Coba Kalkulator Masa Subur Jika Ingin Cepat Hamil Atau Menundanya

Salah satu hal penting yang perlu diketahui oleh wanita adalah masa subur. Apalagi bagi para wanita yang ingin cepat hamil dan memiliki momongan atau juga bagi yang menunda kehamilan dulu. Secara umum, masa subur adalah siklus menstruasi wanita, kondisi adanya sel telur yang matang dan siap dibuahi. Sehingga jika wanita tersebut melakukan hubungan intim, maka kemungkinannya bisa terjadi kehamilan. 
 
jika-ingin-cepat-hamil-atau-menundanya

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui masa subur pada wanita. Selain metode kalender yang sering digunakan, masih ada kalkulator masa subur yang juga bisa digunakan. Kini, ada banyak situs khusus ibu hamil yang menyediakan aplikasi kalkulator kesuburan. Dengan fitur kalkulator kesuburan ini, ibu bisa mengecek atau menghitung masa subur dengan cara memasukkan data atas hari pertama menstruasi terakhir dan masa siklus menstruasi.

Mengetahui Masa Subur 

Tanda masa subur biasanya akan muncul ditandai menjelang ovulasi dan gejalanya biasanya seperti berikut:

  1. Suhu tubuh. Biasanya ibu akan merasakan kenaikan suhu setelah masa ovulasi. Kondisi tersebut memberikan tanda jika ibu telah memasuki masa subur. Keadaan kenaikan suhu diketahui dari suhu tubuh basal yaitu kondisi suhu tubuh pada pagi hari sebelum ibu bangun dari tempat tidur dan memulai aktivitas.
  2. Lendir pada serviks. Kondisi saat biasanya ibu mengalami keputihan. Warna dan tekstur lendir bisa berubah sepanjang bulan. Sekitar waktu ovulasi, cairan tersebut bisa jadi berwarna bening dan licin menyerupai putih telur.
  3. Perubahan kondisi serviks. Serviks akan mengalami perubahan posisi dan tekstur dalam sepanjang bulan. Keadaan ini juga bisa memberikan indikasi atau tanda-tanda waktunya akan berovulasi. Di masa ovulasi, serviks dalam keadaan pendek, tinggi, terbuka dan basah.

Berikutnya untuk lebih jelas lagi, berikut di bawah ini beberapa fakta menarik tentang kalkulator masa subur yang harus diketahui, diantaranya yaitu :

Pengertian Kalkulator Masa Subur

Seperti yang dikutip dari laman Mother and Baby, bahwa kalkulator masa subur adalah indikator yang tepat untuk mengetahui siklus menstruasi. Akan tetapi, terkadang setiap orang memiliki siklus haid yang unik sehingga kemungkinan hasilnya juga tidak terlalu tepat.

Cara Menggunakan Kalkulator Masa Subur

Menggunakan kalkulator masa subur ini tidak ribet dan sangat mudah. Ada banyak pilihan kalkulator masa subur online yang menjamur di internet yang bisa digunakan. Ibu hanya perlu menginput atau memasukkan tanggal hari pertama terakhir menstruasi. Lalu, kalkulator masa subur akan menghitung dan memberitahu hasilnya.

Hasil Tidak Terlalu Tepat

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa alat ini mungkin memberi hasil yang tidak terlalu tepat. Hasil yang tidak terlalu tepat tersebut mungkin saja terjadi karena ibu tidak yakin waktu atau tanggal tepat menstruasi terakhir. Selain itu juga hasilnya akan berbeda bagi ibu dengan menstruasi yang tidak teratur. 

jika-ingin-cepat-hamil-atau-menundanya

Setelah ibu menggunakan kalkulator masa subur dan sudah mengetahui kapan waktu ovulasinya, maka langkah selanjutnya adalah mencari tahu cara meningkatkan peluang untuk hamil. Ada banyak cara sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peluang hamil, seperti :

1. Melakukan Hubungan Intim

Pastinya melakukan hubungan intim adalah cara supaya cepat hamil. Carilah posisi hubungan intim tertentu untuk bisa melahirkan bayi terbaik dan meningkatkan kemungkinan terjadinya pembuahan.

