Manfaat Serum Agar Wajah Cerah

Ingin memiliki wajah cerah, bersih dan bebas kerutan halus? Pasti semua orang menginginkan wajahnya terlihat lebih awet muda, bukan? Ada berbagai macam cara agar kita bisa mewujudkannya. Salah satunya dengan melakukan perawatan.

Sebagai ibu dari dua orang anak, melakukan perawatan wajah tentu saja tidak sebebas dahulu ketika masih berstatus single. Masa yang bebas melakukan apa saja untuk tubuh dan wajah yang sehat serta terawat. Kini, aktivitas keseharian saya lebih banyak difokuskan pada keluarga terutama mengurus anak-anak.



Padahal seiring waktu, kulit wajah saya tentunya tidak sekencang dan semulus ketika masih berstatus gadis. Aktivitas di luar rumah maupun di dalam rumah setidaknya menimbulkan dampak yang bisa mempengaruhi keelastisan kulit wajah. Seharusnya semakin bertambah umur, saya mesti melakukan perawatan yang lebih intensif jika dibandingkan dengan dulu, bukan?

Namun seperti dikemukakan sebelumnya, jika waktu dan kesempatan saya untuk melakukan perawatan tidaklah banyak. Nah, saya pikir salah satu solusinya yaitu melakukan perawatan di rumah. Apakah perawatan di rumah memerlukan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan perawatan di salon? Belum tentu, juga, kan? Bisa aja kita melakukan perawatan di rumah dengan biaya yang tidak terlalu banyak, asalkan kita menggunakan produk perawatan yang tepat dan mengetahui cara pemakaiannya dengan tepat pula.


Perawatan Dasar agar Wajah Cerah dan Tanpa Kerut Halus

Meskipun keseharian saya banyak di dalam rumah, tetapi tidak mungkin saya terhindar dari udara luar yang mengandung debu dan kotoran. Partikel kecil dan kotoran yang terbawa angin bisa mempengaruhi kebersihan kulit wajah. sedikit demi sedikit bisa menutup pori-pori kulit dan membuat sel kulit yang sudah mati semakin tebal. Oleh karena itu saya mesti melakukan perawatan, minimal yang dasarnya saja. Adapun perawatan dasar yang bisa saya lakukan saat di rumah diantaranya:

1. Membersihkan wajah
Untuk mengangkat sel-sela mati yang bisa membuat kulit wajah menjadi kusam, tidak cerah, penyebab komedo dan jerawat serta penuaan diri, maka kita perlu rutin membersihkan wajah. Sebaiknya menggunakan pembersih yang cocok dengan jenis kulit wajah kita. Berhati-hati dalam memilih produk perawatan wajah. Pastikan pembersih yang kita gunakan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Waktu yang tepat saat melakukan pembersih wajah adalah saat akan memakai kosmetik, setelah menggunakan makeup, serta malam hari menjelang tidur.

2. Menjaga Kelembaban Kulit Wajah
Bagi saya pemilik jenis kulit kering, menggunakan pelembab menjadi sebuah keharusan demi menjaga agar kulit terjaga dari dehidrasi. Daerah tempat tinggal saya yang kaya dengan sinar matahari akan merangsang kelenjar keringat untuk bekerja ekstra, sehingga kulit akan terasa cepat kering.

Beberapa produsen mengeluarkan produk yang dapat digunakan baik di pagi hari maupun di malam hari. Kandungan zat aktif yang terdapat pada pelembab pagi/siang biasanya lebih tinggi. Sebab waktu siang hari kita lebih banyak beraktivitas di luar rumah, sehingga kulit memerlukan pelindung yang lebih banyak.

Sedangkan di malam hari, kulit kita tetap membutuhkan pelembab meskipun tidak terpapar sinar matahari. Karena pada malam hari, saat kita tertidur adalah saat paling maksimal dalam perawatan kulit. 

3. Melindungi Kulit Wajah dari Sengatan Sinar Matahari 
Keseharian saya tidak selalu dilakukan di dalam rumah. Ada kalanya saya harus ke luar rumah untuk mengurus keperluan rumah tangga dan mengikuti berbagai kegiatan yang mendukung kegiatan saya sebagai penulis dan blogger. Oleh karena itu, saya melengkapi perawatan dasar dengan menggunakan sun-screen.

