7 Ide Bisnis yang Cocok untuk Pemula

Untuk memiliki bisnis tidak harus mempunyai modal yang besar. Banyak ide bisnis yang cocok untuk pemula dengan modal yang minim. Sekarang merintis dan menjalankan sebuah bisnis semakin mudah dilakukan, bahkan untuk pemula sekalipun. Sudah banyak informasi yang dibutuhkan dan bisa didapatkan dengan mudah terutama melalui bantuan teknologi. Bisa dikatakan bahwa setiap orang bisa membangun kerajaan bisnisnya dari rumah.

Meskipun beberapa jenis usaha bisa dilakukan dengan mudah tetapi bukan berarti kita bisa santai dalam menjalankannya. Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, kita tetap harus mengasah pengetahuan dan jangan ragu mencoba hal baru.

Ide bisnis yang cocok untuk pemula

Tips Merintis Bisnis Untuk Pemula

Banyak yang beranggapan jika modal dan bisnis harusnya jalan beriringan. Namun ada beberapa usaha yang bisa dijalankan meski tanpa modal. Ada juga usaha yang tidak memerlukan stok barang untuk menjalankan bisnisnya. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merintis sebuah bisnis.

1. Mencari Informasi Sebanyak-banyaknya

Agar tidak mengalami kegagalan dalam berbisnis, sebaiknya kita mengumpulkan informasi dan wawasan yang luas. Tetap akan sia-sia jika kita memiliki modal tetapi tidak dibarengi dengan pengetahuan yang mumpuni. Alih-alih mendatangkan keuntungan, bisa-bisa modal habis tidak terkendali. Mulai menggali wawasan dengan banyak membaca kisah atau buku yang membahas tentang pebisnis yang sukses. Bisa juga dengan mengikuti seminar dan pelatihan untuk menambah ilmu tentang usaha.

2. Mempunyai Mentor Bisnis

Memiliki mentor bisnis merupakan salah satu pendorong terbesar untuk siapa saja yang mau merintis usaha. Kita bisa memiliki ide bisnis yang unggul, semangat yang membara tetapi kalau tidak ada pengalaman berbisnis biasanya akan mendapat tantangan tersendiri dalam menjalankan usaha.

Seorang mentor dapat memberikan nasihat tentang bisnis, membantu mengembangkan keterampilan dan kompetensi untuk meningkatkan bisnis. Mentor biasanya juga akan membagikan wawasan dan pengalamannya dalam manajemen keuangan. Masalah keuangan ini menjadi hal yang sangat krusial dalam bisnis.

3. Memiliki Banyak Koneksi

Banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika menjalin koneksi dengan sesama pebisnis. Selain bisa berkolaborasi dalam menjalankan usaha, dengan memiliki banyak koneksi juga bisa mempermudah kita mendapatkan produk yang dibutuhkan bahkan dengan biaya yang minim. Memiliki koneksi yang banyak, juga bisa memperbanyak pengetahuan tentang cara menjalankan usaha ketika ada kegiatan sharing atau saling berbagi pengalaman.

4. Mengutamakan Riset

Hal pertama yang mesti kita lakukan untuk merintis sebuah usaha yaitu melakukan riset terlebih dahulu. Data yang diperoleh dari hasil riset bisa membantu kita dalam menjalankan sebuah usaha. Terutama riset pasar untuk membangun bisnis, karena tujuannya untuk mencari konsumen yang potensial.

Bisnis Online Dinilai Cocok untuk Pemula

Berhubung sekarang zamannya serba digital, maka banyak kalangan yang berpendapat bahwa bisnis yang paling sesuai untuk pemula yaitu menjalankan bisnis online. Mengapa bisnis online cocok untuk pemula?

1. Memerlukan Modal yang Minim

Bagi pemula, merintis bisnis online merupakan usaha yang tepat karena tidak memerlukan banyak modal. Kita tidak perlu bingung untuk menyewa tempat jualan atau mengumpulkan produk dalam jumlah banyak. Dengan modal minim pun kita bisa berjualan secara online.

2. Pemasaran yang Mudah

Dengan menggunakan teknologi internet, pebisnis pemula bisa dengan mudah melakukan pemasaran produknya. Promosi dengan menggunakan hastag tertentu bisa memudahkan pelanggan menemukan produk kita.

3. Menjangkau Target Pasar yang Lebih Luas

Melalui internet, jangkauan pemasaran pun bisa semakin luas. Target pasar yang kita tuju tidak hanya yang ada di sekitar tetapi bisa menjangkau ke tempat terjauh. Supaya bisa tepat sasaran, kita perlu menentukan pembeli secara spesifik dilihat dari kebutuhan konsumen atas produk kita.

