Monday, 25 May 2020

Resep Seblak Ceker Gurih dan Pedas

Bagaimana kabarnya teman-teman? Selama dua bulan belakangan ini kita lebih banyak beraktivitas di dalam rumah. Mau tidak mau kita harus bisa beradaptasi, bukan? Bosan pasti datang menyergap. Nah, untuk mengatasi rasa bosan, saya dan anak-anak memilih untuk membuat cemilan kesukaan keluarga kami. Anak-anak saya penyuka makanan pedas, salah satunya seblak. Sesekali kami memilih membuat seblak ceker sendiri di rumah. Meski ada beberapa kedai seblak yang ada di sekitar lingkungan rumah kami, dengan buatan sendiri kami bisa lebih bebas memilih bahan di dalam seblaknya.
resep seblak ceker gurih dan pedas

Saya sebenarnya membatasi anak-anak dalam hal mengonsumsi makanan pedas. Jika terlalu banyak, saya khawatir dapat mengganggu kesehatan pencernaan mereka. Namun akhirnya saya memperbolehkan mereka membuat seblak dengan syarat bahannya harus lengkap. Jadi tidak hanya berisi mie, makroni atau kerupuk basah saja. Namun harus lengkap gizinya. Selain jenis makanan yang mengandung karbohidrat, seblaknya juga harus mengandung protein hewan dan sayur-sayuran.
Well, bahan makanan protein hewan yang sering digunakan oleh kami yaitu bakso dan ceker ayam. Selain rasanya pas saat diolah menjadi seblak, kandungan gizinya juga bagus untuk tubuh. Mari kita lihat, apa saja manfaat ceker ayam bagi kesehatan tubuh.

Manfaat ceker ayam yang bisa kita dapatkan menurut situs doktersehat yaitu:
  1. Menjaga kesehatan kulit. Ceker ayam mengandung kolagen tinggi yang berguna untuk kesehatan kulit, memperkuat struktur tulang dan pembuluh darah. Kulit kita akan terasa lebih kenyal karena kolagen dalam ceker ayam dapat mempertahankan elastisitas kulit. Kolagen mendukung pergantian kulit mati dengan kulit yang baru.
  2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh. Di tengah pandemi Covid-19 ini kita sangat memerlukan daya tahan tubuh yang baik. Mengonsumsi ceker ayam bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Selain itu kandungan seperti kolagen, gelatin, vitamin C dan mineral pada ceker bisa membuat kita tidak mudah sakit.
  3. Menjaga sistem pencernaan. Manfaat ceker ayam selanjutnya yaitu bisa membantu proses pencernaan menjadi lebih lancar. Kandungan kondroitin, glukosamin, protein dan kolagennya membantu penyerapan makanan menjadi lebih baik.
  4. Meredakan stres. Ya, makan ceker ayam juga bisa meredakan stres, loh! Vitamin B5 atau asam pantotenat yang ada di dalam ceker dipercaya bisa membuat orang menjadi lebih tenang.
  5. Menjaga kesehatan tulang. Ceker mengandung kalsium, protein, kolagen dan tulang rawan yang bisa menjaga kesehatan tulang.
  6. Menyembuhkan luka dengan cepat. Ada kandungan lain selain kolagen dan protein di dalam ceker ayam, yaitu albumin. Kandungan albumin ini diketahui berkhasiat dalam mempercepat penyembuhan luka.
  7. Menjaga kesehatan gusi dan gigi. Saya selalu mengusahakan menyediakan ceker untuk bahan pelengkap seblak, agar anak-anak terpenuhi asupan fosfor, kolagen dan kaliumnya. Karena ketiga zat tersebut dibutuhkan untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi. Terutama dalam proses pembentukan gigi pada anak-anak.
7 manfaat ceker bagi kesehatan inilah yang membuat saya sering membuat seblak menggunakan ceker sebagai bahan pelengkapnya.

Hidangan bercita rasa gurih dan pedas ini relatif mudah untuk membuatnya. Waktu yang digunakan untuk memasak seblak pun cukup singkat. Intinya memasak makanan ini sangat mudah dan praktis.
Berikut ini resep seblak ceker gurih dan pedas yang bisa dimasak sendiri di rumah.

