Monday, 10 December 2018

Sekolah Tinggi Teknologi Bandung: Your Partner to Global Competition

Hari Sabtu, 8 Desember 2018 di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung diadakan prosesi Wisuda Sarjana XIII Sekolah Tinggi Teknologi Bandung. Sejak pagi, lobby hotel yang bersebelahan dengan salah satu mall besar di daerah Bandung ini sudah dipenuhi oleh wisudawan dan keluarganya.


Setelah mendekati waktu yang telah ditentukan, orang tua para wisudawan berjajar mengantri untuk mengisi buku tamu undangan dan kemudian dipersilakan masuk ke dalam ruangan convention 1

Saya dan beberapa teman ikut bergabung bersama orang tua para wisudawan. Duduk  di bagian belakang menghadap panggung utama dengan latar belakang layar besar.  Sementara mahasiswa yang akan di wisuda duduk di barisan depan.

Suasana prosesi wisuda yang sedang saya hadapi membawa ingatan kembali ke beberapa tahun silam. Saat mengenakan baju toga duduk bersama wisudawan lainnya. Perasaan lega karena akhirnya bisa menyelesaikan studi bercampur dengan harapan baru untuk masa depan.

Harapan agar bisa segera mendapatkan pekerjaan dan juga kepastian hubungan dengan belahan hati. Loh??
Iyaa ... karena saya menjalani prosesi wisuda berbarengan dengan mantan kekasih ... hihihi. Duduk bersebelahan dengan imam keluarga kami saat ini. Kami menyimpan asa yang tinggi untuk bisa mendapatkan pekerjaan usai lulus dari program studi yang kami pilih. Dulu pikiran kami memang hanya satu, mencari pekerjaan agar bisa mewujudkan semua cita-cita kami, mewujudkan sebuah keluarga yang sejahtera. 

Eh, kenapa saya jadi ngobrol ke mana-mana, ya? Hihihi ... baiklah kita kembali pada acara prosesi Wisuda Sarjana STT Bandung, ya :))

Dulu lulusan dari perguruan tinggi tidak begitu susah untuk mendapatkan pekerjaan. Kesempatan kerja masih terbuka dengan luas. Namun itu dulu. Sekarang zaman sudah semakin berkembang, lapangan pekerjaan mulai menjadi rebutan. Hanya mereka yang berkualitas dan berkompenten bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan cita-cita mereka.

Kondisi seperti ini, membuat Sekolah Tinggi Teknologi Bandung mempersiapkan anak didiknya untuk mudah mendapatkan peluang pekerjaan setelah lulus. Menurut Ketua STTB Bapak Muchammad Naseer S.Kom, M.T, sekolah yang dipimpinnya menyediakan career centre yang dapat selalui didatangi oleh lulusannya.

Di depan 183 orang wisudawan, pemimpin Sekolah Tinggi Teknologi Bandung tersebut juga memaparkan usaha sekolah yang dipimpinnya agar semua lulusan dapat bekerja di perusahaan yang sesuai dengan bidang ilmunya. STTB telah melakukan kerja sama dengan beberapa pihak swatsa dan BUMN, agar lulusannya bisa bekerja di instansi tersebut.  


Profil Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
Saat prosesi wisuda sarjana tersebut, saya bisa mengenal lebih jauh tentang sekolah yang memiliki tiga jurusan yaitu Teknik Industri, Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual itu.



Dalam sambutannya di acara wisuda tersebut, Bapak Naseer menyampaikan jika hingga ini Sekolah Tinggi Teknologi Bandung telah meluluskan anak didiknya sebanyak 1355 orang sarjana. Di tahun 2018 ini mahasiswa di STTB berjumlah 1250 orang yang berasal dari Jawa Barat sekitar 75% dan dari Pulau Sumatera, Bali, Sulawesi, Kalimantan, Papua dan ada juga yang berasal dari Malaysia serta Timor Leste. 

