CAT BKN Dinobatkan Sebagai Produk Unggul Indonesia oleh Bank Dunia

Keponakan saya yang paling besar, di pertengahan tahun ini sudah berhasil menyelesaikan studinya. Setelah selesai acara wisuda, kini orientasi hidupnya hanya satu, mencari kerja! Yup, salah satu pekerjaan yang dia incar yaitu menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Eh, lalu dia mendadak ragu. Setelah mengetahui banyak cerita kurang mengenakkan mengenai pendaftaran CPNS. Dulu untuk menjadi seorang pegawai negeri sipil, bisa melalui proses yang lebih mudah. Ada yang lewat jalur belakang atau melalui pintu samping, yang penting kalau ada uang, siapa pun bisa dengan mudahnya masuk ke dalam jajaran calon pegawai negeri sipil.



Namun, itu dahulu. Sekarang semua sudah berubah, tentu saja berubah ke arah yang lebih baik lagi. Sejak tahun 2013, penerimaan CPNS di Indonesia telah menggunakan sistem Computer Assisted Testing (CAT). Bersamaan dengan munculnya sistem baru ini, tidak akan ada antrian panjang di Badan Kepegawaian Nasional (BKN) atau antrian di Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

Begitu pula dengan sistem tes tertulis dengan menggunakan Lembar Jawab Komputer (LJK), sudah tidak ada lagi. Metode pendaftarannya kini bisa secara online melalui satu pintu yaitu Panselnas (Panitia Seleksi Nasional). Praktis, deh!

Apa sih, CAT itu?
Computer Assisted Testing (CAT) merupakan salah satu metode seleksi yang dibantu oleh tenaga komputer untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.

Di Indonesia, Badan Layanan Sipil (BKN) telah memperkenalkan sistem pengujian yang dibantu komputer (CAT) untuk mengganti sistem pengujian manual yang telah lama berdiri. Tujuannya untuk meminimalisir merajalelanya tindakan korupsi dalam perekrutan layanan sipil oleh pejabat yang berkepentingan.

Sekarang database pertanyaan dikontrol dengan ketat, dan hasilnya diposting secara real time di luar pusat pengujian. Sejak diluncurkan pada 2013, CAT telah menjadi standar defacto untuk lebih dari 62 kementerian dan lembaga negara.

Standar kompentensi dasar CPNS tersebut, dibutuhkan agar profesionalisme semua jajaran PNS bisa terwujud.



Melalui sistem komputer, peserta bisa langsung mengerjakan soal ujian di komputer. Cara mengoperasikannya cukup mudah dan waktu yang tersisa untuk mengerjakan soal pun sudah terpampang jelas di layar komputer. Soal yang diberikan oleh panitia dalam bentuk pilihan ganda, jadi peserta cukup menggunakan mouse untuk memilih pilihan yang benar. 

Lalu bagaimana dengan hasil ujiannya? Hasilnya bisa dilihat sendiri oleh peserta, karena setelah selesai mengerjakan soal, nilai akan keluar di layar monitor. Biasanya nilai tersebut juga dipampang oleh panitia, sehingga proses dan hasilnya sangat transparan. Murni tidak ada intervensi dari pihak lain. 

Terpilihnya CAT BKN Sebagai Produk Unggulan

Dari semua cara kerja sistem CAT, proses penerimaan CPNS akan berjalan dengan transparan, murni dan bisa meminimalisir segala bentuk kecurangan. Itulah sebabnya sistem ini disambut dengan positif. Bahkan pada Bulan Oktober 2018 ini, Bank Dunia menobatkan CAT BKN sebagai produk unggul Indonesia, kategori Civil Service Management yang telah berhasil mereformasi kualitas sistem penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Indonesia.

Edwin Ariadharma perwakilan dari Bank Dunia menyampaikan bahwa terpilihnya CAT BKN sebagai produk unggulan karena keberhasilan CAT menumbuhkan rasa percaya masyarakat umum pada proses penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang dapat berjalan dengan transparan, akuntable dan lebih adil.