Sebenarnya banyak produk pelembab yang sudah dilengkapi dengan sun-screen. Hanya saja, jika aktivitas kita lebih banyak berinteraksi dengan sinar matahari langsung, kita perlu menggunakan produk khusus untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

4. Memanfaatkan Kegunaan Serum Wajah
Selain rutin membersihkan wajah, menjaga kelembaban dan melindungi wajah dari sinar matahari, perawatan wajah yang tidak boleh ditinggalkan yaitu memanfaatkan kegunaan serum wajah.

Serum wajah sendiri berfungsi melembabkan kulit, mencegah pengaruh buruk yang diakibatkan oleh polusi dan sinar matahari, mengurangi minyak berlebih di wajah, mencegah penuaan dini dan menyamarkan bintik gelap wajah.

Bagi saya, penggunaan serum merupakan penyempurna dari rangkaian perawatan kulit wajah. Eh, tapi untuk menggunakan serum wajah tetap perlu berhati-hati karena tidak semua serum cocok dengan jenis kulit. Selain itu, kita juga perlu menyesuaikan dengan keadaan keuangan kita, bukan? Apalagi soal kehalalannya, penting sekali, deh!
Jadi bagaimana sih, cara menentukan serum wajah yang baik itu?


Memilih Serum Wajah Yang Bermanfaat Untuk Kulit

Dalam memilih serum wajah, kita perlu menyesuaikan dengan kondisi kulit kita. Bagi mereka yang masih muda, tentu penggunaan serum yang mencegah penuaan, tidak diperlukan, bukan? Atau menggunakan serum yang bahan dasarnya tidak jelas.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, ada beberapa cara memilih serum wajah agar bisa dimanfaatkan oleh kulit kita, yaitu:

1. Memilih serum berdasarkan fungsinya untuk melembabkan.
Produk perawatan yang mengandung zat pelembab tinggi sangat disukai oleh setiap wanita di berbagai generasi. Serum yang melembabkan biasanya mengandung zat ceramide. Zat ceramide sendiri merupakan lemak yang dihasilkan secara alami pada kulit yang berfungsi sebagai pelembab.

Seiring bertambahnya usia, kandungan ceramide dalam kulit akan berkurang. Dengan menggunakan serum, zat ceramide dalam kulit akan menjaga kulit agar tetap lembab, kenyal, kencang dan terhidrasi dengan baik.

2. Pilihlah serum yang mengandung vitamin agar tercipta pori-pori kulit yang sehat.
Pada wajah saya mulai tampak bintik hitam yang sangat mengganggu sekali. Agak merusak pemandangan huaheheh ...
Untuk menyamarkan noda hitam dalam wajah, tentunya diperlukan serum yang mengandung pemutih. Salah satu zat yang dapat memutihkan kulit yaitu vitamin B3. Selain menyamarkan bintik hitam, vitamin B3 juga bisa membantu mengencangkan kulit dan menekan pembentukan melanin.

Dengan begitu, lebih baik jika memilih serum dengan kandungan vitamin B3 agar bisa membantu kulit wajah tetap mulus tanpa bintik hitam. 

3. Perhatikan bahan yang terkandung dalam serum.
Tujuan kita ingin membuat wajah terlihat lebih kinclong, bukan? Jadi jangan sampai kita salah memilih serum dengan bahan dasar yang tidak jelas. Tetap berhati-hati dengan kandungan yang ada dalam serum, untuk menghindari efek samping yang tidak diharapkan.

4. Memilih Produk Halal
Sebagai seorang muslim, tentu saja saya sangat memperhatikan kehalalan suatu produk. Termasuk produk yang digunakan untuk merawat kulit wajah.

