10 Peluang Bisnis yang Auto Cuan dan Cocok di Era Digital

Di era teknologi digital seperti sekarang ini, merintis bisnis digital memiliki potensi yang besar untuk menghasilkan pendapatan. Kita semua memiliki kesempatan yang sama untuk menjalankan bisnis sesuai keinginan dan kemampuan. Yang terpenting kita harus memiliki strategi pemasaran yang baik dan pintar mengatur pendapatan secara tepat dan akurat.

Peluang Bisnis yang Cocok di Era Digital

Kelebihan Berbisnis di Era Digital

Sebenarnya banyak kelebihan menjalankan bisnis digital dibandingkan bisnis yang dijalankan secara konvensional. Maka dari itu tidak heran apabila tren bisnis digital ini meningkat pesat. Apa saja kelebihan bisnis digital itu?

1. Variasinya Beragam

Seiring berkembangnya teknologi digital, pilihan bisnis digital pun semakin banyak. Oleh karena itu sebaiknya kita harus terus berinovasi dan mengikuti tren pasar untuk mengembangkan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat.

2. Menjangkau Target Pasar yang Lebih Luas

Kelebihan bisnis digital selanjutnya yaitu jenis bisnis ini dapat menjangkau target pasar tanpa batasan wilayah. Karena dilakukan secara online, kita tetap bisa menjalankan penjualan meskipun tidak sedang ada di toko atau di rumah. Hal ini memperbesar peluang untuk meningkatkan penjualan.

3. Memberi Rasa Nyaman pada Pelanggan

Akhir-akhir ini masyarakat lebih senang berbelanja secara online. Belanja online dinilai dapat menghemat waktu dan tenaga. Dengan memberikan opsi berbelanja online, artinya kita telah memberikan kenyamanan untuk pelanggan bertransaksi.

4. Tujuan Jangka Panjang

Bisnis digital membuka kesempatan pada kita untuk berkembang dalam jangka panjang. Karena pengguna internet di Indonesia terus meningkat. Hal ini mendorong pelaku bisnis untuk melakukan transformasi digital mengikuti trend.

Peluang Bisnis yang Auto Cuan di Era Digital

Nah, ternyata bisnis digital itu banyak kelebihannya, bukan? Lalu apa saja bisnis yang cocok di era digital seperti sekarang ini?

Peluang Bisnis Auto Cuan di Era Digital

Pasca pandemi, sudah banyak bisnis digital yang berkembang dan sukses. Perkembangan bisnis digital meningkat cukup pesat bahkan ikut menyumbangkan keuntungan bagi negara. Menurut Menteri Keuangan, ekonomi digital dapat menciptakan 160.000 pekerjaan langsung dan 30 juta pekerjaan tidak langsung. Dan bisnis digital ini menyumbangkan 5% - 10% PDB kawasan Asia Tenggara di tahun 2022.

Sebenarnya ide bisnis di era digital tidak terbatas dengan penjualan software atau ebook. Masih banyak ragam peluang yang bisa dimanfaatkan. Berikut ini peluang bisnis yang cocok di era digital.

1. Afiliasi Marketing

Memasarkan produk orang lain dengan cara memasang kode atau tautan di media sosial atau website merupakan cara kerja afiliasi marketing. Cara menjadi afiliasi cukup mudah, cukup mendaftar program afiliasi di perusahaan tertentu lalu mendapatkan kode referal atau tautan khusus. Setiap ada transaksi pembelian melalui kode referal atau tautan yang disebar, maka kita memperoleh imbalan.

2. Berjualan Online di Marketplace atau E-Commerce

Selain memasarkan produk milik orang lain, kita juga bisa berjualan sendiri di marketplace atau e-commerce. E-Commerce adalah sarana pemasaran produk atau jasa melalui sistem elektronik. Sistem ini dapat berupa televisi, internet atau jaringan teknologi lainnya.

