9 Ide Bisnis Yang Selalu Berkesinambungan

Diakui atau tidak, dampak pandemi Covid 19 sangat berpengaruh pada trend dan kebiasaan baru di bidang bisnis. Banyak pelaku usaha atau pengusaha yang mengubah cara berjualannya dari sistem tradisional menjadi serba digital. Selain itu terpuruknya perekonomian juga berdampak pada jenis usaha yang dijalankan oleh pebisnis.

Setiap tahun hampir selalu ada ide bisnis yang baru dan menjadi viral. Sebuah bisnis bisa menjadi viral karena menonjolkan keunikannya sendiri. Berkat kemudahan penyebaran informasi, masyarakat jadi lebih mudah mengetahui informasi tentang jenis bisnis yang sedang viral. Namun pada kondisi tertentu, ditemukan jika bisnis yang viral atau bisnis kekinian ini tidak selalu bertahan lama. Karena sifatnya musiman, terkadang bisnis tidak bisa berkesinambungan.

9 Ide Bisnis Yang Selalu Berkesinambungan

Misalnya saja bisnis jualan kolak dan kue kering pada bulan Ramadhan atau menjelang lebaran. Usaha model ini memang akan berhasil saat bulan puasa dan Hari Raya Iedul Fitri. Namun pada hari-hari biasa, pada umumnya masyarakat mengalihkan pengeluarannya pada kebutuhan lainnya.

Bisnis yang Tidak Musiman

Lalu bagaimana supaya sebuah bisnis bisa bertahan lama? Sebaiknya kita cari ide bisnis yang tidak mengenal musim. Sediakan barang atau jasa yang selalu dicari oleh pembeli tanpa terikat pada musim apa pun. Nah berikut ini bisnis yang selalu berkesinambungan atau tidak musiman yang bisa jadi ide usaha.

1. Membuka Usaha Apotek

Bisnis apotek merupakan salah satu jenis usaha yang berkesinambungan dan selalu dibutuhkan. Pada umumnya produk kesehatan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Terutama setelah melewati pandemi, banyak orang yang peduli dengan kesehatan. Bukan hanya obat-obatan atau alat kesehatan, produk kesehatan seperti multivitamin, juga dibutuhkan oleh masyarakat.

2. Toko Sembako

Usaha sembako yaitu jenis usaha yang menyediakan bahan pokok yang dibutuhkan untuk sehari-hari. Produk sembako seperti beras, telur, minyak goreng, gula, tepung dan lainnya selalu tinggi permintaannya di masyarakat. Sehingga usaha toko sembako ini dapat menjadi bisnis yang stabil dan menguntungkan.

3. Hidroponik

Bisnis berikutnya yang selalu berkesinambungan dan tidak musiman yaitu usaha hidroponik. Bisnis ini menyediakan produk pertanian yang juga banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Menanam sayuran dengan cara hidroponik kini banyak diminati. Menanam tanpa media tanah dan menggunakan air yang kaya nutrisi bisa menghasilkan panen yang lebih cepat dan lebih banyak dibandingkan dengan cara bertani tradisional.

4. Peternakan

Usaha peternakan juga termasuk usaha yang tidak musiman dan berkesinambungan. Produk peternakan seperti daging, telur, susu dan produk turunan lainnya merupakan kebutuhan pokok yang diperlukan oleh masyarakat untuk sehari-hari. Bisnis peternakan dinilai cukup stabil dan menguntungkan. Hanya saja jenis usaha ini membutuhkan modal yang tidak sedikit sehingga harus diperhitungkan dengan matang.

5. Bisnis Kuliner

Usaha yang berhubungan dengan makanan selalu menjadi primadona di masyarakat. Bisnis kuliner bisa menjadi usaha yang menjanjikan jika dikelola dengan baik dan memiliki keunikan serta keunggulan dari produk sejenis lainnya. Usaha ini dinilai bisa berkesinambungan karena banyak masyarakat yang membutuhkan makanan siap santap dengan harga yang terjangkau.

