Thursday, 5 December 2019

Menjaga Kesehatan Keluarga Dengan Menyediakan Nasi yang Sehat


"Bu, kayaknya Ayah harus pindah lagi, deh!" kata pak suami usai membaca sebuah obrolan di WA.
"Pindah lagi? Untuk memantau langsung usaha kita di sana?" tebak saya.
Lelaki di depan saya mengangguk sambil menghela napas.



Saya mengerti dengan kegalauannya. Baru enam bulan yang lalu, kepala rumah tangga itu pindah untuk tinggal bersama kami keluarganya, setelah dua tahun menjalani LDR. Kini tampaknya usaha yang diserahkan pada pegawai tidak berjalan mulus. Perlu campur tangan langsung dari suami agar usaha keluarga kami bisa terus bertahan. Artinya, beliau harus pindah lagi dan tinggal di kota lain.

Hijrah ke kota lain berarti banyak keperluan yang mesti dibawa. Saya harus menyiapkan kebutuhan suami mulai dari perlengkapan sehari-harinya seperti pakaian, perlengkapan untuk di dapur dan peralatan lainnya. Tinggal di tempat terpisah mau tidak mau akan ada biaya tambahan juga. Mulai dari biaya listrik, air dan juga biaya untuk makan sehari-hari.

Nah, untuk menekan biaya pengeluaran, kami sepakat agar paksu tidak terlalu sering beli makanan di luar. Pak suami meminta saya untuk membawa alat untuk menanak nasi. Jadi kalau mau makan tinggal beli lauknya saja, nasinya masak sendiri.

Kebetulan sekali saya punya penanak nasi serbaguna dari Cosmos. Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ 6601 dengan kapasitas 0,8 liter bisa untuk membuat nasi sekitar 5 hingga 6 porsi. Cukup untuk paksu yang tinggal sendiri, bukan?

"Anti gores harmond teknologi? Apa maksudnya?" tanya paksu sambil mengangkat penanak nasi berwarna hitam itu.
"Gini loh, Yah. Produk penanak nasi dari Cosmos ini melalui proses hard anodized dan pendinginan dengan temperatur mendekati nol derajat celcius. Nah dengan teknologi HARMOND penanak nasi ini anti gores, lebih aman dan lebih tahan lama." jelas saya.


Pria di depan saya manggut-manggut sambil melihat panci di dalam penanak nasi.
"Pancinya juga terbuat dari bahan Food Grade, loh! Artinya tidak menimbulkan reaksi kimia atau racun yang bisa membahayakan makanan," sambung saya lagi.

Ayah dari dua orang anak itu tampak memutar-mutar penanak nasi di hadapannya. Sepertinya ada yang dia cari.
"Oh, butuh daya 300 watt untuk memasak nasi ya? Kalau menghangatkan hanya butuh 45 watt saja. Lumayan irit listriknya," katanya dengan nada riang.
"Betul, Yah! Teknologi HARMOND juga bisa menghantarkan panas dengan sempurna dan merata, jadi bisa lebih hemat listrik,"  saya ikut menambahkan.

Well, kalau urusan daya listrik, memang urusan para lelaki. 
Sedangkan urusan keamanan dan kesehatan makanan yang akan dikonsumsi oleh keluarga menjadi urusan emak-emak seperti saya, ya, kan?
Bagi saya, memasak nasi dengan rice cooker dari Cosmos bisa lebih aman. Soalnya pancinya melalui 4 tahap pelapisan dengan lapisan anti lengket bebas PFOA, lebih tahan gores, awet dan sehat tentunya. 

Lalu kenapa mesti  anti gores Harmond? Begini, dengan Harmond, panci yang ada di rice cooker menjadi anti gores, dan tidak mengelupas meski disikat menggunakan sikat baja. Sepanjang pengetahuan saya, jika ada partikel lapisan yang mengelupas tercampur di nasi, bisa membuat nasi menjadi tidak sehat. Berbahaya jika terkonsumsi, karena umumnya bersifat karsiogenik yang bisa memicu penyakit kanker.

"Eh, Bu. Cara memasaknya mudah, kan? Seperti buat liwet di kastrol?" tanya paksu sambil mengamati bagian luar rice cooker.

