Staycation di Crowne Plaza Bandung

Dalam mencari alternatif liburan di masa pandemi ini, saya dan keluarga memilih tempat berlibur yang gak jauh dari rumah. Bisa dibilang mencari hiburan, ya, di kota sendiri aja. Selain memang ada pembatasan tidak boleh pergi jauh-jauh dan juga untuk menghindari kerumunan, kami mencari tempat untuk liburan yang benar-benar private atau minim pengunjung lainnya. Seperti staycation di hotel. 

staycation-di-crowne-plaza-bandung

Nah, keluarga saya pun memilih menginap di Crowne Plaza Bandung pada tanggal 9-10 Juli 2021 kemarin. Kenapa malam Sabtu? Sengaja memilih malam Sabtu, supaya gak terlalu ramai, hehehe

Hotel yang berada di Jalan Lembong No. 19 ini berada di lokasi yang strategis, yaitu berada di tengah kota. Jadi kalau kita mau jalan-jalan ke Jalan Braga, Jalan Asia Afrika atau ke Alun-alun Bandung, ya, tinggal jalan kaki saja. Lokasi yang strategis ini bertambah sempurna karena dipadu dengan standar fasilitas dan pelayanan khas IHG® (InterContinental Hotel Groups) yang memberikan jaminan pengalaman menginap, liburan hingga meeting semakin sempurna untuk para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Sebagai salah satu hotel mewah di Bandung, penerapan protokol kesehatan di Crowne Plaza Bandung cukup ketat. Tidak hanya di kamar, di seluruh fasilitas umum yang ada di sana seperti restoran, tempat fitness, kolam renang dan area publik lainnya, prokesnya begitu terjaga. Seperti ketika kami datang dari basement, saat di pintu masuk menuju lift, kami diharuskan melakukan pengecheckan suhu tubuh dulu sebelum masuk.

staycation-di-crowne-plaza-bandung
Lobby Crowne Plaza Bandung

 

staycation-di-crowne-plaza-bandung
Lobby Crowne Plaza Bandung
 

Di dalam lift terdapat hand sanitizer dan penanda bahwa isi lift tidak boleh lebih dari 4 orang. Bagian dalam menjalankan prokes, tentunya. Terlihat bahwa pihak hotel bintang 5 di Bandung ini selalu berupaya untuk menjaga kepercayaan para tamu akan jaminan keamanan dan kenyamanan selama berada di hotel.

Selain pengecheckan suhu kepada tamu dan pegawai saat memasuki area hotel, di seluruh fasilitas hotel dan kamar dilakukan penyemprotan disinfektan secara berkala, dilakukan juga pengelolaan sanitasi pangan hingga menyediakan hand sanitizer di berbagai sudut hotel. Jaminan standar Cleanliness, Healthy, Safety, dan Environment (CHSE) yang diberi dari Kemenparekraf dan IHG® Clean promise menjadi perhatian utama dari Crowne Plaza Bandung. Dengan demikian para tamu yang datang tidak perlu merasa khawatir selama berada di Crowne Plaza Bandung.

Ketika check in di lobby, saya disambut oleh  petugas yang ramah dan memberikan penjelasan yang sangat membantu. Mulai dari kamar yang akan saya tempati hingga konsep sarapan yang tidak seperti biasanya. Ya, karena sedang dalam masa PPKM, hotel tidak melayani sarapan di restoran tetapi sarapan diantar ke kamar. Setelah selesai menyelesaikan semua proses check in, keluarga saya pun langsung menuju ke lantai 11, letak kamar kami.