Lebih lanjut Edwin juga menambahkan jika sistem CAT berkontribusi terhadap penyaringan sumber daya manusia. Mereka yang lulus memang karena kualitas kompetensi individunya. Sehingga berdampak positif pada penguatan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di masa yang akan datang.

Selain itu, alasan Bank Dunia menobatkan CAT BKN sebagai produk unggul karena dinilai sudah memenuhi aspek Improving Public Sector Performance.

Lebih detailnya lagi, dalam Global Report telah dijelaskan bahwa sistem penerimaan pegawai menggunakan CAT telah berhasil merombak kualitas rekruitmen CPNS di Indonesia, yang memenuhi syarat sebagai produk inovasi bidang industri dan mencakup empat unsur utama seperti:

1. Aspek Political Leadership, dimulai dengan inisiasi Kepala BKN tentang pengawasan terhadap proses perekrutan pada tahun 2010, hingga pada tahun 2014 Wakil Presiden menetapkan penggunaan CAT BKN dalam sistem perekrutan CPNS diberlakukan bagi semua Instansi Pemerintah Pusat.

2. Aspek Teknologi, untuk mereformasi sistem rekruitmen dan melakukan kolaborasi dengan instansi pemerintah terkait bidang teknologi dan cyber security, BKN melakukan pemanfaatan dan pengembangan teknologi secara mandiri

3. Aspek Transparansi, dengan menggunakan sistem CAT dalam merekrut CPNS, semua hal yang berkaitan dengan itu akan lebih transparan dan akuntabel karena masyarakat bisa memantau hasilnya secara langsung (real time).

4. Aspek Kapasitas Institusi, BKN secara berkesinambungan memastikan sistem CAT sudah siap baik dari sisi infrastruktur dan skema mekanisme tes sebelum disebarluaskan secara nasional untuk proses rekruitmen CPNS di Indonesia.

Diberlakukannya sistem CAT oleh BKN,  membawa angin segar bagi generasi muda yang sedang berusaha untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil, termasuk keponakan saya.

Mendengar sistem rekruitmen yang transparan dan akuntable, keponakan saya bisa sedikit lega. Karena sistem seleksi akan berjalan dengan jujur dan terbuka. Peluang untuk menjadi pegawai negeri sipil pun bisa terwujud.

30 comments:

  1. Wah keren ya inovasi dari BKN sekarang diakui oleh bank dunia. Memang sih dengan sistem CAT ini seleksi cpns jadi lebih bersih dan bebas kkn

    ReplyDelete
  2. keren juga ya kalau CAT BKN diakui dunia, mempercepat proses dan seleksi ya jadinya gak perlu antri lama lagi

    ReplyDelete
  3. Jadi teringat tetangga saya yang juga mendaftar jadi PNS beberapa waktu yang lalu. Keren ya sekarang ada CAT BKN.

    ReplyDelete
  4. Ooh, baru tau tentang CAT ini. Jadi hasilnya bisa cepat dan transparan ya. Keren!

    ReplyDelete
  5. Mantab ya.. semoga dg Merida seleksi ini benar2 didapat ASN yg mumpuni..

    ReplyDelete
  6. Nah ini
    Dg adany aplikasi ini semua masy jd yakin kalau seleksi cpns bener2 obyektif jauhh dr kata2 titip menitip :D

    ReplyDelete
  7. Saya baru tau soal ini. CAT BKN diakui dunia internasional. Makasih sharingnya ya mbak.

    ReplyDelete
  8. Semoga sistem CAT BKN ini tidak dimanipulasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, agar Indonesia bisa memiliki tenaga ASN yang bersih dan profesional.