Untuk urusan memasak nasi, sebenarnya saya tidak perlu meragukan kemampuan paksu. Soalnya dia sudah sering berkemah di gunung. Setiap berkemah, kegiatan masak memasak selalu diambil alih suami. Saya? Yaa ... begitulah, kalau di gunung saya istirahat, dong! Jadi anak-anak dan paksu dapat giliran memasak hihihi :D

Saya hanya memberikan instruksi sederhana untuk membuat nasi menggunakan Rice Cooker Cosmos. Tidak lupa saya sampaikan untuk menjaga nasi sehat dengan cara:

  • Mengaduk nasi 5 menit setelah matang, agar nasi tidak cepat basi, tidak kering dan lebih tahan lama. Dengan mengaduk nasi, air yang terperangkap di antara butiran nasi bisa keluar dan mempermudah proses penguapan air.
  • Tidak mencolokkan penanak nasi terus menerus sepanjang hari. Hal itu bisa membuat nasi cepat kering, basi dan nutrisinya nasi akan hilang. Saya sarankan untuk menghangatkan nasi 30 menit sebelum makan.
Mengaduk nasi setelah 5 menit matang
 Sudah terbukti, kok, dengan mengaduk nasi 5 menit setelah matang, nasi di rumah lebih tahan lama alias tidak cepat basi. Itulah alasan saya memilih rice cooker dari Cosmos. Banyak keunggulannya, seperti:
  1. Menggunakan teknologi Harmond anti gores, tidak mengelupas dan lebih sehat.
  2. Memiliki fungsi 3 in 1 yaitu memasak, mengukus dan menghangatkan.
  3. Kapasitas yang pas untuk kami keluarga kecil yaitu 0,8 liter yang bisa menghasilkan nasi sekitar 5-6 porsi.
  4. Warna yang menarik. Cosmos menyediakan dua varian warna yaitu hitam dan putih.
  5. Open matic mudah digunakan.
  6. Dilengkapi dengan gelas ukur dan sendok nasi.
  7. Daya masukan sebesar 300 watt.
  8. Tongolan magicap yang terdapat di body rice cooker dapat membuat nasi lebih pulen.
Oleh karena itu, ketika paksu butuh alat untuk menanak nasi, segera saya sodorkan rice cooker sehat dari Cosmos. Apalagi selama ini paksu juga selalu dibuatkan nasi menggunakan penanak nasi Cosmos oleh mamah mertua. Wajar saja kalau doi langsung setuju. 

"Kayaknya kalau soal memasak nasi mah, Ayah bisa lah! Lalu, kalau nasinya sudah habis, untuk membersihkan wadahnya tinggal dicuci aja, kan?" tanya paksu.
"Iya, cuci saja seperti biasa. Wadahnya anti gores, jadi kalau digosok menggunakan sikat dari besi pun, gak akan tergores atau mengelupas," ujar saya meyakinkan. 
Suami saya menatap istrinya dengan heran, "Yakin, gak tergores kalau disikat dengan sikat besi?"

Ish, gak percaya, dia! Lalu dengan langkah penuh percaya diri, saya ajak paksu menuju tempat cuci piring. Tanpa ragu saya gosok wadah rice cooker dengan sikat besi. Saya perlihatkan panci yang tanpa ada goresan sama sekali pada pak suami. Dia tertawa geli melihat saya begitu semangat menggosok wadah penanak nasi.
Bagian luar digosok dengan sikat besi, tidak ada goresan

Bagian dalam panci digosok dengan sikat besi, tidak ada goresan
Selesai menggosok, saya yakinkan lagi pak suami. Wadah rice cooker Cosmos anti gores, sehingga nasi bisa terhindar dari kontaminasi. Berbeda dengan penanak nasi yang menggunakan anti lengket. Biasanya anti lengket yang ada di wadah akan mengelupas ketika dicuci dengan keras. Nah, lapisan yang mengelupas tersebut apabila tercampur dengan nasi bisa membahayakan. Zat anti lengket yang tercampur di nasi akan masuk ke dalam tubuh sehingga bisa mengakibatkan penyakit serius, seperti kanker.

