Sunday, 17 May 2020

4 Resep Kue Cemilan Kekinian Praktis dan Mudah Andalan Keluarga

Sudah dua bulan lebih kita semua melaksanakan himbauan untuk diam di rumah guna mencegah pandemi Covid-19 semakin meluas. Ramadhan tahun ini memang berbeda dengan bulan suci sebelumnya. Tidak hanya dalam hal beribadah yang dilakukan di rumah, juga silaturahim dengan saudara pun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika satu tahun yang lalu, saya dan adik-adik bertemu beberapa kali di rumah orang tua, tetapi tidak untuk tahun ini.

https://www.nurulfitri.com/2020/05/resep-kue-cemilan-kekinian-praktis-dan-mudah.html

Ramadhan tahun ini, kami lebih sering berinteraksi secara online. Sekedar bertanya kabar masing-masing, menanyakan keadaan keluarga atau menceritakan kegiatan anak-anak kami. Saling bertukar cerita mengenai kegiatan belajar online anak-anak dengan menggunakan teknologi internet atau sekedar bertukar cerita mengenai menu masakan di rumah masing-masing.


Oh ya, Bulan Ramadhan itu biasanya identik dengan takjil, bukan? Nah, salah satu obrolan kami juga membahas kue cemilan untuk berbuka puasa. Anak-anak kami termasuk yang senang ngemil. Mereka senang sekali kalau ibunya membuat kue cemilan sebagai makanan pembuka setelah seharian menahan lapar dan haus.

Terinspirasi dari tulisan Bunda Hani mengenai Resep Warisan keluarganya, sepertinya saya juga akan menuliskan resep kue cemilan andalan adik-adik saya di blog ini, deh!

Lalu apa saja kue cemilan yang disukai anak-anak? Bagaimana cara membuatnya? Berikut ini saya tuliskan beberapa resep kue cemilan anak yang praktis dan mudah dibuat ala-ala keluarga kami.

Mie Baby Gurita
Dinamakan baby gurita karena bentuk cemilan yang satu ini memang menyerupai gurita. Dengan kepala yang besar serta tentakelnya yang panjang. Kue cemilan ini menjadi andalan adik saya yang nomor dua. Bahkan dia sering menerima pesanan mie baby gurita dari teman-teman anaknya di sekolah. 
https://www.nurulfitri.com/2020/05/resep-kue-cemilan-kekinian-praktis-dan-mudah.html

Baiklah, berikut ini bahan yang diperlukan untuk membuat mie baby gurita:
  • Mie instan 1 bungkus
  • Sosis ayam/ sosis sapi
  • Telur 2 butir
  • Terigu 2 sendok makan
  • Daun bawang
  • Garam secukupnya
  • Merica sesuai selera
https://www.nurulfitri.com/2020/05/resep-kue-cemilan-kekinian-praktis-dan-mudah.html

Cara membuatnya :
  1.  Rebus mie instan hingga matang lalu tiriskan.
  2.  Potong daun bawang tipis-tipis
  3.  Masukkan dua butir telur ke dalam mangkok yang berisi mie 
  4. Tambahkan daun bawang.
  5. Tambahkan terigu, merica, garam dan bumbu mie instan serta sedikit air.
  6. Aduk hingga tercampur rata.
  7. Potong sosis menjadi tiga bagian. Lalu belah menjadi 6 menyerupai tangan gurita.
  8. Masukkan adonan ke dalam cetakan lalu posisikan sosis di tengahnya.
  9. Kukus hingga sosis dan adonan mie matang.
  10. Goreng hingga berwarna keemasan dan sajikan dengan saus sambal
https://www.nurulfitri.com/2020/05/resep-kue-cemilan-kekinian-praktis-dan-mudah.html
Cetakan baby gurita + bolu kukus

Pempek Udang Rebon
Cemilan kedua yang jadi kue cemilan favorit anak-anak yaitu pempek udang rebon. Seperti resep sebelumnya, kue cemilan anak ini juga mudah dibuatnya.  Cemilan satu ini selain nikmat juga memiliki nilai gizi yang baik untuk tumbuh kembang anak. Seperti kita ketahui udang memiliki kandungan protein sebagai bahan untuk membentuk jaringan baru selama pertumbuhan.

https://www.nurulfitri.com/2020/05/resep-kue-cemilan-kekinian-praktis-dan-mudah.html

Nah, berikut ini bahan yang diperlukan untuk membuat pempek udang rebon.
Bahan makanan khas Palembang ini adalah:
  • Sagu 20 sdm
  • Terigu 10 sdm
  • Udang rebon 2 sdm (cuci dan haluskan dengan blender)
  • Bawang putih 1 siung (campurkan dengan rebon)
  • Air sebanyak 1,5 gelas
  • Garam 1 sdt
  • Kaldu bubuk 2 sdt
Bahan kuah cuko:
  • Air 4 gelas
  • Gula merah atau gula aren 6 buah
  • Asam jawa secukupnya
  • Cabai keriting merah sesuai selera
  • Cabai rawit secukupnya
  • 3 siung bawang putih
  • Garam 1 sdt
  • Gula pasir 2 sdm
https://www.nurulfitri.com/2020/05/resep-kue-cemilan-kekinian-praktis-dan-mudah.html

