Pekerjaan Freelance yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi seorang ibu itu jadi dambaan perempuan di mana saja dia berada. Begitu juga dengan saya. Saya sadar, untuk menjadi ibu rumah tangga pasti ada peran yang tidak bisa diabaikan. Dan peran ini adalah sebuah pilihan hidup.Ya, saat memutuskan untuk menikah dan jadi seorang istri, saya memutuskan untuk menempatkan rumah tangga sebagai prioritas.

Setelah menikah, saya menyadari akan ada pembagian tanggung jawab dalam keluarga. Masyarakat pada umumnya menganggap peran ibu itu hanya mengerjakan urusan domestik saja. Dan peran suami sebagai pencari nafkah.


Pekerjaan Freelance yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga


Padahal seorang ibu dan istri itu tetap insan yang punya cita-cita, kemampuan serta potensi. Menurut saya, seorang ibu rumah tangga juga punya hak untuk mengembangkan segala kemampuan dan potensi yang ada di dalam dirinya.

Atas dasar itulah yang pada akhirnya menguatkan saya untuk terus tetap beraktivitas dan berkarya dari rumah. Meskipun pak suami sudah menyanggupi untuk bertanggung jawab dalam hal finansial tapi saya tetap ingin bisa punya penghasilan sendiri. Selain untuk aktualisasi, rasanya lebih nyaman apabila bisa mandiri secara finansial.

Peluang Freelancer untuk Ibu Rumah Tangga

Saya sadar peran sebagai istri dan seorang ibu harus menjadi prioritas bagi saya. Nah, supaya saya bisa tetap fokus mengurus rumah tangga, menjadi freelancer jadi pilihan saya untuk terus berkarya dan memiliki penghasilan. Berikut ini beberapa pekerjaan freelance yang dapat dijalani oleh ibu rumah tangga.

1. Menulis Novel

Untuk menjadi penulis novel, kini banyak sekali platform yang mengajak penulis menuliskan novelnya di platform mereka. Salah satu platform yang bisa digunakan untuk menulis novel yaitu Canva. Platform ini menawarkan royalti hingga 60% bagi penulisnya.

Apabila tulisan kita banyak pembacanya, penulis bisa mendapatkan lima juta rupiah lebih dalam satu bulan. Platform Cabaca melakukan promosi setiap novel dengan adil. Jadi setiap penulis bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk dipromosikan.

2. Penulis Lepas

Berbeda dengan penulis novel, penulis lepas, bahasan cakupannya sangat luas. Sobat yang punya kemampuan menulis bisa jadi konten kreator atau bergabung dengan komunitas menulis untuk mendapatkan peluang kepenulisan seperti menulis artikel, skenario, dan tulisan lainnya.

3. Blogger

Freelancer yang cocok untuk ibu rumah tangga selanjutnya yaitu menjadi blogger. Jenis freelancer yang satu ini juga berhubungan dengan dunia menulis. Penghasilan yang bisa didapatkan dari menulis blog, dapat dibilang sebagai pasif income. Kita bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan syarat blog kita memiliki traffic yang tinggi.

Peluang Freelancer untuk Ibu Rumah Tangga

4. Momfluencer

Apa yang dimaksud momfluencer? Para emak yang bisa memengaruhi orang lain dari media sosial merupakan sebutan bagi momfluencer.

5. Admin Media Sosial

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, media sosial banyak dimanfaatkan untuk memromosikan produk sebuah brand.
Sobat bisa menjadi admin yang dikerjakan dari rumah. Tugas dari admin Media Sosial ini biasanya meliputi membuat postingan untuk konten, membalas komen, dan membangun kedekatan dengan audiens.

6. Guru Privat

Peluang kerjaan freelance yang cocok untuk ibu rumah tangga selanjutnya yaitu menjadi guru les privat. Untuk mengajar, guru tidak harus bertatap muka langsung dengan muridnya. Proses belajar bisa dilakukan secara online menggunakan zoom meeting atau google classroom.

