Wednesday, 22 May 2019

5 Cara Cermat Menggunakan Uang THR

Tidak terasa kini kita tiba di dua minggu terakhir dari Bulan Ramadhan. Waktu yang cukup dinanti-nantikan oleh sebagian besar orang. Biasanya dalam waktu dua minggu atau 10 hari menjelang hari raya, orang-orang menerima uang THR dari tempat mereka bekerja. Agar keuangan kita tetap sehat dan tidak mengalami saldo minim usai hari raya, tentunya kita harus cermat saat menggunakan uang THR, bukan?


Cermat Mengelola Keuangan

Banyak manfaat yang dapat kita dapatkan saat cermat dalam hal keuangan. Bagi kehidupan pribadi, cermat mengelola keuangan dapat membuat kita bebas dari kekhawatiran dengan masalah keuangan. Selain itu, kita juga bisa tepat menyisihkan dana untuk cadangan di masa depan. Bahkan dengan selalu cermat menggunakan uang, kita juga bisa mempunyai modal usaha, dana pensiun atau memiliki cadangan investasi.

Tidak hanya keuntungan pribadi, cermat menggunakan uang juga sangat bermanfaat bagi kesejateraan keluarga. Dengan menggunakan uang lebih cermat, bisa memiliki dana berlibur bersama keluarga, lebih tenang karena memiliki tabungan pendidikan untuk anak-anak, serta bisa menyisihkan dana yang akan digunakan bila terjadi hal darurat.

Cara Cermat Menggunakan Uang THR

Mengelola keuangan dengan baik juga berlaku ketika kita mendapatkan THR atau tunjangan hari raya. Bagi para penerimanya, THR bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan di Hari Ied Fitri. Namun jika kita kurang cermat menggunakannya uang THR yang kita dapatkan, dana tersebut akan habis tidak bersisa saat kita usai berlibur di Hari Raya Iedul Fitri.

Untuk menghindari saldo tabungan tidak bersisa usai hari raya, sebaiknya kita menggunakan uang THR secara cermat.
Nah, 5 cara agar kita bisa lebih cermat menggunakan uang THR adalah:

1. Membayar angsuran
Bagi yang memiliki angsuran seperti cicilan rumah, cicilan kendaraan bermotor atau angsuran pinjaman di bank, setelah mendapatkan THR lebih baik langsung disisihkan untuk membayar angsuran. Meskipun jatuh temponya masih lama, sebaiknya tetap dibayarkan sebelum lebaran. Dengan begitu, anggaran untuk membayar angsuran bisa diselamatkan. Kita pun bisa menikmati liburan lebaran dengan lebih santai tanpa harus memikirkan angsuran.

2. Menyisihkan dana sekolah
Begitu pula dengan dana pendidikan yang diperlukan untuk anak, sebaiknya ketika mendapatkan uang THR disisihkan untuk dana pendidikan.

3. Menambah tabungan di awal
Sebelum uang THR habis atau saldo tabungan menjadi nol, lebih baik menyisihkan dana untuk tabungan. Hal tersebut untuk menghindari uang THR habis sebelum kita sempat menyisihkan untuk tabungan. Selain menyisihkan untuk tabungan, kita juga bisa menyiapkan sejumlah dana untuk investasi. Baik investasi jangka pendek maupun investasi jangka panjang.

4. Membayar zakat dan sedekah
Hal yang paling penting saat kita mendapatkan uang THR adalah membayarkannya untuk zakat dan sodaqoh. Jangan sampai uang THR kita habiskan untuk keperluan mudik atau kebutuhan hari raya, sehingga kewajiban membayar zakat dan sedekah terlupakan. Seperti diketahui, kita bisa membersihkan harta yang dimiliki dengan membayar zakat dan sedekah. Dengan harta yang bersih, maka keberkahan akan mudah diraih.

5. Cermat berbelanja kebutuhan untuk lebaran.
Gunakan uang THR secara cermat saat berbelanja cerdas untuk kebutuhan lebaran. Sebaiknya dipilah, barang apa saja yang akan dibeli, apakah memang diperlukan atau hanya sekedar keinginan saja. Terkadang jika sudah ada di pusat perbelanjaan, kita suka lapar mata. Semua barang bagus rasanya ingin dibawa pulang.
Semestinya kita harus dapat memilah, mana barang yang benar-benar kita butuhkan dan mana barang yang masih kita tangguhkan.

Dengan cermat menggunakan uang THR, kita akan terhindar dari kebangkrutan. Saldo tabungan juga terhindar dari saldo nol. Dan usai lebaran kita tidak perlu pusing dengan dana yang mesti dikeluarkan. Cermat mengelola uang THR juga dapat membuat keuangan keluarga tetap sehat.

               Salam takzim
 

24 comments:

  1. Setuju banget tipsnya teh nurul, jangan sampai kita tidak cermat mengelola keuangan, eh sedekah malah terlupakan karena tergiur oleh barang belanjaan yg banyak promo,hihihi...

    ReplyDelete
  2. Setuju, Mba..Dengan cermat mengelola uang THR membuat keuangan lebih sehat..jadi terasa dapat uangnya kalau peruntukannya jelas.Enggak menguap begitu saja.