    ReplyDelete
  9. Bahagia ada satu lagi karya anak bangsa yang diakui kualitasnya oleh internasional

    ReplyDelete
  10. aku sempat merasakan CAT tahun 2014 emang lebih transparan hasilnya langsung keluar dan menurutku lebih enak dibanding ngurek2 jawaban yang selalu bikin aku ngantuk saking lelahnya hahahah

    ReplyDelete
  11. Waah keren ya, turut berbangga dengan produk CAT BKN apalagi memang bermanfaat sekali untuk proses penyeleksian PNS, sehingga seleksi benar-benar tepat

    ReplyDelete
  12. Asik bgt skrg, dg tes menggunakan metode CAT gini jd lbh transparan, hasilnya bisa langsung dilihat ya

    ReplyDelete
  13. Bagus banget kalau sistem nya udah CAT soalnya sering sih dengar kalau banyak yang main bawah meja kalau mau masuk CPNS.

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah ya sekarang pakai sistem CAT BKN jadi tidak ada tuh istilah nitip orang buat jadi PNS yang sering saya dengar dulu.t

    ReplyDelete
  15. Iyaa, in syaa Allah jujur penyelenggaraannya ya Mbak.

    Masya Allah, iku bangga CAT BKN jadi produk unggul Indonesia

    ReplyDelete
  16. Zaman sekarang dituntut jangan gaptek ya, Mbak. Menjadi CPNS aja ujiannya seperti ini. Ada bagusnya juga karena jadi gak bisa main belakang

    ReplyDelete
  17. Senengnyaa, dan ikut bangga karena CAT BKN diakui oleh dunia sebagai yg terbaik. Keren dan patut diacungi jempol :)

    ReplyDelete
  18. Keren ya CAT BKN udah diakui dunia internasional. Semoga transparansinya tetap terjaga, agar anak bangsa yang bisa tersaring benar2 yang berkualitas

    ReplyDelete
  19. aku gak lulus lanjut SKB mbak :(

    tapi nggak appaa,,, ntar suatu saat ada rezeki lain. amin

    ReplyDelete
  20. keren ya sistem yang sudah diakui oleh dunia bahkan dapat penghargaan dari dunia internasional

    ReplyDelete
  21. peminat yang ingin menjadi pegawai negeri sipil tidak pernah berkurang ya setiap tahunnya, malah cenderung bertambah

    ReplyDelete
  22. Aku udah berapa kali ngerjain soal ini pake CAT juga, emang soalnya subhanallah! Kayak lagi ikut olimpiade, makanya yang lulus tahun ini aku bingung, mereka makan apa ya bisa jenius gitu.

    ReplyDelete
  23. Sistem Cat sekarang untuk PNS sangat fair, beda dengan dulu meski ad tes tapi hasilnya masih bisa dimanipulasi oleh pihak-pihak tertentu

    ReplyDelete
  24. Kagum sama satu lagi produk bikinan asli anak negeri...
    CAT BKN.

    Indonesia harus berubah menuju yang lebih baik.

    ReplyDelete
  25. Kalau pakai CAT, bisa meminimalisir kecurangan2 ya mbak.
    InsyaAllah proses seleksi PNS makin baik dna kita dapat PNS yg berkualitas. Eh sebutannya sekarang ASN ya :D

    ReplyDelete
  26. Penting banget nih pake teknologi komputer utk seleksi CPNS supaya birokrasinya gak lambat dan ribet, serta bisa transparan.

    ReplyDelete
  27. Kereeen ya kalau sudah memenuhi standar internasional. Benar - benar membanggakan!

    ReplyDelete
  28. Mudah2an bisa mengurangi isu2 plus kemungkinan kecurangan saat tes cpns. Karena bukan rahasia lg kalaudi daerah saya ada yang menyuap u bisa jadi pns. Sedihnya semua pns jadi kena getahnya dianggap curang semua

    ReplyDelete
  29. Ikut bangga ya kalau ada karya putra bangsa diakui di level dunia. Jadi transparan banget sekarang sistem recruitmen ASN. Top deh.

    ReplyDelete
  30. Saya juga salut sama BKN yang bisa mengadakan tes seperti CAT
    Jadi kayak Ujian Nasional gitu, nilai langsung keluar.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, karena banyaknya SPAM, maka komentarnya saya moderasi dulu. ^~^

.comment-content a {display: none;}