Sunday, 29 September 2019

Tips Menata Ruang Tamu yang Sempit Agar Terlihat Lapang dengan Informa

Kalau ada pertanyaan, apa ruangan favorit yang ada di rumahmu? Saya akan jawab, ruang tamu. Kenapa? Karena ruang tamu merupakan ruangan yang penting di dalam rumah. Di ruang tamu kita bersosialisasi dengan orang-orang yang berkunjung ke rumah. Jika ruang tamunya bersih dan tertata dengan rapi, bisa membuat orang yang datang berkunjung merasa lebih nyaman, bukan?
Sebaliknya jika ruang tamu berantakan, maka tamu kita akan enggan berlama-lama di rumah kita.


“Barang siapa yang beriman pada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya.” (HR. Bukhari)
Bahkan kini keberadaan ruang tamu seringkali dianggap sebagai cermin yang menggambarkan karakter penghuni rumah. Tanpa disadari, biasanya kita akan langsung menilai karakter si pemilik rumah. Contohnya ruang tamu yang bersih dan  tertata dengan baik mencerminkan karakter tuan rumahnya yang senang kebersihan, kerapian dan keteraturan. Begitu pula sebaliknya.

Tidak hanya dijadikan tempat untuk menjamu tamu yang datang, ruang tamu bagi sebagian orang dimanfaatkan untuk menunjukkan status sosial atau hobi mereka. Mereka yang termasuk golongan ekonomi menengah, pada umumnya memilih perabot-perabot mewah yang digunakan sebagai pelengkap di ruang tamunya. Jika pun mereka memilih parabot dengan gaya minimalis, yang terlihat elegan dan tidak terlihat murahan.

Contohnya saja orang-orang yang senang melakukan perjalanan, ruang tamu biasanya digunakan untuk memajang souvernir-souvenir yang diperoleh dari tempat-tempat yang mereka kunjungi. Bahkan seorang kolektor bisa saja menyimpan kolektor barang antiknya di ruang tamu.

Bagi saya sendiri, ruang tamu lebih diperuntukkan untuk menjamu tamu yang datang ke rumah. Demi kenyamanan tamu, saya inginnya punya ruang tamu yang nyaman, enak dipandang dengan tata letak furniture yang apik. Soalnya saya percaya jika tamu yang datang ke rumah itu bisa membawa rezeki dan konon dia akan pulang dengan membawa dosa pemilik rumah.


Dikatakan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhuma, bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda, “Wahai sekalian manusia, janganlah kalian membenci tamu. Karena sesungguhnya jika ada tamu yang datang, maka dia akan datang dengan membawa rezekinya. Dan jika dia pulang, maka dia akan pulang dengan membawa dosa pemilik rumah.”

Kebetulan ruang tamu yang ada di rumah, besarnya minim alias sempit. Luasnya hanya sekitar 9 meter persegi. Nah loh, harus pintar-pintar mencari inspirasi rumah agar ruangan bisa terlihat lapang dan nyaman, dong!



Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari beberapa sumber, ada tips menata ruang tamu yang sempit yaitu dengan cara:

🏑Meletakkan furniture bergaya minimalis yang tidak terlalu besar. Sebaiknya ruang tamu diisi dengan perabotan yang benar-benar diperlukan. Hindari terlalu banyak menempatkan pajangan yang memakan banyak tempat hingga memberikan kesan sempit.

🏑 Untuk menyiasati ruangan yang tidak terlalu besar, jika memungkinkan tempatkan perabot yang menempel di dinding

🏑 Furniture yang ada di ruang tamu usahakan bentuknya ramping. Supaya lebih menarik berikan warna yang tidak mencolok.