Cara membuat pempek rebon:
  1. Haluskan udang rebon dan bawang putih
  2. Masak air tambahkan garam dan bumbu kaldu, setelah matang matikan apinya
  3. Masukkan tepung terigu lalu aduk hingga tercampur rata. Tunggu hingga dingin
  4. Tempatkan udang rebon halus dalam wadah dan masukkan adonan tepung.
  5. Tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit
  6. Uleni hingga kalis
  7. Bentuk pempek sesuai dengan keinginan (cetak untuk mengisinya dengan telur atau berbentuk lenjer)
  8. Rebus hingga matang, Pastikan pempek mengapung lalu angkat dan tiriskan
  9. Tunggu hingga dingin kemudian goreng hingga berwarna kuning keemasan di atas api kecil.
 Cara membuat kuah cuko:
  1. Haluskan cabai dan bawang putih.
  2. Rebus gula aren dan asam jawa
  3. Masukkan cabai dan bawang putih  yang telah dihaluskan, aduk hingga mendidih
  4. Saring kuahnya
Kue Milo Kukus

Sebenarnya kue milo buatan adik saya merupakan resep modifikasi dari resep kue bolu yang diberikan oleh saya. Jika saya menggunakan minyak goreng dalam mengolah kue bolunya, adik saya menggantinya dengan mentega. Begitu pula dengan cara memasaknya. Saya mengolahnya dengan cara dibakar sedangkan adik saya mengukusnya.

https://www.nurulfitri.com/2020/05/resep-kue-cemilan-kekinian-praktis-dan-mudah.html

Baiklah, saya tuliskan lagi bahan yang diperlukan untuk membuat kue bolu milo kukus, yaitu:
  • Telor 4 butir
  • Tepung terigu 100 gr
  • Margarin cair 6 sendok makan
  • Gula  sendok makan
  • Susu Milo 4 sachet
  • Baking powder 1 sdt
Kue cemilan anak yang kami buat ini menggunakan susu milo sebagai pelengkapnya. Sehingga cemilan anak ini menyehatkan karena mengandung kalsium. Kita bisa mengandalkan kalsium untuk membantu proses pembentukan darah dan pembentukan jaringan tulang dan gigi.
Cukup mudah dan pratis untuk mengolahnya, tanpa harus menggunakan mixer saat mengaduknya.
Berikut ini cara mudah membuat membuat kue milo kukus:
  1. Telur dan gula dicampur hingga berwarna putih
  2. Tambahkan terigu lalu campurkan hingga rata
  3. Masukkan susu milo sachet, aduk kembali
  4. Beri satu sendok teh  baking powder lalu campur kembali
  5. Masukkan mentega cair 
  6. Tuang adonan ke dalam cetakan (adik menggunakan cetakan sama dengan yang digunakan untuk membuat baby gurita)
  7. Kukus hingga matang
Dengan takaran bahan yang digunakan bisa menghasilkan 20 buah kue milo kukus.

Puding Sponge Jeruk
Kali ini kue cemilan anak yang jadi andalan adik bungsu saya yaitu puding sponge jeruk. Anaknya suka sekali dengan puding, oleh karena itu adik saya lebih sering membuat puding dibandingkan kue kering. Seperti kue kekinian lainnya, cara membuat panganan ini juga terbilang praktis dan mudah dalam membuatnya.

https://www.nurulfitri.com/2020/05/resep-kue-cemilan-kekinian-praktis-dan-mudah.html


Bahan yang dibutuhkan yaitu:
  • 2 bungkus agar-agar
  • 4 butir putih telur
  • 3 bungkus nutrisari 
  • 750 ml air
  • Gula secukupnya
Cara membuat puding sponge jeruk:
  1. Masukan agar-agar dan gula ke dalam 750ml air
  2. Masak hingga mendidih dengan cara terus diaduk
  3. Kocok putih telur hingga berwarna putih dan kaku
  4. Setelah agar-agar sudah agak dingin, masukkan nutrisari
  5. Yang terakhir masukan putih telur.
  6. Diamkan hingga beku lalu sajikan.
Itulah 4 resep kue camilan untuk anak-anak praktis dan mudah yang menjadi andalan keluarga kami. Sebenarnya masih ada beberapa resep lagi yang menjadi favorit anak-anak. Alhamdulillah mereka selalu senang dengan cemilan buatan emak-emaknya. Karena buatan sendiri, maka kami lebih tenang dengan kebersihan kue cemilan tersebut. Selain itu, kami juga tahu pasti kandungan yang ada di dalamnya.
Bagaimana dengan teman-teman? Ada resep istimewa untuk anak-anak tercinta? Sharing yuk!
                Salam takzim



24 comments:

  1. Wiih semuanya praktis ya .. anak-anak pasti suka, enak semua nih.

    ReplyDelete
  2. Kapan-kapan saya pengen cobain ah pempek yang udang rebon itu. Kayaknya enak juga. Abis itu baru bikin pempek yang lain

    ReplyDelete
  3. Aahhh aku mau baby guritaaa dicemil sama saos sambel.
    Praktis banget bikinnya, tapi beneran kreatif initu dan menarik perhatian anak2.

