Cara Sukses Bisnis Laundry

Kemarin saat saya berkunjung ke rumah ibu dan bapak, saat sedang duduk di teras depan, suami sempat membahas seorang ibu yang membawa bungkusan berisi pakaian. Ternyata ibu tersebut menuju ke rumah sebelah yang memiliki usaha laundry. Sempat juga, sih, ngobrolin tentang bisnis laundry tersebut. Kalau diperhatikan usaha tersebut sedang trend dan menjanjikan. Jadi ingin tahu alias kepo, dong, bagaimana sebenarnya perhitungan modal usaha laundry dan cara menjalankan bisnis tersebut. Soalnya usaha tetangganya orang tua saya itu lumayan ramai.

cara-sukses-bisnis-laundry

Pembahasan kami berlanjut juga mengenai bisnis yang sedang cukup menjanjikan di daerah kami. Dalam komplek perumahan orang tua kami saja, ada sekitar 5 usaha laundry di sana. Semuanya lumayan ramai. Agak tertarik juga sih, untuk punya bisnis laundry juga. Namun kami juga harus mempertimbangkan  banyak hal ketika mau memulai usaha tersebut. Jangan sampai hanya memberikan kerugian saja, bukan?

Mengapa Harus Bisnis Laundry?

Saya dan suami pun melanjutkan pembahasan mengenai alasan para pengusaha laundry untuk membuka usaha mencuci dan menyetrika pakaian tersebut. Beberapa alasan untuk membuka bisnis laundry yang perlu dipertimbangkan yaitu:

1. Memberikan penghasilan tetap

Keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan membuka usaha laundry cukup potensial. Penghasilan dari usaha ini bisa jadi penghasilan tetap atau sekedar penghasilan tambahan.

2. Mudah dikerjakan 

Menjalankan usaha laundry ini tidak membutuhkan keahlian khusus. Kita bisa mengerjakannya sendiri. Terutama yang memiliki budget minim untuk modal usaha, jasa cuci baju ini bisa dijalankan tanpa haru merekrut pegawai terlebih dahulu.

3. Banyak yang memerlukan jasa laundry

Gaya hidup modern yang kini dijalankan oleh masyarakat membuat kebutuhan jasa laundry pun semakin meningkat. Dapat dimaklumi karena para milenial dalam menjalankan pekerjaannya membutuhkan mobile tinggi sehingga tidak memiliki waktu luang untuk mencuci dan menyetrika pakaian.

4. Targer pasar yang lengkap

Target pasar usaha jasa laundry ini menyasar semua kalangan, mulai dari pegawai pabrik, pekerja kantoran, anak kost bahkan ibu rumah tangga. Kita hanya tinggal membuka usaha di tempat yang strategis dan mengoptimalkan pemasaran dengan giat sehingga target pasar bisa terbidik dengan tepat sasaran.

5. Bisa dikerjakan di rumah

Usaha jasa laundry ini cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan di luar pemberian suami atau siapa saja yang ingin menjadikan usaha ini sebagai penghasilan tambahan. 

6. Perawatan yang minim

Sebaiknya ketika menjalankan bisnis laundry dalam merawat mesin cuci harus dilakukan dengan baik. Pergunakan mesin cuci dan pengering dengan hati-hati. Selama kita menggunakan peralatan usaha dengan baik, maka kita bisa meminimalisir pengeluaran.

7. Pemasaran yang mudah

Dengan menggunakan teknologi terkini, usaha jasa laundry bisa dipasarkan dengan mudah tanpa harus memasang iklan spanduk di mana-mana. Tidak juga harus mencetak brosur dalam jumlah banyak. Kita bisa melakukan pemasaran di media sosial atau bergabung dalam komunitas jual beli di tempat tinggal kita. Bisa juga dengan memiliki akun online khusus yang membantu kita menerima pesanan, menjemput dan mengantar cucian ke rumah konsumen.

Mengingat bisnis laundry ini cukup menjanjikan dan keliatan mudah dilakukan, pembicaraan saya dan suami pun berlanjut pada cara merintis bisnis cuci dan setrika pakaian ini. Memulai sebuah bisnis tentu saja tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada trik dan cara tertentu supaya bisa sukses bisnis laundry.

Tips Sukses Bisnis Laundry

Akhirnya kami pun cari-cari informasi terkait cara memulai bisnis laundry. Dari informasi yang ada, untuk memulai usaha laundry tidak membutuhkan modal yang banyak. Untuk membuka usaha jasa cuci dan setrika baju skala rumahan, bisnis ini membutuhkan modal sekitar 15 jutaan. Berikut ini cara supaya sukses menjalankan bisnis laundry, yaitu:

1. Memahami seputar bisnis laundry

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menjalankan jasa laundry yaitu belajar pada orang yang sudah berpengalaman menjalankan jasa merawat pakaian. Untuk memperkecil resiko kegagalan dalam menjalankan usaha, sebaiknya kita bergabung dengan komunitas pengusaha laundry di kota tempat tinggal kita. Selain itu kita juga bisa belajar dari media online seperti youtube atau mencari semua informasi tentang jasa cuci pakaian di internet. 

