Resep Takjil Sehat Untuk Keluarga

Berbicara tentang makanan, tentu tidak terlepas dari kehidupan keluarga. Karena kebutuhan makanan merupakan salah satu kebutuhan primer yang mesti dipenuhi. Bahkan bisa dikatakan jika tersedianya makanan dalam keluarga menjadi salah satu unsur untuk mencapai kebahagiaan keluarga. Misalnya saja, saat berpuasa, tersedianya makanan takjil sehat erat sekali hubungannya dengan pembinaan kesehatan keluarga.


resep takjil sehat untuk keluarga


Bagi saya, membuat sendiri makanan di rumah akan lebih menyehatkan. Dibandingkan harus membeli di luar yang terkadang kurang bersih atau terbuat dari bahan yang tidak baik untuk kesehatan, yang ada nanti malah akan membuat sakit perut. Apalagi jika harus membuat takjil  untuk berbuka puasa.


Takjil untuk berbuka puasa haruslah sehat agar tubuh tak menjadi sakit setelah seharian berpuasa. Resep takjil yang sehat sebenarnya banyak kreasinya. Tergantung bagaimana kita niat atau tidak membuatnya. Namun untuk keluarga tentu harus semangat untuk membuatnya, dong! Apalagi jika ternyata makanan yang kita sediakan disukai oleh seluruh anggota keluarga. Pasti senang sekali, deh!

Baca juga: Makan Daging Merah Dapat Menimbulkan Penyakit, Mitos atau Fakta?

Nah, teman-teman biasanya menyediakan makanan takjil untuk keluarga, bukan? Makanan apa saja yang dihidangkan untuk keluarga. Berikut ini ada beberapa resep takjil sehat yang bisa kita buat sendiri:

1. Risoles isi Keju dan Daging Cincang

Wah melihat nama makanannya saja sepertinya sudah membuat mulut menjadi menganga ya? Hehehe ... Apalagi jika disajikan di tengah keluarga.
Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah tepung terigu, 2 butir telur, garam, keju, daging cincang, merica, dan tepung roti.

Cara membuatnya cukup mudah.
Pertama, buat adonan risolesnya. Masukkan tepung terigu, telur, dan air ke dalam blender. Kemudian blender. Setelah itu masukkan ke dalam wadah. Beri sedikit garam, rasakan apakah sudah asin.
Lalu selanjutnya kita buat daging cincangnya dengan ditumis. Tambahkan sedikit merica dan garam. Selanjutnya kita cetak adonan risoles ke dalam wajan. Buat hingga habis. Setelah itu masukkan daging cincang tumis, dan keju. Gulung risoles. Lalu masukkan ke dalam telur yang sudah dikocok, dan taruh di atas tepung roti. Setelah itu tinggal digoreng hingga berubah kecoklatan.


resep takjil sehat untuk keluarga

2. Es Cincau Cappuccino

Siapa yang tidak kenal dengan minuman yang pernah booming satu ini. Minuman es cincau kapucino memang pernah menjadi primadona di tahun 2017. Minuman ini sebenarnya gampang untuk dibuat. Bahan yang diperlukan adalah cincau hitam, pop ice rasa cappuccino.

Selanjutnya parut cincau dengan parutan keju atau parutan yang bisa membentuk tektur memanjang. Setelah itu blender pop ice cappuccino dengan air dan juga es batu. Setelah memblender selesai, masukkan ke dalam gelas. Lalu beri cincau hitau yang sudah diparut tadi.


