Rekomendasi Freelance yang Cocok untuk Milenial

Generasi milenial merupakan sebuah bagi generasi yang lahir antara tahun 1981- 1996. Generasi ini telah mengubah lanskap dunia kerja dengan pandangan mereka yang baru. Generasi milenial seperti anak saya, cenderung lebih memilih fleksibilitas, keseimbangan hidup, kemandirian, dan kebebasan dalam memilih pekerjaannya.

Pekerjaan yang makin diminati generasi milenial adalah freelancer. Pekerjaan ini dianggap sesuai dengan ini gaya hidup mereka. Freelance sendiri menggambarkan seorang yang bekerja secara mandiri dan tidak terikat kerja di perusahaan. Mereka bisa lebih fleksibel dalam mengatur waktu dan tempat kerja sendiri. Atas dasar itulah generasi milenial menyukai pekerjaan sebagai freelancer.

Mengapa Generasi Milenial Memilih Jadi Freelancer?

Milenial menjadi generasi yang memilih kebebasan, seperti kemungkinan menentukan penggabungan pekerjaan dengan gaya hidup yang fleksibel.

Bagi generasi milenial, bekerja secara freelance dipercaya mampu memperoleh penghasilan yang menguntungkan. Mereka beranggapan pekerjaan itu memberi mereka kesempatan untuk menentukan tarif mereka sendiri, menentukan harga produk atau jasa yang ditawarkan. Dan dalam banyak kasus, banyak freelance yang bisa mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan gaji di pekerjaan konvensional. Apalagi jika mereka mempunyai keterampilan yang banyak dicari atau spesialis di bidang tertentu.

Rekomendasi Freelance yang Cocok untuk Milenial

Selain itu, bekerja sebagai freelancer memberi kesempatan pada generasi milenial untuk mendapatkan peluang kerja global. Dengan dukungan teknologi internet, pekerjaan bisa dilakukan secara online, sehingga memungkinkan mendapatkan peluang kerjasama dengan klien yang ada di berbagai belahan dunia. Kondisi tersebut membuka peluang mendapatkan pekerjaan yang beragam dan menjangkau pasar lebih luas, dengan begitu pendapatan mereka pun bisa lebih meningkat.

Rekomendasi Jenis Freelance untuk Generasi Milenial

Menghadapi persaingan kerja yang semakin kompetitif, generasi milenial harus lebih pintar dan cerdik supaya bisa mendapat pekerjaan yang sesuai di masa yang akan datang.
Alih-alih menghadapi kompetisi pasar kerja yang semakin kompetitif, sebagian besar generasi milenial memilih mencari peluang kerja yang lebih luas dan praktis dikerjakan oleh mereka. Berikut ini beberapa peluang pekerjaan yang cocok untuk generasi milenial.

1. Freelance Video Editor

Keseharian generasi milenial sangat lekat dengan media sosial. Berbagai konten visual baik berupa gambar atau video menjadi jenis konten yang sangat diminati oleh masyarakat.
Tidak heran jika pekerjaan video editor cukup banyak dicari saat ini. Influencer yang menggunakan media YouTube sebagai channel utamanya biasanya membutuhkan video editor.

Dan untuk mengedit video yang menarik, tentunya dibutuhkan kemampuan yang mumpuni seperti menggunakan aplikasi edit video Lightworks, Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro dan aplikasi editor video lainnya.

2. Voice Over Talent

Pekerjaan online yang bisa dilakukan oleh generasi milenial di rumah yaitu jadi voice over talent. Tugas utama dari profesi ini yaitu mengisi suara pada konten iklan, video, atau live event. Keterampilan yang diperlukan untuk menjadi voice over talent yaitu kemampuan memberi penekanan dan intonasi yang baik saat menyampaikan pesan. Selain kemampuan mengisi suara, voice over talent juga harus bisa mengedit audio tersebut dengan meminimalisir suara bising selama perekaman suara.

3. Bisnis Produk Digital

Hidup di era teknologi digital, generasi milenial memiliki peluang bisnis produk digital. Produk digital ini mencakup file digital yang dapat diunduh atau diakses secara online seperti berbagai macam konten, layanan, atau perangkat lunak yang dibuat memenuhi kebutuhan atau memberikan solusi bagi konsumen.
Produk digital ini mencakup penjualan aplikasi, software, ebook hingga game.

Untuk generasi milenial yang memiliki kemampuan membangun aplikasi, keahlian ini bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan cuan. Caranya dengan membuat sebuah aplikasi dan kemudian mendistribusikannya melalui Google Play Store. Penghasilan yang diperoleh dari pembuatan aplikasi dapat diperoleh dari iklan dan fitur premium di aplikasi tersebut.

4. Freelance Data Entry

Bagi yang menguasai keterampilan di bidang Microsoft Excel dan memahami data berupa angka, bisa mengambil peluang menjadi freelancer data entry. Selain pekerjaannya terhitung mudah, penghasilan yang didapat pun cukup menjanjikan.

5. Kelola Podcast

Podcast ini merupakan konten audio yang cukup populer belakangan ini. Media podcast juga dipercaya bisa menjadi potensi sumber cuan yang cukup menjanjikan. Pendapatan mengelola podcast ini biasanya berasal dari monetisasi atau sponsor.

Mengelola podcast jadi pekerjaan milenial

Pekerjaan Freelance Pilihan Generasi Milenial

Pekerjaan freelance kini banyak dijadikan pilihan menjanjikan bagi generasi milenial karena memberikan fleksibilitas, kesempatan meningkatkan keterampilan, meningkatkan kemandirian, dan mengikuti passion mereka.

Namun menjalani pekerjaan freelance juga memiliki tantangan dan risiko yang harus dihadapi. Dengan sikap proaktif dan kemampuan manajemen yang baik, karir freelance dapat jadi pilihan yang sangat menguntungkan bagi generasi milenial.

Nah, bagi sobat yang ingin tahu rekomendasi pekerjaan freelance lainnya, bisa baca beberapa tulisan yang tentang pekerjaan freelance yang cocok untuk anak SMA , freelance untuk mahasiswa atau peluang freelance untuk ibu rumah tangga. Semoga bermanfaat.

Salam takzim


Post a Comment

0 Comments