Sunday, 19 May 2019

Manfaat Pentingnya Evaluasi Tengah Tahun

Tidak terasa kini kita sudah memasuki bulan kelima di tahun 2019. Hampir setengah jalan kita melalui tahun 2019. Sepertinya saat yang tepat untuk mengevaluasi atas semua yang telah dikerjakan, bukan? Apakah semua sudah sesuai rencana? Semua target sudah tercapai? Impian-impian kita apakah sudah ada yang terwujud? Baik itu impian sederhana hingga impian besar seperti memiliki rumah sendiri atau memanfaatkan paket umroh Desember untuk beribadah umroh, misalnya?

manfaat pentingnya evaluasi tengah tahun

Melalui evaluasi tengah tahun, kita bisa melihat apakah semua rencana dan impian kita sudah berjalan dengan baik? Dari evaluasi tersebut kita juga bisa menganalisa sebab-sebab belum terealisasinya rencana kita, apa saja yang jadi hambatannya dan langkah apa yang akan dilaksanakan selanjutnya.


Seberapa pentingnya melakukan evaluasi tengah tahun? Tentu saja sangat penting. Karena melalui hasil evaluasi kita bisa melakukan perencanaan dan perbaikan sehingga langkah dan impian kita untuk bulan-bulan yang akan datang bisa tercapai.

Pertengahan tahun ini bertepatan dengan datangnya bulan suci Ramadhan. Saat yang tepat untuk kita mengevaluasi semua aspek kehidupan. Baik dari segi duniawi maupun yang menyangkut urusan akhirat. Oleh karenanya, selain mengevaluasi target pengembangan diri, revaluasi aset, evaluasi target hubungan dalam keluarga, dan evaluasi keuangan keluarga, target religi juga perlu direview kembali.

Semua target yang sudah dibuat lebih baik ditelaah kembali. Apa yang masih harus diperjuangkan untuk direalisasikan secepatnya, dan target mana yang sepertinya perlu diundur waktu pelaksanaannya. Sah-sah saja untuk mengubah target dan rencana kita, bukan?

Contohnya saja, ketika kita memiliki target pergi umroh tahun ini. Setelah dievaluasi dan ditinjau dari berbagai sisi, rencana bisa saja diubah. Apalagi mengingat banyak promo di akhir tahun, memungkinkan target waktu pelaksanaan umroh diundur hingga akhir tahun.
manfaat pentingnya evaluasi tengah tahun
Ibadah Umroh (source : Pixabay)

Saya ingat betul ketika sedang membuat resolusi tahun 2019 saat awal tahun. Banyak target dan keinginan yang ingin saya capai tahun ini. Dari target ingin bisa menulis buku lagi, membuat blog baru dan target dari segi spritual seperti pergi ke tanah suci untuk pergi umroh.

Kemarin saat berkumpul dengan keluarga besar, ibu dan adik sempat berbincang sambil bernostalgia saat mereka menjalankan ibadah umroh bersama. Kebetulan beberapa tahun yang lalu, adik bungsu saya belum menikah. Dan akhirnya berkesempatan bersama bapak dan ibu pergi beribadah umroh.

Mendengar kisah spritual yang dialami oleh orang tua serta adik, membuat tekad saya semakin bulat untuk bisa pergi umroh tahun ini. Sebenarnya awal tahun, saya dan suami bisa saja menggunakan tabungan kami untuk pergi ke tanah suci. Namun, karena pada awal tahun ada keperluan yang membuat anak-anak membutuhkan bantuan dan perhatian kami, sehingga kami pun urung untuk pergi.

Akhirnya kami memutuskan untuk menjadwal ulang keinginan kami untuk pergi umroh. Berpatokan dari hasil evaluasi tengah tahun, membuat kami sepakat mengubah target waktu keberangkatan.

manfaat pentingnya evaluasi tengah tahun
Paket Umroh (source : travelumrohhajiku dot com)

