8 Strategi Meningkatkan Penjualan di Era Digital

Di dunia digital, pemasaran melalui media digital sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Berbeda dengan dahulu, pemasaran yang paling banyak digunakan hanya lewat iklan televisi atau media cetak.

Strategi digital marketing sendiri adalah serangkaian rencana pemasaran yang menggunakan media digital. Media digital yang digunakan untuk memromosikan dan menjual produk atau jasa seperti media sosial, Google, dan email. Dengan memanfaatkan teknologi, pemasaran digital modern menganalisis kinerja kampanye pemasaran dan membantu dalam mengambil keputusan bisnis di masa depan.

Kemudahan ini yang membuat para pebisnis memilih menjalankan strategi pemasaran di dunia digital. Namun dibalik kemudahan itu ada juga tantangan besar yang harus dihadapi. Tantangan yang harus dihadapi seperti persaingan yang sangat kompetitif. Oleh karenanya kita harus bisa menguasai dunia digital marketing jika ingin sukses.
 

Strategi Meningkatkan Penjualan di Dunia Digital

Strategi Pemasaran dalam Dunia Digital

Mengembangkan suatu usaha bukan hanya sekedar menghasilkan sebuah produk. Namun juga harus memerhatikan teknik marketingnya. Karena jika tidak menguasai teknik marketing maka akan sulit untuk mempromosikan produk kepada masyarakat.
Dan berikut ini teknik marketing yang harus dikuasai untuk meningkatkan penjualan.
 

1. Content Marketing

Di dunia digital, content marketing merupakan strategi pemasaran yang paling penting untuk dilakukan supaya bisnis dapat maju dan bertahan di tengah persaingan. Sedangkan content marketing adalah strategi pemasaran dengan cara menciptakan dan menyalurkan konten yang bermanfaat, relevan, dan konsisten. Konten yang relevan dan dibuat secara konsisten akan menarik perhatian calon konsumen dan bisa membangun kepercayaan serta hubungan yang kuat dengan pelanggan.

Ada tiga jenis content marketing yang dapat membantu meningkatkan penjualan yaitu konten pengenalan produk atau jasa, branding, dan konten penjualan. Untuk memperkenalkan produk atau layanan kepada calon pelanggan dibutuhkan konten pengenalan. Sedangkan konten branding dibuat untuk membangun persepsi konsumen, membangun rasa percaya dan menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan. Konten penjualan sendiri dibuat untuk mendorong calon konsumen untuk membeli produk atau layanan.

2. Sosial Media Marketing

Strategi pemasaran yang paling umum digunakan dalam dunia digital adalah sosial media marketing. Keberadaan media sosial dapat digunakan oleh pebisnis untuk menemukan target pasar. Hal ini memanfaatkan banyaknya pengguna media sosial yang aktif setiap hari.

Bentuk konten yang cocok untuk media sosial cenderung bersifat visual. Oleh karena itu sebaiknya buatlah konten yang kreatif, inovatif dan menarik.

Pemasaran menggunakan media sosial diharapkan bisa meningkatkan penjualan. Selain itu tujuan utamanya untuk menarik perhatian konsumen atas masalah yang dihadapi dan memberikan solusi dengan menawarkan produk yang ditawarkan.

3. Memanfaatkan Email Marketing

Menggunakan email marketing sebagai strategi pemasaran digital merupakan langkah yang efektif untuk menjaring lebih banyak pelanggan dan mempererat hubungan yang telah dibangun. Supaya tepat sasaran dan mendapatkan hasil yang maksimal, pebisnis harus bisa mengenali kebiasaan dan selera calon konsumen. Selain itu kelompokkan target market berdasarkan usia, lokasi, dan minat.

4. Ads Berbayar

Strategi untuk meningkatkan penjualan yang berikutnya adalah menggunakan ads berbayar yang tersedia di berbagai platform digital. Jika dibandingkan dengan menggunakan media sosial, ads berbayar ini memang membutuhkan modal dulu di awal. Namun strategi pemasaran ini bisa membantu eksistensi sebuah bisnis.

Ads marketing ini dapat dikatakan sebagai layanan iklan komersil. Iklan yang tidak tayang di televisi tetapi melalui platform online yang sering diakses hingga saat ini. Ads berbayar ini bisa digabung dengan ads YouTube, Facebook, Instagram, Twitter, Spotify, dan media lainnya.

5. Affiliate Marketing

Memakai teknik affiliate marketing juga bisa menjadi alternatif meningkatkan penjualan dalam dunia digital. Teknik affiliate marketing ini bisa menjangkau konsumen lebih luas. Selain itu affiliate marketing bisa memberikan keuntungan untuk banyak orang yang menjadi affiliator.

Strategi digital marketing untuk meningkatkan penjualan

6. Mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization)

Teknik mengoptimalkan website supaya berada di peringkat teratas mesin pencari disebut SEO. Ada dua jenis SEO yang bisa digunakan untuk membangun bisnis digital yaitu SEO on page dan SEO off page. Fokus SEO on page yaitu menempatkan kata kunci di dalam halaman website. Sedangkan SEO off page fokusnya pada eksternal situs seperti link building.

7. Memakai Jasa Influencer

Strategi pemasaran yang juga bisa meningkatkan penjualan yaitu menggunakan jasa influencer terkenal. Influencer sendiri merupakan orang yang memiliki banyak followers aktif di media sosial. Menggunakan influencer yang memiliki banyak followers, proses penjualan pun bisa tersampaikan ke banyak orang.

8. Memakai Pay per Click (PPC)

Pay-per-click merupakan model pemasaran internet dengan cara pengiklan membayar biaya dari setiap iklan yang diklik oleh konsumen. Iklan model ini biasanya muncul di halaman pencarian Google. Biayanya ditentukan oleh faktor-faktor seperti kata kunci yang ditargetkan dan kualitas iklan.

Nah, itulah beberapa strategi meningkatkan penjualan di dunia digital yang perlu diketahui dan diterapkan. Dengan menerapkan strategi digital marketing yang efektif maka penjualan akan meningkat dan tujuan bisnis untuk meraih keuntungan besar bisa tercapai.

Salam takzim

Post a Comment

1 Comments

  1. semenjak pandemi cara marketing secara online mulai gencar dilakukan, termasuk kantorku juga. Karena saat itu, nggak memungkinkan untuk mengadakan event di luar atau door to door menjemput bola
    bahkan saat pandemi udah mulai menghilang, strategi pemasaran digital masih terus dilakukan, mengingat sekarang hampir seluruh masyarakat melek internet dan teknologi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^