Top Level Domain (TLD) Untuk Blogger Profesional

Di saat sobat memilih untuk menekuni dunia blogging, ada hal-hal yang harus jadi perhatian. Salah satunya ‘rumah’ tempat kita ngeblog. Selama ini ada beberapa provider blog yang memfasilitasi para blogger misalnya Blogspot, WordPress, Medium dan media lainnya. Provider tersebut menyediakan berbagai fitur yang dapat dipakai secara gratis, sehingga menjadi ‘rumah’ yang nyaman, mudah digunakan dan friendly untuk ngeblog.

Top Level Domain (TLD) Untuk Blogger Profesional

Supaya ‘rumah’ tempat kita ngeblog mudah diingat dan banyak dikunjungi pembaca, website/blog kita harus mempunyai alamat yang mudah diingat. Inilah alasan memiliki nama domain menjadi salah satu aspek penting pada sebuah website/blog. Dan agar bisa menjadi blogger professional sebaiknya dipertimbangkan untuk menggunakan blog Top Level Domain (TLD).

Lalu, apa sebenarnya Top Level Domain (TLD) itu?

Apa yang Dimaksud dengan TLD?


Top Level Domain (TLD) adalah ekstensi dari sebuah domain. Contoh domain yang sering ditemukan yaitu dalam bentuk (dot)com, (dot)net, (dot)co, (dot)id. Pada prinsipnya, domain adalah alamat sebuah website. Domain ini fungsinya hampir sama dengan nama kontak yang ada di handphone. Sobat tidak perlu mengingat IP Address yang biasanya terdiri dari deretan angka yang panjang untuk mengakses sebuah website/blog. Cukup menuliskan saja nama domainnya, lalu kita akan bisa langsung masuk ke dalam sebuah website/blog.

Terdapat dua kategori Top Level Domain (TLD) yang perlu diketahui, yaitu:

Pertama, Generic Top Level Domain (gTLD), yaitu TLD secara umum seperti dot(.)com, dot(.)edu, dot(.)net dan sebagainya.

Kedua, Country Code Top Level Domain (ggTLD), yaitu penggunaan TLD berdasarkan Negara, contohnya Indonesia menggunakan dot (.) id, Amerika menggunakan dot(.) us dan sebagainya.

Manfaat Top Level Domain (TLD) Untuk Blogger Profesional

Manfaat Menggunakan Top Level Domain

Fungsi domain itu sebagai identitas website, oleh karenanya untuk memperkuat identitas, kita perlu memilih TLD yang tepat. Nah, berikut ini beberapa manfaat menggunakan Top Level Domain.

1. Menunjukkan Tema atau Isi Blog

Kelebihan menggunakan domain TLD yaitu dapat menunjukkan tema atau isi dari sebuah blog. Misalnya saja domain dot(.)gov yang menunjukkan website milik pemerintah (government). Ada pula domain dot(.)edu yang menunjukkan website milik institusi pendidikan (education).

2. Menunjukkan Asal

Manfaat menggunakan blog TLD juga bisa menunjukkan asal blog/website tersebut. Seperti ekstensi dot(.)id yang menunjukkan bahwa blog tersebut menggunakan bahasa Indonesia. Atau ekstensi dot(.)jp yang menggunakan bahasa Jepang.

3. Menunjukkan Identitas

Saat memakai provider blog gratis, nama blog kita akan diikuti dengan nama provider tersebut seperti nurulfitri.blogpsot.com atau namaanda.wordpress.com. Terlihat kurang menunjukkan identitas pribadi, bukan? Lagi pula, nama domain menjadi lebih panjang karena ada tambahan nama provider blog.

Blog yang menggunakan domain sendiri, cenderung mudah diingat oleh pembaca. Dengan begitu ketika pembaca ingin kembali membaca tulisan kita, mereka akan lebih mudah karena mengingat nama blog kita.

4. Terlihat Lebih Profesional

Di saat sebuah blog menggunakan domain TLD sendiri, maka otomatis akan dipandang sebagai blogger yang serius dalam mengurus konten blog. Anggapannya jadi lebih terlihat professional karena mau mengeluarkan sejumlah biaya untuk membiayai domain atau hosting, dan tidak menggunakan yang gratisan.

5. Peluang Mendapatkan Kerja Sama

Blog dengan TLD pada umumnya memiliki nilai lebih dan tidak dipandang sebelah mata oleh pengguna jasa blogger. Blog dengan domain TLD punya kesempatan lebih besar untuk mendapatkan sponsored post dan job review. Mengenai jumlah fee atau bayaran yang didapat oleh blog TLD, biasanya juga lebih besar dari blog dengan domain gratis. Banyak brand yang memilih blog dengan domain sendiri karena menilai bloggernya serius untuk bekerja sama dan bisa menghindari jika konten untuk mereka diambil alih oleh pihak lain.

Pentingnya Top Level Domain (TLD) Untuk Blogger

Membuat Blog Top Level Domain (TLD)

Setelah mengetahui manfaat membuat Blog TLD, sekarang mari kita bahas beberapa hal yang harus dipersiapkan.

1. Menyiapkan budget/dana

Untuk sebagian orang, biaya berapa pun untuk membeli domain tidak masalah. Dana yang dikeluarkan dianggap sebagai investasi untuk masa depan. Namun untuk orang lain, biaya untuk membeli domain dan hosting bisa jadi bahan pertimbangan tersendiri. Oleh karenanya siapkan budget sesuai kemampuan, untuk digunakan membeli domain dan hosting.

2. Menentukan nama domain

Memilih nama domain merupakan langkah yang harus dipertimbangkan dengan matang. Buatlah nama domain yang unik dan memberikan identitas pemilik blog. Memilih nama domain yang mudah diingat tentunya sangat membantu siapa pun yang ingin mengakses blog kita.

Ketika menentukan nama domain, pastikan untuk membuat nama cadangan untuk berjaga-jaga apabila nama tersebut tidak tersedia atau sudah ada yang memakainya. Oh, ya, silakan dipelajari lebih lanjut tips memilih nama domain di tulisan lain di blog ini.

3. Survei dan Mempelajari Penyedia Domain atau Hosting

Sebelum menentukan akan membeli domain atau hosting di penyedia tertentu, pelajari terlebih dahulu penyedianya. Lihat di websitenya, harga dan paket yang ditawarkan. Pastikan juga customer service-nya fast respon karena sangat membantu bagi siapa saja yang tidak begitu memahami mengenai teknis website.

Selain itu, bisa juga menanyakan kepada teman blogger lain yang sudah memiliki blog TLD tentang penyedia domain dan hosting yang sudah mereka gunakan. Sebaiknya rajin untuk melihat website penyedia domain dan hosting karena akan ada promo domain dan hosting yang bisa kita manfaatkan. Biasanya promo tersebut diadakan di dekat hari-hari besar. Namun tetap teliti untuk memastikan harga normalnya apabila nanti kita akan menggunakan layanan mereka selanjutnya.

Baiklah sobat, membuat blog Top Level Domain (TLD) memang butuh waktu khusus karena banyak tahapan teknisnya. Namun sobat gak perlu khawatir, karena biasanya penyedia domain dan hosting menyediakan customer service yang bisa sangat membantu. Jika menemukan kesulitan, segera saja hubungi customer service-nya untuk bertanya lebih lanjut.

So ... selamat membuat blog TLD dan menjadi blogger profesional yang berpenghasilan dari menulis di blog!

Salam takzim


Post a Comment

0 Comments