    ReplyDelete
  3. Artikelnya lumayan beemanfaat gan.. kalo Saya kebanyakan menggunakan uang THR buat belanja aja, kalo bust menyisihkan Dana sekolah atau keperluan ekonomi pake duit gajian😀

    ReplyDelete
  4. Setuju banget, Teh Nurul. Tips-tipsnya sangat direkomendasikan untuk dipraktekkan. Masih banyak teman-teman yang seusai lebaran mengalami kolaps finansial sementara waktu karena kebutuhan yang melonjak tanpa diimbangi dengan pertimbangan matang. Aku ikutan mencontoh, yaaa ...

    ReplyDelete
  5. InsyaAllah THR tahun ini buat nutup kekurangan biaya masuk TK Najib. Lainnya buat mudik, wajib banget yang satu ini. Entah kenapa kami nggak bisa sama yang namanya mudik lebaran. Beda sama mudik di bulan-bulan biasa.

    ReplyDelete
  6. Makasih sharingnya Teh Nurul. Belum tahu nih mau diapain THR. Dikeluarkan zakatnya trus ditabung saja. Belum nge-Mall nih saya. Hehe...takut kabita belanja...

    ReplyDelete
  7. Setuju banget mbak. Kalo saya sih biasanya uang TTHr dipake buat mudik. Jalan-jalan dengan keluarga di kampung halaman. Tetep lah ya harus ada yang disisihkan Sebagian. Makasih tipsnya mbak

    ReplyDelete
  8. Hehe, tahu aja Teh Nurul lagi harap-harap turun THR.
    Btw cermat berbelanja uang THR, saya setuju banget.
    Khawatir mubadzir, malah uang yg kita dapat jadi nggak berkah, ya teteh.
    Mksh sdh diingatkan teteh.

    ReplyDelete
  9. Benar banget, Mba. Uang THR memang harus dikelola dengan cermat agar tidak menyesal di belakang hari. Kalau saya sih, belum pernah merasakan keseruan mendapatkan uang THR, hehehe.

    ReplyDelete
  10. Setuju mbak, dapat uang THR suka buat 'lupa diri', sehingga harus keluarkan dahulu pengeluaran prioritas

    ReplyDelete
  11. Ah, sepakat banget ama tipsnya. Kadang suka pada khilaf kalau THR udah ditangan, kan? Dengan tips ini paling tidak bisa jadi gambaran, hehehe. Met lebaran Teh

    ReplyDelete
  12. Huhu udah dua kali lebaran nggak dapat THR, karena udah nggak kerja, suami juga bukan karyawan jadi nggak dapat THR, tapi tipsnya oke juga nih biar kalau dapat uang tambahan nggak habis gitu aja, makasih yaa

    ReplyDelete
  13. Wuah kalo aku udah berkeluarga nanti, 5 hal tsb aku terapin Inshaa Allah
    Iya, soalnya sepemikiran sama aku. Sempet mikir tentang pengelolaan uang saat lebaran

    ReplyDelete
  14. Duh duh Eny takut kalap sama uang THR ... Eh tapi kan blm kerja siapa yg ngasih wkk

    ReplyDelete
  15. jadi keinget dengan uang THR yang baru cair. langsung dikekep dan ngebaca ini supaya ngga bablas saat lewat depan mall atau toko online hehehe

    ReplyDelete
  16. Tipsnya mantul semua mbak. Bayar tagihan, persiapan anak sekolah, zakat....insyaAllah semua sudah dilakukan ..

    ReplyDelete
  17. Terkadang yang THR tuh bagaikan setan anjay tau tau duit habis aja bila tidak dimanage dengan baik. Dan sepertinya duit thr lebih bik udh disisihkan gitu ya biar lebih bagus

    ReplyDelete
  18. Poin 5 sih penting banget karena kebanyakan orang khilaf di poin ini. Biasanya kalo uda lebaran jor-joran semua ngeluarin THR, akhirnya raib semua

    ReplyDelete
  19. Nah nah bener tuh kok ya pas abis lebaran anak2 sekolah ya mbak, jd THR mesti bener2 dimanfaatkan dengan baik jgn kalap buat dipakai belanja hehe
    Thx tipsnya

    ReplyDelete
  20. Kalau aku THR khusus buat belanja-belanja, Mbak. Hihihi. Lha dana THR ku juga enggak banyak, kok :D. Untuk dana lain-lain pasca lebaran, ada pos-pos tersendiri di luar THR.

    ReplyDelete
  21. Aku lupa malahan, teh..kalau dapat THR.
    Karena di keluarga kami, yang kerjanya wiraswasta, justru kami yang memberi THR.
    Aku dapet doonk...THR dari suami.

    Hehehe...enaknya buat apa yaa..?
    Sesuai dengan tips nya teteh...akan aku pakai seperlunya.

    ReplyDelete
  22. Bikin list sih menututku yg paling penting, krn jadi tau mana yg plg urgent dan priortitas biar inget2 gak hambur2in huhu

    ReplyDelete
  23. Aku nih yang gampang tergoda. Semoga aja tahun ini enggak bocor, pingin nambah tabungan dari tehaer...

    ReplyDelete
  24. Kalau saya, prioritas THR untuk sedekah dan dana untuk mudik, sisanya baru untuk yang lain. THR selalu jadi sumber tambahan penghasilan yang memang menarik untuk dicermati bagaimana kita menggunakannya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^