Meraih Omzet Melalui Media Sosial

Semua orang pasti setuju kalau sosial media telah menjadi tren gaya hidup sebagian besar masyarakat. Sudah banyak kisah sukses yang bermula dari main-main upload foto dagangan ke akun media sosial dan bisa mendulang sukses memiliki penghasilan yang menjanjikan.

meraih-omzet-melalui-media-sosial

Memiliki bisnis online sudah dianggap hal yang umum di zaman serba digital. Menjamurnya bisnis menggunakan media sosial ini dianggap sebagai usaha yang tepat di masa pandemi seperti sekarang ini.

 

Alasan Menjalani Bisnis Online

Setidaknya ada beberapa alasan yang melatarbelakangi dipilihnya bisnis online sebagai peluang usaha, yaitu:

Mudah dan Murah

Menggunakan sistem online, bisnis yang kita jalankan akan lebih mudah dan murah. Lebih efisien karena bisa dikelola langsung dari rumah dengan cepat. Banyak fitur penunjang bisnis online yang kini tersedia. Mulai dari sistem pembayaran online, sistem pemesanan, dan proses pengiriman barang ke pembeli serta toko untuk memajang produk kita secara online. 

Produktif dari Rumah

Menjalankan bisnis online, kita tidak perlu keluar dari runah. Cukup menggunakan jaringan internet yang mumpuni, transaksi jual beli secara online bisa dilakukan dengan mudah. 

Di saat pemerintah memberlakukan peraturan bagi masyarakatnya untuk diam di rumah demi menjaga meluasnya wabah, alangkah lebih baiknya jika kita tetap produktif. Memanfaatkan waktu selama di rumah dengan berbisnis online serta mendapatkan penghasilan dari usaha tersebut.

Bebas Batasan Akses dan Lokasi

Jaringan internet kini sudah menjangkau berbagai penjuru dunia dan semua zona waktu. Hal ini membuktikan bahwa bisnis yang dilakukan secara online memiliki kapabilitas yang sama. Sedangkan toko fisik memberikan pelayanan untuk pelanggannya pada jam-jam tertentu saja.

Modal Awal Yang Tidak Tinggi

Alasan signifikan yang  melatarbelakangi dipilihnya bisnis online yaitu modal awal yang relatif rendah dibandingkan biaya yang dikeluarkan oleh bisnis yang sama menggunakan model tradisional.

Bisnis online bisa dijalankan di rumah, sehingga tidak perlu modal untuk menyewa toko. Selain itu teknologi yang digunakan untuk menjalankan bisnis lebih murah diperoleh dan tentu saja lebih terdepan.

Informasi Lebih Mudah Tersampaikan

Beberapa waktu yang lalu, sebuah usaha memerlukan waktu berhari-hari untuk menyampaikan informasi terbaru tentang produk atau jasa mereka ke pelanggan. Kini semua proses tersebut bisa dilakukan dalam waktu hitungan jam. Pelaku usaha bisa membuat konten, menerbitkan produk jualan di situs dan membagikannya ke seluruh dunia.

Strategi Pemasaran yang Mudah

Jaringan internet membuat pemilik bisnis lebih mudah dan efektif dalam melakukan pemasaran bisnis online mereka. Memasarkan produk dengan memanfaatkan kemajuan jaringan media sosial, mesin pencarian dan sebagainya.

Dengan platform yang ada di internet seperti email marketing, mobile marketing dan iklan di media sosial memudahkan pebisnis melakukan promosi produknya. Selain itu memudahkan pengatur bisnis untuk melihat dan menganalisa pola pembelian mereka.

Jangkauan lebih luas

Kelebihan bisnis online lainnya yaitu bisa menjangkau usaha kita pada target pasar yang lebih luas. Siapa saja yang memiliki koneksi internet bisa melihat produk dan jasa yang kita tawarkan. 

Media sosial jadi jendela belanja dunia untuk produk kita. Kita pun bisa lebih bebas hidup dan bekerja di mana saja dalam mengerjakan usaha. Bebas bepergian ke mana saja ketika menjalankan bisnis online. Menyenangkan sekali, bukan?

