Review Buku Rahasia Bisnis Rasulullah yang Selalu Untung


Review Buku Rahasia Bisnis Rasulllah
Bismillah ...

Tahukah sobat, kita meneladani Rasulullah tidak hanya dari segi ibadah yang beliau lakukan saja, loh! Dari Rasulullah pun kita bisa meniru caranya berbisnis. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Rasulullah merupakan 100 tokoh paling berpengaruh di dunia dalam hal kepiawaiannya berbisnis.

Rasulullah mulai menekuni bisnis dalam usia yang masih belia, yaitu sejak berumur 12 tahun. Pada usia 25 tahun beliau sudah bisa berada di quadrant ke-4 sebagai investor yang telah mencapai kebebasan finansial. Bisnisnya pun tidak main-main, beliau melakukan bisnis bukan hanya dalam negeri, tetapi juga lintas negara seperti negeri Syam, Kuwait, Jordan dan Bahrain. Rasulullah mengajarkan pada umatnya untuk bisa berdikari sebagai muslim yang “qaddirun ‘alal kasbi” yaitu individu yang bisa memenuhi kebutuhan finansialnya sendiri. 

Sebab, Allah sangat senang dengan makhluk-Nya yang mau bekerja keras seperti yang disabdakan oleh Rasulullah saw. dalam sebuah hadis:

“Barang siapa pada malam hari merasakan kelelahan dari upaya keterampilan kedua tangannya pada siang hari, maka pada malam itu ia diampuni oleh Allah.” (HR. Ahmad)

 

Buku Rahasia Bisnis Rasulullah yang Selalu Untung

Dalam buku ini dikupas mengenai sosok Rasulullah sebagai entrepreneur Islam, jejak Rasul sejak kecil hingga sukses berbisnis, rahasia bisnis Rasulullah yang selalu untung, etika bisnis yang beliau lakukan, konsep marketingnya serta manajemen-manajemen yang penting dalam melakukan sebuah bisnis/usaha.
 

Teladan Rasulullah sebagai Entrepreneur Islam

Selama 23 tahun menyebarkan agama Islam ke seluruh dunia, Rasul tidak hanya menyuruh umatnya untuk sibuk menjalankan salat, puasa, dan ibadah lainnya. Namun beliau mengajarkan aturan tata nilai dalam bisnis. Bukan hanya menyampaikan secara teori saja, tetapi Rasul melakukan secara langsung dengan menjadi seorang pedagang.

Dengan menjadi seorang pedagang, Rasulullah menghimbau sekaligus memberi contoh pada umatnya untuk menjadi pribadi yang mandiri, bisa memenuhi kebutuhannya sendiri. Beliau ingin umat muslim bisa hidup layak dengan cara yang halal.
Bahkan beliau mengatakan bahwa setiap orang Islam berhak untuk hidup kaya. Dengan kekayaannya setiap manusia dapat hidup lebih manusiawi dan memberikan manfaat kepada orang lain. 

Mengapa Harus Memiliki Banyak Harta?

Mengapa harus kaya? Mengapa seorang muslim harus memiliki banyak harta? Diakui atau tidak, semua orang memerlukan harta untuk melakukan banyak hal. Contohnya saja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti kebutuhan pokok, semua orang membutuhkan harta/materi.
Ketersediaan kebutuhan hidup seperti pangan, sandang dan papan bisa menciptakan keluarga yang sehat. Dan keluarga sehat merupakan awal terbentuknya keluarga yang sejahtera.

Selain itu beberapa syariat yang diperintahkan oleh agama bisa dilaksanakan pun dengan adanya uang. Untuk bersedekah atau berwakaf kita memerlukan materi. Demikian pula untuk membangun tempat ibadah pun diperlukan dana yang tidak sedikit.
Kedua alasan tersebut tentunya hanya sebagian kecil alasan mengapa seorang muslim itu harus memiliki harta. Sebenarnya masih banyak lagi alasannya dan semua itu dijabarkan secara detil di Buku Rahasia Bisnis Rasulullah yang Selalu Untung.
 
