Hal Penting Dalam Menyusun Konten Blog

Di dalam sebuah blog, bisa dikatakan jika konten merupakan jantungnya. Hal yang pertama kali diperhatikan oleh pengunjung blog adalah konten atau postingan kita terlebih dahulu. Meskipun template atau desain sebuah blog biasa saja, tetapi jika kontennya menarik tentu saja akan menarik minat pengunjung untuk berlama-lama membaca blog kita.

hal penting dalam menyusun konten blog

Sebaliknya jika desain blog kita sangat bagus dan responsive tetapi postingannya biasa saja, tentu tidak akan menarik minat pengunjung. Dan yang lebih berbahayanya lagi, pembaca enggan berkunjung kembali ke blog kita.

Selain disenangi oleh pengunkung, konten yang berkualitas akan mudah terdeteksi oleh mesin pencari. Hal ini sangat menguntungkan bagi mereka yang berniat memasang adsense di blognya. 

Mengingat pentingnya sebuah konten di dalam blog, sudah seharusnya kita memperhatikan hal penting dalam menyusun sebuah konten blog. Inilah cara yang harus diperhatikan dalam menyusun sebuah konten blog, diantaranya:

Menentukan Topik Sebuah Konten
Bagi yang memiliki blog dengan satu niche, sepertinya tidak perlu memikirkan topik yang akan dituliskan karena sudah ada topik atau tema yang sama. Namun, untuk pemilik blog dengan banyak topik atau sering kita sebut blog gado-gado, menentukan topik sebuah blog harus benar-benar dipikirkan. Agar bisa menghasilkan konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembacanya.

Menentukan Target Pembacanya
Hal penting selanjutnya yang harus kita perhatikan saat membuat konten yaitu menentukan target pembacanya. Apabila target pembaca kita kalangan perempuan dewasa, mengangkat topik kecantikan pasti akan menarik bagi mereka.

Lain halnya jika kita menargetkan pembaca blog kita adalah mereka yang memiliki hobi jalan-jalan, tentu topik travelling dapat menarik mereka untuk berkunjung ke blog kita.

Buatlah Judul Yang Menarik dan Mewakili Isi Tulisan
Hindari membuat judul yang unik dan menarik tetapi tidak sesuai dengan isi tulisan. Hal ini akan membuat pembaca merasa tertipu.

Buat Isi Konten Yang Berkualitas
Sesuai dengan hal penting sebelumnya, isi konten haruslah sesuai dengan judul yang telah dibuat. Buat isi konten yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung blog.

Berikan Deskripsi Pada Gambar
Hal yang tidak kalah pentingnya yaitu memberikan deskripsi pada gambar yang dibuat untuk melengkapi konten. Pemberian deskripsi sendiri sebenarnya lebih memudahkan mesin pencari ketika hendak mencari kata kunci tertentu. 

Tambahkan Link Internal
Ketika menulis sebuah konten, jangan lupa untuk menambahkan internal link artikel yang ada di blog kita. Hal ini juga bisa bermanfaat bagi pengunjung blog untuk membaca  artikel lain yang terkait dengan konten yang baru kita posting.

Self Editing
Setelah selesai membuat konten jangan lupa untuk memeriksa hasil tulisan kita. Dengan self editing dapat menghindari banyaknya kesalahan dalam menulis konten. Blog yang kontennya bersih tanpa salah ketik dapat meningkatkan profesionalitas blog tersebut.

Itulah hal-hal penting yang harus kita perhatikan ketika akan membuat konten di dalam blog. Konten yang menarik, berisi dengan gambar yang lengkap tentu akan bermanfaat bagi pembacanya. 

5 comments:

  1. Judul yang menarik bisa membuat pembaca jadi tertarik :))

    ReplyDelete
  2. Catatan nih kalau mau menyusun konten blog :) Terima kasih untuk infonya ^^

    ReplyDelete
  3. Wah aku blm sampai ke menentukan target pembaca nih... TFS mba..siap untuk.dipraktekkan...

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}