Monday, 19 November 2018

Resep Makanan Sehat Untuk Bayi Di Atas 1 Tahun

Dunia anak tentu berbeda dengan dunianya orang dewasa. Mereka memiliki dunia yang menyenangkan, masa yang dihiasi dengan kegiatan bermain. Mereka hidup dengan kepolosan dan keluguan tanpa diembeli masalah yang membebani pikiran. Dunia yang menyenangkan, bukan?
Saya paling suka kalau membicarakan dunia anak. Melihat tumbuh kembang mereka, sambil sesekali mendengar "keajaiban-keajaiban" yang mereka ciptakan. Sungguh cerita yang menarik.
Meskipun saya sudah tidak memiliki anak kecil lagi, saya tetap suka dengan dunia mereka. Apalagi sekarang ada keponakan yang lagi lucu-lucunya. Jadi senang sekali mengikuti setiap perkembangannya. Hampir setiap hari adik saya menceritakan aksi lucu keponakan saya itu. Jadi serasa ikutan ngasuh, deh! Hehehe ...
resep makanan sehat untuk bayi

Bayi diatas 1 tahun menurut badan kesehatan dunia WHO sudah boleh mengonsumsi makanan yang sama dengan yang dikonsumsi keluarga lainnya. Namun tetap saja perlu hati-hati saat memberikan penyedap rasa pada makanan. Dikarenakan mereka masih bayi, masih membutuhkan asupan yang sehat bagi perkembangan otak mereka.
Nah, kita bisa membuat sendiri makanan sehat untuk bayi kita di rumah. Daripada membeli di luar yang belum tentu sehat dan bersih seperti yang kita buat sendiri di rumah, lebih baik membuatnya sendiri. Untuk makanan yang sehat, kita tidak perlu membuatnya dari bahan yang mahal atau jarang ditemukan. Lebih baik gunakan bahan yang ada dan mudah ditemukan di sekitar kita untuk membuat makanan anak-anak.

Beberapa menu makanan sehat yang mudah dibuat untuk anak-anak seperti :
Bola-Bola Keju
Pastinya bayi di atas 1 tahun sudah sangat antusias untuk mengemil makanan di sela-sela makanan utama. Apalagi keponakan saya memang senang sekali ngemil. Nah, dari pada membeli cemilah yang tidak sehat, saya menyarankan pada adik saya untuk membuat bola-bola keju. Makanan yang murah dan sehat, bukan?

Bahan yang diperlukan cukup mudah, yaitu ubi kuning atau ungu, tepung terigu, 1 butir telur, mentega susu, keju, garam dan gula pasir.
Pertama yang kami lakukan adalah merebus ubi ungu atau kuning hingga matang. Setelah itu dikupas kulitnya dan tumbuh hingga halus. Tambahkan sedikit saja tepung terigu dan juga telur. Lalu setelah semua halus dan tercampur rata. Lalu dibuat menjadi bulatan-bulatan. Kemudian siapkan wajah yang berisi mentega. Setelah mentega cair. Goreng ubi yang sudah dibulatkan, angkat dan tiriskan. Jangan lupa taburkan keju parut diatasnya.

Agar- Agar Buah
Makanan sehat selanjutnya yang bisa dibuat untuk bayi adalah agar-agar buah. Bahan yang dibutuhkan adalah buah naga, mangga, jeruk dan juga strawberry. Kebetulan kepnakan saya sangat senang buah-buahan. Pasti anak perempuan mungil tersebut akan menyukai agar-agar dengan kandungan buah di dalamnya.

Tidak lupa kami siapkan agar-agar tanpa warna 2 bungkus. Untuk pengganti gula, adik saya menggunakan madu untuk menambah rasa manis. Saya lihat, adik saya selalu memiliki stok madu di rumahnya.
Cara membuatnya cukup mudah. Pertama-tama buah naga diblender hingga halus. Setelah itu panaskan air di dalam panci dengan memasukkan juga 2 bungkus agar-agar. Sambil diaduk dengan api kecil, masukkan buah naga yang sudah diblender tadi.

Nah, sambil menunggu agar-agar matang, potong-potong mangga, jeruk dan juga strawbery. Perhatikan untuk mengaduk agar-agar sesekali hingga mendidih. Setelah agar matang, angkat dan simpan dalam wadah. Lalu masukkan buah-buahan yang sudah dipotong tadi. Setelah agak dingin masukkan dalam kulkas agar lebih nikmat.
resep makanan sehat untuk bayi

Baso Daging Sehat
Makanan lain yang disukai oleh keponakan saya adalah baso. Kami pikir dari pada membeli baso kemasan atau baso yang dijual di pasar, lebih baik jika membuat sendiri baso untuk dicampur dengan sop.

