Friday, 18 September 2020

Menemukan Ide Tulisan Melalui Karya Pengarang Yang Menginspirasi

Banyak yang beranggapan kalau menulis itu tidak gampang. Juga tidak mudah menemukan ide tulisan. Namun salah satu guru menulis saya berpesan agar jangan takut jadi penulis. Semua orang bisa menjadi penulis yang hebat. Penulis terkenal maupun yang masih pemula, mengalami perjalanan yang sama untuk menghadirkan sebuah karya.

menemukan-ide-tulisan

Hanya ada sedikit perbedaan antara penulis pemula dan yang sudah terkenal. Yang sudah hebat itu sudah memulai terlebih dahulu dan berlatih lebih banyak. Berarti kalau mau jadi penulis yang berhasil, harus mau berlatih, berlatih, berlatih dan tentu saja mesti mau memulainya.

Menemukan Ide Menulis

Salah satu hal penting yang biasa menjadi kendala dalam membuat sebuah karya tulis yaitu menemukan ide tulisan. Tidak memiliki ide untuk menulis atau writer block, banyak dijadikan alasan ketika hendak memulai menulis. Ada caranya untuk mendapatkan ide menulis, asalkan kita tetapkan terlebih dahulu ingin menulis fiksi atau non fiksi. 

Nah, berikut ini beberapa sumber ide menulis ketika menghadapi writer block, diantaranya:

1. Ilmu yang telah diterapkan
Banyak orang menulis berdasarkan dari ilmu yang telah dia dapatkan dan menerapkannya dalam kehidupan nyata lalu dituangkan dalam bentuk karya tulis. 

2. Internet
Bisa dikatakan internet adalah perpustakaan dunia. Semua informasi yang ingin kita dapatkan, tersedia di internet. Apalagi melalui google, kita cukup menuliskan kata kuncinya saja dan biarkan google bekerja untuk kita.

3. Buku
Dari buku bacaan kita bisa mendapatkan bahan perbandingan. Kita bisa mendapatkan banyak ide tulisan berawal dari bacaan dan bisa mendapatkan inspirasi baru untuk dituliskan.

4. Pengalaman hidup
Banyak sekali buku yang ditulis berdasarkan pengalaman hidup penulisnya. Pengalaman hidup memiliki cakupan tema tulisan yang cukup luas dan dinamis sehingga kita tidak perlu takut akan kehabisan ide tulisan. 

5. Berasal dari perbincangan dengan orang lain.
Sebuah diskusi atau percakapan langsung dengan orang lain bisa juga menimbulkan ide pemikiran baru untuk dijadikan sebuah tulisan. 

6. Televisi dan radio
Berita atau informasi yang sering disajikan di televisi dan radio cukup banyak dan terkini. Semua informasi tersebut bisa dijadikan sumber ide tulisan.

7. Hasil karya penulis terkenal
Ide tulisan juga bisa berasal dari hasil karya penulis terkenal. Membaca buku yang ditulis oleh penulis terkenal bisa menimbulkan ide untuk menuliskan tema atau topik yang sama. 

Nah, dari beberapa sumber ide menulis yang telah disebutkan, saya ingin membahas point yang ketujuh yaitu menemukan ide tulisan dari hasil karya penulis terkenal. Mengapa hanya nomor tujuh yang saya bahas? Saya rasa keenam sumber tadi sudah sering jadi topik pembahasan. Selain itu menemukan ide tulisan dari pengarang atau penulis lain sesuai dengan tema dari OWOP (one week one post) yang diadakan oleh WAG Warung Blogger.

Pengarang Yang Menginspirasi

Yup, kami yang tergabung dalam WAG Warung Blogger sepakat untuk mengadakan OWOP sebagai pemicu untuk lebih rajin mengisi blog kami. Dan tema di minggu pertama yaitu mengenai pengarang yang menginspirasi. Nah, saya ingin membahas bagaimana sebagian besar ide tulisan yang saya buat berasal dari karya pengarang (penulis) yang sudah memiliki jam terbang tinggi dan memiliki banyak karya tulisnya.

