Wednesday, 12 August 2020

5 Tips Makan di Restoran Saat New Normal

Beberapa waktu yang lalu, pemerintah Jawa Barat dan Kota Bandung khususnya sudah mengizinkan beberapa fasilitas publik dibuka untuk umum, termasuk restoran. Meski telah mulai dibuka kembali, saya tidak serta merta merasa senang dan berkunjung ke semua tempat makan favorit keluarga saya. Mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir, saya belum bisa bergerak bebas seperti biasanya dan harus menerapkan peraturan kesehatan untuk makan di restoran pada saat new normal.

makan-di-restoran-saat-new-normal
Tidak keluar rumah dalam jangka waktu yang cukup lama, cukup membuat saya jenuh. Rasanya kangen untuk bisa berwisata ke tempat yang menarik, makan di restoran favorit atau sekedar berjalan-jalan di taman kota yang ada di Bandung. Namun saya juga memikirkan keselamatan keluarga dan masyarakat pada umumnya. Saya memilih diam di rumah dan melakukan segala aktivitas serta tetap berusaha produktif di rumah.

Keinginan untuk menyantap makanan kesukaan keluarga, akhirnya kami siasati dengan memesannya secara online. Beberapa bulan yang lalu, di bulan puasa tepatnya, kami yang rindu dengan masakan Korea akhirnya memesan Korean Food menggunakan jasa online. Dan kebetulan sekali, restoran Korean Food langganan kami yaitu Fat Oppa mengadakan program promo Ramadhan dengan layanan pesan antar.

Alhamdulillah, kami masih bisa menikmati masakan khas orang Korea meski harus tinggal di rumah saja. Berkumpul bersama menyantap makanan Korea dengan kemasan vacum pack. Hanya satu kekurangannya, kami gak bisa masak-masak dulu sebelum menyantapnya. Padahal kami suka sekali masak BBQ-an sebelum menyantap daging khas Fat Oppa yang empuk dan enak.

Kini setelah pemerintah memberlakukan new normal, restoran-restoran dan fasilitas umum di Kota Bandung sudah mulai dibuka dengan mengacu pada protokol kesehatan, termasuk rumah makan Fat Oppa. Anak-anak yang sudah kangen dengan makanan Korea mengajak saya dan suami untuk makan di Fat Oppa. Kami memilih pergi ke restorannya yang ada di daerah Antapani-Bandung. 

Sebelum berangkat dari rumah saya sudah wanti-wanti pada anak-anak untuk memperhatikan tata cara makan di restoran saat new normal. Beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  1. Menggunakan masker sejak dari rumah. Buka masker hanya ketika hendak makan dan simpan masker di tempat yang aman dan bersih.
  2. Patuhi panduan kesehatan. Biasanya restoran sudah diberikan panduan mengenai protokol kesehatan oleh instansi terkait mengenai aturan standar operasional selama masa pandemi. Protokol kesehatan yang harus dipatuhi yaitu mencuci tangan menggunakan sabun sebelum masuk lokasi lalu diperiksa suhu tubuh.
  3. Tetap menjaga jarak. Makanlah hanya dengan keluarga atau dengan grup kecil. Hindari makan dalam kelompok besar, karena akan mendorong satu sama lain saling mendekat untuk berkomunikasi.
  4. Sebaiknya membayar dengan non tunai. Di masa pandemi, uang tunai cenderung menjadi media penyebaran bakteri. Oleh karena itu lebih baik menggunakan non tunai seperti kartu debit, kartu kredit atau e-wallet. Beberapa rumah makan di Indonesia untuk saat ini tidak menerima pembayaran tunai untuk mencegah penyebaran penyakit.
  5. Meminimalisir menyentuh barang-barang yang ada di restoran seperti gagang pintu atau area yang banyak disentuh oleh orang-orang. Segera mencuci tangan setelahnya.

Tidak hanya ketika hendak makan di restoran, ketika hendak keluar rumah untuk urusan penting, kami harus mengenakan masker. Begitu pula saat hendak makan di Fat Oppa, kami sekeluarga mengenakan masker.