Bahan yang biasa digunakan untuk membuat seblak yaitu:

  • Kerupuk mentah
  • Ceker ayam
  • Makaroni
  • Mie instan
  • Telur
  • Bakso
  • Sawi putih
  • Kol
  • 2 gelas air
Bumbu halus:
5 buah cabai merah
10 buah cabai rawit
3 siung bawang merah 
1 siung bawang putih
2 ruas kencur
2 butir kemiri
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
Penyedap rasa sesuai selera
Daun salam 3 lembar
Daun jeruk 2 lembar
Lengkuas 1 ruas
resep seblak ceker gurih dan pedas

Cara membuat Seblak Ceker:
  1. Cuci ceker ayam hingga bersih dan bubuhi perasan jeruk nipis. Jika tidak ada jeruk nipis, bisa digantikan dengan garam dan cuka.
  2. Bilas kembali lalu direbus bersama 1 ruas jahe yang telah digeprek sebelumnya. Beri garam sedikit lanjutkan rebus ceker hingga empuk. Sisihkan.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum kemudian masukkan telur ayam sambil diorak-arik. Selanjutnya masukkan irisan bawang bombay, daun salam dan daun jeruk. Tumis sebentar hingga harum.
  4. Masukkan ceker ayam yang telah empuk, tambahkan 2 gelas air, beri garam dan gula pasir secukupnya, penyedap rasa dan kecap manis sesuai selera. Koreksi rasanya.
  5. Bila ingin bisa ditambahkan pelengkap lainnya seperti bakso atau mie yang telah direbus sebelumnya.

resep seblak ceker gurih dan pedas

Panganan khas bumi priangan ini lebih mantap jika disajikan dengan rasa yang dominan pedasnya. Anak-anak saya malah beranggapan, olahan ceker ayam tersebut tidak bisa dikatakan seblak jika tidak pedas. Saya sendiri memang tidak menyangkal. Kalau kurang pedas malah jadi enek. Namun berhubung pencernaan saya tidak kuat makanan yang terlalu pedas, biasanya kami membuatnya menjadi dua. Satu bagian yang pedas sedang dan bagian lainnya yang pedasnya nendang!

Cemilan yang satu ini cukup mengenyangkan bagi saya. Karena isinya lengkap. Ada mie, makaroni dan kerupuk sebagai pengganti karbohidrat. Sehingga tidak perlu makan nasi lagi. Ditambah aneka toping yang bergizi bisa menambah
Nah, itulah resep seblak ceker yang gurih dan pedas ala dapur rumah kami. Bahannya mudah didapat dan yang pasti cara membuatnya gampang serta praktis.

Saya yakin teman-teman juga pasti memiliki resep cemilan yang biasa dibuat di rumah, bukan? Sharing di kolom komentar, yuuk!

                  Salam takzim
 

9 comments:

  1. Mbaak, pas banget deh. Aku lagi pengen makan seblak, tp belum ada yg buka nis pas hari raya gini. Buat sendiri asyikk keknya. wkwk

    ReplyDelete
  2. Wah, mau ah bikin seblak ceker juga. Aku tuh suka banget sama ceker ayam. Sekali makan, bisa-bisa habis deh sekilo, hihihi ... Biasanya aku beli seblak kemasan gitu, Teh, nanti dimasaknya di rumah.

    Betul, kalau masak seblak, pasti komplit. Ditambahkan telur dan sayuran. Kadang sosis atau bakso. Mana aja deh yang ada di kulkas.

    ReplyDelete
  3. Yuni nggak begitu suka seblak sih. Tapi kalau makannya sesekali saja jadi kerasa rindunya.

    Eh yuni baru tahu aja sih manfaat ceker. Selama ini yuni mah cuma dengar mitos bahwa kalau suka makan ceker, kitanya jadi suka jalan. Entah jalan kemanapun lah.

    Hehehe...

    ReplyDelete
  4. Waw seblaaak! Bikin ngacai Teh hehehehe. Sejak di Jogja belom pernah makan seblak lagi. Kalo kek gini kan bisa bikin sendiri ya. Makasih loh Teh. Aku comot resepnya yaaa

    ReplyDelete
  5. Saya belum pernah bikin seblak sendiri, dikasih teman atau beli hihihi...Boleh dipraktekkin nih, karena sulung saya suka makanan pedas, kalau adiknya belum mau. Anget-anget pedes enak nih!

    ReplyDelete
  6. ya ampun teh, selama dirumah aja aku tuh rada ketar ketir kalo beli makanan diluar salah satunya seblak yang jadi cemilan kesukaan pas siang2 gitu. Nah ini ternyata bikinnya gampang gini jadi pengen bikin sendiri aja ya, apalagi dicampur ceker yang empuk hmmm duh ini nulisnya aja udah ngeces hehe. Ternyata cekernya dikasih jahe juga, ok siap catat. Makasih teh Nurul atas resepnya ini :))

    ReplyDelete
  7. Wah, aku belum pernah makan seblak. Waktu ke Bandung diajak temen aku ngga mau karena seblak itu ternyata kerupuk mentah yang di rebus hingga lunak ya mba'. Tapi melihat postingan mba' aku jadi pengen coba deh. Apalagi ditambah ceker ayam, hmm.. pasti enak nih. Resepnya juga gampang sekali yaa..

    ReplyDelete
  8. Aku baru tahu resep seblak nih. Soalnya belum pernah beli dan belum pernah makan...wkwkwk. Udah mundur duluan, baca pedesnya berlevel-level. Anakku yang suka banget...

    ReplyDelete
  9. abis baca langsung cusss ke dapur ambil wajan trus masak seblak hahaha

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^