Begitu banyak alasan menguntungkan yang melatarbelakangi dipilihnya bisnis online sebagai peluang usaha. Sehingga tidaklah heran apabila ada data yang menunjukkan pertumbuhan bisnis online yang begitu pesat. Apalagi didukung oleh banyaknya pengguna internet di Indonesia dan membuat banyak orang semakin tertarik berbisnis online.

Mengingat banyaknya media online yang tersedia, kita perlu mengetahui juga media sosial yang sesuai dengan target market produk kita. Selain mengetahui mesia sosial yang tepat, pelaku bisnis juga harus menguasai teknik jualan di media online tersebut. Masing-masing memiliki karakter, ciri khas dan penggemar yang berbeda-beda.

Bagi anak sekolah,remaja dan dewasa muda biasanya menyukai Line dan Instagram, meskipun facebook juga masih  tetap digunakan. Sedangkan untuk generasi emak dan bapak-bapak banyak yang lebih menyukai menggunakan website dan facebook, beberapa juga ada yang menggunakan telegram dan line.

Jika memang memungkinkan, semua media sosial bisa dioptimalkan untuk memasarkan produk. Semakin banyak menguasai teknik jualan di media sosial semakin banyak peluang closing berdatangan. Namun biasanya ada kendala dalam hal kurangnya waktu, tenaga dan pikiran. Oleh karena itu, sebagai langkah awal pebisnis online meningkatkan penjualan, minimal menguasai dua media sosial seperti  facebook dan instagram. Jika kedua media sosial tersebut bisa dimaksimalkan, maka diharapkan hasilnya pun bisa melampaui target.

Bagaimana? Tertarik juga untuk meraih omzet melalui media sosial? Mari memulainya! Dari mulai action positif, kemudian jadi kebiasaan dan kebiasaan tersebut terus menerus akan menjadikan kita sebagai manusia yang efektif dan sukses.

Sukses adalah akibat dari rangkaian sebab yang secara sadar kita lakukan secara terus menerus.

(Syafii Efendi)

 

Salam takzim


Post a comment

25 Comments

  1. yes betul, dengan berbagai platform yang bisa kita gunakan bahkan dari rumah tapi bisa menjangkau dengan luas :D

    ReplyDelete
  2. Setuju banget Teh, udah ga diragukan lagi kalo berjualan di sosmed memang omzetnya menggiurka, asalkan tahu trik2 dan caranya. Terbukti circle aku yang pada sukses berjualan disana, dan kita pun sebagai blogger bisa mendapatkan pundi2 dari sosmed, huhuy kan ..

    ReplyDelete
  3. Zaman now pelaku usaha maupun profesi lain harus berhadapan dengan media sosial dalam berinterkasi dan meraup keuntungan besar. Lebih praktis juga ya tentunya lebih hemat dan lebih mudah menjangkau ke mana2 dengan super cepat. Apalagi banyak ibu2 rumah tangga yang berjualan dari rumah. Makin efektif aja nih socmed fungsinya buat kita.

    ReplyDelete
  4. Nah, setiap orang memang punya akses ke medsos.
    Tinggal orangnya mau memanfaatkan atau nggak, gitu kan ya.
    Padahal medsoss kalo dioptimasi, sangat bisa dijadikan sarana utk berburu rezeki

    ReplyDelete
  5. Produktif di rumah sering main sosmed meding sekalian ya usaha aja apalagi bisa meraih sosmed juga kalau ditekuni soalnya jangkauannya lebih luas

    ReplyDelete
  6. pernah dapet informasinya di bbrp workshop kedahsyatan dunia digital marketing yang bisa menggandakan opportunity hingga ribuan kali ketimbang jualan off line salah satunya mmg lewat media sosial...

    ReplyDelete
  7. Semenjak pandemik memang bisnis online nih makin merebak ya.. padahal kalau dijalankan sejak dulu sudah lumayan nih. Bener yang Mba bilang, jangkauannya luas. Jadi pendapatannya juga meluas.

