Friday, 17 May 2019

Tempat Wisata Asyik di Bandung Yang Dapat Dinikmati Untuk Jalan-jalan Saat Puasa

Bandung sebagai Kota Provinsi Jawa Barat sudah terkenal memiliki tempat wisata yang menarik. Dari ujung bagian selatan, utara, barat hingga bagian timur, banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun dari manca negara. Udaranya yang sejuk membuat masyarakat betah berlama-lama menikmati suasana kota kembang.
tempat wisata di bandung untuk jalan-jalan saat puasa

Sejalan dengan misi Kota Bandung mewujudkan kota yang nyaman, melalui perencanaan tata ruang, pembangunan infrastruktur serta pengendalian pemanfaatan ruang yang berkualitas dan berwawasan lingkungan, kini sudah banyak taman tematik dan ruang terbuka yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Tidak terkecuali pada saat puasa di Bulan Ramadhan seperti saat ini.


Aktivitas masyarakat Kota Bandung saat menjelang berbuka puasa terlihat memenuhi beberapa tempat strategis. Masyarakat menanti buka puasa dengan berjalan-jalan sekedar berkeliling menikmati sore hari di kota kembang, bermain di taman kota atau berburu kuliner yang akan disajikan saat berbuka puasa.

Pembangunan taman tematik di beberapa sudut strategis di Kota Bandung, banyak digunakan dan dinikmati warganya saat menanti saat berbuka puasa. Ada beberapa tempat wisata asyik di Bandung yang bisa digunakan untuk jalan-jalan saat puasa. Pada umumnya tempat wisata tersebut disediakan secara terbuka untuk umum alias tidak dipungut biaya sepeser pun untuk masuk ke dalamnya. Tempat wisata murah meriah mana sajakah yang dimaksud?

Tempat Wisata Asyik di Kota Bandung

1. Taman Balai Kota Bandung
Taman kota yang tepat berada di depan Balai Kota Bandung ini memiliki luas 13.800 meter persegi. Termasuk di dalamnya, taman hijau yang luasnya diperkirakan sekitar 1500-2000 meter persegi. Fasilitas yang ada di dalam Taman Balai Kota cukup memadai dan terawat dengan baik. Di beberapa sudut banyak tergantung tempat sampah yang dipisahkan jenis sampahnya. Fasilitas musala dan toiletnya juga cukup bersih. Bahkan ada juga kran air yang menyediakan air bersih siap minum yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.


tempat wisata di bandung untuk jalan-jalan saat puasa

Oh iya, untuk yang gemar mengumpulkan foto dengan spot yang bagus, taman ini merupakan tempat yang cocok untuk menambah koleksi foto. Beberapa spot menarik bisa digunakan sebagai latar belakang berfoto ria. Di Taman Balai Kota terdapat patung badak bercula satu, patung ikan, sangkar burung raksasa, kolam ikan serta tempat menggantungkan gembok cinta ala tempat wisata kekinian.

Untuk menunggu waktu berbuka, taman ini cocok digunakan untuk bersantai sambil menghirup kesegaran udara di bawah pepohonan besar yang ada di sana. Lahannya yang luas juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul bersama teman-teman atau keluarga besar.

2. Alun-alun Kota Bandung
Di era pemerintahan Ridwal Kamil saat menjadi Walikota Bandung, kawasan alun-alun kota yang berada di depan Mesjid Agung Bandung direnovasi menjadi lebih nyaman untuk digunakan berwisata. Baik bagi warga Kota Bandung maupun masyarakat luas pada umumnya.
tempat wisata di bandung untuk jalan-jalan saat puasa

Bangunan mesjid dipugar menjadi lebih luas dengan fasilitas yang bertambah banyak. Area untuk sholat pun diperluas. Jalan yang dahulunya memisahkan Mesjid Agung dan alun-alun, kini dihilangkan. Sehingga kawasan mesjid dan alun-alun pun menjadi satu. Dapat dikatakan alun-alun menjadi halaman Mesjid Agung.

tempat wisata di bandung untuk jalan-jalan saat puasa

Di kawasan alun-alun Kota Bandung sendiri dibangun beberapa sudut yang bisa digunakan untuk bersantai. Sebagian besar lahan yang ada di sana dilapisi oleh rumput sintetis yang empuk dan bersih. Warga yang hendak menikmati lembutnya rumpur sistetis, tidak diperkenankan menggunakan alas kaki. 

Di sekiling taman, disediakan kursi-kursi dengan aneka ragam bentuk yang bisa dinikmati oleh warga sambil mengamati lalu lintas di jalanan kota yang dijuluki Paris van Java ini. 