Dari keempat kriteria tersebut, saya menetapkan pilihan pada produk Wardah Lightening Facial Serum. Di dalam produk yang satu ini, saya bisa mengambil manfaat vitamin B3 yang ada di dalamnya. Selain itu, produk dengan warna biru ini juga mengandung vitamin E sebagai antioksidan yang dapat merawat kulit wajah dari paparan radikal bebas dan membuat kulit lebih cerah.


source :  shopee.co.id

Selain itu, produk dari Wardah ini juga mengandung extra aloe vera dan Hyaluronic Acid yang berfungsi menjaga kelembaban kulit wajah. 
Dan .. seperti kita ketahui, produk ini sudah terjamin kehalalannya.


source :  shopee.co.id

Produk yang sudah sempurna, bukan? Bagaimana dengan pilihan teman-teman? Serum yang seperti apa yang akan dipilih untuk merawat wajah agar tetap terlihat cerah tanpa kerut halus?

Menggunakan serum wajah atau tidak memakainya, memang tergantung dari pilihan masing-masing. Asal penggunaannya tepat dengan produk yang sesuai tentunya akan menghasilkan kecantikan kulit yang maksimal. 

Bagi saya, perawatan dasar lebih penting dibandingkan menggunakan makeup berlebih untuk menutupi kekurangan di kulit wajah. Bagaimana dengan teman-teman? Sharing yuuk!

  Salam takzim
 

Post a Comment

47 Comments

  1. Wah..saya ini yang masih maju mundur cantik pake serum. Karena belum tahu di usia berapa waktu yang tepat untuk pakai. harganya yang biasanya diatas rata2 produk dasar skincare jadinya nanti aja deh. Padahal bayang2 penuaan yang ga bisa dihindari terus kebayang2😁😁

    ReplyDelete
  2. Aaah aku suka banget produk wardah. Teh review cream anti aging and night creamnya wardah juga dong..

    ReplyDelete
  3. wah dari tadi rame tentang wardah hehe. saya enggak pakai skincare wardah sih, tapi kayanya serumnya boleh di coba nih. Kebetulan aku biasanya pakai krim pagi dan malam aja tanpa serum hehe. Makasih mba sharingnya, mau coba siapa tau cocok ~

    ReplyDelete
  4. Toss..saya juga tim perawatan dasar alias skincare agar wajah lebih cerah tanpa kerut halus Mbak..karena ibaratnya kalau kanvasnya oke dilukis apapun pasti ketje.
    Dan..saya juga pakai produk Wardah Lightening Facial Serum ini:)

    ReplyDelete
  5. Saya belum nyoba pake serum sih teh. Kalo cuci muka, sunblock dan pelembab itu wajib saya pake. Tapi kalo serum belum..mungkin nanti bakaln coba kalo misal udah kerja diluar rumah lagi,hehe

    ReplyDelete
  6. Aku nih pecinta serum sejati. Selalu suka dengan produk yang ada judulnya serum wkwkwk.
    Wardah serum yang ini mamah aku juga pake, enak wajah jadi lembab katanya

    ReplyDelete
  7. Saya juga mulai pakai serum tapi dari merek sebelah. Mungkin harus coba Wardah ya teh..Mulai dari yang halal ya teh 😊

    ReplyDelete
  8. Asikk.. dapat rekomendasi lagi dari produk ini. Soal halalnya kadang mmg bikin galau. Dan remindinh my self ini bahwa wajah pun perlu perhatian khusus. Makasih artikelnya

    ReplyDelete
  9. Saya terbiasa membersihkan wajah dengan cleansing milk dan toner sejak remaja. Dulu cenderung acne prone skin, sih. Kalo gak dibersihin rutin, wah berabe. Masker wajah juga jalan.
    Nah, setelah punya anak kedua, saya baru mulai pake krim malam, hehe. Nyadar diri kalo butuh perawatan lebih. Serumnya sekalian di night cream itu.
    Ternyata ada yg khusus mcam wardah ini ya, Teh. Saya pake Wardah yg compact powder dan hydrogloss juga, sih. Cocok kali ya Kalo nyobain serum ini kapan2.