Mendengar penjelasan saya, suami hanya mengangguk-anggukkan kepalanya. Apakah penjelasan saya panjang kali lebar tadi, didengarnya? Entahlah! Hihihi.

"Ayah juga harus bekal berasnya ya, Bu. Supaya gak perlu beli lagi," ujar paksu sambil membungkus rice cooker ke dalam wadahnya.
"Iya, nanti Ibu bawain beras untuk Ayah di sana," jawab saya.
"Okey, nanti Ayah simpan di ember saja, ya," kata suami saya dengan tegas.
Tangan saya langsung mengembang, "Eits, jangan! Nanti cepat apek, gak sehat!"

Suami saya bengong sesaat. Ekspresi wajahnya minta penjelasan lebih lanjut. Saya menuju dapur untuk mengambil Sarana Penyimpan Beras 007 Pundi sambil menerangkan alasan saya melarang paksu menyimpan beras di ember. 

Saya katakan jika menyimpan beras di wadah seperti ember atau container bisa menyebabkan sirkulasi beras tidak sehat. Biasanya yang akan diambil pertama adalah beras yang berada di paling atas. Sedangkan beras yang berada di tumpukan paling bawah menjadi sulit untuk diambil. Kondisi tersebut bisa membuat beras semakin lama tertumpuk dan bisa menyebabkan timbulnya kutu beras. Jika sudah ada kutunya maka beras akan mudah apek dan tidak higienis.



Sebelum suami saya menanyakan lebih lanjut, segera saya katakan beberapa keunggulan dari Sarana Penyimpan Beras 007 Pundi diantaranya:
  • Menggunakan FIFO (First In First Out) technology, sehingga beras yang pertama disimpan akan keluar terlebih dahulu.
  • Ukurannya praktis, terutama untuk paksu yang tinggal sendiri. Dengan kapasitas 7 kg, wadah tersebut tidak akan makan tempat banyak.
  • Pull N Dispense sekali tarik, dengan menarik wadah sekali tarik, secara otomatis akan tersedia beras satu takaran 150 gram.
  • Penyimpanan beras dari Cosmos memiliki anti slip sehingga tidak mudah bergeser.
  • Bebas kutu
  • Bebas karat
  • Dan kualitas beras tetap terjaga

"Ooh, berasnya bebas kutu, gak apek dan yang pasti kualitasnya bagus, dong!" seru paksu sambil tersenyum.
"Iyalah, kalau berasnya bagus, nasi yang dihasilkan pasti sehat," timpal saya. "Nasi sehat, makanan sehat, keluarga kita sehat juga, kan?" sambung saya kemudian.
"Pastinyaa!" jawab paksu dengan lantang.
Alhamdulillah, dengan menggunakan produk dari Cosmos, saya bisa memberikan panganan sehat yang akan disajikan untuk menjaga kesehatan keluarga. Mulai dari cara menyimpan beras agar terjaga kualitasnya dengan menggunakan Sarana Penyimpan Beras 007 Pundi hingga memasaknya menjadi nasi yang sehat menggunakan Rice Cooker Cosmos. Nasi tetap sehat tanpa takut tercampur oleh serbuk lapisan panci yang mengelupas. 



Bagaimana dengan teman-teman? Sudah menyajikan nasi sehat untuk menjaga kesehatan keluarga? Saya ingin tahu juga dong, cerita di keluarga kalian. Sharing, yuk!

Oh iya, bagi yang ingin memiliki produk Cosmos juga seperti milik saya, produk Cosmos bisa dibeli di toko elektronik supermarket, juga secara online di marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli (Cosmos Official Store).

Dan untuk yang ingin mengetahui info lengkap produk dari Cosmos atau ingin menambah wawasan berbagai tips yang bermanfaat, bisa mengunjungi websitenya di www.cosmos.id, yaa!

         Salam takzim

52 comments:

  1. hihihihi lucu magic com nya, ada Angry Bird nya :)

    Saya kayaknya kudu ganti magic com nih, punya saya udah sering bikin nasi menguning meski baru 12 jam, eh itu kelamaan ya.
    Soalnya biasanya 24 jam juga masih bagus di makan.

