

Etapi, inovasi untuk menarik pelanggan yang dilakukan oleh rumah makan yang berada di dekat kawasan Planet Waterboom ini, tidak hanya pada urusan tempat yang instagramable, loh! Ternyata ada cara unik lain yang dilakukan pemiliknya untuk mendatangkan banyak pelaku kuliner.

Penyajian Makanan Yang Unik
Karena bisnis ini fokus utamanya pada makanan, maka inovasi yang dilakukan pun dilakukan pada makanan yang tersedia. Cara penyajian makanan di tempat ini pun cukup inovatif

Jika pengunjung memesan nasi goreng, maka rumah makan ini akan menyuguhkan pesanan dalam sebuah penggorengan. Peralatan dapur yang biasanya digunakan untuk menggoreng ini, justru di sajikan sebagai tempat makan. Unik, bukan?
http://www.nurulfitri.com/2016/06/inovasi-bisnis-warung-badung.html
Nasi Goreng Rica
http://www.nurulfitri.com/2016/06/inovasi-bisnis-warung-badung.html
Nasi Goreng Badung
Selain itu, apabila memesan steak, sebuah cawan terbuat dari aluminium akan disajikan sebagai tempat bumbu kuah bersama kentang dan sayurannya. Oh iya, gelas yang digunakan untuk menampung minuman pun, bentuknya tidak biasa, loh!
http://www.nurulfitri.com/2016/06/inovasi-bisnis-warung-badung.html
Chicken Pepper Steak
Inovasi Pada Menu Makanan
Untuk menarik minat pengunjung, Warung Badung juga memberikan beberapa alternatif pilihan menu yang beragam. Nasi goreng yang disajikan, diberikan dalam beberapa varian. Seperti nasi goreng rica, nasi goreng badung, dan nasi goreng dengan menu yang lain. Anak lelaki saya yang menyukai makanan pedas, dapat menghabiskan satu porsi nasi goreng rica, tuh! Kayaknya rasanya cocok di lidahnya he..he..

Steak yang tersedia di Warung Badung ini, juga disajikan dalam berbagai variasi. Berbahan dasar daging ayam dan daging sapi yang diolah dengan cara original maupun dengan dibungkus tepung agar lebih crispy. Steak yang kami pesan adalah chicken pepper steak. Sesuai dengan namanya, bumbu yang dominan dalam hidangan ini, merica. Dan merica yang ada dalam bumbu siramnya terasa dominan di lidah saya, lumayan menghangatkan tenggorokan. Untuk ukuran ayamnya, kayaknya kurang besar, deh.#eh

Untuk penyuka kuliner yang tidak ingin makan dengan kalori yang besar, tempat ini juga menyediakan berbagai macam makanan ringan. Seperti roti bakar dengan topping es krim di atasnya. Kemarin anak saya memilih roti bakar coklat dengan  es krim strawberi di atasnya. Rotinya terasa garing dan renyah, dibubuhi oleh dinginnya es krim dengan rasa stawberi, begitu pas di lidah.
http://www.nurulfitri.com/2016/06/inovasi-bisnis-warung-badung.html
Roti coklat dengan es krim strawberi
Makanan belum lengkap rasanya jika tanpa minuman, bukan? Minuman yang tersedia di sini pun cukup lengkap. Sempat membuat kami bingung memilihnya, soalnya semua keliatan menarik, sih. :)
Akhirnya pilihan kami jatuh pada strawberry jelly float, mochacino float coffe, melon mojito dan jus alpukat.
http://www.nurulfitri.com/2016/06/inovasi-bisnis-warung-badung.html
Seperti makanannya, minuman di Warung Badung juga cukup memuaskan di lidah keluarga saya. 

Lalu, bagaimana dengan harganya? Tidak perlu khawatir, makanan dan minuman yang ada di rumah makan ini, tidak mahal atau memiliki harga yang standar. 
Untuk nasi goreng, harganya mulai Rp. 16.000 dan Rp. 17.000. Sedangkan aneka jenis steak diberi harga mulai Rp. 25.000. Roti coklat dengan es krim di atasnya Rp. 16.000 dan minuman di Warung Badung harganya mulai Rp. 12.000.

Oh iya, untuk mencapai rumah makan Warung Badung, tidaklah sulit. Dari pusat kota, tempat ini berada di sekitar daerah Cigadung, sebelum Kolam Renang Planet Waterboom.  

Selama berada di sana, saya lihat cukup banyak pengunjung yang datang. Meskipun berada di sebuah ruko, namun desain rumah makan ini, ternyata cukup menarik minat pengunjung. Yup, untuk bersaing dalam bisnis yang sudah menjamur ini, memang dibutuhkan inovasi. Agar bisnis tidak kalah bersaing dan diharapkan dapat memberikan nilai tambah pada sebuah bisnis. 

Nah, inovasi apa yang telah dilakukan untuk kemajuan bisnis teman-teman? Sharing. yuk!

48 comments:

  1. Waah penyajian makanannya uniik bangett ya. Pakai penggorengan. Hihi..Waah kalau anak muda yang suka foto-foto pasti pengin makan di tempat ini ya Mbak. Instagramable soalnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Unik ya..penyajiannya pakai penggorengan. Tapi penggorengannya gak panas, kok! Bukan bekas memasaknya. Hanya sebagai tempat hidangan aja :)

      Delete
  2. Aiih membahas ttg kuliner tidak ada habisnya.terbayang kelezatannya tuh mbak bikin ngeces aja menu bervariasi nan murmer di resto Badung,so yummy😊☺😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, mbak. Bervariasi dan murmer. Bisa dijadiin rekomendasi untuk datang lagi he..he..he

      Delete
  3. Jika bicara bisnis kuliner ...
    kreatifitas memang selalu ditantang.
    menciptakan suasana yang unik dan menyenangkan customer
    menciptakan masakan - minuman yang juga unik dan enak ...