Tiba di tujuan, kami disambut oleh pegawai restoran dengan menggunakan alat pelindung diri yang lengkap. Pelayan di sana menggunakan face shield dan masker.  Pengunjung yang hendak makan di restoran harus melewati beberapa tahapan, seperti mencuci tangan dengan sabun dan melakukan cek suhu tubuh.


makan-di-restoran-saat-new-normal

Setelah melewati beberapa protokol kesehatan, lalu kami menuju tempat yang telah disediakan. Tempat kami duduk jauh dari pengunjung lainnya, benar-benar menerapkan aturan menjaga jarak.

Kemarin saat makan di Fat Oppa, kami memilih menu yang pas untuk kami berempat. Kami pun memilih Paket New Normal BBQ + Jjigae.

makan-di-restoran-saat-new-normal

Menu yang disajikan sangat lengkap dengan porsi yang banyak. Kami mendapatkan nasi masing-masing. Sweet tea jug-nya juga cukup banyak, sehingga kami bebas minum untuk melepaskan dahaga. Akhirnya kami bisa lagi masak-masak BBQ-an di Fat Oppa. Merasakan dagingnya yang empuk, ditambah dengan bumbu beraneka ragam yang dibungkus daun selada dan ditambah kimchi, rasanya begitu beragam di dalam mulut.

Bagi kami, porsi yang disajikan cukup banyak. Kami sampai kekeyangan, loh! Hihihi

makan-di-restoran-saat-new-normal

Untuk yang mau menikmati Korean BBQ dari Fat Oppa, bisa datang langsung di restorannya yang di Antapani, Karapitan atau Cimahi. Jangan lupa untuk memperhatikan protokol kesehatan. Selalu pakai masker dari rumah dan rajin mencuci tangan.

makan-di-restoran-new-normal

Nah teman-teman, itulah pengalaman kami saat makan di restoran di saat new normal. Berhubung  pandemi belum berakhir, maka kami pun mengikuti protokoler kesehatan agar semua bebas terhindar dari penyakit.

                  Salam takzim


44 comments:

  1. Wah, 200 ribuan sudah berempat bisa BBQ ala Korea di Fat Oppa..terjangkau sekali ini.
    Dan benar makan di restoran mesti perhatikan protokol kesehatan. jadi semua tetap sehat dan nyaman. Mesti ke Fat Oppa nih, menunya menggoda sekali

    ReplyDelete
  2. Wah kangen bangeet makan di luar. Meski udah boleh tetep protokol kesehatan gak boleh lupa ya mba. Lain kali deh kalo udah siap, mulai makan di luar hehe.

    ReplyDelete
  3. Aku nih belum mencoba makan ke restaurant di era new normal padahal sudah kangen banget dengan beberapa makanan favorit. Tapi kalau beli takeaway pernah beberapa kali itupun di coffee shop.

    ReplyDelete
  4. lumayan banget ya diskonnya, 25 persen. Menunya juga banyak banget, pantes aja jadi kekenyangan.
    Saya belum mulai mencoba makan diluar mbak, masih pesan online aja dan dimakan di rumah

    ReplyDelete
  5. mursidaaa banget sikk, paket makan di marii
    pengin aku mbaa, jadinya :D
    kalo di SBy, AYCE macam gini, paling engga 100K/org

    ReplyDelete
  6. Iya. Beberapa memang sudah ada yang buka. Tinggal bagaimana kita menyikapinya.

    Protokol kesehatan memang sebaiknya kita pertahankan. Demi kebaikan kita semua.

    Jadi perekonomian tetap bisa terus berjalan lancar

    ReplyDelete
  7. Diskonnya mayan banget ya Teh. Aku tuh suka banget masakan Korea, terutama yang berkuah-kuah gitu hehe.. sayang di Jogja belum ada ya..

    ReplyDelete
  8. saya sudah beberapa kali makan di luar. selalu cari tempat makan yg tidak ramai. memang, belum semua t4 makan menerapkan protokol new normal, terutama utk rumah makan kecil. tapi kalau level middle up, umumnya sdh menerapkan sih.