Begitu memasuki ruangan, saya langsung merasa bahagia banget, loh! Kenapa? Karena bisa tidur di kamar dengan desain interior yang apik dan keren! Di sebelah kanan pintu masuk terdapat lemari besar dan tinggi. Dalam lemari tersebut terdapat brankas, dua buah laci, dan gantungan baju berisi handuk kimono di sebelah kirinya. Selain itu ada hair dryer, setrikaan dan meja setrika serta dua pasang sandal hotel.

staycation-di-crowne-plaza-bandung
Area di depan pintu masuk

Bagian kiri pintu masuk terdapat kamar mandi dengan fasilitasnya yang lengkap banget, deh! Selain ruangan kaca untuk shower air panas dan dingin, di bagian kanan terdapat bathtub untuk berlama-lama berendam dengan air hangat. Handuk yang disediakan pun terdiri dari 3 ukuran, kecil, sedang dan besar. Oh iya, ada juga mantel handuk yang tersedia di lemari yang berada di luar kamar mandi.

Wastafel di kamar mandi dilengkapi dengan lemari kayu gantung. Dan yang buat desain di kamar mandinya tambah ciamik yaitu lampu gantung berwarna kuning lembut, membuat kamar mandi terasa lebih nyaman. Amenities yang tersedia di Crown Plaza Bandung lengkap banget! Mulai dari tooth brush, sanitary bag, shower cap, sewing kit, shaving kit, nail kit, hand body lotion dan hand soap. Lengkap sekali, bukan?
 

staycation-di-crowne-plaza-bandung
Kaca pembatas antara kamar mandi dan tempat tidur

Antara kamar mandi dan ruang tidur diberi pembatas kaca yang dilengkapi dengan tirai penutup. Jadi kalau mau berendam sambil nonton TV tinggal buka aja tirai pembatasnya, deh! 
 
Bagian ruang tidurnya sendiri cukup luas. Saya memilih DeluxeTwin Room untuk staycation di hotel bersih itu.

Kamar tipe Deluxe Twin Room memiliki luas 34 meter persegi dengan pemandangan pusat kota Bandung. Dekorasi di ruangan tidurnya didesain dengan modern dilengkapi sofa kecil dan meja kerja. Bagi yang ingin sambil kerja online, bisa juga sambil staycation di Crowne Plaza soalnya akses internet yang ada di sana lancar dan berkecepatan tinggi.

staycation-di-crowne-plaza-bandung
DeluxeTwin Room


staycation-di-crowne-plaza-bandung
Meja kerja di kamar hotel Crowne Plaza Bandung

Fasilitas lain selain AC yang bisa dinikmati oleh pengunjung yaitu tersedia alat pembuat kopi atau teh, dua botol air mineral dan minuman siap seduh dalam bentuk sachet. Di bawah meja kayu tempat alat pembuat kopi atau teh, terdapat kulkas kecil yang bisa kita gunakan untuk menyimpan makanan dan minuman.

Meja kerjanya cukup luas dan nyaman dilengkapi dengan lampu meja berwarna kuning sebagai alat penerangan. 

Fasilitas hotel lainnya yang bisa dinikmati tamu yaitu kolam renang dengan pemandangan kota Bandung yang luar biasa indahnya. Kolam renang yang tersedia di sana terdiri dari dua macam kedalaman. Ada kolam dengan bentuk lingkaran yang dikhususkan bagi anak kecil dan satu lagi kolam besar yang bisa dipergunakan oleh orang dewasa.

staycation-di-crowne-plaza-bandung
Kolam renang di lantai 5 Crowne Plaza Bandung

Pemandangan dari lantai 5 Hotel Crowne Plaza Bandung ini didominasi warna biru. Bangunan hotel dengan kaca berwarna biru, kolam renang dengan dasarnya yang biru seakan-akan memanggil kita untuk nyebur, dihiasi latar belakang langit Bandung yang biru merupakan perpaduan lengkap yang menyejukkan mata.

Sisi kolam bagian luar diberi pembatas kaca sehingga kita bisa melihat pemandangan kota Bandung dari ketinggian. Oh iya, di pinggir kolam juga terdapat pancuran untuk dipergunakan sebagai tempat membilas usai berenang.

staycation-di-crowne-plaza-bandung
Kolam renang di lantai 5 Crowne Plaza Bandung

Selain kolam renang, lantai 5 di hotel aman dan nyaman ini juga tersedia fasilitas lainnya yang gak kalah menarik. Di sana terdapat ruang fitness, ruang bermain anak dan Mountain View Poolside Bar and Restaurant.