Ruang tamu di rumah sebenarnya sudah menerapkan beberapa tips tersebut. Saya tidak meletakkan banyak perabotan di sana. Hanya ada sofa dan lemari untuk memajang aneka pajangan yang saya miliki. Semua sudah saya terapkan sejak 10 tahun yang lalu. Iya, udah 10 tahun yang lalu. Sudah lama sekali, bukan? Hehehe

Sekarang udah mulai bosan, nih dengan tampilan yang begitu-begitu saja. Inginnya ada penyegaran dalam tata ruang tamu di rumah. Inginnya sih, yang kekinian. Sesuai dengan zaman sekarang. Alhamdulillah akhirnya saya bisa menemukan inspirasi rumah yang kekinian dari Informa. Jadi saya bisa menerapkan tips menata ruang tamu yang sempit agar terlihat lapang dengan produk dari Informa.

Apa sih, Informa itu?

Dengan konsep one stop shopping bagi semua produk furniture, Informa menyediakan berbagai koleksi berkualitas untuk hunian, kantor, dan aksesoris. Dan untuk memudahkan pelanggannya berbelanja, Informa menyediakan layanan antar dan instalasi, jasa konsultasi desain interior yang membantu kita mewujudkan ruangan idaman dengan memilih produk yang sesuai dengan keingian kita.

Selain itu, Informa juga memberikan pelayanan Pick and Move yaitu layanan jasa bongkar pasang khusus untuk produk Informa bagi konsumen yang ingin dibantu saat pindah rumah. Sedangkan bagi keamanan produk yang tersedia di sana, Informa menyediakan layanan Furniture dan Electronic Protection yang memberikan proteksi menyeluruh serta melindungi furniture dan elektronik dari resiko bencana yang tidak kita duga seperti kebakaran, bencana alam, pencurian atau huru-hara.

See, ada layanan konsultasi desain interior-nya, kan? Jadi kita bisa banyak dapat inspirasi untuk memilih gaya inspirasi home decor. Mau tahu apa saja gaya inspirasi ruangan yang ada di Informa?
 Ada beberapa gaya inspirasi yang bisa kita pilih untuk mendapatkan ruangan yang nyaman dan terlihat menarik yaitu Glamorous DECO, Neo Deco CANDY, Graphical POP  dan Solid HARMONY.  Lihat saja, tampilannya kece abis, kan?


Nah, untuk membuat penyegaran suasana ruang tamu, saya lebih memilih Neo Deco CANDY. Kenapa? Setelah sebelumnya ruang tamu di rumah saya banyak didominasi warna netral seperti putih dan hitam, untuk penyegaran saya ingin mencoba desain baru dengan dominasi warna-warna pastel yang sekarang sedang jadi tren.

Furniture dengan warna pastel memberi kesan lembut, hangat dan nyaman. Karena ingin berjiwa muda terus (halaagh), pemilihan warna pastel sesuai dengan jiwa muda yang menyukai gaya simpel namun ingin terlihat modern dan elegan. Kebetulan sekali, sekarang Informa menyediakan warna perabotan yang saya inginkan.


Lihatlah, tampilan ruang tamunya terlihat memberikan kesan chic dan fresh, bukan? Warnanya jadi buat kita makin nyaman berada di ruang tamu. Dan semoga saja tamu yang datang berkunjung juga bisa merasakan nyaman dan betah di rumah saya. Sesuai dengan nama gaya inspirasinya yaitu Neo Deco Candy, warnanya menimbulkan kesan manis, deh!

Wah ... semakin yakin nih, untuk shooping di Informa!

Keunggulan Informa


Barangkali sejak membaca tulisan saya dari awal, masih ada yang penasaran dengan keunggulan Informa? Ada beberapa keunggulan yang bisa kita peroleh jika berbelanja di Informa, diantaranya:

🏰Mudah, toko Informa tersebar di seluruh Indonesia. Di Kota Bandung kita bisa menemukan store Informa di  Plaza IBCC, Living Plaza Dago, Living Plaza Pasir Kaliki, Miko Mall, Gateway Pasteur dan Metro Indah Mall.

Kebetulan rumah saya hanya berjarak sekitar 15 menit dari Metro Indah Mall, jadi makin mudah cari aneka pajangan atau perabotan di sana. Namun jika suatu saat saya malas untuk keluar rumah, saya bisa membelinya secara online. Asyik, kaan?