2. Tambahkan Asam Folat

Asam folat memang erat hubungannya dengan kesuburan wanita dan kehamilan. Asupan ini sangat disarankan bagi wanita yang ingin cepat hamil dan tengah memasuki trimester pertama. Biasanya, asam folat bisa ditemukan dalam makanan seperti buah dan sayuran.

3. Pola Makan Seimbang

Pola makan dan gaya hidup yang lebih baik ternyata bisa membantu meningkatkan kesuburan. Dibutuhkan beberapa perubahan signifikan pada asupan untuk memberi tubuh nutrisi supaya kesuburan yang dibutuhkan bisa meningkat.

4. Menjaga Keyakinan Pasangan

Mencoba untuk hamil bisa menjadi pengalaman yang sangat menguras emosi. Tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga untuk pasangan. Kemungkinan pasangan juga akan merasakan ketegangan yang sama. Jika kepercayaan dirinya mulai melemah, ajak dia untuk mempertahankannya dan beri semangat untuk kembali meningkatkannya.

5. Mempertahankan Perspektif

Kebanyakan pasangan yang melakukan hubungan intim secara teratur, misalnya dua kali seminggu dalam seminggu, kemungkinannya bisa hamil dalam setahun. Tetapi mungkin cukup sulit untuk mengabaikan kekhawatiran bahwa adanya sesuatu yang mengakibatkan tidak langsung hamil.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui para ibu yang ingin cepat hamil atau menundanya. Dengan mengetahui siklus masa subur, penggunaan kalkulator masa subur dan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peluang hamil, semoga keinginan ibu yang ingin cepat hamil bisa terwujud. Dan bagi yang ingin menunda kehamilan pun bisa mengetahui caranya.

Salam takzim


Post a comment

7 Comments

  1. Iya juga ya, kalkulator masa subur bisa dipakai enggak cuma untuk cepat hamil tapi juga jika ingin menundanya. semakin dimudahkan saat ini ya, dengan begini apa yang kita harapkan apakah ingin memiliki anak atau menunda jadi ada jalannya

    ReplyDelete
  2. Sekarang jadi lebih mudah ya mbak untuk mengetahui masa subur. Cukup masukkan data yang tepat dan hasilpun didapat.

    ReplyDelete
  3. Bener banget nih, dengan mengikuti siklus kita jadi bisa mengusahakan untuk mempercepat atau sedikit menunda kehamilan agar putra atau putri sebelumnya bersiap menerima kehadiran adiknya

    ReplyDelete
  4. Bisa hamil itu rahasia Allah sih menurutku. Dengan adanya kalkulator masa subur membantu pasangan untuk ikhtiar dengan tepat yah...Semoga pasangan yang menginginkan anak bisa disegerakan yah...

    ReplyDelete
  5. saya pun juga pakai alat ovulasi ini, tapi yang teleskop. biar bisa tahu kapan masa subur dan bisa anu anu biar cepet punya baby, haha. pengen juga beli yang kaya testpack dan bisa dipakai berulang kali dengan ganti isinya ya. nanti deh coba cari di apotek. makasih sharingnya mba.

    ReplyDelete
  6. Duluu, saat usia pantas hamil saya paling gak berani dengan metode ini...haha gak mau ambil risiko, karena siklus haid suka berubah...alhamdillah masa-masa itu sudah berlalu sekarang dan saya sudah dari kelahiran anak bungsu tahun 2005 tidak pakai KB hehe...

    ReplyDelete
  7. Jadi nggak perlu KB lagi ya mbak kalau misalkan ingin menunda kehamilan. Dan pola makan sehat tetap wajib diusahakan jika ingin apapun, termasuk ingin hamil juga. Bisa jadi referensi pas yuni menikah nih.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^