Untuk memperkuat posisinya sebagai intansi dengan tagline Your Partner to Global Competition itu, STTB kini memiliki 120 dosen yang 96% diantaranya telah mencapai program magister. Diharapkan pada tahun 2019, ada sekitar 70% dosen bisa mencapai gelar doktoral. Semua itu, bertujuan untuk menambah nilai Sekolah Tinggi Teknologi Bandung sebagai lembaga pendidikan yang memiliki visi dan misi sebagai lembaga yang unggul untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bahkan STTB juga telah mencanangkan untuk di tahun 2022, akan menjadi lembaga pendidikan dalam bentuk universitas. Untuk mewujudkannya, lembaga ini masih harus memenuhi persyaratan sesuai dengan persyaratan dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. 

Semua hal yang telah dilakukan oleh STTB dan rencana yang akan diwujudkan untuk masa yang akan datang, tentu saja tidak terlepas dari keinginan lembaga tersebut untuk mempersiapkan lulusannya agar bisa bersaing di era Revolusi Industri 4.0.



Tidak hanya menjalani prosesi wisuda, acara yang diadakan di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink tersebut juga merupakan acara peresmian kerja sama antara STTB dengan beberapa pihak. Telah dilakukan penandatanganan MoU dengan pihak Universitas Nasional PASIM, PT POS Indonesia, Bank Sampah Bersinar,  PT.SLU, CMYK, dan Hungghi Taiwan




Diharapkan dengan terjalinnya kerjasama STTB dengan beberapa pihak tersebut bisa menjadikan lembag pendidikan ini lebih optimal menyalurkan lulusannya untuk bisa bekerja sesuai dengan latar belakang ilmu yang mereka miliki. 
Tentu saja hal ini semakin membuktikan bahwa Sekolah Tinggi Teknologi Bandung merupakan lembaga yang cocok untuk mempersiapkan generasi yang mampu berkompetisi di era global. Sesuai dengan taglinenya : Your Partner to Global Competition.

Semoga semua visi dan misi tersebut bisa tercapai dan bisa mengurangi jumlah pengangguran serta menunjang pertumbuhan ekonomi. 




32 comments:

  1. Kayaknya teh Nurul duduk dibelakang saya ya? Sy juga hadir loh..

    ReplyDelete
  2. Ӏ am genuineⅼy thankful too the owner of this website
    who has shaгed this wonderful piеce of writing at ɑt
    this time.

    ReplyDelete
  3. Marvelous, ᴡhɑt a weblog it іs! This weƄpage presents valսable data tto us, keep it up.

    ReplyDelete
  4. Semoga persentase dosen dengan gelar doktoralnya bisa tercapai dnegan cepat ya jadi membuat STTB lebih oke lagi

    ReplyDelete
  5. Kalau menghadiri acara wisuda tuh suka merinding,suka dengan prosesi upacaranya, semoga selalu bisa menghasilkan lulusan terbaik ya

    ReplyDelete
  6. Semoga aja angka pengangguran berkurang. Alhamdulillah kalau tempat kuliah udah kerja dengan berbagai perusahaan.

    ReplyDelete
  7. Wah, bisa jadi alternatif lain untuk nguliahin anak di Bandung kalau udah besar, nih. Thank you mba untuk infonya ya. :))

    ReplyDelete
  8. Sering Merinding kalau melihat prosesi wisuda deh. Terbayang gimana jatuh bangunnya utk bs ada di tahap ini

    ReplyDelete
  9. Gara-gara postingan tentang STTBandung ini, ponakan saya tertarik untuk daftar. Apalagi saat tahu kalau STTBandung kerjasama dengan beberapa instansi bahkan dari luar negeri. Pokoknya keren da ah...

    ReplyDelete
  10. wah makin banyak universitas di indonesia, semoga makin berkualitas pula para lulusannya, aamiin.