🏰 Lengkap. Informa menyediakan berbagai macam produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, mulai dari produk untuk ruang tamu, kamar tidur, dapur hingga aksesoris rumah tangga.

🏰 Rewards dari Informa. Untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggannya, Informa memberikan reward dan kemudahan melalui program Informa Rewards. Program ini memberikan keuntungan yaitu poin setiap belanja dengan nominal tertentu. Penukaran poin bisa menggunakan voucher atau produk menarik. Selain itu program ini juga memberikan diskon khusus member, gratis layanan antar dan promo khusus. Asyiknyaaa ...!

🏰 Menyediakan aplikasi mobile Informa. Bagi pelanggan yang ingin berbelanja secara online, Informa juga menyediakan aplikasi mobile. Aplikasinya lengkap dengan fitur beragam seperti katalog digital disertai dengan notifikasi promo istimewa untuk mendapatkan momen belanja hemat.

Di aplikasi tersebut kita juga bisa mencari toko yang paling dekat dengan rumah kita. Bahkan kita juga bisa melakukan online chatting, e-mail, telepon dan sms menggunakan digital customer care di sana. Dengan begitu, kita bisa merasakan seperti memiliki asisten pribadi untuk mengakses info produk dan layanan yang ditawarkan.

Mudah kok, mendapatkan Informa Mobile Application. Kita tinggal mengunduh dengan menggunakan kata kunci 'Informa" dari Google Playstore untuk pemakai android atau di Apple AppStore bagi pemakai iOS.

So ... Kita bisa belanja produk Informa kapan saja dan di mana saja, bukan? Apalagi sekarang Informa Furnishings mengembangkan konsep terbaru yaitu "design inovatif dan tahan lama dengan harga terjangkau."
Manteeeb!! πŸ‘πŸ‘

Cara Menjadi Member Informa

Oh iya, apakah ada yang ingin jadi member Informa? Caranya cukup mudah, kok. Jadi, kalau ingin menjadi member Informa ada beberapa tahapannya:
  1. Daftar melalui website Informa.
  2. Mengisi data diri dengan lengkap dan benar.
  3. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran Rp. 100.000 di toko Informa terdekat
  4. Kita akan mendapatkan email berisi nomor member dan nomor Temporary Informa Membership(TIM) setelah transaksi pembayaran selesai
  5. Unduh aplikasi Informa di ponsel kita
  6. Klik tombol member di kanan atas dan akan muncul tulisan "Anda ingin Konfirmasi Member atau Daftar Baru? Klik Di sini" pada bagian bawah. Kemudian masukkan nomor member dan nomor TIM
  7. Yes, kita sudah bisa jadi member Informa Rewards
Bagaimana? Mudah bukan? Tertarik juga untuk jadi member Informa? Pastinya, dong! Kita bisa ambil banyak keuntungan kalau bisa jadi membernya. Tidak hanya rewards saja tapi kita juga bisa mendapatkan banyak inspirasi untuk mempercantik hunian. Jadi rumah kita bisa selalu up to date dengan gaya terbaru. Asyik, bukan?
Untuk yang masih penasaran tentang Informa dan produk keren yang ada di store-nya, boleh berkunjung ke media sosialnya, yaitu facebook : InformaID , Instagram : @informaid dan Twitter : informaid.
Yuk, temukan inspirasi rumah yang selalu fresh dari Informa!
                   Salam takzim

85 comments:

  1. Sama nih, ruang tamu mertua juga sempit karena rumahnya terlalu banyak pintu dan ruangan, padahal sekarang makin modern dan bisa diakali hihi tfs teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Teh, bisa diakali dengan menempatkan furniture yang minimalis

      Delete
  2. Paling betah klo.udah ke informa seneng lihat2 peralatan rumah sampai aksesorisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betah lama-lama di sana ya, ingin bawa semuanya ke rumah hihihi

      Delete
  3. Saya paling suka menata ruangan dengan simple biar ruang lebih lapang, cocok banget deh kalau beli furniture nya di informa yang memang produknya elegan, kece dan awet.