Harta dalam Rahasia Bisnis Rasulullah

Rahasia Bisnis Rasulullah

Pencapaian Rasulullah sebagai pebisnis yang berhasil, tidak terlepas dari strategi bisnis yang dilakukan oleh beliau. Selain bekerja keras, Rasulullah juga bekerja cerdas. Yang paling utama dan penting, beliau selalu menyertakan Allah dalam kegiatan bisnisnya.

"Apabila telah ditunaikan salat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya supaya kamu beruntung." (QS. Al-Jumu'ah: 10)

Berdasarkan ayat dalam Al-Qur'an tersebut diketahui bahwa berusaha dan bekerja merupakan akivitas yang selalu mendapat perhatian dari ajaran agama Islam. Bahkan ada penekanan mengenai tidak lengkapnya keislaman seseorang tanpa memiliki pekerjaan/usaha. Segala kegiatan yang menghasilkan keuntungan finansial agar dapat mencukupi kebutuhan sendiri dan keluarga.
 

Mencontoh Bisnis Rasulullah yang Selalu Untung


Dalam Buku Rahasia Bisnis Rasulullah yang Selalu Untung ini mengupas tuntas keteladanan Rasulullah dalam menjalankan bisnisnya. Tidak hanya strategi saat menjalankannya tetapi juga termasuk etika bisnis yang dilakukan oleh beliau. Dalam buku tersebut kita juga bisa belajar beberapa hal yang harus dihindari dalam menjalankan bisnis.

Seluk beluk keberhasilan sebuah bisnis seperti konsep marketing, manajemen waktu dalam usaha, memanajemen karyawan bahkan manajemen tentang sedekah dan zakat pun dikupas tuntas dalam buku yang memiliki 172 halaman ini.

Buku Rahasia Bisnis Rasulullah yang Selalu Untung tidak melulu menerangkan tentang materi tentang bisnis tetapi juga dilengkapi ayat-ayat Al-Qur'an, hadist, dan quote yang berhubungan dengan bisnis. Untuk memahami materi secara keseluruhan dibutuhkan praktik, bukan? Nah di dalam buku ini ada beberapa list yang bisa diisi seperti catatan pebisnis seperti ini:

Catatan Pebisnis Seperti Bisnis Rasulullah

Semoga buku ini dapat menambah wawasan kita mengenai berbisnis, bisa lebih berkah berbisnis secara syariah sehingga menjadi salah satu jalan untuk kesuksesan kita. Buku Rahasia Bisnis Rasulullah sudah tersedia di toko buku yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. 
Oh iyaa ... Untuk yang mau memiliki buku ini bisa juga dipesan melalui saya, yak! :))
Selamat membaca!
 
Salam takzim


Post a Comment

21 Comments

  1. Rasullulah pedagang yang jujur sehingga banyak orang yang percaya padanya dan bisa meraih untung

    ReplyDelete
  2. MasyAllah teteh hebat ikh. Bukunya udah banyak. Selamat ya teh. Bener - bener penulis buku namanya 😍. Karena menurut aku jadi penulis buku itu lebih susah daripada nulis di blog hihihi 😂

    ReplyDelete
  3. Harta dan kekayaan bukanlah tujuan utama Rasulullah dalam berdagang. Dasar utama yang diyakininya adalah karena Allah SWT. Berdagang semata mengharap ridho dari Allah ya

    ReplyDelete
  4. Cuss langsung pesen biar bisa tahu cara berbisnis ala rasulullah biar sukses di dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
  5. Semoga kita bisa mencontoh kerja keras plus kerja cerdas seperti rahasia berbisnisnya Rasulullah ya, Teh.
    Dan semata-mata mengharapkan RidhoNya.

    ReplyDelete
  6. Orang Islam itu harus kaya agar bisa banyak sedekah. Harus punya banyak harta agar bisa berbagi dengan sesama. Tujuannya loh sudah jelas. Pedomannya Rasulullah. Ya udah kita kaya aja yuk. Tapi jangan terlena.

    ReplyDelete
  7. Catatan untuk pebisnisnya ini penting banget loh, karena memang kalau kita ingin menjalankan suatu bisnis baik itu dalam skala kecil pun harus direncanakan secara matang.