4. Lebih Fleksibel

Menjalankan bisnis melalui online memiliki banyak kelebihan seperti lebih fleksibel dalam hal waktu dan tempat. Kita tidak perlu mempunyai tempat usaha yang biasanya membutuhkan banyak biaya untuk menyewa. Selain itu kita bisa menjalankan usaha dari rumah tanpa terikat oleh waktu.

Bisnis online yang sesuai untuk pemula

Ide Bisnis yang Cocok untuk Pemula

Sebelum merintis sebuah bisnis, kita perlu mengetahui dengan jelas ruang lingkup usahanya. Sebaiknya kita memilih usaha yang membuat kita senang menjalankannya. Kalau bisa memilih bisnis yang sesuai dengan hobi dan minat. Jadi ketika menghadapi kendala, kita tidak mudah putus asa atau berhenti menjalankan usaha tersebut. Berikut ini beberapa ide bisnis yang bisa dijalankan oleh pemula.

1. Menjadi Reseller

Salah satu usaha dengan modal minim yaitu menjadi seller untuk penjual lainnya. Bahkan biasanya toko utama bisa memberikan diskon pada reseller. Kita bisa saja menaikkan harga sedikit untuk mendapat keuntungan. Pilihlah toko atau brand yang besar dan cukup terkenal. Dengan begitu kita bisa lebih mudah memasarkan produknya.

2. Menjadi Dropship

Selain menjadi seller, kita juga bisa menjalani usaha dropshiper yang tidak membutuhkan modal sama sekali. Kita tinggal cari pembelinya lalu dihubungkan dengan penjual utama. Setelah produk sudah sampai di tangan konsumen, biasanya kita akan mendapat persenan dari hasil penjualan. Semakin banyak kita mendapat pembeli maka semakin besar juga komisinya.

3. Franchise

Menjalankan bisnis franchise juga dinilai cocok untuk pemula. Modal untuk usaha franchise ini cukup beragam, dari yang membutuhkan modal besar hingga modal yang minim. Biasanya produk franchise ini sudah banyak dikenal oleh konsumen sehingga lebih mudah memasarkannya. Tinggal kita memilih tempat yang tepat dan strategis.

4. Affiliate Marketer

Affiliate marketing ini merupakan sistem bisnis yang dijalankan dengan membayar jasa orang lain ketika orang tersebut berhasil menjual produknya. Bisnis ini dijalankan menggunakan strategi penjualan di internet. Seorang affiliate akan mendapatkan penghasilan ketika terjadi penjualan suatu produk melalui link afiliasi yang dipromosikan.

Model bisnis affiliate marketing sangat mudah dimulai terutama untuk pemula. Kita bisa menawarkan jasa endorsement dan paid promote untuk mempromosikan produk yang ditawarkan. Penghasilan sistem bisnis ini memang tidak tetap. Makin banyak produk yang terjual melalui link affiliate kita, maka makin besar juga komisi yang kita terima.

Ide bisnis yang mudah dirintis oleh pemula

5. Menjual Aksesoris

Bagi yang mahir dan senang membuat aksesoris, jenis bisnis ini bisa dijadikan peluang usaha. Kita bisa membuat aneka aksesoris seperti pelengkap perhiasan seperti anting-anting, kalung, gelang, dan bros. Dapat juga menyediakan arloji, kacamata, pin, sapu tangan, sarung tangan dan aksesoris lainnya.

Berjualan aksesoris ini dinilai bisa mengumpulkan keuntungan yang banyak. Karena wanita senang berpenampilan menarik ketika tampilannya dilengkapi aksesoris cantik. Selain itu bisnis ini terbilang menjanjikan karena tidak diperlukan modal yang banyak.

6. Berjualan Pulsa

Di era digital seperti sekarang ini, kebutuhan tersedianya pulsa menjadi sangat dibutuhkan. Bagi beberapa orang, pulsa menjadi kebutuhan pokok. Kita bisa menjual pulsa untuk orang-orang di sekitar kita. Di saat penjualan sudah bagus, kita bisa berjualan juga secara online. Usaha ini terbilang fleksibel karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

7. Jasa Tutor

Usaha yang satu ini sangat cocok untuk yang senang mengajar. Membuka jasa tutor bisa menjanjikan apabila kita paham cara menjalankannya. Kita bisa mulai menawarkan jasa tutor di bidang yang kita kuasai. Misalnya kita menguasai bidang matematika, tidak ada salahnya kita mengajar matematika. Saat ini kita tidak harus datang langsung atau bertatap muka dengan murid. Memanfaatkan teknologi internet, menawarkan jasa tutor bisa dilakukan juga secara online.

Nah, itulah beberapa ide bisnis yang cocok untuk pemula. Adakah yang buat sobat tertarik untuk memulai usaha? Jangan takut untuk memulai! Kita tidak akan pernah tahu rasanya menjadi pebisnis sukses jika tidak memulainya dari sekarang. Semangaat!

Salam takzim

Post a Comment

0 Comments