Pengetahuan-pengetahuan yang perlu dipelajari untuk membuka usaha laundry yaitu:

  • Jumlah modal yang dibutuhkan untuk membuka jasa laundry
  • Perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan untuk mencuci dan menyetrika pakaian
  • Cara melayani konsumen 
  • Tips mencuci dan menyetrika pakaian yang baik
  • Estimasi biaya operasional yang dibutuhkan
  • Cara menghitung laba dan omset
  • Tips memasarkan yang efektif, dan pengetahuan lainnya.

2. Memilih lokasi yang strategis
Pemilihan lokasi usaha merupakan hal yang harus diperhatikan. Jika rumah pribadi tidak memungkinkan untuk dijadikan tempat usaha, sebaiknya dipertimbangkan pula untuk menyewa tempat di lokasi yang strategis dan prospektif. Cari tempat yang dekat kampus, kantor atau perumahan.

Supaya lebih hemat dan praktis, kita juga bisa memilih tempat usaha yang murah. Kita juga harus memastikan akses jalan ke tempat usaha terjangkau layanan ojek online. Hal ini dibutuhkan agar jasa laundry kita bisa mudah ditandai di Google Maps.

3. Perhitungkan modal dengan terperinci
Memulai bisnis laundry harus diimbangi dengan riset perhitungan yang terperinci tentang modal awal, biaya operasional dan estimasi rugi laba. Bagi yang memulai bisnis dari nol menggunakan dana pribadi, maka kita perlu merancang kalkulasi yang ketat untuk pengeluaran.

Apabila ingin memangkas pengeluaran, gunakan rumah pribadi supaya tidak ada biaya sewa. Tidak perlu juga merekrut pegawai, berdayakan saja keluarga di rumah untuk mengerjakan tugas mencuci, menyetrika dan melayani konsumen yang datang.

Selalu mengadakan pencatatan untuk mendokumentasikan kebutuhan, pengeluaran dan pemasukan. Melakukan pencatatan yang baik bisa memberikan dampak signifikan dalam penghematan.

4. Menentukan harga yang sesuai
Setelah mengetahui biaya yang dibutuhkan untuk memulai bisnis laundry, kita bisa memperhitungkan besaran tarif untuk layanan jasa laundry kita. Kisaran harga bisa diperoleh dengan cara mencari informasi terkait harga standar yang dipakai oleh usaha cuci pakaian yang sudah ada.

5. Promosikan bisnis laundry secara efektif.
Cara memasarkan produk yang efektif bisa dilakukan menggunakan smartphone dan internet. Saat ini hampir seluruh masyarakat mengenal dan menggunakan internet. 

6. Menentukan jenis layanan yang disediakan
Ada beberapa jenis laundry yang bisa kita pilih, apakah mau menyediakan jasa laundry khusus atau laundry kiloan? Kita tentukan berdasarkan kemampuan dan budget yang kita punya. 

Laundry kiloan biasanya menyediakan layanan cuci-basah, cuci-kering, cuci-kering-setrika. Terutama untuk pakaian biasa yang bisa dicuci menggunakan air seperti kemeja, kaos dan celana.

Sedangkan laundry pakaian khusus menyediakan layanan dry clean. Layanan ini biasanya menangani pakaian tertentu, karena penanganannya menggunakan teknik dan bahan kimia yang khusus. Jasa dry clean ini sesuai dengan pakaian formal yang membutuhkan penanganan tertentu agar pakaian tidak mudah rusak dan bersih maksimal. 

Pakaian yang membutuhkan perlakuan khusus contohnya jas, gaun, pakaian berbahan sutra, coat dari bulu hewan dan pakaian khusus lainnya yang bisa rusak jika dicuci dengan air.
 
cara-sukses-bisnis-laundry


7. Menyiapkan peralatan sesuai budget
Tips lainnya untuk membuat bisnis laundry berhasil yaitu riset kebutuhan alat yang harus dimiliki dan juga jumlah peralatan yang perlu dibeli. Perlengkapan laundry yang perlu dimiliki diantaranya:

  • Mesin cuci
  • Timbangan duduk dan timbangan gantung
  • Pengering
  • Setrika dan alasnya
  • Lemari laundry
  • Deterjen dan parfum laundry
  • Alat pengemas dan plastik
  • Gantungan baju
  • Meja untuk front office
  • Alat tulis seperti buku nota, pulpen dan perlengkapan lainnya.
Untuk lebih praktisnya dan lebih menghemat waktu, tenaga serta biaya, kita bisa memilih paket usaha laundry (sudah termasuk instalasi mesin, listrik dan sanitasi). Pilihan ini lebih baik daripada mencari atau membandingkan satu persatu barang yang kita perlukan.

Memilih bisnis yang tepat bagi kita memang penting. Kita bisa mempertimbangkan terlebih dahulu, apakah bisnis yang akan dijalankan akan mendulang banyak keuntungan? Apakah dengan bisnis tersebut, rumah tetap nyaman? Dan banyak pertimbangan lainnya. Namun kita tidak akan pernah tahu bagaimana rasanya sukses jika tidak memulainya, bukan?