    Pas banget buat menata ruangan yang kecil jadi terasa lapang tuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, kalau keliatan lebih lapang jadi terasa nyaman ya

      Delete
  4. Kalau ruang tamunya rapi dan bersih juga emang benar kalau tamu bakalan betah banget ya mba.

    ReplyDelete
  5. Aku pun sudah jadi membernya informa, enak bisa kumpulin poin & kl sudah banyak bisa dibelanjain. Bikin mupeng de kalau ke informa mau serba dibeli hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barangnya banyak yang bagus sih, jadi wajar aja kalau mau serba dibeli hihihi

      Delete
  6. Mulia sekali dirimu menjadikan ruang tamu sebagai yang teristimewa di rumah. Asyik ya ada informa, bisa beli online sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena tamu bisa membawa rezeki saat datang dan membawa dosa kita saat pulang kan, Mbak

      Delete
  7. Walau punya ruangan sempit, tapi kalau bisa menatanya jadi nyaman dan terasa luas ya, mbak :)
    Paling betah kalau uda maen ke Informa ya, mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, sekarang biar ruangan sempit, kalau pintar menatanya, jadi terasa luas dan nyaman, deh!

      Delete
  8. Rumahku mungil jadi butuh furniture yang mungil juga. Ruang tamu mungil bukan berarti gak bisa ditata jadi lebih menarik ya mbak. Intip Infroma untuk insprasinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, biar mungil yang penting nyaman kan ya ...

      Delete
  9. Mba, warna putih kayaknya bisa untuk membuat ruang tamu menjadi lebih luas ya mba. Aku kayaknya memang harus menata ulang lagi ruang tamuku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, kalau warna dindingnya putih memberi kesan luas.

      Delete
  10. Suka deh sama sofa warna itemnya itu, cakeeeeep

    ReplyDelete
  11. Ke Informa ini bakal puas cuci mata furniture. Kalau lagi malas, bisa juga pakai aplikasinya. Aku juga mau punya rumah yg ruang tamunya kece biar pun sempit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belanja jadi mudah ya, kalau gak offline bisa juga belanja online

      Delete
  12. tips penting nih.. seneng ya dengan kesan lega di rumah kita.. apalagi dilengkapi furnitur yang cute dari informa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan furniture dari Informa, rumah bisa semakin nyaman ya ...

      Delete
  13. Furnitur di informa memang sangat menginspirasi untuk menata ruangan di rumah, apalagi untuk ruang tamu, terasa seger, ringan tapi homey ya.

    ReplyDelete
  14. Wah tips nya ok banget nih.. dan setelah melihat gambarnya aku jadi pengen juga nih pakai warna dari kelp graphical pop. Cakep euy..

    ReplyDelete
  15. belanja di informa suka bikin hati senang, soalnya banyak yang pengen dibeli.

    ReplyDelete
  16. kebalikannya aku ruang tamuku gede cuman ga bisa aku dekor mba wkwkwk maklum jiwa seni dekornya minim :D untung yah ada informa

    ReplyDelete
    Replies
    1. abis buka web informa jadi banyak keinginan buat beli perabot loh hahaha dasar ya emak2 mah mudah teracuni

      Delete
    2. Tenang Mbak, banyak inspirasi di Informa, jadi bisa nyontek kalau mau dekor hihihi

      Delete
  17. Tipsnya sungguh mantuuulll kakaaa
    aku juga mupeng punya produk INFORMA dan bikin ruang tamu jadi sip markosip
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  18. Saya skrg suka yg simpel2 biar gampang merawatnya hehe.. jgn sampai deh wkt habis hanya buat ngurusin rumah ya..hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah setuju Teh, lebih baik yang simpel dan mudah untuk merawatnya ya...
      supaya waktu kita gak habis :)

      Delete
  19. Sejak tahu Informa, aku jadi cuci mata terus nih di aplikasinya. Banyak perabot yang cakep-cakep. Yang sesuai dengan selera minimalis aku. Bawaannya pengen dibawa check out aja. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok diborong Teh, memang banyak perabot yang bagus-bagus ya...

