Apa itu Konsep Desain Minimalis?

Saya paling seneng lihat postingan tentang desain rumah, kalau lagi scroll-scroll di media sosial. Lihat-lihat model ruangan, penataan perabotannya atau sekedar warna ruangan dan furniture-nya. Siapa tau aja bisa dijadikan contoh, iya, kan?

Salah satu arsitektur dan interior rumah yang paling saya sukai yaitu konsep desain minimalis. Meskipun terkesannya simpel, sederhana tetapi desain yang satu ini melibatkan prinsip-prinsip yang cukup kompleks dalam penggunaannya. Apa saja prinsip yang dimaksud?

Apa itu Konsep Desain Minimalis?


Mengenal Prinsip Desain Minimalis

Yang berperan penting dalam desain minimalis pada arsitektur dan interior rumah yaitu objek, ruang dan tata pencahayaan. Konsep ini memiliki ciri khas yang kuat dan sangat berkesan. Konsep ini juga mewujudkan kemewahan, keindahan, dan elegan. Jadi bukan soal “murah” yang terkesan kosong, membosankan dan kaku. Pada prinsipnya desain minimalis ini bentuknya simpel, fungsional dan menarik.

Pemilihan Warna Monokrom pada Desain Minimalis

Dalam hal pemilihan warna, desain minimalis jarang sekali menampilkan warna-warni ekstra atau berlebihan. Konsepnya menghindari warna terang dan terlalu berani. Yang sering digunakan pada desain minimalis kebanyakan warna netral seperti putih, abu-abu, beige, dan sejenisnya.

Biasanya warna monokrom akan dipadukan dengan warna lembut lainnya seperti variasi pastel atau dimodifikasi sesuai kepribadian pemilik rumah.

Tata Pencahayaan

Interior rumah dan arsitektur desain minimalis selalu menampilkan ruang yang terbuka, bersih, dan banyak disinari cahaya. Pentingnya fakkor pencahayaan dipadukan dengan warna netral baik untuk dinding atau lantai. Detail modern pada aksesoris lampu yang memiliki nilai estetika, menenangkan dan atraktif juga ikut melengkapi.

Konsep desain minimalis memadukan tata pencahayaan dan aksesoris yang sederhana sehingga menciptakan sebuah ruangan yang terasa lapang, nyaman, dan banyak dialiri udara bebas. Dengan begitu akan tercipta suasana yang hangat dan tenang, bukan keadaan yang dingin atau kaku.

Mengutamakan Pada Esensi Fungsi

Pada desain minimalis, melakukan eliminasi pemborosan merupakan hal yang penting. Konsep desain minimalis akan mengutamakan objek yang memiliki nilai fungsi. Lebih mengutamakan memasang benda yang berfungsi dibandingkan dengan barang yang tidak memiliki fungsi.

Beberapa prinsip desain minimalis ini sebenarnya bukan ketentuan yang saklek. Semuanya terserah dengan kebutuhan dan kesukaan masing-masing orang. Yang penting ketika mendekorasinya harus mengikuti beberapa hal supaya hasilnya bisa maksimal. Seperti menata ruang tamu yang sempit agar terlihat nyaman.


Tips Mendekorasi Rumah Minimalis

Seperti sudah dibahas sebelumnya, ciri khas rumah dengan desain minimalis itu yang interiornya terkesan bersih, warna netral, furnitur fungsional dan ruangannya yang terkesan lapang. Berikut ini cara untuk menciptakan desain rumah minimalis.

1. Tentukan warna netral

Untuk menciptakan kesan ruang yang terasa luas dan lapang, sebaiknya menggunakan cat dinding berwarna putih. Warna yang bersih ini memberikan ilusi yang lebih lapang dan luas.

2. Pemilihan furnitur yang multifungsi

Tidak perlu khawatir dengan lahan rumah yang terbatas. Dengan memilih perabotan yang multifungsi, kita bisa menghemat area. Misalnya saja memasang sofa bed di ruang keluarga.

3. Memakai Perabotan Dinding yang Senada

Untuk merancang tampilan yang minimalis, gunakan warna perabotan yang sama dengan warna dinding dan lantai. Tampilan seperti ini bisa membuat ruangan rumah minimalis terlihat lebih lapang dan estetik.

4. Pemilihan karpet yang cantik

Memasang karpet bisa membantu menyempurnakan ruangan dan memberikan detail tektur dan motif yang cantik. Menambah karpet menghilangkan kesan polos dan monoton pada interior rumah minimalis.

5. Menambahkan lampu ruangan yang unik

Untuk keperluan penerangan, perhatikan jenis dan penempatan lampu supaya bisa berada di posisi yang strategis. Misalnya menambahkan aksen pelengkap dengan memilih lampu gantung klasik supaya terlihat estetik.

Nah, sebaiknya pemilihan perabotan untuk rumah tetap saja disesuaikan dengan selera masing-masing. Bebas memilih dan disesuaikan dengan selera serta budget yang dimiliki. Begitu juga tempat membeli perabotan untuk melengkapi interior rumah, bisa dilakukan di berbagai tempat yang rekomended.

Toko online bahan bangunan UKUR

Salah satu tempat yang menyediakan furnitur, material bangunan dan pelengkap rumah lainnya yang saya tahu yaitu UKUR. Penyedia bahan bangunan UKUR ini merupakan supermarket online yang menyediakan bahan bangunan terlengkap di Indonesia. Produk yang ditawarkan selain berupa barang, di sana kita juga bisa mendapatkan layanan jasa konstruksi yang siap menangani berbagai pekerjaan.

Oh iya, transaksi online di UKUR terjamin aman dan praktis, loh! Transaksinya begitu fleksibel dan dapat menggunakan berbagai platform pembayaran. Enaknya belanja di UKUR, kita bisa mendapatkan semua kebutuhan bahan bangunan dengan cara diukur dahulu. Jadi kita gak menyesuaikan dengan ukuran ruangan yang ada.

Untuk kemudahan bertransaksi, kini UKUR juga tersedia dalam bentuk aplikasi. Aplikasi Toko Bahan Bangunan Ukur bisa diunduh dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ukur. Semakin memudahkan pelanggannya, bukan? 

Aplikasi UKUR untuk jual beli perabotan desain minimalis

Bagaimana dengan sobat, lebih senang mengusung konsep desain apa untuk rumah sobat? Cerita-cerita, yuuk!

Salam takzim

Post a Comment

2 Comments

  1. Desain minimalis belakangan ini banyak digemari karena lebih efektif, selain multifungsi desain ini memberi kesan elegan dan mewah. Tapi, kalau soal memadupadankan desain minimalis agak bingung kadang, yang pasti pencahayaan dan warna yang soft itu penting. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. aku paling suka saat penataan lampu :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^