Cara Mudah Membersihkan Toilet Duduk

Libur lebaran tahun 2021 ini telah usai. Kebetulan lebaran kali ini, keluarga saya merayakannya bersama di rumah orang tua. Meski berada dalam satu kota, kami sekeluarga tetap meluangkan waktu menginap di rumah orang tua. Padahal kami bisa juga pulang pergi dari rumah ke tempat tinggal orang tua, tetapi macetnya Kota Bandung ditambah suasana pandemi yang belum usai, kami memutuskan untuk tetap tinggal di dalam rumah. Nah, usai ditinggal liburan, PR utama yang harus dikerjakan adalah bersih-bersih rumah, mulai dari ruang tidur, dapur bahkan kamar mandi terutama cara tepat untuk membersihkan toilet duduk yang paling sering digunakan setiap hari.

cara-mudah-membersihkan-toilet-duduk

Kalau untuk urusan membersihkan rumah dan isinya, saya masih bisa minta bantuan anak-anak mengerjakannya. Namun  untuk urusan membersihkan kamar mandi, lebih sering saya atau ayahnya anak-anak yang membersihkannya. Entahlah ada saja alasan anak-anak untuk menghindari tugas membersihkan toilet. Padahal mereka juga paling anti kalau menggunakan toilet yang kotor.

Kebetulan toilet di rumah kami menggunakan toilet duduk yang harus kami jaga kebersihannya. Karena kulit kita akan bersentuhan langsung dengan toilet ketika menggunakannya. Oleh karena itu, kebersihan toilet duduk sangat penting untuk menjaga kesehatan. Lagipula bila toilet duduk bersih maka resiko kontaminasi kuman akan semakin kecil. Toilet duduk yang kotor selain bisa menjadi sarang berkembang biak kuman dan bakteri, klosetnya juga bisa memicu timbulnya bau tak sedap.

So ... untuk mencegah hal buruk yang bisa mengganggu kesehatan, berikut ini cara mudah membersihkan toilet duduk:

1. Mempersiapkan peralatan

Hal pertama yang perlu dipersiapkan untuk membersihkan toilet duduk yaitu mempersiapkan peralatan untuk membersihkannya seperti lap, sikat, karbol dan peralatan lainnya. Kemudian singkirkan terlebih dahulu barang-barang yang menghalangi. Perlengkapan di kamar mandi yang rentan terkena air sebaiknya disingkirkan dahulu di luar kloset. Misalnya saja kotak tisu, kotak sikat gigi, tempat sabun dan keset. 

Ketika akan menggunakan cairan pembersih kloset duduk sebaiknya dipelajari dahulu petunjuknya agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Sebab ada pembersih yang harus didiamkan beberapa saat agar bisa bekerja dengan baik. Ada juga pembersih kloset yag tidak boleh dicampur dengan pembersih lainnya. Oleh karena itu ikuti petunjuk yang tertera di label atau kemasan pembersih kloset.

2. Pergunakan sarung tangan

Kita membutuhkan perlengkapan yang bisa melindungi diri sendiri ketika membersihkan toilet seperti sarung tangan atau pelindung kulit. Selain tempat yang mau dibersihkan bisa jadi sarang kuman penyakit, bahan pembersih yang digunakan pun berbahan keras dan dapat merusak kulit. Sebaiknya menggunakan sarung tangan karet yang tahan air dan bersifat elastis. Gunakan sarung tangan yang berbeda dengan sarung tangan yang akan digunakan untuk keperluan lainnya.

cara-mudah-membersihkan-toilet-duduk

3. Bersihkan bagian dalam

Setelah melakukan persiapan untuk membersihkan kloset, dilanjutkan dengan tahap pembersihan. Hal pertama yang dilakukan yaitu menyiramkan air panas. Menyemprotkan atau menyiramkan air panas bisa berguna untuk membantu meluruhkan kotoran yang menempel kuat di dalam kloset. Setelah diberi air panas tuangkan pembersih ke dalam toilet duduk dan diamkan beberapa saat.

4. Gosok menggunakan sikat

Gosok kloset duduk secara menyeluruh dengan menggunakan sikat toilet berbahan bulu sikat plastik. Bersihkan dengan cermat dan teliti setiap noda yang menempel di dalam kloset dan mungkin masih menumpuk di sela-sela bagian dalam kloset.  Semakin teliti dan menggosok dengan kuat noda yang membandel akan segera hilang. Gunakan sikat yang kecil untuk membersihkan bagian toilet yang sulit dijangkau.