Bahan yang diperlukan cukup mudah, yaitu daging secukupnya atau sekitar setengah kilogram daging, sagu secukupnya, 1 butir telur ayam kampung, bawang putih dan garam.
Cara membuatnya, pertama potong-potong dulu daging menjadi potongan yang mudah untuk diblender. Lalu blender daging dengan blender yang memang khusus untuk menggiling daging. Blender daging hingga hampir halus.
Setelah itu masukkan bawang putih 2 butir, sagu secukupnya dan juga telur ayam kampung. Lalu semua bahan tersebut dimasukkan semua ke dalam blender, dan hancurkan hingga halus.

Setelah halus, semua bahan itu disimpan dalam wadah. Selanjutnya siapkan air di dalam panci. Cetak baso, setelah air mendidih dengan tangan.
Caranya genggam adonan daging di tangan kiri, lalu tekan ke atas dan sendok hingga terambil.
Kemudian masukkan satu persatu ke dalam panci. Tunggu sampai baso berubah menjadi warna abu yang artinya sudah matang.

Well.. sekarang baso sudah siap dan bisa dimasukkan ke dalam sop sayur atau juga dimakan langsung oleh anak dengan ditambah kecap manis.
resep makanan sehat untuk bayi

Baca juga : Makan Daging Merah Dapat Menimbulkan Penyakit, Mitos atau Fakta?

Nah teman-teman, semua menu di atas cukup mudah, bukan? Untuk menyediakan makanan yang sehat dan bergizi untuk anak-anak, tidak perlu bahan yang sulit di dapat, semua bisa dihidangkan dengan cara yang mudah.

Bagaimana dengan teman-teman, makanan sehat apa saja yang disediakan untuk bayi di atas 1 tahun? Sharing resepnya, yuk!

18 comments:

  1. Kalau diniati, sebenarnya bikin makanan rumahan ya gampang aja kok, yg penting gak pakek resep neko-neko. Dan 3 resep itu tadi aku yakin semua ibu bisa. Apalagi demi kesehatan anak.

    ReplyDelete
  2. Makanan seperti itu sih, bukan anak kecil aja yang suka, orang dewasa juga kayanyanya doya.

    BTW, itu anak siapa, Teh?^_^

    ReplyDelete
  3. Saya berapakali coba bikin baksi, sering gagal mbak, tapi resep dari mbak nurul kayaknya gampang ya, tinggal cemplung aja ke blender. Oengen nyoba lagi jadinya, makasih resepnya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih mudah diblender, Mbak. Supaya cepat halus dan cepat selesai hihihi

      Delete
  4. Whuaa jadi pengen coba nih yang bola-bola keju, kayanya gampang bahannya. Dan lagi dalamnya bisa kita kasih isian lagi ya mba.

    ReplyDelete
  5. Aku dulu rajin banget bikin bakso sendiri, Mbak..Sekarang kadang masih bikin juga.
    Sejak anak kenal makanan padat memang biasa bikin sendiri buat menu makan dan camilannya. Lebih sehat sih daripada beli jadi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuu..buatan sendiri, terjamin kebersihan dan keamanannya ya...

      Delete
  6. Pas anakku masih MPASI usia 1 th plus, aku suka masakin sayur bening, sop kaldu bening dari ikan atau jamur gitu teh. Buah lebih suka yang dipotong langsung dimakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayur sop memang jadi menu favorit anak-anak ya.. mudah juga membuatnya

      Delete
  7. Makanan sehat untuk semua anggota keluarga nih, biasanya saya buat porsi besar sekalian.. Hehehe.. Menunya enak-enak deh mbk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga buat porsi besar waktu anak-anak sudah besar. Tapi waktu anak masih kecil, menunya dipisah, masih dikasih yang lembut-lembut

      Delete
  8. Hmm...semua resepnya sederhana tapi keliatannya yummy ya mba Nurul. Cocok bukan cuma buat anak-anak, tapi jg orang dewasa 😊
    Thanks for sharing

    ReplyDelete
  9. Waaww pengen coba resepnya mb secara mudah dan kyknya oke

    ReplyDelete
  10. Anak saya dah gedhe Teh Nuru, sdh SMP dan hanya satu saja, hehe.
    Ehh tapi beberapa jenis kudapan di atas jg msh sering saya buat dan lahap dimakan koq teh.
    Krn cara buatnya cukup mudah.

    ReplyDelete
  11. Semakin kaya dalam pembuatan empasi buat anak ya mbak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^