Penulis perempuan yang menginspirasi saya dalam membuat sebuah tulisan yaitu Indari Mastuti dan Anna Farida. Beliau berdua ini merupakan guru menulis pertama bagi saya. Kedua penulis perempuan ini tidak hanya mengajarkan saya dalam mencari ide untuk sebuah tulisan tapi juga menginspirasi saya melalui gaya menulisnya.

menemukan-ide-tulisan

Teh Indari selalu mengingatkan saya dan teman-teman satu komunitas untuk menulis berdasarkan pengalaman kami. Karena sebagian besar dari kami merupakan ibu rumah tangga, Teh Indari sebagai founder Indscript Creative menyarankan pada kami untuk mencari ide tulisan dari kegiatan sehari-hari.

Misalnya saja menulis tentang cara mengasuh buah hati, menulis resep masakan yang akan disajikan untuk keluarga atau menuliskan kegiatan sehari-hari selama di rumah.

Dari Mbak Anna Farida saya terinspirasi dari gaya menulis beliau. Saya suka dengan gaya bahasanya yang dibumbui dengan candaan. Membuat saya tidak bosan membaca semua hasil karyanya. Buku-buku hasil karya beliau sebenarnya membahas hal yang serius seperti pernikahan, gaya pengasuhan dan pendidikan. Namun semuanya dikemas dengan gaya bahasa yang menarik. 

Saking senangnya dengan gaya bahasa Mbak Anna, saya sesekali meniru gaya tersebut saat membuat tulisan. Berhasil? Tidak semudah itu. Ternyata saya tidak bisa melakukannya sama persis. Kedua penulis yang sudah menghasilkan puluhan buku tersebut mengingatkan supaya saya dan teman-teman di komunitas untuk menulis dengan gaya kami masing-masing. Perlihatkan ciri khas kita sendiri.

Untuk menjadi seperti pengarang yang menginspirasi seperti kedua guru saya tersebut memang tidak mudah. Saya harus mau terus berlatih dan berlatih lagi hingga menemukan gaya menulis yang pas.

Nah, kalau teman-teman adakah penulis yang menginspirasi dalam mencari ide tulisan? Cerita, yuk!

             Salam takzim

23 comments:

  1. Inspirasi untuk menulis memang bisa didapatkan dari mana saja. Kuncinya ya mau dan terbiasa. Kalau aku tahunya Mbak Indari Mastuti. Emang menginspirasi sih

    ReplyDelete
  2. Kayaknya kalo ngebahas tentang Ide untuk menulis sesuatu pasti agak sedikit terhambat. Apalagi yg jrang baca. Sudah pasti terjebak dan bertanya pada diri sendiri. Judul apa ya. Idenya seperti apa ya.

    ReplyDelete
  3. mengkhayal kalau suatu saat namaku masuk jejeran penulis yang menginspirasi ea....kapan ya itu mba hehehe..menghayal aja dulu gapapa, siapa tahu jadi kenyataan kan mba

    ReplyDelete
  4. baca tulisan ini aku jadi inget salah satu penulis yang menginspirasi aku satu lagi: arswendo. judul bukunya, menulis itu gampang :D
    emang paling enak menulis dimulai dari keseharian kita ya

    ReplyDelete
  5. Aku termasuk orang yang lumayan gampang mencari ide tulisan, tapi agak susah untuk menulis dengan konsisten nih hehehe. Baca tentang Mba Indari membuat aku terpecut buat menulis dengan serius. Semoga bisa kayak kakak-kakak semua!

    ReplyDelete
  6. Indari sama Mbak Anna, 2 penulis yang gigih banget. Sangat layak jadi idola karena selain gigih karyanya banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh padahal Kang Ali itu idola saya juga, loh! Untuk menulis cerita anak, karya Kang Ali itu sumber ide saya hihihi

      Delete
  7. Saya selalu kagum kalau ada penulis yang punya gaya kepenulisan tersendiri, menurutku sangat susah hehe. Ah ya betul tak hanya melihat dr penulis lain atau internet, kadang perlu keluar untuk mendengarkan cerita orang lain utk mendapatkan inspirasi

    ReplyDelete
  8. Mbak Indari dan Mbak Anna Farida memang sosok inspiratif. Penyemangat, dan yang lantang bersuara, "Kamu bisa!"