Letak Mountain View Poolside Bar and Restaurant persis berada di sisi kolam renang dengan pemandangan indah kota Bandung dan pegunungan di sekitarnya. Tempat ini didesain dengan sangat apik dan cocok dijadikan sebagai tempat foto-foto. Cocok juga untuk dijadikan tempat pertemuan informal, bersantai dengan keluarga, nongkrong bareng teman atau sekedar menikmati hidangan di sana sambil menghirup segarnya udara Kota Bandung.

staycation-di-crowne-plaza-bandung
Mountain View Poolside Bar and Restaurant
 
Ruang bermain anaknya cukup lengkap. Bermacam-macam permainan tersedia di sana. Baik yang memerlukan motorik halus maupun kasar. Ketika saya berkunjung ke sana, wahana yang satu ini tertutup untuk umum. Karena masih dalam masa pandemi, pihak hotel masih menjaga agar keadaan tetap aman dan nyaman untuk para tamu.

staycation-di-crowne-plaza-bandung
Ruang bermain anak di lantai 5 Crowne Plaza Bandung

Sedangkan untuk tempat fitnessnya sendiri, dibuka selama 24 jam. Semua tamu di hotel Crowne Plaza Bandung bebas menggunakan fasilitas yang satu ini dengan syarat memakai pakaian olah raga dan membawa kartu pass kamar. Tadinya paksu mau olahraga di sana, tapi karena sepi, gak jadi, deh!

staycation-di-crowne-plaza-bandung
Ruang fitness di lantai 5 Crowne Plaza Bandung
 
Berikutnya saya mau cerita soal sarapan di Crowne Plaza Bandung. Karena masih dalam situasi PPKM, restoran di sana gak dibuka, jadi sarapan untuk tamu yang menginap di sana, makanannya diantar ke kamar. Agak kecewa juga, sih, soalnya gak bisa nikmatin konsep seperti biasanya yaitu paket buffet all you can eat. Inginnya, kan, menikmati beragam makanan yang ada di sana. Pastinya enak-enak semua, hehehe.

Ya sudahlah, kebetulan menginap di sana lagi masa PPKM, jadi harus dimaklumi saja. Demi kesehatan bersama juga, bukan? Sarapan yang diantarkan ke kamar dikemas dalam kemasan plastik yang cukup tebal. Kami memesan nasi goreng dan mie goreng ditambah susu murni dan jus jambu. Mie gorengnya dilengkapi dengan ayam goreng, telor dadar dan lalapan, sedangkan nasi goreng dilengkapi ayam goreng, sosis dan telor mata sapi serta lalapan.

staycation-di-crowne-plaza-bandung

Menurut saya, pengalaman menginap di Crowne Plaza Bandung itu memuaskan sekali. Fasilitasnya lengkap, kamar dan ruangan lainnya bersih juga rapi. Dan yang paling berkesan itu, para pegawai hotelnya ramah-ramah. Setiap kali bertemu petugas, pasti langsung disapa dan ditawari semua layanan yang tersedia di sana. Apapun yang saya tanyakan, dijawab dengan lengkap dan ramah. 
 
Pokoknya puas banget, deh! 
Mudah-mudahan lain waktu ada rezeki dan bisa staycation di sana lagi. Asyiknya bisa staycation sambil menikmati fasilitas yang tersedia.
 
Bagi teman-teman yang mau juga merasakan staycation di Crowne Plaza Bandung bisa kepoin Promo hotel Bandung aja, ya. Yuk, nikmati flash sale yang berlaku di sana!
 
