Asyiknya Berlibur Sambil Bekerja


Berlibur sambil bekerja sepertinya merupakan aktifitas yang sering dilakukan oleh para pengusaha atau para freelancer demi mengejar deadline sekaligus “mencuri waktu” untuk melepas penat sejenak dari tekanan-tekanan pekerjaan. Sekilas terlihat seperti menyiksa diri, namun sebuah survey menyebutkan bahwa 67% dari 618 partisipan tetap bekerja sekalipun sedang berlibur. Sepertinya fenomena ini makin meningkat sejak kita memasuki era globalisasi. Agar tidak tergilas zaman, memang sebaiknya kita mempersiapkan diri dengan baik, memainkan peran yang ada dengan cantik.


Bekerja sambil berlibur sering dilakoni oleh para pejabat, karyawan atau pengusaha di Jakarta, yang memilih daerah Puncak sebagai “tempat pelarian” terbaik. Biasanya kegiatan bekerja sambil berlibur ini dilakukan pada saat ada rapat. Banyak tempat rapat di Puncak yang menawarkan fasilitas meeting yang lengkap, membuat bekerja sambil berlibur menjadi menyenangkan. Daerah Puncak memiliki potensi alam yang mampu menggugah semangat bekerja para pekerja, sehingga tepat sekali jika para pekerja memutuskan untuk memindahkan sebentar meja kerjanya di kantor ke tempat yang paling nyaman di Puncak. Berikut ini 3 manfaat utama berlibur sambil bekerja di Puncak :

1. Meningkatkan produktifitas

Ini tergantung dari karakter tiap pekerja. Ada yang mudah bekerja di bawah tekanan, utamanya tekanan dari pimpinan dan lingkungan kerja di kantor. Namun ada pula yang mengalami penurunan produktifitas kerja apabila terus menerus terpapar pressure di kantor. Nah, bekerja sambil berlibur di Puncak dapat meningkatkan produktifitas kerja karena tiada tekanan yang didapatkan dari lingkungan, justru yang didapatkan adalah ketenangan dari suasana baru berupa udara yang segar dan view yang mengesankan. Kerja akan lebih fokus dan nyaman.

2. Refresh

Bekerja di depan laptop, seraya duduk di kursi malas, ditemani secangkir lemon tea dan diiringi kicauan burung di pagi hari, siapa yang tidak ingin bekerja seperti ini? Suasana baru yang didapatkan dari berlibur seperti ini akan menyegarkan pikiran kita, menghilangkan kebuntuan dan mengusir kejenuhan yang mengendap selama berhari-hari kemarin. Apabila pekerja kantoran harus melakukan meeting dengan sejumlah client dalam beberapa hari, kenapa tidak untuk mencoba suasana rapat yang berbeda? Seperti memilih tempat rapat di Puncak, dijamin siapa pun yang akan mendapatkan sensasi rapat, yang berbeda dan menyenangkan.

3. Meningkatkan kreatifitas

Efek dari pikiran dan tubuh yang rileks adalah kreatifitas Pekerja bermunculan tanpa permisi. Ide-ide segar akan mengalir dengan lancar. Kita dapat memanfaatkan momen ini untuk mengasah skill kita, mencoba memunculkan inovasi-inovasi baru yang berhubungan dengan bidang kerja kita. Inspirasi bisa datang dengan mudah hanya dengan memandangi perbukitan hijau di daerah Puncak yang asri, menghirup udara segar di pagi hari, atau menikmati fasilitas rekreasi yang tersedia di tempat penginapan.

Tentu saja, ada banyak hal yang perlu kita persiapkan sebelum memulai kerja sambil berlibur di Puncak. Pastikan teman-teman telah memilih tempat rapat di Puncak atau penginapan yang representatif, yang menyediakan fasilitas bekerja yang lengkap, seperti koneksi internet yang lancar. Selain itu, atur waktu kita dengan baik, jangan sampai porsi bekerja malah lebih banyak daripada berliburnya. Bukan rileks yang didapat, namun justru menambah kepenatan jangka panjang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah semangat teman-teman dalam bekerja. 


Artikel Lainnya :
Hindari Karyawan Telat dengan Mesin Absensi
Evaluasi Keuangan di Akhir Tahun
Ketika Gaji Besar Bukan Skala Prioritas

37 comments:

  1. Baca ini jadi i gin liburan, btw kalo ibu rumah tangga kaoan yaa liburnya? Padahal kan semua ingi menjadi krwatif menikmati secangkir teh samvil baca buku kesayangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu rumah tangga juga perlu liburan ya,Mbak...

      Delete
  2. Wah, liburan di puncak bisa sambil kerja? Kalau saya pasti kemulan karena dingin, hehe. Salut

    ReplyDelete
  3. Betul sekalih! Kerja sambil liburan itu memang kadang2 dibutuhkan biar nggak bosen di kantor melulu ketemunya meja kerja sama tembok terus. Mehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerja di luar ruangan bisa sambil lihat pemandangan ya...

      Delete
  4. Ke Puncak kalau pas weekday mungkin gak macet yaa?
    Tapi pas weekend, mashaAllah....macetnya sendiri uda bikin penat.