    Anakku udah besar, dia suka bikin sendiri dengan resep2 yang suka di dapet dari yutub, tiktok ato ig lah. Emaknya bagian nyiapin bahan2 aja. Nah kemaren baru bikin milo lava

    ReplyDelete
  4. Mpek-mpek udang rebon aku belum pernah coba. Kayaknya seru kalau dibadi sama mbak Nurul wkwkwkwkw :) Enak2 semua sih hasil karyanya saat di rumah aja gegara si corona...Mantap ya bisa kreatif begini. AKu bintangin resepnya siapa tau mau bikin juga kapan2 :) TFS.

    ReplyDelete
  5. duh mbak puding nya berasa banget di tenggorokanku rasanga haha... mau bikin juga, kenapa aku nggak ada ide begini ya padahal agar-agar dan nutrisari nganggur di rumah 😁

    ReplyDelete
  6. wah mba makasi banyak buat resep kue cemilan kekinian yang praktis dan mudah, aku mau cobain yanb no. 1 tadi tuh mie apa ya namanya, oh sama milo kukus juga

    ReplyDelete
  7. wohooo kok gampang-gampang nih resep camilannya tapi juga bergizi dan menarik. Yang mie gurita itu ga kepikiran buatnya. Lucu deh. Anak-anak pasti suka!

    ReplyDelete
  8. Asiiik bgt semua resepnya gampil2 nih bisa nyontoh, dan aku jd kepikiran buat beli cetakan yg mangkok2 kecil itu buat bikin yg baby gurita kayaknya asik buat bebekelan anak2 juga

    ReplyDelete
  9. Mba, untuk yang puding sponge itu, ketika memasukkan putih telur dan diaduk-aduk ke larutan agar-agar, gampang nggak sih entar nyampurnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak susah, kok, Mbak. Agar-agarnya masih suam-suam kuku gitu, jadi belum beku

      Delete
  10. Aku pernah bikin cemilan jug pas di rumah mba. Terakhir sih bikin puding dan alhamdulillah keluarga suka. Makasih resepnya ya mba

    ReplyDelete
  11. Bersaudara kreatif semua sih Mba, camilannya enak semua deh jadi mupeng pengen bikin resepnya juga..pempek dan kue Milo nihh mau coba..

    ReplyDelete
  12. Kayaknya dari keempat menu ini aku pengen banget nyobain mie baby gurita, anakku doyan nih pasti soalnya ada sosisnya. Asik jadi nambah menu untuk di rumah nih, secara udah mulai bingung mau bikin apalagi.

    ReplyDelete
  13. Menarik yang baby gurita apalagi mie sosis bahan dasarnya ini favoritnya anak-anak mba ntar aku praktekin ah..

    sama yang resep cuko ternyata begitu resepnya hahaha mau coba ah soalnya yang ini favorit suami

    ReplyDelete
  14. yg milo jdnya kayak bronis gt yaa enak. kue sponge jeruk kayaknya menarik nih buat anak2. jd penasaran mau coba

    ReplyDelete
  15. Ya ampun, baby guritanya unyu unyu ya mbk. Anak anak pasti suka.. Pempek favoritku, tapi belum pernah bikin yang pake udang rebon. Makasih resepnyaa... :)

    ReplyDelete
  16. Kok aku gemas ya lihat penampakan Mie baby gurita, apalagi anak-anak pasti suka nih kalo dibuatkan. Nah kalo pempek nya asik nih, ukurannya pakai sendok makan dan gelas. Nggak ribet bagi yang nggak punya timbangan

    ReplyDelete
  17. Resepnya sungguh praktis Terima kasih ya Mbak bakal dicoba nih di rumah tentunya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  18. Saya mau coba yang baby guritanya aja ah. Kayaknya gampang dan semua bahan biasanya ada di dapur jadi nggak susah kalau pas nyoba.

    ReplyDelete
  19. Wah pas di rumah ada milo bisa nih dicoba milo kukusnya.
    Ide mie baby guritanya boleh juga, anak2 bisa makan lahap kyknya kalau dimakan sama nasi, gpp kan ya? hehe

    ReplyDelete
  20. BOOKMARK. puding jeruknya itu menggoda perlu dibikin buat berbuka biar ga ngiler liat penampakannya

    itu cetakan talam seringnya aku pakai buat kue kukus xD

    ReplyDelete
  21. Mama hebat!
    Masakannya mengundang selera. Aku pengen cobain yang mana dulu yaa...?
    Pengen cobain langsung ke rumah teteh aja aah...hahaha~

    ReplyDelete
  22. Kreatif banget Mbak Nurul. Saya gak kepikiran bikin yang Mie Gurita itu. Lucu juga. Bocil pasti suka. Kalau beberapa hari yang lalu saya bikin kue kering milo Mbak. Sebenarnya karena gak punya coklat, akhrnya disisasti pakek coklatnya Milo aja, hehe.

    ReplyDelete
  23. Duh semuanya enak nih cemilannya, pempek favorite banget tuh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^