    ReplyDelete
  8. Memang dunia online itu lebih luas dan bisa dieksplorasi untuk lebih menghasilkan dan meraih pendapatan ya mba. Omzet pun bisa diraih jika kita benar-benar menerapkan prinsip bisnis, seperti rajin promosi di media sosial

    ReplyDelete
  9. di saat seperti sekarang ini memang kita sudah akrab dengan teknologi, beigtu pula jika untuk mempromosikan barang yang kita akan jual. Baik itu berupa barang, makanan dan jasa pun.

    ReplyDelete
  10. Aku tertarik banget mba. Memang sekarang semua usaha sebaiknya go online, go digital. Apalagi pandemi hadir. Makin terbatas akses orang untuk offline kan ya

    ReplyDelete
  11. Aku sepakat sih, sukses itu serangkaian perjuangan, gak tiba-tiba dan butuh ketekunan juga pengetahuan juga ya

    ReplyDelete
  12. Iya aku jualan buku online nih dan merambah kelas menulis online, pemasarannya fokus di media sosial seperti Instagram dan Twitter juga blog...

    ReplyDelete
  13. yes bener. Sekarang juga konsumen cenderung lebih suka belanja online. Tentunya ini jadi peluang untuk meramaikan dunia bisnis online, nggak cuma jadi konsumen tapi juga sebagai pelaku

    ReplyDelete
  14. Betul sekali ya Mbak, bisnis online saat ini cocok sekali untuk masa pandemi saat ini.

    Kebutuhan untuk memasarkan cukup menggunakan media sosial dan semua urusan mengenai pengirimanpun dapat dilakukan dari rumah saja ya, asal ada jaringan,

    ReplyDelete
  15. Betul mbak. Bisnis online ini menarik, tapi menjalaninya juga susah susah gampang. Perlu tahu trik dan cara jitu supaya bisa sering closing.

    ReplyDelete
  16. benar banget mbk
    sekarang sosial media emang oas buat naikin omset penjualan
    apalagi saat pandemi gini, oramg lbh suka belanja online

    ReplyDelete
  17. Betul Teh, media sosial makin banyak digunakan sebagai tempat untuk promosiin bisnisnya. Bisa jadi ajang promosi yang murah meriah.

    ReplyDelete
  18. Kalau bisnis online walaupun kita sedang dimana-mana bisa tetap memantau dan mengakses asalkan jaringan internet tetap tersambung ya Mbak.

    ReplyDelete
  19. Semoga sukses dengan bisnis online yang sedang atau akan digeluti
    Pastikan menghindari kesalahan dalam menjalankannya

    ReplyDelete
  20. Dunia online ternyata bisa banget dipelajari yaa..
    Melihat perilaku masyarakat yang melakukan segala kegiatan dari rumah aja.
    Sukses memang bukanlah keajaiban, ada proses di sana.

    ReplyDelete
  21. Setuju sih kalau sekarang bisa raih omzet mudah melalui media sosial dengan catatan tau strateginya. Kebetulan aku masih kerja di digital agency teh, jadi sedikit-sedikit udah mulai belajar strategi pemasaran dunia online. Semoga bisa dipraktekkan di keseharian.

    ReplyDelete
  22. Setuju mba kalau bisnis online bisa dijangkau seluruhnya ya mba enaknya lagi ga ada uang sewa

    ReplyDelete
  23. Dengan maraknya sosial media, jadi bisa ibu rumah tangga itu berkarya dari rumah deh. Bahkan jualan juga bisa hanya dari rumah...harus dimanfaatkan dengan baik tapinya.

    ReplyDelete
  24. Bisnis dengan basis online memang banyak keuntungannya. Selain lebih mudah karena modal kecil dan area pemasaran lebih luas, tentunya juga lebih fleksibel soal waktu. Tapi jangan salah, persaingannya juga sangat ketat. So far, saya masih berjuang mempertahankan bisanis yang 3 bulan lalu saya rintis. Masih naik turun, tapi lumayan buat nambah belanja

    ReplyDelete
  25. Sekarang banyak yang kaya dengan memanfaatkan sosil media sebagai promosi bisnis. Omzet mereka besar dan kaya raya. Mungkin hari ini kita perlu belajar bersosmed dan berbisnis sekaligus.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^