7. Reseller atau Dropshipper

Peluang usaha yang tidak memerlukan modal besar dan bisa dilakukan di rumah oleh ibu rumah tangga yaitu jadi reseller atau dropshipper. Sistem usaha ini cukup sederhana dan bisa dilakukan sambil mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Cari pemasok yang memiliki produk dengan kualitas bagus dan harga murah. Kelebihan jadi reseller atau dropshipper ini, kita tidak perlu memasok barang yang akan dijual.

8. Usaha Catering

Ibu rumah tangga yang senang masak, bisa juga menyalurkan hobinya dengan membuka usaha catering. Jenis usaha katering ini cukup beragam, bisa dalam bentuk masakan, kue, minuman atau cemilan. Untuj saat ini usaha kuliner merupakan usaha yang menjanjikan dan bisa mendatangkan cuan.

9. Remote Customer Service

Saat ini pekerjaan menjadi customer service tidak harus dilakukan di kantor, loh! Tugas customer service seperti membalas email, melakukan live chat, atau call center dapat dilakukan dari rumah. Menggunakan sistem remote, kita bisa tetap melayani pelanggan dan klien.

10. Data Entry

Ibu rumah tangga yang hampir selalu melakukan kegiatannya di rumah, dapat mengambil peluang sebagai data entry. Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa data entry. Kondisi ini bisa dijadikan peluang bisnis yang auto cuan.

Rekomendasi freelancer untuk ibu rumah tangga

Freelancer Ibu Rumah Tangga 

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti kita harus terpaku hanya menjalankan tugas rumah. Boleh saja seorang ibu mengakutalisasikan dirinya dan memiliki penghasilan dari rumah. Bisa mandiri secara finansial bisa menjadi hal yang membanggakan, bukan? Oleh karenanya menjadi freelancer dipandang sebagai pekerjaan yang cocok untuk ibu rumah tangga. Bagaimana dengan sobat semua? Tertarik untuk menjadi freelancer juga? Yuk, sharing di kolom komentar!

Untuk sobat yang tertarik untuk menekuni pekerjaan freelance tapi masih bingung harus memulainya, boleh, loh, baca tulisan tentang cara jadi freelancer di blog ini! Selain itu di blog ini ada rekomendasi situs freelance yang paling cuan, yang bisa dipelajari. Semoga bermanfaat.

Salam takzim

Post a Comment

25 Comments

  1. Saya suka salut sama IRT yang juga nyambi sebagai freelancer, contohnya kayak mom blogger. Meski di tengah kesibukannya, mereka tetap produktif konsisten update artikel dan menyelesaikan banyak pekerjaan di rumah. Very nice article !!

    ReplyDelete
  2. sering banget nih di medsos aku lihat lowongan data entry. itu berarti kita cuma masukkin data yang udah ada gtu ya? eh, VA juga bisa kak dan lagi ngehype banget sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Mbak. Sering seliweran jadi VA atau Data Entry. Menarik juga ya kelihatannya...Hum...ada target-target gitu ga sih? Pelajari dulu deh...
      Sementara ini ya masih cocok sebagai bloger deh...

      Delete
  3. Wah iya sekarang peluang untuk IRT bisa bekerja dari rumah makin banyak ya... semangat terus untuk semua IRT!!

    ReplyDelete
  4. Buat ibu ibu rumah tangga, bisa banget nih coba. Selain bisa nambah pemasukan juga bisa buat nambah pengalaman dan kegiatan

    ReplyDelete
  5. Saya orangnya tidak bisa diam. Mungkin kalau sudah kembali jadi ibu rumah tangga, saya pun akan sibuk dengan beberapa pekerjaan freelance yang sesuai dengan kemampuan saya, menjadi fulltime blogger misalnya.

    ReplyDelete
  6. Banyak ragam pekerjaan lepas yang bisa dilakoni para ibu. Bahkan ini bisa jadi rekomendasi yang mau tambahan buat uang jajan atau jadi site job juga

    ReplyDelete
  7. Banyak banget ya freelancer bagi ibu rumah tangga. Tinggal sesuaikan dengan apa yang kita suka dan kemampuan. Salah satunya aku juga yang jadi Blogger untuk dapat penghasilan dari rumah, hehe.