    Sekarang cepat menguning dan bau huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...kalau nasi bau berarti sudah basi. Memang sebaiknya gati penanak nasi yang baru ya...supaya nasinya sehat

      Delete
  2. makanan yang diberikan untuk keluarga memang harus yang sehat yaa, Mba. Begitu pun alat masaknya, harus yang aman dari bahan-bahan berbahaya, salah satu contohnya adalah rice cooker cosmos harmond ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, selain bahan makanan, alat yang digunakan untuk memasak makanan pun harus sehat

      Delete
  3. Cosmosnya imut banget mbak mirip angry bird hehe. Btw saya juga menjaga kesehatan keluarga pakai cosmos mbak. Harga terjangkau dan awet pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bentuknya memang menyerupai angry bird Mbak. Ada yang warnanya putih juga

      Delete
  4. Produk yang baik ya seperti ini ya, bukan mikir cari laba saja
    Salah satu ciri produk berkualitas memang dengan memikirkan kesehatan konsumen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, Mbak. Produsen juga harus memperhatikan kesehatan konsumennya ya...

      Delete
  5. Recommended banget nih buat aku yang sering masak nasi di kosan sehat tanpa ribet

    ReplyDelete
  6. Lihat rice cookernya, saya langsung teringat angry bird hehehe. Ada warna apa aja, Mbak? Kalau ada warna merah bakal lebih bagus, nih. Saya suka warna merah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Varian warnanya hanya dua Mbak. Warna hitam dan putih.

      Delete
  7. Trima kasih infonya. Di rumah juga nasi diaduk setelah matang. Tapi sering bablas diangetin seharian kecuali kalo tinggal dikit

    ReplyDelete
  8. Iya bener kalau beli nasi setengah porsi tidak nendang, mpo aja masih kelaparan apalagi porsi buat laki laki yang biasanya makan nya banyak karena energi yang di keluarkan juga besar.

    Kalau masak nasi enak pakai cosmos, makan telur dadar pakai kecap terasa nikmat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apapun lauknya, kalau nasinya enak, makan pun terasa nikmat ya, Mbak

      Delete
  9. Zaman saya kuliah juga sama ibu dibelikan rice cooker Cosmos dan masih awet dong sampai sekarang, udah mau 10 tahun.

    Kalau nanti sudah berumah tangga, saya juga pengennya punya rice cooker Cosmos karena udah terbukti bikin nasi enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya produk cosmos memang awet. Orang tua saya juga pakai cosmos

      Delete
  10. Ternyata Cosmos yg satu ini cukup buat keluargaku jg..tapi maksimal sih dan dua kali bikin pagi dan sore..ga masalah krn dulu jg dua kali hehe..alhamdulillah seneng banget malah jd lbh irit listriknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Takarannya pas jadi lebih aman. Kalau kebanyakan takutnya gak habis, trus basi, deh!

      Delete
  11. Yeay sama aku juga pakai Cosmos ini mba. Dan berasa jaid lebih sehat konumsi nasi dengan masak pakai Cosmos :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sehat karena pancinya tahan gores ya, Mbak. Jadi gak ada bahan pelapis yang tercampur nasi

      Delete
  12. Ciamis rice cookernya lucu banget gambar angry bird
    Jadi pengen makan terus.

    ReplyDelete
  13. Cosmos rice cookernya lucu banget karakter angry bird jadi pengen makan terus.

    ReplyDelete
  14. Baru tahu produk rice cooker dengan teknologi harmond dari cosmos ini. Bagus ya karena wadahnya anti gores gitu, nggak sama dengan rice cooker cosmos yang saya punya saat ini. Baru beli beberapa bulan eh wadahnya sudah penuh dengan goresan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan anti gores tersebut, tidak akan ada lapisan yang tercampur dengan nasi. Jadi nasi bakalan tetap sehat

      Delete
  15. Lucu banget nih mbak ricecookernya. Dan yang Cosmos ini pasti awet. Saya suka. Tp klo skrg mudah nyarinya secara online, pasti banyak yg berburu ricecooker yg lucu dan banyak manfaat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik ya, kalau sudah tersedia di toko online. Jadi lebih mudah kalau mau beli yang baru

      Delete
  16. Sudah lama saya ingin tempat penyimpanan beras yang sekat. Produk Cosmos bisa jadi referensi. Jika ada rezeki, pengen beli. Pun soal rice cooker antigores, saya penasaran dengan Cosmos. Usai lebaran gagal beli dan beli merek yang lain padahal sudah lama ngincar Hammond.
    Oh ya, tetap semangat meski terpaksa LMR lagi. Semoga usaha pak suami berkembang baik setelahnya. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Ya Rabbal'alaamiin. Terima kasih doanya, Mbak.