    Salam saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Om, butuh inovasi yang unik, supaya customernya berdatangan :)
      Terima kasih sudah berkunjung, Om Nh

      Delete
  4. Iya nih.... tempatnya jepretable & instagramable

    ReplyDelete
  5. Kuliner..kuliner..selalu penuh dengan inovasi dan kreativitas cara penyajiannya ya :D

    Selalu salut sama warung/cafee yang punya nilai artistisk.

    DAn satu hal,agar pengunjung bisa baliklagi adalah service time nya ga pake lama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, Teh. Servicenya ga pake lama, itu yang diharapkan pengunjung

      Delete
  6. Unik banget pake wajan, di Surabaya juga ada pakai panci untuk menu mie katanya ngikut tren korea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, ternyata itu, trend dari Korea ya? Saya baru tau mbak :)

      Delete
  7. Sekarang kalao nyari cafe yang instagramable... hehehe
    Andaj ajah ada di Boyolali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak, yang penting ada spot yang bagus untuk berfoto hihihi

      Delete
  8. idem di bogor, teh. mulai menjamur tempat makan plus nongkrong yg instagramable. padahal kadang rasanya biasa aja, tp krna tempatnya keren jadi rame

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kan, di Bogor juga mulai banyak tempat makan yang dicari gara-gara spot yang bagus ya..?

      Delete
  9. Kalo tempat keren gini biasanya support untuk ngopi tp sayang ga dibahas soal kopinya atau memang ga ada menu minuman kopinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mas, di sana menyediakan kopi juga, kok! Kebetulan keluarga saya gak pesan kopi, jadi saya gak bisa bercerita banyak hihihi

      Delete
  10. kalo disuruh pilih
    kayaknya enak yang nasi gorengnya agak coklatan
    hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nadi goreng yang agak coklat itu, pedes Nit. Kalo saya gak kuat makannya. Tapi anak-anak, suka pedes :)

      Delete
  11. Ealah nasonya sepenggorengan hahaha...tp keknya nasinya ga banyak ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak itu penggorengan yang sedang. Nasinya sekitar satu piring besar, mbak :)

      Delete
  12. Bandung emang juaranya kuliner 😍
    Itu nasgornya jd inget nasi briani di Malaysia, xixi...
    Ngeces mba 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bandung memang juaranya kuliner, mbak. Tapi rumah makan ini di Subang, namanya aja yang mirip dengan Bandung :)

      Delete
  13. Skarang makin banyak cafe or resto yg instragamable gini ya mba.. jadi bikin pengen nongkrong terus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang tujuan pemiliknya seperti itu, mbak. Biar banyak yang nongkrong terus.

      Delete
  14. Saat ini makin menjamur ya tempat makan yg instagramable buat foto2. Soal harga standart dg kafe di Semarang. Asik lah ini cuma namanya unik ya, Warung Badung, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, mbak nama yang unik juga bisa menarik perhatian pengunjung ya..

      Delete
  15. Sekarang ini tempat makan yg igable menjamur dimana-mana mba. Di kota tempat tinggalku juga gitu padahal kota kecil.
    Jadi trend ini, Sayangnya makanannya belum tentu enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...sayang juga ya Mbak, kalau tempatnya sudah bagus tapi makanannya kurang memuaskan...

      Delete
  16. Harganya gak terlalu mahal ya, cocok nih buat kantong Mbak. TFS :D

    ReplyDelete
  17. Apik ya dekor warungnya, tata kulinernya... jadi pingin ke sono Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sengaja dibuat seperti itu untuk menarik pelanggan ya, mbak :)

      Delete
  18. Mbaa Nurul, aku naksir es cream dengan coklat meisesnya mbaa. Terlihat menggoda sekali

    ReplyDelete
  19. Hohoho makin bisa bgt mau eksis di instagram ya hahaha keren inovasinya nih si warung badung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok untuk mengambil gambar ya mbak :))

      Delete
  20. Wah yg hoby foto dan makan ini nih... aku suka makan suka foto juga eh suka selpih deh tepatnya heheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi.hi..bukan hobi mbak, kebetulan aja :)

      Delete
  21. Aih, es krimnya bikin ngeces. Keinget kemarin beliin es krim anak-anak dan mereka habiskan siang tadi, padahal pengen nyicip juga. Hahaha.

    Warung dengan tampilan artistik sehingga menggugah pengunjung untuk selfie dan diunggah ke Instagram sepertinya memang jadi tren penguasaha kafe ya? Teman saya di Tegal juga demikian. Awalnya lesehan di pinggir jalan, lalu pindah ke sebuah ruko kecil. Sekarang dia menempati sebuah ruko lebih besar sehingga leluasa mengotak-atik interior, sekaligus menghiasi dinding-dindingnya menjadi spot-spot selfie menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...pengusaha kafe memang menjanjikan ya... apalagi didukung dengan inovasi. Keren, deh!

      Delete
  22. Penyajian makanannya cukup unik, menyesuaikan anak muda yang kekinian dengan IG.. Hihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak Aldy, menyesuaikan dengan anak muda yang kekinian.

      Delete
  23. Sekarang penting banget ya resto instagramable krn orang2 suka selfie

    ReplyDelete
  24. Ini cocok banget buat tongkrongan anak muda ya mbak..
    kalau ditempat ane juga ada yg ky gitu cuma kebanyakan lesehan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, yang datang berkunjung kebanyakan anak muda.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}