3. Taman Sejarah Bandung
Satu lagi taman tematik yang baru dibangun di kawasan pusat Kota Bandung. Taman Sejarah Bandung yang merupakan taman yang berada tepat di belakang Balai Kota Bandung ini tadinya merupakan lahan parkir.



Selain menikmati kesegaran udara di bawah pepohonan rindang, pengunjung taman ini juga bisa mengenali sejarah pemerintahan Kota Bandung.


tempat wisata di bandung untuk jalan-jalan saat puasa

Di sudut taman terdapat jejeran kaca akrilik yang menampilkan gambar para walikota yang pernah memimpin Kota Bandung. Di bawah foto para walikota tertulis beberapa pencapaian yang telah diperoleh dari masa pemerintahannya masing-masing.

Di sisi lain juga terdapat relief yang terpahat di semacam logam berwarna keemasan, menceritakan sejarah Kota Bandung pada zaman pemerintahan Wiranatakusumah. Sejak Wiranatakusumah II hingga Wiranatakusumah V yang juga merupakan anggota BPUPKI.

Di bagian depan taman ini terdapat kolam yang dangkal untuk  tempat anak-anak bermain air. Kolam yang dangkal tersebut memang tidak bisa digunakan untuk berenang, tetapi anak-anak bisa menikmati bermain air di tempat tersebut.

Bisa dikatakan tempat ini lengkap! Karena pengunjungnya selain bisa santai menikmati suasana alami juga bisa belajar tentang pemerintahan Kota Bandung. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun bisa menikmati keindahan Taman Sejarah Bandung.

4. Taman Babakan Siliwangi
Di Bandung bagian timur  juga terdapat taman hijau terbuka yang bisa dijadikan tempat alternatif untuk jalan-jalan saat puasa. Taman ini merupakan salah satu paru-paru kota kembang.

Pemerintah Kota Bandung membangun skywalk sebagai tempat pejalan yang ingin menyusuri taman yang dipenuhi pepohonan rindang.

tempat wisata di bandung untuk jalan-jalan saat puasa

Seperti taman tematik lainnya, masyarakat bisa menikmati wisata di Taman Babakan Siliwangi tanpa dipungut biaya, alias gratis.

5. Gedung Merdeka
Gedung Merdeka sebagai salah satu bangunan bersejarah yang ada di Kota Bandung, bisa juga dijadikan tempat wisata asyik yang dapat dinikmati untuk jalan-jalan saat puasa.

tempat wisata di bandung untuk jalan-jalan saat puasa

Bangunan peninggalan zaman pemerintahan Hindia Belanda ini merupakan salah satu cagar budaya yang masih kokoh berdiri hingga kini. 
Di dalam gedung bersejarah ini, masyarakat bisa melihat-lihat dokumen, patung serta perlengkapan yang pernah digunakan saat gedung tersebut digunakan sebagai tempat pertemuan para pemimpin dunia.

Nah, dari kelima tempat wisata tersebut, manakah yang paling menarik untuk dinikmati untuk jalan-jalan saat puasa?

Semua tempat yang menarik, bukan? Jalan-jalan saat berpuasa, menjadi lebih mengasyikkan saat berkunjung ke tempat wisata yang edukatif. 
Bagaimana dengan tempat teman-teman? Adakah kawasan menarik untuk dijadikan tempat jalan-jalan saat puasa? Sharing, yuk!

                  Salam takzim
 

5 comments:

  1. BANDUNG cantik2 amaaaattt lokasi outdoornya
    Tahun ini mupeng ke BDG tapi lihat2 dulu deh, kira2 memungkinkan or not.
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Bandung emang topp ya... pilihan tempat wisatanya banyak banget.. gratis lagi. Kotaku gak sebesar Bandung.. jadi ya pilihannya gak banyak. hehe

    ReplyDelete
  3. ihiks...selalu jadi kangen bandung tiap baca artikel ttg kota ini. apalagi, bandung sekarang sepertinya sudah lebih keren dibandingkan sepuluh tahun lalu, saat saya tinggal di sana :)

    ReplyDelete
  4. Bandung banyak tamannya ya. Bikin acara jalan2 jadi banyak pilihan tanpa butuh biaya yg tinggi.

    ReplyDelete
  5. Di Bandung banyak taman2 gratis jadi kalau jalan2 gak bingung.. terus tempatnya juga stategis hak jauh2 banget.. jd enak buat ngebuburit

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^