Friday, 24 May 2019

Cara Berbuka dan Sahur Yang Sehat Bersama Skippy

Dari aspek kesehatan, puasa yang menahan lapar dan minum terbukti membawa manfaat yang luar biasa. Berpuasa dapat membantu menyeimbangkan asam dan basa dalam tubuh dan bermanfaat memperbaiki fungsi hormon melalui kurangnya makan dan minum serta adanya waktu istirahat bagi pemcernaan. Sehingga berpuasa terbukti dapat menjadi terapi kesehatan yang manjur, terutama jika cara berbuka dan sahurnya dengan cara yang sehat.



Berbuka dan Sahur Yang Sehat

Setelah seharian lambung kita dalam keadaan kosong dan diberi kesempatan untuk meregenerasi sel-selnya, organ pencernaan tersebut sebaiknya diberikan beban kerja yang ringan dan bertahap. Dalam kondisi lapar, sistem pencernaan sangat efisien menyerap kandungan glukosa. Atas dasar itulah, muncul anjuran saat mengawali berbuka puasa diawali dengan makanan yang manis-manis.

Namun, kita juga harus pandai memilih, karena bukanlah pilihan yang tepat jika makanan manis yang kita tentukan untuk berbuka adalah makanan yang mengenyangkan. Makanan berat dapat menghalangi tubuh mendapatkan kecukupan gizi karena kita sudah keburu kenyang sebelum menghabiskan porsi hidangan utama. 

Sebaiknya kita memilih makanan yang manis tetapi tidak mengenyangkan. Selain kurma seperti yang dicontohkan oleh Rosul, kita juga bisa memilih buah-buahan yang mengandung gula alami dan mudah diserap oleh tubuh dan diubah menjadi energi. 

Untuk membuat menu berbuka dan sahur yang sehat, ada beberapa saran yang diungkapkan oleh Dr. H. Anies, MKK., PKK, Dosen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Pertama, hindari kebiasaan salah yang dilakukan oleh sebagian orang seperti minum air es sebelum menyantap makanan. Cara ini dapat merugikan karena dapat menahan rasa lapar. Akibatnya makanan lain yang bergizi dan bernutrisi untuk tubuh, tidak bisa disantap.

Kedua, saat berbuka awali dengan minuman manis yang hagat dan makanan yang mudah dicerna. Setelah kadar gula darah berangsur normal, baru bisa menyantap makan besar. Lebih baik menyantap makanan berat setelah shalat Maghrib. Agar tubuh dan organ pencernaan lebih siap menerimanya.

Ketiga, makanlah secukupnya, setengah jam setelah berbuka. Dua jam kemudian, setelah solat tarawih, bisa menyantap kembali hidangan yang masih tersedia.

Keempat, jangan menganggap sepele makan saat sahur. Makan sahur dapat mengimbangi zat gizi yang tidak diperoleh tubuh selama sehari berpuasa. Hidangan sahur harus bisa menjadi cadangan kalori dan protein serta membuat lambung tidak cepat hampa makanan. Sehingga rasa lapar tidak cepat terasa. Jenis makanan sahur yang cukup mengandung protein dan lemak adalah nasi, telur, dendeng, rendang, ikan dan sayuran.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, sebaiknya kita memilih makanan manis yang tidak mengenyangkan seperti buah-buahan. Kebetulan saya dan anak-anak senang membuat sop buah yang terdiri dari beberapa buah segar kesukaan kami. Karena hampir setiap hari kami berbuka dengan sop buah, anak-anak mulai bosan dan minta saya untuk membuat menu buka puasa yang lain. Kebetulan di rumah masih ada pisang tanduk. Berbuka dengan olahan dari pisang tanduk, masih termasuk menu yang sehat, bukan?

Menu Sehat Skippy

Pisang sendiri merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk berbuka puasa. Pisang kaya dengan vitamin A, B1, B2 dan C yang dapat dengan cepat mengembalikan pasokan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, pisang juga dapat membantu mengembalikan energi dengan cepat.
Nah ... karena berbuka dengan olahan pisang sangat bermanfaat, maka saya akan membuat menu buka puasa yang sederhana dan mudah dibuat yaitu Pisang Aroma Selai Skippy. 


Bahan yang diperlukan tidak banyak dan cukup mudah didapat:
  • 2 buah pisang tanduk
  • 1 bungkus kulit lumpia
  • putih telur secukupnya
  • gula putih secukupnya
  • Selai Skippy
Cara membuat Pisang Aroma Skippy:
  1. Pisang dikupas lalu dipotong-potong sesuai besar yang diinginkan. Saya memilih membuat potongan tipis memanjang, supaya pisangnya mudah matang ketika dimasak.
  2. Simpan potongan pisang di atas kulit lumpia, taburi gula pasir secukupnya.
  3. Oles dengan selai Skippy.
  4. Setelah itu gulung sesuai besarnya pisang, beri putih telur pada ujungnya untuk merekatkan.
  5. Panaskan minyak lalu goreng pisang aroma dengan api kecil agar matangnya merata.
  6. Sajikan selagi panas. Untuk menambah cita rasa, coel pisang aroma dengan selai Skippy.
Sajian yang sederhana ini tidak memakan waktu lama untuk membuatnya. Apalagi kedua anak saya ikut serta membuat makanan berbuka dengan Skippy ini. Supaya tetap terjamin kesehatannya, saya menggunakan minyak baru dan tidak menggoreng dengan minyak yang sama berulang kali.
Bagaimana hasilnya? Anak-anak suka dengan pisang aromanya. Selain manis yang dihasilkan dari pisang, ada rasa kacang yang gurih dan nikmat. Alhamdulillah, mereka suka!
Dengan menyediakan makanan yang sehat, tubuh pun tetap terjaga staminanya hingga bisa kuat menjalani ibadah puasa sehari penuh. Lalu bagaimana dengan teman-teman, sudah menyediakan menu sehat untuk berbuka dan sahur? Pasti sudah ya ... sharing resepnya, yuk!
             Salam takzim

25 comments:

  1. Saya malah Kalo buka Suka make air dingin, Seger :v benar sekali, saat sahur Kita harus punya cadangan protein Dan kalori yg lebih untuk tubuh, supaya bisa tahan lama menahan lapar.