    ReplyDelete
  9. Di masa new normal emang banyak alasan mengapa kita ingin makan bersama keluarga di luar. Diskon seperti yang dilakukan Fat Oppa misalnya. Semoga dengan mengikuti semua protokol pencegahan kita terhindar dari covod-19 ya

    ReplyDelete
  10. Sudah banyak kembali resto yang menawarkan promo dine-in di era new normal seperti ini, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung dan karyawannya...

    Kangen sih ya makan di restoran langsung...

    ReplyDelete
  11. Pengunjung yang hendak makan di restoran harus melewati beberapa tahapan, seperti mencuci tangan dengan sabun dan melakukan cek suhu badan...beneran makin nyaman kalau semua memperhatikan protokol kesehatan begini ya ...Jadi tenang makan di restoran saat era new normal

    ReplyDelete
  12. Terima kasih atas share tipsnya. Yang perlu lebih waspada dan hati-hati adalah kondisi saat ini dengan new normal, kadang kita sering melupakan protokol kesehatan.

    ReplyDelete
  13. Huhuuuuu...enyak2 banget iniiii, makan tetep asik dan aman saat new normal dengan paket new normal pulaak ya Teh.
    Kuy ahh, next mesti janjian disini, kemaren kita ga ketemuuu.

    ReplyDelete
  14. Setuju dengan tipsnya, Mbak. Dan kalau makan di luar juga bagusnya masker dilipat dulu kemudian ditaro di salah satu tempat yang aman. Jangan digantungkan di leher

    ReplyDelete
  15. Murah banget paketnya, Mbak. Apalagi restonya sudah menerapkan protokol kesehatan. Udah kenyang bisa aman juga makan di luar.

    ReplyDelete
  16. iyaaa bener, meski bisa dipesan dan makan di rumah, tapi makan di restoran itu suasananya beda ya. Aopalagi untuk beberapa makanan yang emang lebih enak dimakan panas2... Setuju sama mba nurul, tetap harus jaga protokol dan hati2 saat makan di restoran ya..

    ReplyDelete
  17. Enak banget makan di Fat Oppa, keluarga paling suka menu wagyu nya.
    Kapan-kapan balik makan ke sana lagi ah

    ReplyDelete
  18. Kemarin sempet Juga kuliner d daerah jaksel hampir rata2 ya sekarang resto menerapkan protokol kesehatan kitanya jadi nyaman makannya y mba

    ReplyDelete
  19. Ingin rasanya segera makan2 di luar. Sudah gatel kaki ini. Tapi sejauh ini, masih berani pesan lewat aplikasi, atau take away. Belum berani makan di tempat huhuhu

    ReplyDelete
  20. Emang paling ngangenin bisa makan dine in di restoran favorite bareng keluarga yaa

    ReplyDelete
  21. Aku sudah mulai ke resto juga mba tapi ya hati - hatiii banget. Yang oenting patuh protokol kesehatan

    ReplyDelete
  22. During the pandemic we have never eaten at a restaurant, at most, if you want to buy it in a pack and eat at home. Thanks for your story

    ReplyDelete
  23. Yuhuu. Asik banget makan2nya. Ngiler liatnya. Makasih loh tipsnya. So far selama pandemi masih rada parno mau makan diluar. Baru suami yg berani. Aku masih mikir keras krn kalo keluar rumah kudu bawa bayi. Heu

    ReplyDelete
  24. Duuuh menggiurkan semua itu menu-menunya. Bikin penasaran. Btw, Fat Oppa ini malah udah ngeblend di otak saya kalau hunting kuliner ke Bandung yang dituju bakal ke sana.

    ReplyDelete
  25. Aduh ini, bikin mupeng deh ke Fat Oppa lagi. Kemaren saat ke mertua sempat mampir. BBQ Platter-nya nagiiih 😍

    ReplyDelete
  26. Asiik sudah boleh makan di luar ya Mak. Saya masih belum berani lama-lama di luaran, apalagi ada dua bayik yang lumayan riweh juga klo diajak makan di luar.

    ReplyDelete
  27. Teteeh...
    kalau menu dine-in di atas dipesan melalui ojek online, sama ajakah?
    Aku dari kemarin ajakin suami, anak-anak pada protes gak mau...padahal pengeeen pake banget.