Salam takzim

· 

Post a Comment

25 Comments

  1. Staycationnya malam Sabtu, berarti hari Jumat ya mbak. Sebetulnya Jumat kan udah termasuk weekend ya, dan beberapa kali aku pun pengen check in Jumat biar sepi, ternyata sama aja hihi. Tapi itu dulu, pas belum pandemi. Kalau sekarang mungkin memang sepi. Jadi aman lah ya.

    Hotel Crowne Plaza ini memang terkenal sebagai salah satu hotel mewah di Bandung. Bintang 5 soalnya ya. Makanya ga heran fasilitas hotel dan dalam kamar ciamik banget. Betah pastinya kalau nginep di hotel kayak gini. Makanan mah udah pasti standar bintang 5.

    Aku belum pernah cobain. Next kalau ada kesempatan mau juga bikin hotel ini mejeng di blog ku haha. Jadi konten.

    ReplyDelete
  2. Ini kenapa yang paragraf terakhir fontnya jadi begitu, Mba? xixixi... btw, ini enak banget ya penginapannya ada playgroundnya. Jadi kalau bawa bocah nggak bosenin.

    ReplyDelete
  3. Asiknya yang staycation di masa PPKM, bisa rehat sejenak ya Teh, meski syedih juga pas breakfastnya di kirim ke room , padahal kan kalo pas biasa bisa icip2 makanan yang banyaaak di Mosaic Restonya.

    Btw aku suka juga pas berendam sambil nonton TV, berassa berendam ditonton atulaah, asa di pelem2 hahaa.

    ReplyDelete
  4. Mbaaa, dirimu ga nyebur ke kolamnyaaaa? :D
    ya ampuun, semogaaa pandemi ini segera bubar ya
    aku kangen halan2, terutama ke BDG.

    Btw, Jaminan standar Cleanliness, Healthy, Safety, dan Environment (CHSE) yang diberi dari Kemenparekraf dan IHG® Clean promise bener2 bikin tenang.

    salut banget karena ini menjadi perhatian utama dari Crowne Plaza Bandung.

    ReplyDelete
  5. asik ya kamarnya luas mbak untuk sama anak jg. oh iya berarti playground di masa pandemi tetap buka hanya untuk tamu yg menginap gt yaa

    ReplyDelete
  6. akutuh ya mba, kalo staycation di hotel pasti yang aku cari tuh breakfastnya, karena menu breakfast hotel-hotel bintang 4 ke atas seenak ituh dan lengkap banget.

    ReplyDelete
  7. Bunda sdh lm gak pernah jalan-jalan ke Bandung. Md2an kl si C19 sudah kabur dark bumi kita anak2 mau mengajak bunda staycation ke Crowne Plaza Bandung.

    ReplyDelete
  8. auto mau ikuuut mbaaa. Yaampun udah lama banget, 2019 terakhir staycation
    Asyik ya crowne plaza Bandung. Kolam renang saat ppkm yaa ini, serasa private pool yaa^^ indah banget pasti view kota Bandung
    mau ih kapan2 nyobain Crowne Bandung

    ReplyDelete
  9. Hotel idaman yang pengen aku inepin nih kalo pas ke Bandung... semalem aja..tapi bisa cobain semua fasilitasnya..hohoho...

    ReplyDelete
  10. Staycation ini merupakan sebuah angan bunda apalagi di sebuah hotel megah berbintang 5 seperti di Crowne Plaza di tengah kota Bandung. Sensasi tersendiri barangkali ya kl afa buffet all you can eat-nya. Jadi insya Allah setelah bumi kita aman dari Covid 19 bunda fibefi kesempatan oleh Sang Pencipta utk bet-staycation di hotel berbintang 5 ini.

    ReplyDelete
  11. Saat staycation, waktu sarapan adalah, kesayangan!
    Apalagi kalau tipe sarapan "all you can eat!"
    Perut dikasih longgar biar bisa menampung "penumpang". Hahaha.

    Semoga tipe sarapan "all you can eat" bisa kembali dinikmati!
    Salah satu aktivitas favorit kami sekeluarga saat staycation!