6. Toko Mainan Anak

Menyediakan berbagai macam mainan untuk anak juga merupakan salah satu usaha yang tidak musiman. Seperti diketahui, permintaan mainan anak selalu tinggi. Terutama pada momen tertentu seperti hari ulang tahun, saat liburan atau setelah lebaran, permintaan mainan anak selalu tinggi.

7. Usaha Bengkel

Bisnis yang menawarkan pelayanan perbaikan kendaraan seperti mobil dan motor juga dianggap cukup menjanjikan. Karena pemilik kendaraan biasanya melakukan perawatan berkala seperti ganti oli, penggantian suku cadang, perbaikan dan modifikasi kendaraan. Kebutuhan yang selalu tinggi ini bisa dipenuhi dengan menyediakan layanan di bengkel.

8. Bisnis Pencucian Kendaraan

Yang termasuk perawatan kendaraan juga yaitu menjaga kebersihan kendaraan. Banyak kalangan masyarakat yang tidak sempat atau lebih percaya pada tempat cuci kendaraan untuk membersihkan kendaraannya. Kebutuhan ini bisa juga dipenuhi dengan menyediakan layanan bisnis pencucian kendaraan. Berikan pelayanan ekstra atau tambahan promo menarik untuk bisa menarik pelanggan lebih banyak.

9. Usaha Laundry

Padatnya kegiatan masyarakat setiap harinya membuat sebagian orang lebih memercayakan laundry untuk mencuci pakaian mereka. Menggunakan jasa layanan laundry dinilai oleh sebagian masyarakat lebih praktis dan ekonomis jika dibandingkan harus dilakukan sendiri. Peluang ini bisa dimanfaatkan untuk membuka bisnis laundry. Agar usaha bisa terus berkesinambungan, sebaiknya perhatikan lokasi usaha yang tepat.

Cara sukses bisnis laundry.html


Kesimpulan

Itulah 9 ide bisnis yang selalu berkesinambungan dan tidak musiman. Namun perlu diperhatikan bahwa semua bisnis tersebut juga dipengaruhi oleh kondisi ekonomi, daya beli masyarakat, perubahan kebijakan pemerintah dan persaingan pasar yang ketat.

Oleh karenanya pelaku usaha semestinya terus memantau pasar, melakukan inovasi dan menyesuaikan strategi bisnis secara berkala. Strategi bisnis yang baik tentunya bisa menarik konsumen dan pelanggan yang loyal pada usaha kita.

Salam takzim

Post a Comment

37 Comments

  1. Wah benar banget nih, Kak memang semua ide tersebut tergantung dengan kondisi dan daya minat masyarakat

    ReplyDelete
  2. Kalau menurut saya ide yang efektif jasa laundry hehe. Soalnya biasanya banyak yang terlalu sibuk dan tidak sempat cuci pakaian

    ReplyDelete
  3. Wah ide bisnisnya sangat membantu sekali nih. Bisa langsung pilih dan coba ya hehe

    ReplyDelete
  4. Buat yang ingin menjalankan bisnis. Bisa banget nih ya, Kak mencoba salah satu ide bisnis yang ada di atas

    ReplyDelete
  5. Iya, benar sekali si. Kalau memang hendak membuka bisnis lebih baik yang tidak musiman

    ReplyDelete
  6. Usaha laundry sepertinya oke juga tuh. Apalagi laundry koin, sekarang tuh lagi happening banget dimana-mana. Karena hitungan per kg nya murah, jadi banyak diminati kawula muda.

