Jenis-jenis Media Pemasaran Online

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, media promosi online menjadi kanal pemasaran yang paling dinikmati. Pemasaran secara online mempermudah promosi untuk perkembangan pelaku usaha kecil, menengah sampai perusahaan berskala besar.

Cara ini sangat diminati karena membuat strategi promosi lebih efektif dengan jangkauan yang luas dibandingkan cara pemasaran konvensional.

Jenis-jenis Media Pemasaran Online

Apa itu Media Promosi Online?

Media promosi online merupakan aktivitas pemasaran untuk mengenalkan suatu produk atau jasa. Proses promosi dilakukan secara online didukung media internet dan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Rangkaian pemasaran menggunakan media promosi online ini mulai dari tahap perencanaan, tindakan, pelayanan hingga pengiriman produk.
Salah satu faktor yang membuat promosi online begitu digemari karena jumlah pengguna internet makin hari makin banyak. Kondisi ini jelas menguntungkan karena memudahkan proses pemasaran dan penjualan.

Mengapa Memilih Media Promosi Online?

Pelaku usaha memilih menggunakan media promosi online karena berbagai alasan. Selain bisa menjangkau target pasar yang lebih luas, cara promosi online memiliki banyak kelebihan seperti
  1. Mempermudah membuat target konsumen
  2. Lebih efektif membangun brand awareness menggunakan media promosi online
  3. Memudahkan untuk menjalin komunikasi dengan konsumen
  4. Pelaku usaha bisa langsung mendapatkan masukan atau saran dari konsumen
  5. Meningkatkan daya saing perusahaan
  6. Biaya pemanfaatan media promosi online lebih kompetitif dibandingkan dengan cara konvensional

Jenis Media Promosi Online yang Efektif

Kini banyak tersedia jenis media promosi online yang bisa digunakan oleh pebisnis untuk promosi produk, layanan, atau merek kepada audiens yang lebih luas. Berikut ini beberapa media promosi online yang tergolong populer digunakan oleh pebisnis.

1. Media Sosial

Media sosial merupakan salah sosial media marketing online yang paling populer. Jenis media sosial yang paling banyak digunakan yaitu facebook, Instagram, Twitter dan LinkedIn.

Media sosial facebook bisa digunakan untuk media promosi dengan cara membuat konten organik dan memasang iklan untuk menjangkau audiens yang ditargetkan. Begitu juga dengan Instagram yang bisa dioptimalkan menggunakan iklan dan posting visual untuk menampilkan produk dan brand. Kita bisa memanfaatkan fitur story dan reels dalam memaksimalkan untuk posting konten.

Sedangkan di Twitter atau X, selain menggunakan iklan dan posting tweet, kita bisa juga memanfaatkan trend yang sedang populer. LinkedIn sendiri fokus pada promosi bisnis kepada audiens profesional menggunakan iklan konten yang relevan. Bahasa yang digunakan dalam media sosial ini harus formal untuk menjangkau audiens.

2. Search Engine

Memaksimalkan pemasaran melalui media promosi online selanjutnya menggunakan Search Engine yaitu Google Ads dan Bing Ads.

Google Ads cara kerjanya menggunakan iklan berbayar di hasil pencarian google agar bisa menjangkau audiens yang mencari kata kunci tertentu. Tujuan memasang iklan di Google Ads yaitu supaya website atau landing page milik perusahaan bisa muncul di urutan paling atas dan dapat peluang diklik lebih besar dibandingkan website kompetitor.

Cara promosi di Bing Ads hampir mirip dengan Google Ads yang menampilkan iklan kita berada di urutan paling atas. Bedanya, target audiens hanya untuk pengguna mesin pencari Bing saja.

3. Media Video

Kanal yang sesuai untuk media promosi online dalam bentuk video adalah YouTube dan Tiktok. Di platform ini kita bisa membuat iklan video untuk menampilkan produk atau jasa yang ditawarkan. Kelebihan promosi di YouTube itu kita bisa membuat video dengan durasi panjang, pendek atau memancing audiens untuk menonton video utama menggunakan gimmick dari Short.

Sedangkan di Tiktok kita bisa menarik perhatian audiens remaja dan dewasa. Kini platform ini berbasis video yang sedang trending. Untuk membuat konten video yang menarik, buatlah video yang singkat, kreatif dan menyesuikan dengan trend.

4. Marketplace

Marketplace bisa membantu bisnis semakin terkenal selain berfungsi sebagai media berjualan. Setiap marketplace biasanya menyediakan fitur iklan yang bisa dimanfaatkan sebagai media promosi online.

Cukup mudah memanfaatkan marketplace sebagai media promosi online. Cukup dengan membuat katalog produk yang bagus dan menarik sehingga informasi mengenai produk bisa disalurkan dengan baik.
Selain untuk memasang iklan, di marketplace kita juga bisa mengikuti event-event yang sedang diadakan di marketplace tersebut.

