Tips Tetap Cantik dengan Dana Minimal Agar Keuangan Tetap Sehat

Semua wanita pasti ini selalu tampil cantik. Namun seperti yang semua katakan, jika cantik itu butuh biaya. Bahkan ada yang rela mengeluarkan banyak dana agar tetap cantik. Sayangnya secara tidak sadar, banyak wanita yang menghamburkan banyak uang setiap bulan dan memengaruhi kesehatan keuangannya. Silakan dihitung berapa biaya yang mesti dikeluarkan untuk membeli pelembab, BB krim, foundation hingga parfum. Semua butuh dana yang tidak sedikit.


Padahal jika semua pengeluaran itu bisa dipangkas, tabungan akan maksimal dan kondisi keuangan bisa lebih stabil lagi. Tentu saja tidak semua biaya produk perawatan itu mesti dipangkas, kita bisa menyiasatinya agar lebih hemat dan keuangan tetap sehat.

Tips Tetap Cantik dengan Dana Minimal

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk tetap cantik dengan dana minimal sehingga keuangan kita tetap stabil, yaitu:

Buat List Yang Paling Penting

Tentukan produk perawatan mana saja yang paling penting dan benar-benar harus digunakan untuk perawatan. Periksa kembali apakah memang harus menggunakan brand tertentu atau bisa diganti dengan merek yang lebih murah dan memiliki fungsi yang sama. Pangkas biaya untuk membeli produk yang tidak terlalu penting atau dua produk dengan fungsi serupa.


Gunakan Produk Multifungsi

Pilih produk yang memiliki multifungsi seperti BB krim yang sudah mengandung foundation dan tabir surya dalam satu produk sekaligus. Bisa juga kita memilih menggunakan eyeshadow dan lipstik sebagai pengganti blush on. Atau eyeshadow warna gelap yang bisa digunakan untuk pengganti pensil alis dan eyeliner. Selain menghemat pengeluaran, produk yang memiliki fungsi beragam tersebut bisa memudahkan untuk dibawa ke mana-mana.

Manfaatkan Sampel

Saat ini ada beberapa produk kecantikan yang memberikan sampel. Jangan ragu untuk meminta sampel tersebut sebelum membeli produk skincare. Menggunakan sampel juga memudahkan kita untuk mengenali apakah produk tersebut, cocok atau tidak untuk kulit kita. Apabila kita sudah merasa cocok, kita bisa membeli produk perawatan tersebut dalam ukuran yang besar agar tidak rugi atau membuang uang jika ternyata produk tersebut tidak cocok dengan kulit kita.

Hindari Godaan Rayuan Iklan

Tidak ada sebuah brand  yang tidak membanggakan produk mereka. Semestinya kita perlu mengingat bahwa yang tampil di iklan sebuah produk itu merupakan model. Produk dan model yang ditawarkan tersebut belum tentu cocok dengan semua orang termasuk kita sendiri.

Membuat Anggaran Dana Khusus

Sebelum berbelanja, tentukan dahulu produk apa yang akan dibeli. Setelah membuat list belanja yang memuat produk kebutuhan, bukan sekedar keinginan, buatlah alokasi dana khusus. Sebaiknya tidak membelanjakan lebih dari dana yang disiapkan setiap bulan.


Membuat anggaran belanja tentunya bisa menciptakan kondisi keuangan yang lebih tertata dan dapat menambah isi saldo. Kelebihannya lagi, tidak akan ada produk perawatan yang terbuang sia-sia karena tidak pernah digunakan.
 

Cukup Tidur

Tips untuk tetap sehat selanjutnya yaitu cukup tidur. Kebiasaan tidur minimal 6-8 sehari bahkan tidak memerlukan biaya sama sekali. Tidur cukup di malam hari memicu hormon untuk meregenerasi sel kulit mati sehingga bisa membuat wajah terlihat segar dan badan pun menjadi sehat.
Tidur dengan waktu yang cukup juga mencegah keriput di wajah. Sebab zat kolagen yang baik untuk peremajaan kulit dapat bekerja secara maksimal. Selain itu peredaran darah menjadi lebih lancar sehingga mencegah timbulnya jerawat.
 

Minum Air Putih

Banyak di antara kita yang lebih memilih minum kopi, teh atau minuman rasa lainnya dibandingkan dengan minum air putih. Padahal minum air putih sangat banyak manfaatnya. Air putih juga dipercaya dapat mengeluarkan semua kotoran dari dalam tubuh sehingga wajah bisa terlihat segar dan cantik.
Nah, jadi tidak perlu melakukan perawatan dengan harga selangit, cukup minum air putih delapan gelas sehari bisa membuat kita tampil cantik.
 