    Tapi kata RA Kartini juga, Habis gelap terbitlah terang.
    Gak apa pena sedikit, tapi abis gitu dibayar dengan suasana Puncak yang menyegarkan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, kalau ketemu macetnya, malah buat pusing ya...

      Delete
  5. Duuh... Jangan ke Puncak ah, jauh. Mending ke Bandung aja... *kode biar diajak ke Puncak 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Teh Yuli atuh yang ngajak...kan biasa ke Jakarta?

      Delete
  6. Kalau aku sih tujuannya refreshing ...namanya suntuk dalam bekerja itu pasti ada...jadi ibaratbkomputer sesekali di refresh..biarvplong aja pikiran...nah kalo setelahnya jadi produktif.mutu bonus banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu tujuan refresing memang untuk meningkatkan produktivitas juga, kan, Mbak?

      Delete
  7. Nah bener! Jenuh juga kan tiap hari berada dalam kungkungan ruangan kantor so kerja sambil liburan itu emang perlu yaa.
    Buat refreshing jugaa. Yaa kalau tempatnya bagus bisa sekalian jadi bahan aplod di sosmed dan nulis di blog kaan hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh aplod dan nulis di blog, asalkan kerjaan beres, ya, Man.. :)

      Delete
  8. Iya, porsi kerjanya jangan sampai lebih banyak dari liburannya, ya. Apalagi kalau liburan bareng teman atau keluarga. Yang ada keluarga/teman malah jadi bete, kitanya juga makin penat. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya kalau sama keluarga, lebih baik gak kerja dulu, ya, Mbak hehehe

      Delete
  9. Ide itu munculnya bs kapan saja termasuk saat liburan. Kalaupun gak bekerja dg laptop dan elektronik lain, minimal bawa alat tulis sih biar gak lupa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi, begitu ide muncul,langsung dicatet ya...

      Delete
  10. Di tempat kerjaku yang dulu, seing banget berlibur sambil bekerja. Jadi kemana-mana bawa laptop da alat tulis buat kerja. Ternyata asyik juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang sekali ya...bisa kerja sambil liburan

      Delete
  11. bener mba kerja sambil liburan lumayan asik, apalagi kalo ngerjain kerjaan untuk blog kaya staycation, travelling atau kulineran hihi jadinya kerja rasa liburan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah...itu keuntungannya blogger travelling dan kulineran ya..bisa kerja sambil liburan

      Delete
  12. Ini nig yg jadi idaman setiap pekerja, kerja rasa liburan. Tapi pernah lho mbak, aku ngerasaain liburan rasa kerja, bete bete between, jangan deh pokoknya. Jadi planning di awal itu penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merasa lebih nyaman di pisahkan ya, Mbak...

      Delete
  13. Liburan memang selalu mengasyikkan. Tapi saya agak kesal kalau harus bekerja saat liburan. Jauh2 berlibur masih bertemu soalan yang sama pula.
    Tapi asyiknya jika bekerja sebagai blogger (Blogger itu kerjaan, ya?), bahkan saat berlibur pun tetap ngetwit, ngeblog, ngevlog, bikin rencana timing mengeluarkan ke medsos. Hehehehe....
    Ribet tapi asyik blogger sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYya Mbak..bloger itu kerjaan juga, dong! Berliburnya kerja sambil berbagi hehehe

      Delete
  14. Kalau aku kebalikannya mba nurul, setelah liburan aku jadi malas kerja, pinginnya liburan lagi... Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, kadang saya juga malah gitu Kak Liza hihihi

      Delete
  15. berlibur sambil bekerja sih boleh aja. Bisa menambah mood ketika bekerja. Selagus penyegaran otak. tetapi, menurut saya sih enakan kalo libur ya liburan aja jangan bekerja luangkan waktu 1 - 2 hari liburan biar otak tidak panas haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga setuju Kak Dikki...berlibur sambil kerjanya, harus dibatasi. Harus ada waktu untuk full berlibur

      Delete
  16. Been there done that liburan sambil kerja and I messed up! Jadinya malah mengurangi produktivitas kalau aku pas zaman kerja kemaren. Makanya sekarang kalau liburan, suamiku atau aku matiin hp, nyalain WI-Fi wkwkwk

    ReplyDelete
  17. Huhuhu 6 tahun hidup di Jkt aku belum pernah ke Puncak #melas hahaha
    Iya ya mbak, sering sih mendengar ada rapat dilakukan di Puncak, mungkin supaya pikiran bisa ngeluarin ide2 segar krn tempat yg baru kali yaaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, Mbak April, padahal kan deket ke Puncak hihihi..

      Delete
  18. Kerja sambil liburan?

    Nikmatnya tiada taraaaa
    Hahhaahah

    Kalo kerjaan beres baru deh main main

    Tp aku sebagai seller online. Kadang lagi piknik juga tetep asik mainan token. Hihihi

    ReplyDelete
  19. bener banget, kerja sama liburan itu enak bngt pernah ngalamin, capeknya gak kerasa.
    colek buat para boss, hahaha

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}