5. Email Marketing

Salah satu media promosi online yang paling efektif yaitu email marketing. Kita bisa mengirimkan email berisi penawaran, berita, atau konten yang bermanfaat kepada daftar pelanggan.

6. Endorsement

Metode endorsement bisa dilakukan oleh para influencer yang sudah memiliki followers banyak. Pilihlah influencer yang sesuai dengan niche produk atau jasa kita. Perlu diperhatikan juga ukuran engagement rate KOL supaya campaign kita bisa mendapatkan hasil yang ditargetkan.

7. Webinar dan Live Streaming

Pelaku usaha bisa meningkatkan brand awareness bisnisnya dengan mengadakan webinar atau sesi live streaming untuk berinteraksi langsung dengan audiens dan mempromosikan produk atau jasa kita. Berikan diskon atau potongan harga agar audiens tertarik dan membeli produk yang ditawarkan.

Media Pemasaran Online
 

Tentukan Media Pemasaran Online yang Tepat

Internet kini bukan lagi suatu hal yang baru. Pengguna internet setiap tahun makin meningkat jumlahnya. Kondisi ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis digital untuk menggunakan media pemasaran online untuk memasarkan produk atau layanannya. Selain bisa menjangkau audiens lebih luas, memanfaatkan media promosi online juga bisa memiliki kelebihan lainnya seperti bisa lebih hemat biaya, mudah menentukan target audiens, dan bisa mudah terhubung dengan pelanggan.

Penting untuk diperhatikan dalam memilih jenis media promosi online yang sesuai dengan target audiens, target promosi, dan anggaran yang tersedia. Untuk lebih efektif mencapai target yang lebih baik, kita bisa mengombinasikan beberapa jenis media online sebagai digital marketing tools.


Salam takzim


Post a Comment

11 Comments

  1. Banyak banget media yang bisa dimanfaatkan dalam pemasaran online ya, gratis dan berbayar-nya juga dapat dipilih. Tinggal meyemangati diri untuk serius melakukan marketing digital.

    ReplyDelete
  2. paling sulit tuh menurutku yang mengoptimalkan search engine, soalnya kl pake dana agak berat buat saya, jadi satu2nya jalan melalui SEO, tapi otak saya agak ngelag buat belajar SEO hahhaa

    ReplyDelete
  3. kalau dimanfaatkan seluruh jenisnya ini dengan rutin kebayang jadinya dampak yang dihasilkan setelahnya, bisa meningkatkan peluang bisnis makin besar lagi

    ReplyDelete
  4. Nah ini proses menentukan media yang tepat rasanya penuh tantangan. Tapi, seneng banget ketika akhirnya mulai menemukan. Jadi bisa lebih memaksimalkan.

    ReplyDelete
  5. Bener ini harus memperhatikan dalam memilih jenis media promosi online, karena kalau tidak sesuai pasaran atau target kita suka zonk. Harus banyak belajar dari pakarnya ya mb

    ReplyDelete
  6. Aku salut sekarang tuh persaingan sehat promosi di sosial media dengan live streaming. Bisa sehari beberapa kali live dan menawarkan diskon. INi yang disukai ketika belanja online yaah.. effortless dan tetep dapet harga sesuai di budget.

    ReplyDelete
  7. hampir semua media yang ada di sini aku nikmati dan manfaatkan untuk mencari barang - barang yang ingin aku beli. Memang efektif menggunakan media online seperti ini di era digital. Selain mudah, cepat dan praktis yaa

    ReplyDelete
  8. Zaman sekarang pebisnis maupun owner toko gitu mesti bisa melakukan pemasaran online sih supaya jangkauan pembeli bisa lebih luas. Banyak channel yang bisa dimanfaatkan bahkan yang gratisan juga ada yaa. Contohnya kyk sosmed, sosmednya bisa bikin free, paling kalau mau boosting2 buat iklan aja dan itu pun gak seberapa mahal.

    ReplyDelete
  9. Di zaman sekarang mah berbagai cara online bisa digunakan ya untuk marketing. Jangankan yang berbayar, yang gratisan aja banyak. Asal kita mau belajar, sangat bisa cuan deh marketing dengan media online ini.

    ReplyDelete
  10. Wah sekarang media promosi online ada di segala lini ya. Kalau aku jadi pebisnis bakal seneng bgd sih dengan hal ini. Karena bisa memperluas target calon konsumen.

    ReplyDelete
  11. Saat semuanya serba digital, kita pun harus menyesuaikan diri dengan target market kita yaa... Mau pake medsos, media video ataupun webinar, semoga saja bisa membidik market yang tepat dan berpengaruh signifikan pada bisnis yang kita jalankan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^