      Delete
  17. nah ini setuju bgt,, pake rice cooker gak boleh sembarangan.. takutnya bikin nasi gampang coklat dan kering itu loh,, bahayaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa...rice cookernya harus yang aman untuk memasak nasi. Supaya nasi tetap sehat

      Delete
  18. Huaa keren banget itu digosok pakai sikat besi ga kelupas ya dalamnya. Btw ini ada ukuran kecilnya ga sih? .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang saya pakai ukuran 0,8 liter, Mbak cukup untuk 5-6 porsi. Ada juga yang ukuran 2 liter.

      Delete
  19. Kualitas rice cooker juga mempengaruhi kualitas nasi yang dimasak ya. Bagus juga nih teknologi yang digunakan Harmond Cosmos. Kayaknya aku juga udah harus ganti rice cooker nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, kualitas rice cooker mempengaruhi kualitas nasi yang dimasak

      Delete
  20. Aku inget banget iklan cosmos. Ingatb ingat cosmos. Seluruh produknya selalu jadi andalan dr ibuku sampai aku skrg

    ReplyDelete
  21. Rice cooker nya lucu bingit kak, duuuuhhh ini mah bisa dikira mainan ama anakku, hehehe

    ReplyDelete
  22. Salfok ama rice cookernya wkwk aku pernah mau beli yg angry birds series jugaa haha btw aku setuju sih mba, kudu selektif pilih beras dan kualitas penanak nasinya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Bunda, untuk menghasilkan nasi sehat perlu beras yang bagus dan penanak nasi yang berkualitas

      Delete
  23. Inovasi cosmos makin kece ya.
    Teknologi juga skrg makin canggih shg kesehatan kita makin terjamin.

    Teknik ngaduk nasi setelah matang udah saya lakukan sejak lama lho..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Produsen kini lebih peduli dengan kesehatan konsumennya ya...

      Delete
  24. Cosmos ini merek bagus ya, sejak dulu sudah ada dan memang awet banget. Di rumah juga udah pakai Cosmos juga untuk nanak nasi, karena yang sebelumnya tuh suka mengelupas pelapis anti lengketnya bikin serem, makanya akhirnya ganti Cosmos juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serem juga ya Mbak kalau anti lengketnya mengelupas. Nasi jadi gak sehat

      Delete
  25. Alamak
    Aku fokus sama desain rice cooker-nya haha
    Saya jadi pengen punya juga apalagi 4 bulan lagi ada yang MPASI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, pas banget untuk dijadikan alat memasak makanan untuk dedek bayi ya...

      Delete
  26. wah iyah jadi inget zaman ngekost aku minta beliin rice cooker biar hemat wkwkwk dan pake cosmos harmond biar awet ya mab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemat, gak perlu beli lagi, kalau bisa bikin nasi sendiri di rumah

      Delete
  27. Soal mengaduk nasi setelah matang itu, juga ritualku, mba :)

    ... juga tentang menghindari mencuci beras langsung di panci rice cooker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, ritualnya sudah benar dan sehat ya ...

      Delete
  28. wah ku dulu punya tampat nyimpen beras cosmos yg besi itu loh yang kaya loker kemana ya wkwkwk

    ReplyDelete
  29. Dari ulasannya aja bagus, ngga salah kalau produk ini emang recommended banget sih

    ReplyDelete
  30. Cosmos ini inceranku banget Mba hehehe bentuknya tuh lucu dan gemesin
    kemarin beli cosmos tapi bukan yang ini, soalnya buat ibuku hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau buat ibu, belinya yang ukuran besar ya, Mbak.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^