    Salam kenal Dari blog Saya mcandrawijaya.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Ini udah menunya gampil dibikin, dan bakal endeusss banget karena cocolan SKIPPY ini ya Mak.
    Jadi ke-ide-an buat bikin takjil kayak gini aaahh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. hmmm pake skippy.. makanan jadi lebih istimewa nih.. apalagi buat buka/sahur ya

    ReplyDelete
  4. Aih ini alternatif menggunakan skippy ya buat cemilan sehat dan kenyang!


    Udah coba belum menu yang pake skippy, keju dan coklat lalu ditaruh di dalam roti lalu dipanggang? Endeessss... Standar banget ya menuku hihihi

    ReplyDelete
  5. Pisang aroma kesukaan anakku nih. Save ya resepnya. Kapan2 mau nyoba bikin kalau lagi rajin :D

    ReplyDelete
  6. Praktis dan nikmat ya resep menu berbuka puasanya. Kan pake skippy.

    ReplyDelete
  7. wah baru tahu kalau minum es terlebih dulu jadi bikin nahan lapar ya. Pantesan kalau sudah minum es buah apalagi tuh, udah kenyang duluaan

    ReplyDelete
  8. Wah kebetulan ada pisang tanduk dan skippy di rumah, ntar tinggal beli kulit lumpianya, bisa langsung dipraktekkan nanti sore

    ReplyDelete
  9. Wah nampaknya enak teh dicocolin sama skippy, nyobain ah bikin di rumah

    ReplyDelete
  10. Ternyata kalau awal buka puasa sebaiknya minuman manis yang hangat ya. Padahal kalau pas panas banget, bawaannya mau minum es. BUtuh perjuangan utk istiqomah minum air hangat dulu.Kalau selai spt Skippy ini, saya sukanya dimakan dengan roti tawar (gak kreatipnya saya ya)

    ReplyDelete
  11. Makanan sehat sangat penting ya untuk sahur dan buka. Itu resepnya boleh nih buat variasi saat berbuka nanti.

    ReplyDelete
  12. Wah endess banget ni pisang aromanya dicocol pakai skippy..jadi lebih enak dan unik ya rasanya..

    ReplyDelete
  13. Oh selai Skippy buat cocolan ya, semula aku kira dimasukkan didalam campuran pisang untuk isian kulit lunpia. Enak nih kayaknya, aku masih ada stok Skippy

    ReplyDelete
  14. Udah lama banget ngga makan skippy. Aduh Skippy buat cocolan kok jadi ngiler ya. THR cair buat borong Skippy aja ini buat stok liburan lebaran. Keluarga juga oada suka.

    ReplyDelete
  15. wah enak banget itu pisang lapis goreng kulit lumpia, cocolannya Skippy makin sedaapp. Tambahin cokelet meses makin enak mba kayaknya

    ReplyDelete
  16. Anakku pasti happy banget kalau dikasih makan ama selai Skippy, mba. Resepnya termasuk mudah dibuat nih :)

    ReplyDelete
  17. Berbuka dengan air es juga ga baik buat kesehatan ya mbak. Aku kena radang tenggorokan nih gara2 buka pake es Thai tea. Hahaha.
    Wah aku ga kepikiran loh skippy bisa jadi cocolan pisang aroma. Hmm mau buat juga ah

    ReplyDelete
  18. Yaaah dari poin 1 ajah saya dah salah, langsung sruput es waktu dengar adzan. Duh! Kudu saya ubah nih. Oiya saya juga suka masak pakai skippy, makin yummy

    ReplyDelete
  19. Waah wajib di coba nih bikin pisang aroma dicocol selai skippy. Biasanya aku cuma tambah gula dan cokelat doang. Request ah sama ibuku buat bukber besok 😁

    ReplyDelete
  20. Wah, bisa dicontoh nih resep sehatnya... Mudah, enak, dan bergizi...

    ReplyDelete
  21. Waduh, enak nih pisang aroma dicocol ke skippy. Gurih-gurih gitu ya. Pas nih buat makanan takjil atau sarapan temen kopi.

    ReplyDelete
  22. Semingguan melihat SKIPPY berseliweran aku tuh tadi sore beli pisang goreng tak olesin skippy loh mbak, dan udahannya ku cemilin si Skippy

    ReplyDelete
  23. Ini menu paling aku cari pas berbuka puasaa...
    Tapi gak semua penjual gorengan jualan Pisang Aroma.
    Harusnya bikin sendiri, jadi lebih terjaga kebersihannya dan puas, karena banyak...

    ReplyDelete
  24. Jadi teringat pisang molen yang dulu dijual di depan SD-ku saat aku masih kecil mbak... Mirip2 gtu. Bisa jg nih manfaatin kulit lumpiah jadi, mungkin tambah baluran meses jg enak kali ya...

    ReplyDelete
  25. oh ini kayak piscok tanpa cokelat tapi diganti selai kacang Skippy. Good idea! enak dibuat ngemil setelah buka puasa.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^