Cara Sukses Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Merintis sebuah usaha bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Dibutuhkan tingkat fokus dan usaha yang tidak sedikit. Dan sebagian orang mengkhawatirkan model yang akan dikeluarkan untuk membangun sebuah usaha. Solusi dari semua itu adalah memulai bisnis online.
Lalu bagaimana caranya merintis bisnis online untuk pemula?
 

Cara Sukses Memulai Bisnis Online

Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Ada beberapa cara merintis bisnis online untuk pemula yang wajib dipahami terlebih dahulu supaya bisnis kita bisa berjalan dengan lancar. Seperti kita ketahui bersama, menjalankan bisnis online ini susah-susah gampang, karena kita akan dihadapkan oleh banyak pesaing.

Diperlukan perencanaan yang matang untuk memulai bisnis online. Mulai dari cara membuat online shop hingga merancang strategi agar bisnis online kita bisa berkembang. Panduan bisnis ini tidak bersifat mutlak. Terkadang cara memulai berbisnis online untuk satu orang berbeda dengan orang lain.

1. Menentukan Produk yang Dijual

Langkah pertama untuk merintis bisnis online yaitu menentukan terlebih dahulu produk apa yang mau dijual. Lakukan riset untuk mengetahui produk apa yang memiliki potensi penjualan. Produk yang dibutuhkan oleh masyarakat atau masalah apa yang sedang dihadapi.

Pada umumnya tahapan pertama ini akan terasa sulit. Karena kita harus menyusun strategi bisnis, ide, konsep usaha hingga mencari supplier. Oleh karenanya tahapan ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan menguras tenaga.

2. Riset Pasar

Setelah mengetahui produk yang dibutuhkan oleh pasar, selanjutnya melakukan riset untuk mengetahui permintaan pasar secara objektif. Kita bisa mulai melakukan riset pasar dengan cara mencari produk/jasa yang sedang tren di masyarakat melalui media sosial. Cocokkan informasi tersebut dengan data hasil riset atau data yang ada di internet.

Untuk memudahkan melakukan riset gunakan Google Trends. Pakai tool tersebut untuk melihat statistik data dari produk/jasa yang sedang tren tersebut. Manfaatkan peluang bisnis yang ada di sekitar kita sebagai bahan acuan.

3. Menentukan Target Konsumen

Tahapan yang tidak kalah pentingnya ketika akan memulai bisnis online yaitu menentukan target konsumen.Kita haru menganalisa dan memperhitungkan jenis pasar apa yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Buatlah target konsumen secara spesifik dan tertarget.

Hal yang perlu dipertimbangkan yaitu aspek gender, usia, wilayah domisili, tingkat ekonomi, dan aspek lainnya. Makin detil dan terperinci kita menentukan target konsumen maka bisa lebih memudahkan untuk menyasar mereka.

4. Analisis Kompetitor

Selain melakukan riset pasar kita juga harus menganalisa kompetitor atau pesaing ketika hendak memulai bisnis. Dengan melakukan analisis pesaing, kita bisa lebih mudah untuk menentukan strategi pemasaran dan bertahan dalam bisnis.

Melakukan riset kompetitor bisa membuat kita tahu strategi apa yang mereka lakukan dan tren baru yang dilakukan pesaing sehingga bisa menerapkannya dalam bisnis kita dan dapat membantu meningkatkan pendapatan usaha.

Kelebihan lainnya ketika melakukan riset kompetitor yaitu kita mengetahui kekuatan dan kelemahan dari pesaing kita. Sehingga informasi yang didapat dapat diterapkan dan diperbaiki dalam bisnis kita.

Cara melakukan riset pasar bisa dilakukan dengan cara melihat website, media sosial, review produk konsumen kompetitor hingga melakukan testing produk pesaing secara langsung.

5. Membangun Reputasi

Biasanya konsumen akan mencari informasi untuk mengetahui produk atau toko yang akan dipilih sebelum membeli suatu produk. Konsumen akan mencari toko atau usaha yang bisa dipercaya dan produknya yang berkualitas.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk membangun reputasi bisnis online sejak awal. Cara yang paling mudah yaitu dengan membuat akun media sosial dan mengisinya dengan konten yang menarik baik dalam bentuk foto, video, infografis atau konten promosi lainnya.

6. Mengadakan Promosi

Langkah selanjutnya untuk memulai bisnis online yaitu melakukan promosi. Banyak metode promosi yang bisa dilakukan baik yang berbayar atau gratis. Karena kita hendak merintis bisnis online maka kita bisa memanfaatkan promosi yang dilakukan melalui internet.

Misalnya kita akan menggunakan promosi melalui media sosial, maka maksimalkan konten promosi, pemanfaatan copywriting, iklan ads hingga strategi lain seperti paid promote, giveaway dan lainnya. Dalam artikel cara mendapatkan uang dari instagram telah dibahas lebih detil cara promosi di media sosial instagram.

Apabila hendak promosi menggunakan website maka gunakan strategi SEO, SEM, Google Ads atau Google My Business.

7. Menjaga Loyalitas Pelanggan

Ketika menjalankan sebuah bisnis, kita tidak hanya berusaha mencari pelanggan baru saja, tetapi mesti juga menggaet konsumen yang sudah pernah membeli produk kita untuk menjadi loyal.

Tujuan menjaga loyalitas pelanggan adalah agar mereka mau terus melakukan transaksi berulang dan tetap puas dengan produk kita.

