Wisuda XVI STT Bandung

Wisuda bukanlah sebuah akhir. Wisuda adalah momentum dimulainya cerita baru, pengalaman baru, dan perlu dijadikan sebagai pendorong serta motivasi untuk terus melakukan kegiatan pembelajaran yang tiada henti (long life learning). Teruslah berjuang, di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja, sehingga alumni STT Bandung menjadi pribadi yang tidak pernah berhenti berkarya, berpikir, berinovasi dan tidak pernah berhenti berimprovisasi, sehingga dapat menjadi orang yang bermanfaat bagi dirinya, keluarga, lingkungan maupun bagi masyarakat yang membutuhkan. 

Wisuda Sarjana Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

Pesan yang bijak tersebut merupakan bagian dari sambutan ketua STT Bandung di depan para wisudawan. Pada Hari Minggu 5 Desember 2021, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung mengadakan acara wisuda XVI. Namun tidak seperti sebelumnya, momen wisuda kali ini dilaksanakan secara hybrid. Dihadiri langsung oleh sebagian wisudawan secara onsite dan ada juga yang hadir secara virtual.

Prosesi Wisuda XVI STT Bandung

Para wisudawan dan wisudawati yang berkesempatan menghadiri acara wisuda secara langsung, sangat dijaga pelaksanaan protokol kesehatannya. Acara tersebut diselenggarakan di InterContinental Hotel & Resort Dago Pakar Bandung dari jam 08.00 hingga jam 13.00.

Wisuda Sarjana XVI STT Bandung secara hybrid

Acara wisuda dimulai dengan  pembukaan dan dikumandangkannya Lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Bandung yaitu Bapak Muchammad Naseer, S. Kom., M.T.

Memulai sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran para pejabat yang datang seperti  Bapak Benny Rhamdani sebagai Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Bapak Dr. Dadang Hermawan (Yayasan LPPI Bandung), Bapak Drs. Ida Bagus Dharmadiaksa, M.Si., Ak (Yayasan LPPI Bandung), Bapak I Made Marlowe  Makarawaja Bandem, B. Bus (Yayasan LPPI Bandung),  Bapak Drs. Satia Dharma (Yayasan LPPI Bandung), Ibu Lilis Yuningsih (Yayasan LPPI Bali), Perwakilan PT. Jamkrindo, Perwakilan PT. Telkom Indonesia, PT. Kinenta Indonesia, Perwakilan LLDIKTI Wilayah IV dan Perwakilan PT. Len Industri.

Prestasi Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

Tahun ini STT Bandung menggelar acara wisuda dengan jumlah wisudawan sebanyak 297 orang. Dari Program Studi Teknik Industri sebanyak 130 orang, Teknik Informasi berjumlah 103 orang dan Desain Komunikasi Visual sebanyak 64 orang. Para wisudawan telah berhasil menempuh kuliah dengan rata-rata 4 tahun. Dengan demikian hingga wisuda XVI ini alumni STT Bandung berjumlah 2.200 orang.

Semua keberhasilan siswa STT Bandung tentunya tidak terlepas dari tuntunan dosen-dosennya. Hingga kini dari jumlah dosen  170 orang, 96% sudah memenuhi ketentuan minimal dari pemerintah yaitu berlatar belakang pendidikan Strata 2 dan Strata 3. Bahkan di tahun 2021 ink sekitar 10 dosen STT Bandung sedang dan akan menempuh studi Doktoral atau S3 di Perguruan Tinggi dalam negeri maupun luar negeri. 

Sedangkan terkait penelitian dan pengabdian masyarakat, dosen-dosen STT Bandung juga meraih prestasi yang membanggakan, seperti:

  1. Dua tahun berturut-turut 3 orang dosen STT Bandung menerima Hibah Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi. Hibah yang didapatkan yaitu Rp. 161.392.000 di tahun pertama dan Rp. 152.070.000 di tahun kedua.
  2. 3 orang dosen Program Studi Teknik Industri menerima Hibah Kedaireka sejumlah Rp. 198.693.000
  3. 7 Dosen telah lolos menjadi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kampus Mengajar Kemendikbudristek
  4. 8 Dosen lolos Program Digital Talent Scholarship dan Digital Leader Academy
  5. Bapak Muhammad Sabar merupakan salah satu dosen peraih 2 medali perak dan 2 medali perunggu pada cabang atletik PEPARNAS 2021 di Papua
  6. Mengadakan program 1000 vaksin untuk mahasiswa, alumni dan masyarakat umum.