      Delete
  20. Aku punya member Informa, yes!
    Hahha...
    Soalnya suami sering dapet pesanan design untuk rumah sekaligus sama interiornya. Jadi Informa ini andalan banget.
    Klien selalu ajakin ketemuan di Informa untuk konsultasi perabot yang cocok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik ya, Teh, bisa dapetin banyak manfaatnya kalau jadi member Informa

      Delete
  21. Sama mbak, saya jg suka ke informa yg di mim, deket... Udah gitu bikin betah, hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ternyata Mbak Nathalia rumahnya dekat MIM juga ya?
      Yuk negborong bareng :))

      Delete
  22. Ya ampun barang-barang di Informa ini pengen diborong semua ke rumah mbak. Kalau aku paling senang dengan Solid Harmony.

    ReplyDelete
  23. Intinya kita pinter-pinter rekor ruangan ya kak. Yang sesuai gitu sama kondisi dan lebar ruangan biar perabotnya pas. Jadi ruangan terasa lega.

    ReplyDelete
  24. Seneng banget deh di INFORMA ada layanan konsultasi untuk dekorasinya. Aku sama teh, naksir gaya Neo Deco Candy, suka banget sama warna warni pastel.

    ReplyDelete
  25. Aku kalau ngemol wajib hukumnya mampir informa hahaha :D
    Soalnya suka liat produk2 yang dipajang di sana, trus juga desainnya, terutama ruang tamu, sambil elus2 produknya kapan2 mau beli.
    Yg sudah aku punya dr informa kebanyakan perabot anak2 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Besok-besok bawa pulang yang untuk ruang tamu, Mbak hehehe

      Delete
  26. Hooo ruang tamu tuh bisa kadi cerminan sang empunya rumah? Waaa klo gitu apa ya kepribadianku?

    ReplyDelete
  27. Impian nih punya ruang tamu yang keren ala Informa. Suka mupeng tiap ke storenya Informa, keren-keren semua produknya.

    ReplyDelete
  28. Mbak 9 meter persegi itu lumayan. Ruang tamuku 4 meter persegi hihihi
    Itu gaya Neo Candy nya lembut banget warnanya ya...hangat dilihatnya. Bikin tamu nyaman pastinya. Kepoin Informa ah, buat ide lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luasnya memang lumayan Mbak, apalagi kalau ditambah perabot dengan warna lembut ya... nyamaan!

      Delete
  29. aku baru tahu Mbak kalau Informa ada aplikasi mobilenya. Suka sih sama perabotnya, mewah2 gitu. Tapi di kotaku belum ada Informa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mbak, ada aplikasi mobilenya, jadi bisa beli online

      Delete
  30. Sepakat mbak, ruang tamu yang nyaman membuat tamu jadi betah ngobrol, sebaliknya ruang tamu yang nggak nyaman (dalam pandangan) akan membuat tamu jadi betah dan pengen cepat-cepat mengakhiri kunjungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih sekali kalau tamunya cepat-cepat pergi ya ...

      Delete
  31. Ruang tamu ku malah polosan aja gitu. Bingung mau dekor gimana yang cakep tapi nggak ribet gitu, soalnya kan punya anak kecil juga. Besok cari inspirasi ke informa aah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus tuh cari inspirasinya di Informa saja, supaya ruang tamunya makin nyaman

      Delete
  32. furniture informa itu didesain compact ya, jadinya buat rumah minimalis cocok banget

    ReplyDelete
  33. Kok pilihan kita sama ya mbak Nurul, aku juga tadi milih Deco Candy untuk ganti dekor ruang tamu, entah kenapa suka aja warnanya.