Apabila masih ada noda yang susah hilang, ulangi menyiram air panas dan menuangkan cairan pembersih kemudian digosok ulang.

5. Bersihkan bagian luar

Setelah membersihkan bagian dalam kloset, selanjutnya membersihkan bagian luarnya. Pertama-tama dudukan kloset diangkat terlebih dahulu. lalu siramkan cairan pembersih di sepanjang pinggiran bawah bagian luar, diamkan beberapa saat. Selanjutnya sikat kotoran hingga bersih. Bisa menggunakan tisu sekali pakai untuk membersihkan bagian tangki penampung air, tombol gelontor air dan kedua sisi dudukan.

Mesti diperhatikan pula untuk tidak melewatkan membersihkan bagian dasar kloset dan bagian belakang tangki yang menghadap dinding. Pakai sikat gigi bekas atau pembersih pipa untuk membersihkan noda yang sulit dijangkau. 

cara-mudah-membersihkan-toilet-duduk

6.  Semprot kloset dengan disinfektan atau antiseptic

Cara membersihkan kloset duduk yang tidak kalah pentingnya yaitu menyemprotkan cairan disinfektan atau antiseptic. Semprotkan pada pinggiran, dudukan, dinding luar serta tutup kloset untuk menjamin kebersihan toilet duduk. Setelahnya lap permukaan kloset dengan kain bersih. Langkah keenam ini bisa membunuh kuman dan bakteri serta dapat menghilangkan bau tidak sedap yang bisa menguar dari dalam kloset.

7. Bersihkan peralatan

Setelah membersihkan kloset dan membuka sarung tangan, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan bersih. Rendam sikat dan peralatan lainnya di dalam larutan pembersih untuk mencegah berkembangbiaknya bakeri dan agar kuman-kuman yang menempel dan tertinggal di sikat bisa ikut mati. Simpan kembali dengan rapi peralatan yang telah digunakan ke tempat khusus.

8. Membersihkan dengan rutin

Semua rangkaian proses pembersihan kloset duduk tidak akan berhasil dengan maksimal apabila tidak dibersihkan dengan rutin. Sebaiknya dilakukan secara berkala, jangan menunggu hingga kloset menjadi kotor dan sulit untuk dibersihkan. Kotoran yang dibiarkan menumpuk akan membuatnya susah untuk dibersihkan, kotoran tersebut akan menguning bahkan bisa menjadi karat.

Nah, itulah cara mudah membersihkan toilet duduk untuk menjaga kebersihan dan menjaga kesehatan keluarga. Mengingat kloset merupakan bagian penting dan rutin digunakan oleh anggota keluarga, kita harus rutin membersihkannya demi mewujudkan keluarga sehat.

Apalagi setelah ditinggal lama seperti saat kemarin menginap di rumah orang tua, kloset di rumah harus tetap kinclong agar semua nyaman menggunakannya.

Bagaimana dengan teman-teman, apakah rutin membersihkan toilet duduk yang ada di rumah?

Salam takzim


Post a Comment

5 Comments

  1. Nah, nambah ilmu lagi. Selama ini kalamembersih an toilet gak pakai sarung tangan. Tapi pakai kuas depegang langsung pakai tangan. Terima kasih telah berbagi, ananda Nurul. Selamat Idul Fitri.

    ReplyDelete
  2. Baru tau nih Mbak. Kalau bersihkan bagian dalam toilet itu pakai air panas. Boleh ya Mbak?

    Maapkan, kalo pertanyaannya aneh 😅

    ReplyDelete
  3. Kebetulan di rumah pakenya toilet jongkok mba. Tapi ya kurang lebih sama sih, tetep harus dijaga kan kebersihannya... Hehe

    ReplyDelete
  4. Kalau aku iya mbak. Karena kamar mandi itu salah satu sudut me time favourit saya. Jadi selalu berusaha sebersih dan seindah mungkin hehe

    ReplyDelete
  5. Ohh, ternyata bisa ya membersihkan toilet dengan air panas. Belum pernah mencoba cara ini. Btw, airnya gak dicampur apa-apa ya? Beneran cuma air yang udah direbus gitu lgs tuang aja?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^