Sedangkan yang dimaksud marketplace yaitu platform yang digunakan sebagai perantara pihak yang menjual dan pembeli produk atau jasa. Marketplace ini biasanya dilengkapi dengan fitur seperti pemilihan beragam jenis pembayaran, estimasi pengiriman, filter produk berdasarkan harga dan fitur lainnya.

3. Membuat Website

Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan memerlukan website. Terlebih di era serba digital seperti sekarang, perusahaan membutuhkan situs web yang profesional. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Kita bisa menawarkan jasa untuk menyediakan situs web yang menarik supaya bisa digunakan oleh perusahaan sebagai alat promosi, alat komunikasi, portofolio, dan lainnya.

4. Membuat Blog

Hampir serupa dengan membuat website, kita juga bisa membuat blog pribadi. Banyak penulis yang telah berhasil mendapatkan penghasilan dari menulis di blog. Buatlah konten yang menarik, supaya bisa menarik perhatian audiens dan menaikkan traffic blog kita. Banyak cara untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog seperti dari adsense, menulis review, menerima content placement, atau menyediakan space di blog kita untuk dipasang iklan.

5. Menjual Produk Digital

Yang dimaksud produk digital yaitu produk yang tidak punya wujud secara fisik dan biasanya dijual secara online. Produk digital dapat berupa audio, video, atau ebook. Bagi sobat yang punya keahlian bermusik bisa membuat lagu untuk dijual di website online seperti tunecore dan songcast. Dan bagi yang suka desain, dapat menawarkan jasa desainnya di berbagai website online.

6. Menjual Foto

Peluang bisnis yang auto cuan di era digital selanjutnya yaitu menjual foto. Bisnis yang satu ini cocok untuk sobat yang gemar fotografi. Banyak website online yang dapat digunakan untuk menjual stok foto seperti Shutterstock, Contributor by Getty Images, dan aplikasi lainnya.

7. Jasa Admin Media Sosial

Media sosial sangat dibutuhkan oleh pebisnis sebagai media promosi dan menarik perhatian audiensnya. Dan untuk mengelola media sosial diperlukan admin profesional. Tugas admin di sini untuk meningkatkan branding perusahaan atau merek tertentu dengan cara membuat konten yang kreatif dan menarik.

8. Dropship

Bisnis dropship juga peluang bisnis yang cocok di era digital dan tidak membutuhkan modal yang banyak. Kita menjual produk tanpa harus mempunyai stok barang atau memikirkan proses pengiriman barang. Yang penting untuk diperhatikan yaitu kemampuan menjual. Ketika ada yang memesan barang, kita hanya tinggal menghubungi pemilik barang yang kemudian nanti pesanan akan dikirim dari pemilik barang. Sedangkan keuntungan yang kita dapatkan yaitu dengan cara menaikkan harga dari harga jual pemilik barang.

9. Membuat Aplikasi

Dengan memanfaatkan teknologi, kita bisa membuat aplikasi yang dapat diakses melalui laptop, tablet, smartphone, dan perangkat lainnya. Aplikasi yang dapat dibuat seperti aplikasi game dan aplikasi hiburan lainnya.

10. Membuka Kursus Online

Mengadakan kursus online juga bisa jadi peluang bisnis auto cuan di era digital. Apabila sobat memiliki kemampuan tertentu seperti bahasa Inggris, maka sobat bisa membuka kelas online bahasa Inggris. Tidak hanya kursus bahasa, untuk yang memiliki kemampuan desain, menulis atau marketing, bisa saja membuka kelas online.

Peluang Usaha Auto Cuan di Era Digital

Itulah beberapa peluang bisnis auto cuan yang cocok di era digital. Sebenarnya masih banyak lagi peluang bisnis yang memanfaatkan teknologi internet. Juga ide bisnis untuk pemula. Penting untuk diingat bahwa peluang ada di manapun dan kapanpun. Tinggal kitanya yang bisa mengasah kepekaan terhadap kebutuhan masyarakat dan mencari solusinya sebagai peluang usaha.

Salam takzim

Post a Comment

0 Comments