Pekerjaan Freelance Online Tanpa Keterampilan Khusus

Masyarakat saat ini lebih memilih bekerja secara fleksibel dan bisa mencari tambahan penghasilan, seperti menekuni pekerjaan menjadi freelancer. Beberapa pekerjaan freelance ini memerlukan keterampilan khusus, tetapi ada juga pekerjaan freelance yang cocok untuk pemula dan tidak memerlukan pengalaman atau keahlian khusus.


Pekerjaan Freelance Online Tanpa Keterampilan Khusus


Bagaimana Cara Menjadi Freelancer tanpa Keterampilan Khusus?

Ternyata ada juga pekerjaan freelance yang tidak membutuhkan keterampilan khusus, loh! Lalu bagaimana caranya supaya bisa bekerja sebagai freelancer tanpa keterampilan atau keahlian? Berikut ini langkah-langkah efektif untuk bisa sukses menjadi pekerja freelance.

1. Mengidentifikasi Keterampilan yang Kita Punya

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mencari tahu keahlian yang kita miliki seperti menulis, mengeedit, mengelola media sosial atau menguasai koding. Untuk menambah keahlian, kita bisa mengikuti beberapa kursus online.

2. Utamakan Pengalaman

Sebagai freelancer yang tidak memiliki keahlian khusus, sebaiknya kita lebih fokus untuk meningkatkan pengalaman. Ketika ada peluang kerjasama, ambil kesempatan itu tanpa meminta patokan harga tertentu.

3. Fokus Meningkatkan Keterampilan

Berikan yang terbaik untuk klien dengan cara meningkatkan keterampilan yang kita miliki. Kepuasan klien bisa jadi nilai tambah untuk portofolio dan mengundang lebih banyak klien untuk bekerja sama.

4. Membuat Portofolio

Dengan membuat portofolio yang lengkap dapat menarik klien yang potensial. Melalui portofolio yang dibuat, klien bisa lebih mudah melihat hasil karya kita.

5. Explore Platform Freelance

Di platform freelance, kita bisa menemukan berbagai pekerjaan freelance. Biasanya platform freelance itu juga jadi tempat berkumpulnya para pencari tenaga freelancer. Dengan begitu akan lebih mudah untuk mendapatkan peluang pekerjaan.

Peluang Freelance tanpa Keterampilan Khusus

Apakah bisa bekerja sebagai freelancer tanpa keterampilan khusus? Tentu saja, bisa. Jika bisa, pekerjaan apa saja yang bisa dikerjakan tanpa skill/keahlian?

Meskipun bisa bekerja tanpa keterampilan tetapi kita perlu tahu jika semua pekerjaan membutuhkan waktu, tenaga, dan keterampilan atau keahlian. Tanpa keterampilan artinya kita harus bekerja dengan memanfaatkan waktu dan tenaga. Oleh karenanya mari kita pelajari pekerjaan apa saja yang bisa dikerjakan dengan memanfaatkan waktu dan tenaga.

1. Mengisi Kuisioner

Bekerja sebagai pengisi kuisioner merupakan pekerjaan freelance yang paling mudah untuk dikerjakan.
Yang harus dilakukan hanya mengisi kuesioner. Kekurangan pekerjaan ini adalah biasanya bayaran yang diterima sangat kecil. Namun jika kita bisa mengerjakan banyak kuisioner maka bayarannya pun bisa makin besar pula.

2. Menonton Live Streaming

Menonton live streaming juga tidak memerlukan keahlian atau keterampilan khusus. Kita hanya perlu menonton sebuah streaming dari klien yang memesan dan kemudian mendapat penghasilan.

Menjadi penonton live streaming, kita hanya perlu menyiapkan waktu untuk beberapa jam dan menyediakan koneksi internet serta perangkat yang digunakan seperti handphone atau laptop.

3. Mengetik Profesional

Di beberapa platform freelance banyak yang membutuhkan jasa mengetik buku, karya tulis, atau proposal. Bagi sobat yang mahir mengetik pastikan membuat portofolio yang menarik dan menawarkan jasa sobat di berbagai platform seperti Fastwork.

4. Entry Data

Pekerjaan entry data berhubungan dengan kegiatan administrasi. Tugasnya cukup sederhana yaitu hanya mengisi data sesuai dengan apa yang sudah diminta oleh klien. Pekerjaan ini membutuhkan banyak waktu karena biasanya data yang harus diinput bisa ribuan data.

5. Transcribe Audio

Pekerjaan freelance yang satu ini barangkali jarang diketahui oleh banyak orang. Namun pekerjaan ini cukup menjanjikan dan bisa dilakukan tanpa keterampilan khusus. Tugas seorang transcribe audio biasanya menuliskan tulisan sesuai dengan yang ada di rekaman atau audio.

6. Admin Social Media

Tugas admin social media yaitu membantu mengelola media sosial atau toko online milik klien. Pekerjaannya meliputi membuat laporan, membalas chat pelanggan, dan memroses pesanan. Penghasilan menjadi admin sosial media bisa makin besar jika kita bisa mengelola lebih dari satu akun media sosial atau toko online.

7. Jasa Ulasan atau Rating

Pekerjaan freelance online tanpa keahlian khusus yang selanjutnya yaitu menawarkan jasa memerikan review atau rating produk di toko online seperti Tokopedia, Lazada, atau Shopee. Biasanya pemberi review mendapat fee sebesar Rp. 25.000 untuk lima produk. Makin banyak produk yang direview maka makin besar juga penghasilan yang didapatkan.

8. Jasa Endorsement

Bagi sobat yang memiliki follower banyak di media sosial, bisa menawarkan jasa endorsement. Tawarkan harga per paket yang menarik untuk sekali upload di media sosial.

9. Jasa Voice Over

Menawarkan jasa voice over bisa dimanfaakan bagi sobat yang memiliki suara bagus. Untuk proyek berbahasa Indonesia harganya sekitar Rp. 350.000. Apabila sobat memiliki pengalaman yang banyak maka bisa menawarkan jasa voice over ke berbagai perusahaan besar maupun kecil.

Pekerjaan freelance sebagai voice over

Menjadi Freelancer Tanpa Keterampilan Khusus

Meskipun beberapa pekerjaan freelance bisa dilakukan tanpa keahlian khusus, namun ada beberapa kekurangan yang akan ditemui. Risiko pekerjaan freelance tanpa keterampilan khusus ini bisa membuat tingkat persaingan tinggi. Permintaan pekerjaan tersebut tinggi tetapi saingan kita pun akan bertambah banyak.

Berbeda dengan pekerjaan yang dilakukan dengan keahlian khusus, seperti website developer, data analyst, dan pekerjaan lain yang mengandalkan skill, pekerjaan tanpa keahlian biasanya bayarannya lebih rendah. Semua pekerjaan memang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, Oleh karenanya tinggal kita yang menentukan sendiri.

Di artikel terdahulu saya juga sudah pernah menulis tentang apa itu freelance, kelebihan dan kekurangannya. Selain itu ada juga tulisan tentang pekerjaan freelance untuk milenial dan pekerjaan freelance yang cocok untuk penulis. Silakan dibaca dan dipelajari, ya!
Bagaimana, apakah sobat juga tertarik untuk bekerja sebagai freelance online?

Salam takzim

Post a Comment

0 Comments