    ReplyDelete
  10. Sy blm pernah pakai serum merek apapun. Produk wardah ini bisa dicoba.
    Terima kasih sharingnya

    ReplyDelete
  11. Lagi rame emang dunia per-serum-an inih. Sebelumnya aku pernah coba produk Wardah yang whitening series, tapinya ga cocok dikulit wajah aku. Ini baru ngeluarin serum,keknya patu dicoba kali ini, siapa tahu kali ini cocok.

    ReplyDelete
  12. Saya juga mulai rajin memakai serum. Sama cikgu, pilihan serumnya. Dan sepertinya saya cocok sekali.

    ReplyDelete
  13. Aku juga wardah lover Teh. Hampir semua produk perawatan pale dari brand ini. Meski merk lokal tapi kualitas OK. Biasanya aku pake yang seri whiteningnya atau anti wrinklenya.

    ReplyDelete
  14. Horee...tim Wardah. Saya tim Wardah Ungu, Renew You. Pakai krim malam, bangun pagi kulit terasa kenyal...
    Awet lagi...

    ReplyDelete
  15. Pas banget nih artikelnya. Kebetulan saya lagi cari serum karena punya saya udah habis. Nah, kebetulan juga lagi pengen coba Wardah. Harganya berapaan ya mbak?

    ReplyDelete
  16. Saya suka pake wardah juga. Pengen nyoba juga pake serum setelah tahu manfaatnya

    ReplyDelete
  17. Serum memang sangat penting untuk wajah ya, teh. Karena serum membantu untuk regenerasi kulit. Aku.belum pernah pakai serum dari wardah ini. Thanks utk review nya ya, teh 😊

    ReplyDelete
  18. Aku pake serum ini. Tapinya belang betong. Jadinya gak maksimal deh hasilnya. Baong yaaa :D

    ReplyDelete
  19. Mpo punya serum tapi belum terpakai. Pas baca ini dan tahu manfaat serum jadi pengen buka juga kemasan serum

    ReplyDelete
  20. Serum ini bisa untuk kulit berminyak ga ya? Karena kulitku berminyak tp juga udah mulai muncul kerutan

    ReplyDelete
  21. Saya pake Wardah juga..tapi yg serum ini blm nyobain sih.. Hm, jadi tertarik juga nih

    ReplyDelete
  22. saya belum pernah memakai serum wajah, tapi pengen memiliki wajah cerah dan halus :D wardah ini bagus ya, mau coba ah nanti

    ReplyDelete
  23. Beberapa bulan yang lalu, aku pakai serum dari Wardah.
    Mulai dari yang mengandung vit. C (kemasan warna kuning cerah) sampai Wardah yang Whitening.

    Tapi..
    Emm, begitu abis, aku ganti merk.

    Emm...lagi hobi gonta-ganti skincare sebenarnya...
    Berbahayakah, teh?

    ReplyDelete
  24. Wardah salah satu merk kosmetik yang coock buat kulit saya. Tapi, belum pernah cobain serum ini. Boleh juga nih supaya gak ada kerutan di wajah

    ReplyDelete
  25. Setuju banget, jangan lupakan serum wajah.. aku mulai rutin pakai serum sejak konsultasi ke dokter, selain untuk mencegah penuaan dini, serum juga membantu meregenasi kulit, jadi jika tidak menggunakan serum kebayang dong.. kulit pasti akan lama meregenerasi.. dan kerutan akan semakin bertambah setiap hari.. oh no.. ngga mau sih aku

    ReplyDelete
  26. Teteeeeh, aku juga udah mulai pake serum nih Teh.
    Udah mulai ada bintik2 hitam juga di muka, jadi berasanya emang udah butuh.

    Waktu itu aku pernah pake serum Wardah tapi yang warna ungu Teh, belon pernah nyoba yang lightening serum, nanti pengen cobain.

    Hayuk kita sekalian beli essence-nya jugak Teh, ceunah sebelum pake serum pake essence dulu biar makin glowing hahaha.