Cukup Berolahraga

Tidak sedikit orang yang malas melakukan olahraga secara rutin setiap hari. Sebenarnya dengan berolahraga, keringat yang keluar bisa membuat kulit menjadi lebih sehat dan bersih. Dan saat berolahraga, kelenjar keringat akan memproduksi keringat lebih banyak dari pori-pori kulit. Nah, kotoran-kotoran yang selama ini sulit keluar bisa terdorong oleh keringat. Kulit pun bisa jadi bersih dan segar kembali.
 

Gunakan Masker Alami

Jika selama ini biasa maskeran di klinik kecantikan dengan harga yang lumayan mengocek kantong, untuk tetap cantik dengan dana minimal juga bisa dengan cara memakai masker alami dengan bahan sederhana yang ada di rumah. Manfaat masker selain bisa membersihkan wajah juga bisa mencerahkan, melembutkan, menghaluskan dan mengembalikan kekencangan kulit.
Bahan sederhana dan mudah didapatkan yang bisa digunakan untuk maskeran yaitu tomat, timun, telur putih dan lainnya.
 

Rajin Komsusi Buah dan Sayur

Semua pastinya sudah paham jika mengonsumsi sayur dan buah bisa membuat kulit terlihat sehat dan segar. Sebab sayur dan buah mengandung vitamin dan serat yang baik untuk tubuh. Misalnya saja buah pisang yang dipercaya bisa mengencangkan kulit wajah dan mengurangi kerutan halus. Sedangkan buah melon bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan kulit wajah berjerawat.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa tetap cantik dengan dana minimal sehingga keuangan tetap sehat. Dengan berlaku bijak dalam menggunakan produk perawatan, kita bisa tetap terlihat cantik dengan dana minimal. Apalagi di masa pandemi dengan tingat perekonomian yang menurun, alangkah bijaknya jika kita mengelola keuangan dengan baik.
Salam takzim


Post a Comment

32 Comments

  1. Sekarang banyak juga yang jual produk Skin care repack ya mba. Mayan buat kalau mau nyoba dulu bisa hemat bgt. Kalo gak cocok kan juga it's OK lah cuma dikit. Tapi ini trickynya harus cari seller yg amanah.

    ReplyDelete
  2. Iya banget nih mbak. Setuju sama tips nya. Saya termasuk yanh suka beli sesuatu yang multi guna. Jadi lebih hemat pake banget. Memang sih hasilnya tidak semaksimal produk khusus, tapi lumayan lah untuk terpenuhinya kebutuhan.

    ReplyDelete
  3. Lha tips-nya kok yahui banget, perlu dicoba nih. Tapi jujur kalau pensil alis aku gak bisa pakek eyeshadow. BB krim aku juga gak bisa pakek, jadi cukup pelembab aja kalau pas gak ada foundation. Dan yg penting memang jangan tergoda rayuan iklan dan diskon, plus review blogger, wkwkwk.

    ReplyDelete
  4. Oh iyaya, BB cream aja udah cukup, engga perlu sunblock lagi ya. Cari yg multifungsi. Nah, rayuan iklan tuh yg bikin kita maju-mundur. Kepincut kinclong si Model...hehe...Trims sarannya...

    ReplyDelete
  5. Aku kalau untuk produk kecantikan jarang coba-coba. Kalau sudah dapat yang cocok, ya pakai itu. Alhamdulillahnya wajah gak rewel. Jadi lumayan hemat di kantong

    ReplyDelete
  6. Produk multifungsi yang paling sering saya pakai adalah lipstik. Bisa untuk blush on dan eye shadow juga.

    ReplyDelete
  7. Andai semua produk boleh kita mintain sample-nya ya ... btw produk-produk apa saja ya yang mau kasih sample?

    ReplyDelete
  8. Bene rbanget mbak kalau gak tahan godaan maunay nyobain berbagi produk deh, harus habiskan dulu aja biar gak mubazir & keluar dana banyak ya. Duh hitung lipstik dulu, untung gak beli2 lagi skr hahaha

    ReplyDelete
  9. Nah, aku tuh sering punya sample2 produk perawatan kulit wajah. Berarti bisa hemat banget ya hihihihi kalau cocok sih gitu. Sekarang kan suka ada promo2 produk jadi ga galau jika memang membutuhkannya. Asal diperhatikan expire date nya hehehe.