    ReplyDelete
  34. Ruang tamunya apik, mbak. Ibuku tuh yang penggemar Informa, sering cuci mata di sana..aku pengen cari sofa deh yang minimalis juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...kalau begitu bisa ngeborong barengan perabotan di Informa sama ibu

      Delete
  35. Deco Candy cakep sih penataannya, pakai warna pastel gitu nggak bikin bosen. Tinggal diubah warnanya aja udah dapat penampilan yang baru. Bisa donlot aplikasinya Informa nih buat ngelihat produk-produknya Informa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, kalau bosan tinggal ganti penampilannya aja. Pakai perabotan dari Informa

      Delete
  36. Aku pun naksir sama gaya neo deco candy ini. Intip koleksinya di informa ah..

    ReplyDelete
  37. Wahh ruang tamunya yang digambar itu cantik dan minimalis , suka banget liatnya. Kepengen nata ruang tamu nunggu budget dan anak2 agak gedean biar pada awet hehehe

    ReplyDelete
  38. Pengin ruang tamu a la "Solid Harmony" gitu. Kan colorfull kayaknya mewakili aku banget, hahaha. Tapi suamiku mesti pilih yang vintage minimalis. Hadehh, barang bekas bakalan bertahta di ruang tamu kami. Ya gitu deh kalau beda selera. Btw, ruang tamu Mbak Nurul bikin salfok. rapi jali euy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...repot juga kalau beda selera pilihannya hihii

      Di rumah udah gak ada anak kecil, Mbak, jadi bisa rapi :P

      Delete
  39. Godaan ini buat belanja furniture. Uang tamu aku juga sempit, kudu pinter-pinter mengaturnya biar gak terkesan sesak gitu.

    ReplyDelete
  40. Tertarik banget nih buat main ke Informa secara kepengen bebenah rumah. Harus cari inspirasi dan ide. Btw, informa melayani pembelian online kan Mbak?

    ReplyDelete
  41. Aku sempat takjub juga nih mbak pas berkunjung ke rumah saudara, walau ruangannya sempit tapi tatanannya rapi banget. Apalagi kalau ruang tamu sederhana dan disisipi produk pendukung dari Informa, ehh cakepp pasti.bbiarpun ruangnya terbatas ya nbak

    ReplyDelete
  42. Aku sempat takjub juga nih mbak pas berkunjung ke rumah saudara, walau ruangannya sempit tapi tatanannya rapi banget. Apalagi kalau ruang tamu sederhana dan disisipi produk pendukung dari Informa, ehh cakepp pasti.bbiarpun ruangnya terbatas ya nbak

    ReplyDelete
  43. Ruang tamuku niih sempit banget akhornya kursinya pakai kursi kotak2 dr informa. Beli 3 kursi trus pakai karpet.

    ReplyDelete
  44. Aku paling suka tuh ke Informa yang di Living Plaza dan Plaza Dago. Deket sama tempat terapi Al. Jadi sambil nunggu, sambil cuci mata atau belanja peralatan dapur. Hihih.

    ReplyDelete
  45. desain Neo Deco Candy emang tampil chic dan menawan ya?

    Bikin betah

    ReplyDelete
  46. Asyik sekali ya bisa tukar poin di Informa kalau jadi member

    ReplyDelete
  47. aku juga suka mampir ke informa nih, barang-barangnya makin ke sini makin lucu-lucu

    ReplyDelete
  48. Seru yang ngatur-ngatur ruang tamu, apalagi ada informa. Asyek kalo dapat tamu yang membawa rejeki πŸ˜„

    ReplyDelete
  49. Tipsnya bisa dipakai nih, biar ruangan sempit terasa lapang jangan ada banyak perabot, dan usahakan barangnya yang ramping-ramping. Mantep. Teh, itu hadits yang terakhir riwayat siapa teh, tapi kalau misal tamunya seminggu datang 3 kali ke rumah dan lama, gmn itu teh hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu, berarti tamunya kurang tau etikanya Mbak hihihi

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^