Cara menjaga loyalitas pelanggan adalah dengan cara rutin melakukan komunikasi, memberikan diskon, menawarkan harga promo, hingga memberikan bonus tidak terduga seperti pemberian diskon saat mereka berulang tahun.

8. Evaluasi Secara Rutin

Cara selanjutnya untuk merintis bisnis online yaitu melakukan evaluasi secara rutin. Setiap usaha pasti ada pasang surutnya. Kita jangan sampai terlena ketika sedang berkembang atau sedang untung banyak. Kita harus terus menjaga kualitas bisnis dan melakukan perbaikan agar usaha tetap terus eksis.
 

Cara Merintis Bisnis Online untuk Pemula

Sukses Berbisnis Online

Di era digital memiliki bisnis online adalah sebuah hal yang biasa karena dapat menghemat waktu dan tenaga untuk berbelanja. Terutama berkat dukungan internet sebagai sarana penghubung antara penjual dan pembeli. Kedua pihak mendapatkan keuntungan oleh sistem online. Jual beli dinilai menjadi lebih praktis dan efisien.

Nah, apakah sobat juga berminat untuk merintis bisnis online? Percayalah, jika dilakukan secara serius dan profesional maka hasil bisnis online ini akan bisa mendatangkan penghasilan yang memuaskan. Atau masih ragu karena terkendala modal? Tidak perlu khawatir, dalam tulisan peluang bisnis tanpa modal, sobat bisa menemukan bisnis yang cocok dan tanpa mengeluarkan modal.

Selalu optimis! Kita semua bisa memulai bisnis online dengan tekad yang kuat, ilmu yang cukup, sabar untuk berproses, dan yakin untuk bisa berhasil.

Salam takzim

Post a Comment

15 Comments

  1. Kalau mau start bisnis online ternyata ada banyak persiapannya ya. Gak hanya tiset tapi spai analisis kompetitor juga. Biar jualannya lancar jaya.

    ReplyDelete
  2. Untuk membangu bisnis emang perlu dipahami tips dan triknya yah. Kudu banget mencoba untuk mempraktekkan dan yang paling penting kudu paham memperluas pasar bisnis terutama melalui online. Jadi pengen belajar lagi

    ReplyDelete
  3. Nah ini, salah satu bagian tersulit bagi pemula yang mau berbisnis biasanya soal produk. Bingung gitu lho kak mau buat produk apa yang tahan lama dan bagus. Tapi aku yakin, dengan banyak referensi bakal bisa terealisasi

    ReplyDelete
  4. iya juga ya, target konsumen salah satu intrumen penting juga biar bisnis yang dipasarkan sesuai sasaran. Nantinya bisa dievaluasi secara berkala

    ReplyDelete
  5. Bisnis online saat ini memang sangat berpeluang besar ya Mbak. Apalagi zamannya sudah digital. Hanya memang untuk memulai bisnis online harus banyak yang dipelajari juga. Mulai dari apa yang akan dijual, target pasar, sampai juga cara jitu promosi dan jualan online.

    ReplyDelete
  6. Dimana ada niat selalu ada jalan ya Kak tinggal bersabar dengan proses dan berkomitmen, termasuk dalam bisnis online karena ga ada yang instan bukan

    ReplyDelete
  7. Mau memulai bisnis apa pun, termasuk bisnis online memang perlu perencanaan secar amatang. Tidak asal memulai ya, Kak. Butuh menikmati setiap proses dari setiap rencana yang dibuat. Mulai dari menentukan produk hingga promosi

    ReplyDelete
  8. Thanks kak sharingnya. Memulai bisnis online kesannya gampang tinggal upload produk dr rumah padahal sama saja spt bisnis lainnya perlu strategi yg matang dll

    ReplyDelete
  9. Merintis bisnis online ini sangat menjanjikan.
    Aku dulu juga pernah, tapi pas zamannya jualan via FB. Rasanya seneng kalau ada yang tertarik. Minimal, tertarik dulu. Masalah closing, itu rejeki.

    ReplyDelete
  10. Artikel Cara sukses memulai bisnis online untuk pemula ini penting untuk dibagikan bagi pelaku bisnis
    Biar makin semangat mengembangkan bisnisnya

    ReplyDelete
  11. Bener banget, kuncinya ngga hanya pada penguasaan ilmu marketing dan lainlain, tapi juga soal konsistensi dan kesabaran yaa kak.. thankyou banget insightnya

    ReplyDelete
  12. Setuju banget teh kalau peluang bisnis tanpa modal saat ini memang terbuka lebar. Hanya saja memang harus kita tentuin dulu mau jualan apa, riset pasar, nentuin calon pelanggan, ngelakuin digital marketing dan tips lainnya yang ada di artikel ini supaya hasilnya sesuai harapan dan bisa berkembang kedepannya

    ReplyDelete
  13. Ingin memulai bisnis online memang tak boleh sembarangan, musti ada beberapa hal yang musti dilakukan. Tips-tips di atas memang sangat bermanfaat bagi mereka yang mau merintis bisnis online. (April)

    ReplyDelete
  14. Riset pasar tuh penting banget ketika mau menjalankan bisnis online, pemanfaatan media sosial juga penting biar produk dapat dikenal dengan luas. Makasih ya kak untuk tipsnya.

    ReplyDelete
  15. 8 tips di atas memang wajib banget dipelajari oleh pebisnis pemula. Jangan sampai karna tidak teliti dan telaten, bisnis yang harusnya untung malah jadi buntung. Semangat berbisnis online buat kita☺

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^