    ReplyDelete
  11. wah aku baru tahu STTB ini mba Nurul :) ada jur Teknik Informatika juga yah semoga lulusannya bertambah banyak

    ReplyDelete
  12. Teknologi semakin canggih, jd ya perusahaan juga mencari calon2 pegawai dengan tingkat pengetahuan dan skill teknologi yg mumpuni. Dan ini dimiliki oleh para blogger. Trust me.

    ReplyDelete
  13. Semoga para lulusan STTB bisa segera mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Aamiin. Jadi inget masa di mana saya diwisuda :)

    ReplyDelete
  14. Apa yang paling terpenting dari sebuah Universitas atau perguruan tinggi adalah bisa menyediakan wadah lapangan kerja bagi mahasiswanya. Btw semoga sukses selalu STTB yah dan tercapai visi dan misinya 😊

    ReplyDelete
  15. Aamiin semoga aja ya lulusannya bisa bikin inovasi teknologi agar Indonesia menjadi yang terdepan.

    ReplyDelete
  16. Semoga semua lulusannya bisa berkompetisi di era global ini dengan bekal pendidikan di sana ya

    ReplyDelete
  17. berharap banget lembaga pendidikan di Indonesia bisa maju dan menghasilkan manusia yang cerdas akademik juga cerdas spiritual dan cerdas sosial

    ReplyDelete
  18. STTB ini yang dulu ada embel-embelnya "Telkom" ya Mbak? Betul bukan si? Eh apa bukan yak?

    ReplyDelete
  19. Amiin. Semoga saja alumnus STTB bisa hasilkan teknologi yang bermanfaat bagi umat yaa :)

    ReplyDelete
  20. Boleh juga nih kayaknya STTB ini menjadi rekomendasi kelak anak-anak besar, siapa tau ada rezekinya bisa sampai perguruan tinggi. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari rumah

    ReplyDelete
  21. Yeaay makin banyak sekolah keren, semoga bisa mencetak generasi Indonesia yang produktif dan kreatif yaa :)

    ReplyDelete
  22. Kalau ada postingan ttg sekolah2 gtu rasanya pengen sekolah lg hehe. Kyknya bagus jg program2 di STTB.
    Aamiin moga dimudahkan untuk beralhih jd universitas ya SSTB ini.

    ReplyDelete
  23. Amin amin ...semoga aja ya visi misinya bisa menekan angka pengangguran bisa sukses dan lancar tanpa hambatan .

    ReplyDelete
  24. Aduh, ngelihat wisudaan kayak gini sua bikin terharu. Jadi keingetan masa wisuda dulu. :D

    ReplyDelete
  25. STTB keren juga visi dan misinya yaaa... semoga bisa makin membantu penurunan angka pengangguran karena lulusannya sudah siap semua terjun ke dunia kerja.

    ReplyDelete
  26. Semoga lulusannya bisa bersaing di era global ini. Inget dulu habis lulus, nyari kerja meuni susah pisan! Sekarang semua kayaknya sudah dipersiapkan untuk mencari lapangan pekerjaan ya.

    ReplyDelete
  27. STTB benar-benar siap mencetak generasi muda yang competitive dan mampu jawab tantangan jaman ya mba. Sukses utk sekolah dan mahasiswanya

    ReplyDelete
  28. Aamiin aamiin semoga tingkat pengangguran di Indonesia semakin menurun ya kka. Terharu aku liat prosesi wisudanya

    ReplyDelete
  29. Sekarang memang butuh sekolah tinggi yang lulusannya mampu berkompetisi di dunia kerja

    ReplyDelete
  30. Dulu suaminya temen ada juga yang alumnus STTB.
    Senang sekali karena lepas kuliah, langsung dapat kerja yang mapan.

    ReplyDelete
  31. Dulu aku sempat punya inceran anak teknik, eh dapetnya anak ekonomi. Hahahaha *abaikan
    Jujur aku baru denger tentang STTB ini Mba, duuh kudet amaaat. Alhamdulillah ya, bisa jadi alternatif kuliah di Bandung. Apalagi kalau lulus bisa langsung dapet kerja. Itu mah impian ssemua fresh graduate kayaknya :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^