Mengapa harus menunggu hingga akhir tahun untuk melaksanakan ibadah umroh? Setelah mencari beberapa infomrasi ternyata kita bisa mengambil banyak keuntungan saat merencanakan umroh di akhir tahun. Apa saja yang dapat kita ambil keuntungannya jika menentukan target umroh di akhir tahun?
  • Menjelang akhir tahun akan banyak travel umroh yang menawarkan promo dan diskon yang sayang jika diabaikan. Dengan mengikuti program promo, kita juga bisa memangkas anggaran biaya yang akan dikeluarkan. Namun kita juga perlu berhati-hati saat ingin memanfaatkan promo akhir tahun. Pilih dengan terliti dan cermat, travel umroh yang terpercaya dan tidak akan menipu.
  • Menurut perkiraan cuaca, Bulan Desember merupakan saat yang baik untuk pergi umroh. Karena cuaca dan suhu di tanah suci cenderung lebih sejuk dan tidak sepanas bulan-bulan sebelumnya.
  • Pada akhir tahun biasanya anak-anak libur sekolah dan beberapa instansi memberikan jatah hari libur yang lumayan panjang kepada pegawainya. Waktu libur yang lumayan lama tersebut, bisa kita manfaatkan untuk melakukan perjalanan umroh.
  • Selain itu, akhir tahun merupakan waktu yang tepat untuk muhasabah dan intropeksi diri. Alangkah nikmatnya jika kita bisa menutup tahun dengan kegiatan yang positif. Lebih bermanfaat jika dibandingkan melakukan acara hura-hura saat menyambut pergantian tahun.
Dengan beberapa keuntungan tersebut, cukup menjadi alasan untuk mengundur target waktu pergi umroh di tahun ini, bukan? Karena evaluasi tengah tahun bukan hanya sekedar untuk mengetahui rencana atau target apa saja yang belum tercapai. Kita juga bisa mengubah atau istilahnya melakukan bongkar pasang target untuk satu tahun ini, berdasarkan hasil evaluasi.

Nah, sudahkah melakukan evaluasi tengah tahun? Bagaimana dengan target yang telah dicapai oleh teman-teman? Apakah semuanya sudah terealisasi?  Barngkali ada juga yang memiliki target untuk pergi umroh tahun ini? Bisa juga memanfaatkan umroh promo yang ada di akhir tahun, loh!

                      Salam takzim


11 comments:

  1. Pengen umroh juga. Kemarin, kita berencana umroh akhir tahun, tetapi ternyata suami banyak kerjaan. Ini mau di-rescedule kembali. Semoga keinginan kami tersebut bisa terwujud tahun ini.

    ReplyDelete
  2. Aduuh kalo ngomongin umroh jadi rindu Baitullah... Heuheuu... Pengen banget ke sana lagi ya Allah... Semoga kita dimudahkan berumroh dan berhaji ya, Teh.

    ReplyDelete
  3. Wah iya...akhir tahun banyak promo Umroh yah. Cuaca juga mendukung. Bln segitu mah hawanya mirip Bandung, sejuk. Semoga Teh Nurul dan keluarga diijabah doanya bisa Umroh yaa...

    ReplyDelete
  4. wah bener juga , biasanya banyak promo akhir tahun untuk umroh
    Pas lagi momennya untuk mengevaluasi diri di akhir tahun dan jelang tahun yang baru nanti.

    ReplyDelete
  5. MasyaAllah, aq ingin umroh mbak... Tapi blm tahu harus memulai dari mana, tipsnya ngena banget, terimakasih mbak Nurul...
    Evaluasiku masih sekedar di ingatan, blm dipaparkan di secarik kertas, hihihi... Penting banget kalau di tampilkan untuk melihat sesuai target atau tidak ya mbak...
    Kalau belum, coba bongkar lagi dan disesuaikan:)

    ReplyDelete
  6. Evaluasi tengah tahun selalu saya lakukan mbak, hanya saja tidak saya tuliskan secara rinci. Setuju banget dengan pendapatnya, bahwa untuk urusan kegiatan spiritual seperti umroh sebaiknya memang melihat waktu tepatnya. Kan asyik tuh, pas ada promo bisa langsung cus ke tanah suci.

    ReplyDelete
  7. Baru kepikiran saya mbak evaluasi trget yng inin dicapai tahun ini. Sebgin sudh tetcai, alhamdulillh
    Sebgian lagi masih berjung. Untuk umroh sy udh ngebet tp belum berani bikin target berangkat tahun ini.

    ReplyDelete
  8. Wah aku termasuk golongan orang yang jarang bikin resolusi dan target hehehe. Maklum sanguinis koleris macam saya ini kalo dibikinin jadwal atau sesuatu yang seperti itu malah suka keteteran. Gak kepake wkwkwk. Tapi emang selalu ada target tak tertulis yang dikejar setiap tahunnya.

    Baca tulisan ini jadi malu, hihihi harus instrospeksi lagi apa yang bener-bener saya kejar tahun ini. Btw teteh mau umroh akir taun ini? Semoga lancar yaaa

    ReplyDelete
  9. Aku belum evaluasi apa - apa nih teh, waktu terasa terlalu melesat. Tapi penting ya evaluasi tengah tahun teh ningan biar tetep on track sekaligus realistis

    ReplyDelete
  10. Benar mbak, suhu di Mekkah dan Madinah pada bulan Desember sejuk, membuat nyaman beribadah

    ReplyDelete
  11. Ide keren ini mah ada evaluasi tengah tahun. Biar jalannya target tetap Di jalurnya ya, Teh.
    Tentang umrah di akhir tahun memang iyes, sih. Punya rencana menjalankan itu di akhir tahun tapi belum akhir tahun ini, sih. Terima kasih sudah mengingatkan :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^