    ReplyDelete
  10. Sip sipp markosip tipsnya mbaaa
    karena memang kudu wise bgt untuk alokasikan budget skincare dll nya yak
    Semoga kita selalu sehaaatt

    ReplyDelete
  11. Bener juga, sampel itu cara mudah buat tau cocok enggaknya supaya gak mubazir ya

    ReplyDelete
  12. Rayuan iklan ini yang susah...huhuhu
    Aku setuju dengan tipsnya.Dan paling seneng coba sampel atau beli yang travel/mini size dulu, terutama untuk skincare..kuatir kalau dah beli ukuran standar eh ga cocok dan ga kepakai

    ReplyDelete
  13. Menahan godaan dari iklan-iklan yang bertaburan itulah yang susah, Mbak. 😁

    Bener juga sih, memanfaatkan sampel produk terlebih dahulu. Karena saat ini juga banyak sekali produk-produk yang memberikan sample.

    ReplyDelete
  14. Haha... rayuan iklan itu memang sangat menggoda. Mesti kuat hati dan kekepin dompet erat-erat

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah-nya kulit muka saya tipe kulit muka "murah" hahaha. Pernah coba skincare yang lumayan mahal kalo menurut ukuran kantong saya. Eh malah bruntusan. Pas balik ke skincare yang murah sehat lagi kulitnya. Lumayan jadi hemat, hihihi.

    ReplyDelete
  16. Nah membuat anggaran dana khusus nih yang kadang terbaiakan padahal penting banget. Makasih mba jadi biar tetap hemat namun cantik juga :D

    ReplyDelete
  17. Sedikitnya budget untuk merawat kecantikan bukan berarti kita gak bisa cantik ya Mbak. Emang sih perlu usaha, memutar otak dan kreativitas agar perawatan tetap terjada dalam budget minimalis

    ReplyDelete
  18. Iya sekarang banyak produk multifungsi ya kayak Aloe Vera gel itu bisa untuk wajah, kulit, rambut..

    ReplyDelete
  19. Rayuan iklan produk kecantikan itu luar biasa. Iya, yang jadi model iklan kan wajahnya mulus dan cantik-cantik, ya. Dan aku sukanya bermimpi kalau aku beli produknya wajahku nanti secantik dia. Padahal belum tentu produknya cocok di muka ku.

    ReplyDelete
  20. Di saat pandemi begini, saya juga semakin berhitung untuk biaya perawatan. Kalau dulu mah asal menarik, beli aja dulu hehehe

    ReplyDelete
  21. Nah, iyess. Still beauty with minim budget, hahaha. Always feel grateful and happiness in our life. Can make us look beautifull and usefull

    ReplyDelete
  22. Dulu tuh saya tuh suka enggak tahan godaan kalau diskon, hihihi... tapi sekarang sih udah lebig terkendali

    ReplyDelete
  23. Pilih produk multi fungsi ini bener banget. Aku sampe sekarang pake lipstin buat blush on jg eye shadow.. Wkwk. Trus buat eyeliner n pensil alis jg 1 produk aja.. Travel friendly deh

    ReplyDelete
  24. Eh bener juga ya supaya irit sebaiknya kita pilih produk yang multifungsi yah. Hhmm nice tips, makasih ya Mba

    ReplyDelete
  25. Harus tahan diri yaa biar gak kelolosan belanjanya. Saya biasanya cuma jajan facial wash aja mbak. Habisnya banyakan di beli minyak telon, bedak, sampo dan sabun bayi. Eh itu mah kebutuhannya si kecil~

    ReplyDelete
  26. BB krim ini bisa dari merk apa saja ya Mbak? Wardah misalnya? Aku pengen mulai makeup tapi belum faham jenis-jenis kosmetik.

    ReplyDelete
  27. Teteh tau banget sih...aku lagi butuh beberapa skincare.
    Masih ragu beli merk yang biasanya aku pakai, karena ingin mencoba merk lain.
    Jadi tahan dulu...hehehe...cari inspirasi biar terbuka hatinya saat menentukan sebuah produk.

    ReplyDelete
  28. Aku kalau mau beli skincare suka minta sample nya dulu biar paham cocok apa engga ya teh, atau beli travel size nya gitu jadi kalau ga cocok ga mubadzir hehe

    ReplyDelete
  29. Ini nij yang jadi andalan para mamak. Tetap glowing shimering-splendidi tapi duit aman

    ReplyDelete
  30. Aku paling bahagia kalo dapet sample gitu mba. Jadi ngirit wakakka. PR banget untuk menyisihkan dana yo mba. Ak juga sedang belajar

    ReplyDelete
  31. siip tipsnya mba, kondisi lagi gini memang harus pinter-pinter ngatur keuangan ya, tapi perempuan mah mau tetep cantik, ya pinter-pinter juga ngatur belanja perawatan kulitnya ya Mba,tutup mata dengan iklan tahan godaan ... hehehe

    ReplyDelete
  32. Buat cantik emang nggak perlu sampe ngegelontorin terlalu banyak duit ya Mak. Saya sering banget manfaatin lip cream atau lipstick buat blush on & eyeshadow. Hasilnya tetep cakeeeep banget!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^