    ReplyDelete
  12. Menu sarapan dan pengemasannya menarik mbak.
    Ternyata masa PPKM pun hotel masih boleh beroperasi ya, kirain tutup juga. Tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat ya mbak, agar para tamu merasa nyaman dan nggak was-was

    ReplyDelete
  13. Liburan di musim pandemi gini memang cocoknya staycation di Hotel. Hotelnya pun harus yang sudah berstandard CHSE, karena itu sebagai bukti sudah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

    Di lantai 5 Crowne Plaza Bandung ini banyak sekali fasilitasnya. Dari kolam renang, tempat fitnes, bermain anak Mountain View Poolside Bar and Restaurant.

    ReplyDelete
  14. Beberapa bulan lalu sempat beberapa kali staycation bareng bocah tapi sekarang bocah ngajak lagi aku belum berani, gelombang kedua nih mengkhawatirkan..cantik ya hotelnya jadi puas banget menginap di sana pengen ih ke hotel bintang lima ah kangen Bandung...

    ReplyDelete
  15. Seneng banget pastinya, ya, Teh bisa staycation di Crowne Plaza. Hotelnya mewah dan megah, juga lengkap fasilitasnya. Kualitas bintang lima.S banget ada bathtub sama mountain view kolam renangnya.

    ReplyDelete
  16. belum pernah nyobain staycation di sini - tapi melihat fasilitasnya lengkap, kamar dan ruangan lainnya bersih juga rapi - jadi pengen deh staycation ke Crowne Plaza juga

    ReplyDelete
  17. Pernah nginap dulu di crown plaza waktu dapat penugasan ke bandung. Nyaman nginap karena memang suasana kamarnya yang nyaman. .. eh ternyata di lantai lima ada kolam renang bagus dan ruang bermain yang cukup nyaman untuk anak ya... Kapan2 kalau kesampaian nginap ke sini dgn keluarga bisa dicoba nih... Semoga pandemi segera berlalu.

    ReplyDelete
  18. Selama pandemi belum pernah lagi staycation di hotel. Paling suka kalo staycation dapet hotel yang fadilitasnya komplit, ada kolam renang, tempat bermain anak dll. Jadi nggak perlu keluar hotel ya. Kamar hotel Crowne Plaza Bandung bagus banget ya mbak

    ReplyDelete
  19. Ehehe itu dinding ruang tidur dan kamar mandinya mengingatkanku pada hotel yg pernah kuinepin jg mbak :D
    Wah anakku kalau tahu ada playground atau ruag main gtu di hotel gak bakalan mau masuk kamar lagi kyknya maunya main seharian haha

    ReplyDelete
  20. Kemarin waktu acara blogger crony Kan disini Crowne Plaza Bandung.. cuma makan siang itu enak, banget aplg staycation ya.. hotelnya juga Instagramable Aku Suka tangga yg setengah melingkar itu mba..

    Kamarnya dah pasti nyaman bngt y..

    ReplyDelete
  21. Btw saya juga pernah nih buat review crowne plaza Bandung. Duuh jadi kangen liburan dan nginap di hotel lagi.

    ReplyDelete
  22. Jadi inget yaa, teh...
    Terakhir kita ketemu di Crowne Plaza Bandung itu karena ada acara blogger.
    Memang hotelnya asik banget..dan yang pasti nyaman untuk stay cation. Jadi turis dalam kota dulu untuk saat ini yaa..

    ReplyDelete
  23. wah asik ya teh bisa staycation di hotel yang nyaman banget nih. duh jadi ingin staycation juga.

    ReplyDelete
  24. Masukin list ini kalau nanti suatu saat ke Bandung
    Pengen staycation aja enggak masalah karena sudah sangat lumayan fasilitasnya

    ReplyDelete
  25. Udah lama banget ga staycation ngajak rombongan krucil hahaha sejak pandemi udah deh ngadem aja di kamar. Tapi liat ini kok mupeng banget huhuhu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^