    Tapi modal awalnya, alamak. gede banget

    ReplyDelete
  7. banyak juga sebenernya ya ide bisnis yang prospek untuk harian. biasanya orang-orang kebnayakan kalo ngomongin ide bisnis pasti ke fashion. padahal nggak semua orang selalu butuh pakaian hehe

    ReplyDelete
  8. Usaha sembako ini salah satu usaha yang nggak ada matinya ya mbk, karena bener bener menjual kebutuhan sehari hari. Terus yang lagi viral sekarang, londry koin...banyak banget disinj

    ReplyDelete
  9. Usaha musiman emang laris banget ya saat musim tertentu, giliran masanya udah berakhir, jadi sepi juga. Bisnis laundry sekarang emang menjanjikan bgt karena banyak yg gak sempat mencuci. Aku sendiri untuk urusan bedcover, selimut dan yg berat2 selalu delegasikan ke laundry.

    ReplyDelete
  10. Usaha kuliner ini yang tiap tahun ga ada matinya, asal bisa terus berinovasi dengan kreasi-kreasi masakan terbaru aja.

    ReplyDelete
  11. Setuju banget. Apalagi saya tuh agak kurang suka dengan kegiatan mencuci pakaian. Jadi kalau abis traveling, mendingan kasih ke laundry aja, deh. Cuciannya suka menumpuk.

    ReplyDelete
  12. Sebagai orang yang berkecimpung dalam bisnis laundry, aku sepakat kalau bisnis ini termasuk bisnis yang berkesinambungan. Karena semakin banyak jumlah penduduk, maka itulah peluang usah laundry selalu ada.

    ReplyDelete
  13. Kalo saya lebih suka bisnis online yang memang terkadang mengikuti trend perkembangan teknologi seperti pembuatan website, affiliate marketing dan lainnya.

    ReplyDelete
  14. Beneeer kak kalau usaha kuliner gak ada matinya karena tiap orang pasti butuh makan. Apalagi keuntungannya juga gurih ya.

    Kebetulan di deket sini ada foodcourt yg baru dibuka.

    ReplyDelete
  15. Betul, kebetulan banget keluargaku baru buka apotek, dan papaku buka usaha kuliner. Semoga bisnisnya lancar hehe

    ReplyDelete
  16. menarik nih mba ide-idenya, malah ada yang buat saya tak kepikiran sebelumnya. Sisanya tinggal lihat passion nya aja :D

    ReplyDelete
  17. Setuju nih kalau mau buka bisnis hrs kebutuhan pangsa pasarnya spya ga sesaat aja bukanya..yang lagi marak bisnis londri koin ya ..udah kayak jual pulsa jmn dulu tiap pengkolan ada aja yg buka hehehe

    ReplyDelete
  18. Setuju, salah satu ide bisnis yang selalu berkesinambungan dan tidak musiman adalah jasa ;aundry. Karenanya saya dan suami membuka usaha ini dan Alhamdulillah sudah berjalan sebulanan. Prospeknya bagus memang!

    ReplyDelete
  19. Aku lagi menggeluti usaha kuliner dan mainan edukasi anak. Untuk usaha kuliner emang bener2 menjanjikan krn setiap orang pasti butuh makan. Meski cocok2an, hamdallah sejauh ini sudah punya pelanggan tetap

    ReplyDelete
  20. Banyak juga ternyata ya, makanan atau berhubungan dengan pakaian ga pernah lekang oleh waktu ya pastinya karena semua orang butuh itu setiap waktu setiap hari jadi pasti bakal sustain dan sepanjang eaktu

    ReplyDelete
  21. Saya tambahin nih, Kak. Usaha jasa catering dan dekor acara pernikahan. Kan selalu dibutuhkan tuh dari masa ke masa. Pakaian anak dan bayi juga. Mungkin maah camilan khusus buat anak juga bisa.

    ReplyDelete
  22. bisnis di bidang alat-alat kosmetik atau kecantikan juga pasti ngga habis2 peminatnya :)

    ReplyDelete
  23. Lagi nyobain poin no 6 Mba. Masih online sih berharap nanti bisa berkembang juga dan bisa menyenangkan banyak anak, hehehe

    ReplyDelete
  24. Nah beneran teh, ide2 bisnis diatas tuh yang setiap hari kadang diperlukan yaaa. Buat mereka pebisnis pastinya akan mencari peluang terus agar usahanya terus berkesinambungan.