    ReplyDelete
  8. Dennise Sihombing11 May 2022 at 10:29

    Setuju nih mom dengan kita punya banyak harta kita bisa bersedekah memberi pada mereka yang membutuhkan. Buku bacaan yang wajib dimiliki

    ReplyDelete
  9. Kayaknya bagus nih bukunya, Memang muslim itu harus kaya ya mbak, supaya dengan kekayaannya itu bisa memanfaatkan untuk sarana beribadah dan memenuhi kebutuhannya sendiri. Kalau mau kaya, memang jalan cepatnya dengan berbisnis, tapi berbisnis juga harus ada ilmunya

    ReplyDelete
  10. wah buku terbarunya ya, mbak? keren banget euy produktif banget nulis bukunya. sebagai muslim memang sudah seharusnya ya kita mencontoh bisnis ala Rasulullah yang menjadi teladan kita

    ReplyDelete
  11. Wah jadi pengen baca bukunya mbak, semoga nanti pas tepat waktunya, bisa mulai bisnis juga buat usaha sampingan.
    Setuju banget sih muslim tuh menurutku harus kaya, khususnya berkelimpahan harta. Selain utk membahagiakan keluarga, juga supaya bisa lebih banyak berderma lagi kepada sesamanya.

    ReplyDelete
  12. Menjadi pedagang jujur itu teramat sulit. Sementara secara tidak langsung itulah kesuksesan sebenarnya, memiliki sifat baik seperti Beliau
    Buku yang keren, wajib memiliki nih

    ReplyDelete
  13. Masya Allah teteh... selamat untuk bukunya ya. moga berkah dan bermanfaat untuk orang banyak. inna jadi inget pas ngamatin tempat usaha yg bangkrut di sekitar sini. rata2 mereka ga bikin inovasi jadinya ketinggalan ketika ada tren baru muncul dan penjualannnya merosot.

    ReplyDelete
  14. Tabarakallah ya Mba atas bukunya semoga memberikan banyak inspirasi buat teman2 pelaku bisnis buat mencontoh cara bisnis baginda Rasulullah yah. keren deh Mba nya

    ReplyDelete
  15. Buku yang menarik. Rosulullah dalam hidupnya memang pedagang ya. Jadi kita umatnya pun kudu mencontoh. Terus jangan lupa buat jujur, nyertain Allah juga dalam tiap usaha

    ReplyDelete
  16. Masya Allah, keren nih Mba Nurul, semoga bukunya menginspirasi banyak pembacanya. Isinya lengkap juga ya gak hanya cerita tapi juga ayat, quote, bisa jadi acuan calon pengusaha. Menyertakan Allah itu yang amat penting, karena semua bisa sukses adalah dari usaha dan doa yang diijabah

    ReplyDelete
  17. Rasullullah memang teladan bagi kitaa umat muslim. Memang kita harus rajin bekerja supaya kaya karena dg kekayaan kita bisa melakukan banyak hal terutama beribadah.

    Bukunya bagusss semoga banyak yg metadakan manfaat dr membaca buku itu

    ReplyDelete
  18. MashaAllah~
    Bagus banget buku Rahasia Bisnis Rasulullah yaa, teh..
    Bisnis yang tak pernah merugi adalah ketika bertransaksi kepada Allah.
    Dan Rasulullah sendiri adalah seorang pedangang. Alangkah mulia hidup beliau.

    Barakallahu fik atas review buku Rahasia Bisnis Rasulullah sholallahu alaihi wassalam.

    ReplyDelete
  19. Wah buku yang bagus nih kayaknya ya. Aku jadi kepengen baca buku utuhnya deh ih. Kepengen juga da aku bisa berdagang. Nyari ah, biar niat dagang bisa segera terwujud.

    ReplyDelete
  20. Rasulullah yang berbisnis dan jujur dalam menjalankan usahanya menjadi teladan keluarga kami. Masya Allah, beliau sangat layak menjadi teladan baik dalam hal beribadah maupun bekerja.

    Ku suka quote yang ini nih:
    Dengan kekayaannya setiap manusia dapat hidup lebih manusiawi dan memberikan manfaat kepada orang lain.

    ReplyDelete
  21. Bener, setiap muslim harusnya meneladani Nabi Muhammad dalam berbisnis dan dalam menjalani hidup. Semua sudah ada panduannya. Kita tinggal mengikuti. Semoga beruntung dunia akhirat. Aamiin...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^