    ReplyDelete
  28. Makan di restoran saat new normal seperti sekarang memang harus hati-hati banget ya, Mbak. Soalnya banyak orang di sana dan kita enggak tahu mereka dari mana aja. Harus selalu menegakkan protokol kesehatan, ya :)

    ReplyDelete
  29. Aku paling sukaaa makan si luar dan agak sedih karena pandemik jadi teebatas yaa

    ReplyDelete
  30. Aduh hidangannya mba nurul, bikin ngiler eheheheh
    aku alhamdulillah kalo makan di luar juga menerapkan protokol kesehatan

    ReplyDelete
  31. Wah... termasuk murah juga ja, 200K udah bisa makan ala korea, pelayanannya juga bagus ya. Bisa jadi tempat favorit buat kencan nih hehe

    ReplyDelete
  32. Porsi sebanyak itu cuma 200ribuan ya kak? Waah murah banget. Apalagi itu korean food yang biasanya harganya mahal. Tapi kalau aku sendiri belum berani buat makan dine in, masih parno hehe.

    ReplyDelete
  33. Murah banget loh, 200ribuan udah dapat wagyu, menunya banyak, dapat bingsu. Auto kenyang nih bisa makan rame-rame plus hemat pula. Cabangnya ada di mana aja?

    ReplyDelete
  34. Yang jelas masker jangan sampe ketinggalan ya mbak. Saya sendiri belum pernah makan diluar apalagi BBQ'an hihi

    ReplyDelete
  35. Kalau aku, kiatnya, pertama menghindari makan malam, pasti ramai.
    Kedua, cari tempat yang hidden gems gitu, yang sepi.

    ReplyDelete
  36. Lihat foto-foto menunya, wah.. siapa juga yang tak tergoda untuk datang ke Fat Oppa dan menyantap aneka hdangan yang enak-enak ya, Mbak Nurul.
    Alhamdulillah kita tetap bisa makan di restoran, asalkan mematuhi protokol kesehatan ya, Mbak.

    ReplyDelete
  37. Belum coba makan di Fat Oppa. Sepertinya ini layak masuk list setelah pandemik. Soalnya aku masih ragu buat keluar apalagi makan. Nice info. Makasi ka

    ReplyDelete
  38. Makanan ala Korea 200an udah bisa dinikmati berempat. Duh dompetku jadi bahagia.

    Memang ya, kangen keluar rumah nggak bisa kelamaan ditahan juga. Selama mematuhi protokol kesehatan dan nggak keseringan, semoga semuanya aman aman saja.

    ReplyDelete
  39. Sebulan terakhir ini aku lumayan sering ke coffee shop. Bukan hangout, tapi buat numpang kerja. Di rumah nggak bisa fokus euy. Selalu gini: pakai masker, bawa hand sanitizer dan tisu basah, bawa peralatan shalat sendiri (termasuk sajadah). Dan cari tempat yang sepi. Saking sepinya, aku sampe disapa makhluk alam lain >.<

    ReplyDelete
  40. setiap restoran sekarang memiliki protokol kesehatan agar bisa membuka restoran dengan aman dan terhindar dari covid-19

    ReplyDelete
  41. Aku juga udah keluar-keluar.. yang penting tetap jaga protokol kesehatan. Btw aku galfok sama makanan korea nya. Pengen nyobain.. pernahnya makan teobokki dan kimchi doang.

    ReplyDelete
  42. Bisa dicoba nih
    Tapi saya masih parno karena Surabaya masih banyak aja yang positif plus meninggal di sekitar kecamatanku

    ReplyDelete
  43. Ini tuh sebenernya deket banget sama rumah mertua. Cuma ga sempet mulu hehe. Suamiku sibuk mulu. Habis lahiran deh aku jadwalin ke sini, ajak suami. Penasaran banget soalnya sama Fat Oppa.

    ReplyDelete
  44. Tetep jaga jarak penting banget sih, aku aja kalau makan d luar sekarang misal ramai mending melipir sekalipun sudah diberi jarak aman, ya mending cari kenyamanannya dulu :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^