    ReplyDelete
  25. Aku pengen banget punya usaha sembako atau toko mainan anak, tapi paling pengen sih sembako ya. Cuma belum dapat peluang tempatnya nih, doain ya mba

    ReplyDelete
  26. diantara sembilan ide itu, blm ada yang masuk sesuai dengan pasion saya nih. hehe. tapi keren. bisa membuka inspirasi bagi sesiapa yang sedang berpikir membuat usaha yang berkesinambungan

    ReplyDelete
  27. Benar juga ya, ide bisnis tadi memang berkesinambungan dan selalu dibutuhkan juga sih dalam kehidupan kita sehari-hari. Apalagi kalau usaha kuliner ya.

    ReplyDelete
  28. Bener banget nih, semenjak pandemi ada pergeseran di bidang bisnis. Jadi, kalau mau usaha yang tidak musiman, tetapi yang pasti dicari dan dibutuhkan konsumen. Walau, sebagai pelaku usaha tetap harus bisa memberikan sesuatu yang berbeda dan unik karena dunia bisnis itu tantangannya besar.

    ReplyDelete
  29. Laundry kayaknya paling banyak dipilih
    Sekarang banyak yg bisnis laundry
    Laundry koin gitu istilahnya
    Laundry dengan self service

    ReplyDelete
  30. Memilih bisnis memang kalau bisa yang laku sepanjang zaman gak musiman ya mbak. Kalau dari yang disebutkan itu terus terang aku lebih sreg ke kuliner, cuma emang kyknya gak gampang krn kudu mencari keunikan supaya dicari pelanggan juga ya :D
    Kalau laundry lebih enak jd pioner gtu di perumahan/ pemukiman baru #imho

    ReplyDelete
  31. Pingin banget punya pertamini.
    Hihi.. tapi mungkin beberapa tahun ke depan, banyak kendaraan listrik yaa.. Jadi pencucian kendaraan sih yaa.. Untuk daerah-daerah tertentu, usaha ini bisa diandalkan.

    ReplyDelete
  32. Bener banget, bisnis-bisnis yang teteh tulis di atas itu memang pada berkesinambungan ya. Gak kenal musim. Mau ada yang viral atau enggak, mau ekonomi lagi naik ataupun turun, bisnis-bisnis tersebut selalu ada konsumennya. Kalo mau berkesinambungan harus seperti. Beda kalo yang viral, saat mulai turun, harus selalu berinovasi, biar tetap survive.

    ReplyDelete
  33. bisnis kuliner memang menjanjikan yah apalagi kalau makanannya enak dan murah

    ReplyDelete
  34. Bisnis kuliner pun kalau tidak dikelola dengan bagus, akhirnya cepat gulung tikar juga mbak. Beberapa kali menemui, kuliner yang viral, tapi cuma bertahan beberapa bulan saja, setelah rasa penasaran masyarakat habis, kembali sepi lagi

    ReplyDelete
  35. bisnis kuliner ama laundry kalau ditempatku ngga ada matinya, selalu tumbuh yang baru, walaupun banyak juga yang tak berkembang. Sepertinya emang sangat dibutuhkan sih ya

    ReplyDelete
  36. Laundry dan kuliner, dua bisnis ini rasanya makin banyak hadir sejak pandemi menyapa. Memang benar, keduanya ini bisnis jangka panjang. Semua orang butuh makan, semua orang juga butuh pakaian bersih. Jadi ya, cocok banget untuk dijalankan

    ReplyDelete
  37. Dari semua bisnis yg tertarik sih bisnis kuliner. Ajib ajaa nyari cuan sambil bikin orang kenyang

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^