Sebuah pengalaman, baru diperoleh ketika kita sudah menjalankannya, apapun usahanya. Dari pengalaman kita bisa belajar banyak hal. Jatuh berkali-kali itu sudah biasa. Semua akan mengajarkan kita untuk memahami di mana letak kekurangan dan kelebihannya. Nah, bagaimana dengan teman-teman? Sudah menjalankan bisnis apa?

Salam takzim

Post a comment

17 Comments

  1. Aku aslinya mupeng banget dengan usaha ini mbak. Sepertinya memang menjanjikan ya. Di sekitar rumah kudu jalan dulu ke depan gang untuk ke laundry. Yuk buka bisnis ini. Hehehe ....

    ReplyDelete
  2. Bisnis laundry ini sepertinya makin menjanjikan ya Teh. Mau di kota, mau di daerah, banyak yang butuhin sekarang mah. Palagi kalo pinter milih tempat, pasti hasilnya mantul.

    Aku juga kalo pas selow gitu suka ngobrol ama suami. Pernah kepikiran mau bisnis laundry kek ginih. Soalnya di Jogja kan banyak mahasiswa ya. Jadi pas banget untuk memulai bisnis ini. Ah.. semoga aja sih kesampaian weheheh..

    ReplyDelete
  3. Bisnis yang kini tengah menjamur dan sepertinya menjanjikan. Jadi kepikiran bisnis ini juga.

    ReplyDelete
  4. Tips yang lengkap, Mbak..Benar juga ya kalau ambil paket usaha laundry lebih simpel dan praktis rasanya. Dan bisnis laundry memnag bisa dijadikan pilihan usaha di masa pandemi ini

    ReplyDelete
  5. Bisnis laundry kalau dikerjain sendiri yang berat nyetrikanya. Hehe. Kalau soal nyuci mah tinggal pencet. Tapi bisnis ini memang menjanjikan bagi orang2 ulet dan pekerja keras. Setrika mereka juga harus yang uap karena ada beberapa yang complain kalau baju mahal mereka rusak kalau pake setrika biasa kalau buat kebaya dan jas kaya nyeplak tekanan setrikaan gitu

    ReplyDelete
  6. trs satu lg kak, bisnis laudry itu jika sepi bahan baku buat laundry bisa disimpan lama,,jd menghemat kan..beda dengan klo qt bisnis makanan,,gak dipke bahan-bahan sayur buah bakal busuk. Mnjajikan bgt deh klo memulai usaha laundry

    ReplyDelete
  7. waa terima kasih info dan sharingnya hihi, ternyata bisnis laundry bagus yaa, apalagi kalo daerahnya deket sama anak kost nih hihihi

    ReplyDelete
  8. Jasa laundry ini banyak dicari orang memang di jaman sekarang, tapi kalo lagi pandemi harus ekstra hati-hati juga menerapkan protocol kesehatan dan hygiene

    ReplyDelete
  9. thanks for all the tips and tricks mba.. bisnis yang satu ini memang akan selalu diperlukan yaaa dan prospeknya baguus

    ReplyDelete
  10. INi salah satu usaha yang lagi ngehits dan banyak dilakukan. Tapi memang harus cari tempat yang strategis dan tenaga kerja yang tepat juga ya

    ReplyDelete
  11. Nah, ini yang kudu dibaca dan dipahami para pengusaha laundry ya mbaaa

    Ada temenku yg dulu usaha laundry, tapi kayaknya ya asal jalan gitu aja.
    akhirnya bisnisnya ya tutup.

    ReplyDelete
  12. Bisnis laundry memang lagi booming, apalagi kalau di rumah lagi riweuh khan larinya ke laundry ya biar praktis

    ReplyDelete
  13. Bisnis laundry besar peluang apalagi zaman sekarang serba ingin cepat rapi hahay. Lokasi strategis penting banget ya mbak seperti di kosan Deket kantor yang membutuhkan jasa laundry.

    ReplyDelete
  14. aku pernah iseng menghitung kasar keuntungan bisnis laundry koin di dekat rumah, lumayan juga loh. apalagi kalau di daerah koskosan.. makin laris deeh itu pelanggannya

    ReplyDelete
  15. Aku punya temen yang merintid laundry sukses mba. Seneng ya rasanya. Makasih tipsnya mba, aku masih femen ngelaundry apalago musim ujan gini

    ReplyDelete
  16. wah jelas sekali penjabaran bisnis laundry nya 😍 pas banget nih kalo diterapin di kawasan aku. di sini banyak pegawai/ pekerja yang ngontrak/ kost 😁

    ReplyDelete
  17. Aku sempat terpikir mau ngejalanin bisnis ini teh pas awal-awal pandemi. Hahaha

    Soalnya lihat mesin cuci di rumah tuh bisa dimanfaatin daripada aku juga agak selo. Menjanjikan banget memang

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^