    ReplyDelete
  27. Aku jd pengen nyoba serum wardah ini, kebetulan aku dah pakai beberapa produk wardah mbak.
    Kmrn sempet nyari di salah satu supermarket tp gak ada, mungkin ntr beli online atau beli di apotek modern aja hehe :D

    ReplyDelete
  28. Saya juga pernah pake serum Wardah, Mbak. Tapiii yaaa, berhubung saya orangnya gak telaten jadilah tu serum laamaaaaaa banget habisnya
    Lah cream malam aja pakenya seingatnya aja, apalagi serum, duuhh masih PR banget deh buat rutin. Beda klo day cream setelah mandi wajiblah itu :)

    ReplyDelete
  29. Nih serum lagi booming banget ya sekarang. Dimana-mana pada pake serum, termasuk saya, hehe. Mesti pilih serum yang cocok dengan kulit wajah ya, Mba :)

    ReplyDelete
  30. Aku juga selalu pakai serum mbak soalnya usia 40 kerutan halus mulai kelihatan apalagi di area mata dan dahi.

    ReplyDelete
  31. Aku juga selalu pakai serum mbak, karena usia 40 kerutan halus mulai kelihatan apalagi area mata dan dahi.

    ReplyDelete
  32. Aku pakai Wardah yang cream malam, pagi, juga cleanser dan toner nya. Kalo serum malah pakai nya produk lain, kecampur gitu gimana ya

    ReplyDelete
  33. Produknya wardah baru nyobain facial foamnya aja. Akhir2 ini juga kepikiran buat beli serum juga nih. Tp belum tahu mau beli yg merek apa. Bisa jadi pertimbangan nih serum dari wardah. Apalagi wardah udah jelas soal kehalalannya. Nggak mau juga gitu, beli serum mahal2 eh, ternyata malah ga halal.

    ReplyDelete
  34. Pernah beli lho tapi akunya ga telaten ckckck. Padahal udah ayemlah pake wardah ini. Udah ada label halalnya sih

    ReplyDelete
  35. Aku suka bangeet dengan serum wajah.. dan kalau rajin pakainya terasa sekali manfaatnya

    ReplyDelete
  36. Baca i i aku jadi inget serum wajah ku habis dan belum beli lagi hehe. Btw saya belum pernah cobain serum wardah. Dan untuk produk wardah sendiri saya lebih sering pakai lipstik dan eyelinernya aja.

    ReplyDelete
  37. Blum coba produk yg in mba,, aku juga pakai scin care wardah , cocok soalnya Aman dn halal lg

    ReplyDelete
  38. Wah saya jg memang mulai pke serum nih tp blm istiqomah.
    Dulu sempet jg wardah terus terhenti..skrg ganti lagi yg lain..heu..maaih gitu deh..padahal penting ya..

    ReplyDelete
  39. selama ini galau pengen beli serum dari brand apa. eh ternyata wardah ada serumnya. cuss beli ahh

    ReplyDelete
  40. aku juga cinta bangeeet sengam serum..soalnya okeee abis dan hasilnya bikin kilit sebat dan glowing abis yaaa.

    ReplyDelete
  41. Aku pakai serum wardah juga nih tapi yg seri Renew You, yg untuk uisa 30+ hahahaha

    ReplyDelete
  42. Ini serumku dulu waktu masih 20an, sekarang udah mid-30 ganti pakai wardah yg C-series & yg anti aging :)

    ReplyDelete
  43. Aku juga rutin oakai serum pagi malam hari, hasilnya Allhamdulillah lumayan lah membantu kecerahan kulit wajah

    ReplyDelete
  44. Untuk yang sudah berusia 40 tahun ke atas, serum ini jadi penting banget lho. Menunjang perawatan anti aging dari moisturizer yang sudah digunakan.

    ReplyDelete
  45. Serum wajah memang bermanfaat sekali. Aku juga ngerasain kalo pake serum wajah tuh kulit jadi lebih lembut.

    ReplyDelete
  46. Tos mba Nurul aku juga make serum wardah ini, awet pemakaiannya eheheh
    aku cocok lembut dan lembab jadinya

    ReplyDelete
  47. karena wajahku cukup sensitif klo kata dokter, jadi skrg aku rajin pakai serum kak nurul..

    alhamdulillah ada efeknya meski nggak instan,,, wardah ini produk yang lagi baru aja aku coba,, belum ada masalah alhamdulillah hihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^