    ReplyDelete
  9. wah senengnya udah bersua sama teh Iin dan cikgu Anna Farida, semoga aku kelak bisa bertemu langsung dengan 2 perempuan inspiratif ini. Aku setuju banget teh, bahwa membaca buku bisa nemu ide tulisan. Karena buatku buku ada cara ngisi saldo, kalo gak ada saldonya gak ada yang bisa ditarik hehe. Untuk penulis yang jadi inspirasi saya adalah dr Meta Hanindita, Sp.A, beliau dokter yang menangani "sakitnya" anak saya hehe. Dan bukunya di cetak berulang kali oleh salah satu penerbit buku terbesar di Indonesia.

    ReplyDelete
  10. bener bangeet ya mba... sepertinya banyak membaca tulisan lain dan referensi yang ada akan menambah wawasan kita semua

    ReplyDelete
  11. Aku suka penulis-penulis perempuan mbak apalagi yang inspiratif seperti mbak Anna dan Mbak Indari. Kagum sama mwereka yang bisa menulis buku

    ReplyDelete
  12. asyiiiik nih mba kalau mendapat banyak ide dari mereka yang memang inspiratif. Keep up the good work

    ReplyDelete
  13. kalau sekarang aku dapatkan id menulis dari IG Live dan webinar mba, biasanya berbayar kalauke psikolog sekarang free tiap hari ada terus ya.

    ReplyDelete
  14. Ide menulis itu bermacam2 ya tinggal kita saja yang mengolahnya akan jadi seperti apa, saya pernah mendengar nama mba Anna Farida ini tulisan2nya memang bikin ispirasi

    ReplyDelete
  15. Aku juga ngefans sama teh Indari. Buku buku yang ditulis pasti best seller, terus beliau juga produktif banget di segala lini kehidupan emak-emak ya. keren banget pokoknya.

    ReplyDelete
  16. Saya nih yang sekarang termasuk sering bingung mau ngeblog apa. Nggak bisa fokus karena badan di depan laptop tapi pikiran kemana2 mikirin kerjaan lain huhu

    ReplyDelete
  17. Sejauh ini belum ada yang menginspirasi banget sih mbak. Kebanyakan sumber inspirasi dateng dari pengalaman pribadi hehehe

    ReplyDelete
  18. Waaa seru banget abis kumpul sama temen temen teeeh hihi, buat dapetin ide tulisan tu harus sering baca baca tulisan orang juga yaaa

    ReplyDelete
  19. Aku senang baca karya-karya Enid Blyton, tapi sampai sekarang kok belum bisa ya menulis kayak beliau. :) Habis itu lanjut suka baca novel thriller. Makin sulit lah mau nulis seperti penulis favoritku seperti John Grisham, Steve Martini, JK Rowlings dan Dan Brown. Terlalu rumit gaya menulisnya.

    ReplyDelete
  20. Kalau dulu aku seneng baca bukunya raditya dika mbak. Sekarang seneng baca tulisan singkatnya Amrazing di sosial media. Enak ya mbak kalau punya wadah untuk belajar menulis sama-sama.

    ReplyDelete
  21. Senang ya Mbak kalau berkumpul dengan orang-orang hebat.
    Saya juga sering nih ngalamin writers block :D biasanya rehat dulu, jalan-jalan sebentar, ngopi, baca buku, nonton, dll biar dapat ide segar lagi. Paling sering sih mengambil tema sehari-hari aja, berbagi pengalaman :)

    ReplyDelete
  22. Mencari ide itu gak perlu jauh-jauh yaa, teh..
    Apa yang ada di sekitar kita dan menajamkan semua indera untuk merasakan apa yang unik dan bisa bermanfaat untuk orang lain.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^