Seiring dengan perkembangan teknologi  STT Bandung juga menajamkan keseriusannya dalam kontestasi inovasi bisnis di era Revolusi Industri 4.0 ini. Hal tersebut dibuktikan dengan telah dibentuknya lembaga baru yaitu Pusat Inovasi Bisnis dan Ekonomi Kreatif. Lembaga ini fokus dalam pengembangan inovasi dan inkubasi bisnis bagi mahasiswa dan alumni yang memiliki passion untuk membangun usaha dengan inovasi teknologi dan berbagai bidang.  

Sambutan dari Ketua STT Bandung di acara wisuda
Bapak Muchammad Naseer, S. Kom., M.T.


Bapak Muchammad Nasser juga mengungkapkan bahwa untuk menunjang daya saing lulusan dan perguruan tinggi agar mampu sejajar dengan perguruan tinggi lainnya di tingkat nasional maupun internasional, setiap mahasiswa tingkat akhir telah dibekali Sertifikasi Internasional supaya mendapatkan pengakuan dari ratusan ribu instansi yang berskala Nasional maupun Internasional.

Sekolah Tinggi Teknologi Bandung juga mendukung peningkatan karir para mahasiswa dan alumni dengan bergabung dalam Indonesia Career Network yang merupakan sebuah wadah atau sarana berbagi pengetahuan, pengalaman, konsultasi dan pengelolaan pusat karir Perguruan Tinggi. 

Setelah sambutan dari ketua STT Bandung para hadirin yang mengikuti  acara wisuda juga mendapat sambutan dari Pembina Yayasan Lembaga Pengembangan Pendidikan Indonesia Bandung (LPPIB)

Prof. Dr. I Made Bandem, M.A. selaku pembina Yayasan LPPI Bandung mengungkapkan bahwa STT Bandung kini sudah semakin berkembang pesat. Bahkan telah menyaingi instansi pelopornya yaitu ITB Stikom Bali di Denpasar.

Tamu di acara Wisuda STT Bandung


Menurut Prof. Bandem, para alumni Sekolah Tinggi Teknologi Bandung sebagai sarjana di  bidang TIK sudah dibekali kecerdasan dan kemampuan yang relevan yang dibutuhkan untuk masa depan. Bekal berupa semangat produktivitas dan kemampuan multitasking serta kemampuan/keahlian di bidang TIK. Tentu saja semua keahlian tersebut sangat dibutuhkan sejalan dengan perkembangan dunia kerja dan industri yang berbasiskan teknologi.

Wisudawan Berprestasi 

Sebagai acara puncak wisuda XVI STT Bandung yaitu prosesi pelantikan wisudawan. Penghargaan diberikan kepada wisudawan berprestasi yaitu:

  1. Yuniar Dita Anggraeni, S.T. dari prodi Teknik Industri
  2. Kevin Christianto, S.T. dari prodi Teknik Informatika
  3. Annisa Mawardini, S.Ds. dari prodi Desain Komunikasi Visual
Sedangkan wisudawan dengan skripsi terbaik diberikan kepada:
  1. Regita Ernawati, S.T.
  2. Sandi Rivanto, S.T.
  3. Egi Septian Yuli Prasetyo, S.T
  4. Marha Shabilla Gumilang, S. Kom.
  5. Syahidan Arrizaldy Sidik, S. Kom
  6. Ihsan Nurhakim Aziz, S. Kom.
  7. Andini Yudistyaningrum, S. Ds.
  8. Gusty Wijaya, S. Ds.
  9. Septian Rivadus Solihin, S. Ds.
Setelah semua wisudawan dilantik, acara wisuda XVI STT Bandung dilanjutkan dengan acara penandatangan MoU dengan rekanan yaitu PT. Len Industri dan perwakilan dari PT. Jamkrindo. 

Penandatanganan MoU STT Bandung dengan rekanan
Penandatanganan MoU STT Bandung dengan rekanan


Rani Sumarni salah satu wisudawan Sarjana Komputer memberikan sambutannya setelah penandatanganan MoU dilakukan. Sebagai karyawan magang PT. Jamkrindo dia mewakili rekan-rekannya. 

Seluruh acara yang berjalan penuh keharuan tersebut ditutup dengan pembacaan doa. 
Semoga para wisudawan dan wisudawati bisa mengamalkan ilmu mereka, bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara. 

Salam takzim




Post a Comment

1 Comments

  1. Gak diragukan lagi kalau STT Bandung, mah, keren banget dan selalu menghasilkan lulusan yang terbaik.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^