resep takjil sehat untuk keluarga
3. Minuman Buah Sehat
Resep takjil sehat selanjutnya, yaitu minuman sehat dengan diisi buah-buah yang segar dan juga bergizi. Kita bisa menyiapkan buah-buahan seperti semangka, leci, melon dan aneka buah berry. Selain itu siapkan juga yoghurt dan madu.
Cara pertama yang harus diakukan adalah memotong semua buah-buah menjadi potongan-potongan kecil. Setelah itu kita buat airnya dengan menyiapkan air mineral yang ditambahkan yoghurt dan juga madu. Setelah tercampur masukkan semua buahnya. Dan beri es batu secukupnya.
Baca juga: Cara Membuat Tongseng Kambing

resep takjil sehat untuk keluarga
4. Es Campur Sehat

Es campur adalah salah satu minuman yang banyak dijual karena memiliki rasa yang lezat. Dinamakan es campur karena di dalamnya terdapat macam-macam buah dan juga tambahan topping lainnya.
Untuk membuat es campur, kita bisa menyiapkan buah-buahan seperti: alpukat, nangka, kelapa muda dan juga kolang kaling.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Pertama buat larutan gula yang diberi air hangat. Potong alpukat, nangka dan juga kolang kaling sesuai ukuran yang diinginkan. Setelah itu masukkan susu kental manis, aduk rata dan masukan isiannya.

Untuk kelapa muda kita bisa memarutnya menjadi lembaran-lembaran tipis. Lalu setelah semua bahan siap dalam bentuk potongan, masukkan pada larutan es campur yang telah dibuat sebelumnya. Setelah itu masukkan es batu. Agar lebih bervariasi es batu bisa diserut. Jika tidak punya serutan es batu, bisa juga dengan cara memblender es batu hingga halus. Untuk toppingnya bisa diberi taburan kacang almond atau kacang tanah.


resep takjil sehat untuk keluarga

Itulah beberapa resep takjil yang dapat kita sajikan untuk keluarga. Selain menyehatkan, bahan makanan-makanan tersebut juga mudah di dapat dan mudah disajikan.

Bagaimana dengan teman-teman? Tentu menyiapkan makanan yang sehat dan bergizi juga, bukan? Pasti, deh! Karena kita paham jika makanan atau takjil yang sehat dapat membuat badan tetap sehat dan kuat menjalani puasa sehari penuh.

Baca juga: Mudahnya Buat Lele Sayur Santan Pedas

30 comments:

  1. Kalau takjil di rumah agak sedikit berbeda, mba
    Teh hangat dan kurma untuk membatalkan puasa.
    Kadang-kadang cheating pakai gorengan juga, HAHAHA
    Usai magrib baru dilanjut makan besar ^^

    ReplyDelete
  2. Foto jus semangka merahnya menggoda sekaleee. Ya Tuhan, aku kepingiin nih. Pulang nanti bikin ah. Kebetulan lg punya semangka

    ReplyDelete
  3. Aku gk sempat nih ma kalau menyiapkan takjil sendiri, soalnya kerjaaa. Tp Alhamdulillah nya selama ini puasa lancar aja. Tp klo bs menyiapkan sndiri oasti sebuah kebahagiaan tak terkira yaa

    ReplyDelete
  4. Bener banget masak sendiri kayaknya lebih puas ya, dan makasih sharing resepnya, jadi pengen coba bikin es cincau capucino

    ReplyDelete
  5. Mbaa, rajin banget bisa nyiapin takjil enak-enak begitu. Takjil di rumahku biasanya es teh sama gorengan aja, abis itu makan nasi hehee.

    ReplyDelete
  6. Aduuuh foto es campurnya membuatku mupeeeeeng... BTW, aku jarang banget bisa bikin takjil sendiri..hiks..

    ReplyDelete
  7. Soal takjil bagi bunda bikin sendiri kl untuk mesjid aja biar rasanya lebih lezat #mujisendiri. Tp kl bulan puasa beli jd paling lauk pauk yg utamanya brs beli karena selera bunda tetap dicinta.

    ReplyDelete
  8. takjil favoritku biasanya yang manis-manis + dingin, Mba. Contohnya es buah atau es pisang ijo. Tapi kadang-kadang buka puasa juga pake yang hangat-hangat misal teh manis atau kolak :)

    ReplyDelete
  9. Udah lama nggak nyobain es capucino cincau. Hahaha. DLu kan terkenal banget ya mba. Ngehist banget dimana mana ada es ccapicino cincau ini. Kesukaan anakku

    ReplyDelete
  10. Pengen yang es cincau cappucino. Sekarang kayaknya udah jarang yang jual, ya. Padahal dulu ramai banget

    ReplyDelete
  11. Soal takjil bagi bunda bikin sendiri kl untuk mesjid aja biar rasanya lebih lezat #mujisendiri. Tp kl bulan puasa beli jd paling lauk pauk yg utamanya hrs bikin karena selera bunda tetap dicinta.

    ReplyDelete
  12. risoles isi keju kayaknya mantap ya, apalagi kalau keju nya mozarella ... beuh

    ReplyDelete
  13. Aku pun kalau pas bulan puasa suka banget bikin es cappucino cincau. Besok-besok pengen bikin risoles isi keju juga ah. Biasanya aku suka bikin martabak soalnya. Hehehe.

    ReplyDelete
  14. Aku pun kalau pas bulan puasa suka banget bikin es cappucino cincau. Besok-besok pengen bikin risoles isi keju juga ah. Biasanya aku suka bikin martabak soalnya. Hehehe.

    ReplyDelete
  15. Es capcin mah gak ada matinya ya Mbak, hari2 biasa pun es capucino cincau ini sering diserbu, apalgi saat panas terik, sruuup.
    Sama tuh dengan es campur, nyam nyam :D

    ReplyDelete
  16. Seringnya saya kalau takjil cari yang manis dan air putih. Cukup. Karena kalau kebanyakan aneka kadang jadi susah gerak.

    ReplyDelete
  17. Takjilnya sehat dan menggiurkan ni Mbak. Mupeng yang risoles. Cuma kalau disuruh masak sendiri alamat nggak bakal punya waktu buat bikin sendiri.

    ReplyDelete
  18. Oh cincaunya diparut memanjang ya jadi tampilannya jua lebih bagus daripada kotak2

    ReplyDelete
  19. Mupeng sama es campurnyaaa... Hehehe.. Terimakasih ya idenya. Mirip sih sama pilihan favoritku

    ReplyDelete
  20. Itu risoles bisa jadi rebutaaaan di keluargaku mba.. soalnya memang favorit all the time

    ReplyDelete
  21. Dulu bikin takjil macem2. Puasa kemarin lbh simpel, es buah sama pisang goreng, ya gitu2. Kadang buat es campur

    ReplyDelete
  22. Waahhh smuanyaa enak, jadi rindu bulan puasa. Hihi

    ReplyDelete
  23. Itu es campur sehatnya menggoda banget sih. Berpuasa jadi semangat kalo mikirin takjilnya enak2 gini ya. Huss wkwk

    ReplyDelete
  24. Jus semangka kesukaan aku itu mbak, seger bener. Selain jus semangka kalau berbuka biasanya aku juga suka bikin es timun suri kesukaan keluarga :)

    ReplyDelete
  25. Jadi rindu suasana ramadhan 😭 plus kalau lagi panas-panasnya cuaca paling enak makan es buah, yummii

    ReplyDelete
  26. Waaa jadi keinget suasana bulan ramadhan, plus apalagi kalau cuaca lagi panas-panasnya tuh paling enak makan es buah

    ReplyDelete
  27. Kalau di Bandung pas shaumnya selalu masih musim hujan yaa...sekarang teh?
    Paling ngiler kalau uda ada pisang manis sama teh anget.

    Nyaamm~

    ReplyDelete
  28. Kalau di Bandung pas shaumnya selalu masih musim hujan yaa...sekarang teh?
    Paling ngiler kalau uda ada pisang manis sama teh anget.

    Nyaamm~

    ReplyDelete
  29. jus semangkanya menggoda sekali mba hihihi...
    emang seger banget ini kalau diminum pas buka puasa ya :D

    ReplyDelete
  30. Ehmm .. nampak sedap semuanya. Iya mbak, selama berpuasa tentu saja penuh perjuangan yang menuntaskannya hingga sore, makan makanan yang menyelerakan rasa akan membuat semangat berpuasa. Tambahan pahala pula buat yang menyediakan takjilnya. Thanks inspirasinya mbak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, karena banyaknya SPAM, maka komentarnya saya moderasi dulu. ^~^

.comment-content a {display: none;}