    ReplyDelete
  8. Banyak ya peluangnya. Cs, admin, dan data entry apa masuk ke pekerjaam sebagai VA ya mbak?

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah, walau di rumah, ibu rumah tangga tetap bisa eksis dan menghasilkan cuan. ini semua memang dimudahkan dengan hadirnya sistem online di era digital. Jadi sesuaikan saja dengan pasion. Hasilnya pasti maksimal.

    ReplyDelete
  10. Freelance yang cocok buat IRT dengan passion menulis sih emang jadi penulis lepas, atau blogger. Menurutku jadi blogger tuh fleksibel banget dan bisa jadi pasif income juga. Tapi peluang jadi momfluencer sekarang juga makin terbuka sih.

    ReplyDelete
  11. Dari semua pilihan freelancer untuk ibu rumah tangga, baru tahu yang Data Entry. Bisa banget jadi pilihan ya untuk dilakukan dari rumah

    ReplyDelete
  12. Beberapa memang didukung banget sama perkembangan teknologi ya. Aku penasaran sama data entry dan remote CS tuh. Kok keknya asyik, hehe..

    ReplyDelete
  13. Ternyata banyak juga ya pekerjaan freelancer yang bisa dilakukan sama ibu rumah tangga. Sebenarnya mah nggak ada alasan bagi ibu rumah tangga untuk nggak bisa berkarya dari rumah. Karena nyatanya, kita bisa berkarya di mana saja. Iya kan?

    ReplyDelete
  14. Jadi blogger itu memang jalan pintas buat mengenal dunia penulisan. IStriku ini katanya pengen jadi blogger tapi ga bisa nulis, yaudah aku kasih paham dikit dikit mengenai pendapatan. Eh sekarang dia mau lagi belajar nulis artikel hahaha

    ReplyDelete
  15. Banyak banget peluang freelancer buat emak2 di rumah ya kak. Kita tinggal pilih sesuai kemampuan/skill yang dimiliki. Atau kalau blm pny skill, bs nambah dl dgn ikut kursus/ikut kerja dgn org lain. Semangat selalu buat emak2 yg tetap cuan meski di rumah aja.

    ReplyDelete
  16. Dulu pernah jadi guru privat sebelum punya anak hihi, keknya bakal bisa jadi guru privat lagi deeh setelah anakku SD wkwkkek

    ReplyDelete
  17. Di jaman serba digital sekarang memang kebutuhan tenaga manusia mulai tergantikan ya
    Tapi kalau tetap harus mencari nafkah ya apa adanya aja dikerjakan di rumah. Sepertinya peluang usaha atau pekerjaan saat di rumah banyak banget

    ReplyDelete
  18. Aku baru ngeuh deh Kak kalau Canva juga bisa jadi salah satu platform pilihan untuk menulis novel. Kalau Cabaca sih, iya, aku ngeuh.

    Apapun profesi utama yang dijalani, selama ada keinginan, pasti bisa dijalani sih ya. Apalagi kehadiran internet yang mendekatkan diri dengan berbagai peluang tanpa harus bekerja kantoran, makin banyak.

    ReplyDelete
  19. Banyak juga ya ternyata potensi pekerjaan untuk ibu rumah tangga dan selama ini yang sudah saya kerjakan baru menjadi Blogger, lainnya padahal banyak dan patut dicoba

    ReplyDelete
  20. Yes, blogger dan penulis lepas masuk rekomendasi ibu rumah tangga. Emang bener kok dengan jadi blogger kita tetap bisa mengasuh anak dan berpenghasilan dari rumah

    ReplyDelete
  21. Pengen nambah kerjaan deh selain jadi blogger biar bisa tetap kerja dari rumah, karena sangat menyenangkan untuk ibu dan anak.

    ReplyDelete
  22. Jadi inget kerjaan tiap hari scroll medsos muluu, teh..
    Huhuhu, coba kalau bisa lebih menghasilkan uang karena memanfaatkan Peluang Freelancer untuk Ibu Rumah Tangga, pasti lebih produktif yaa..

    ReplyDelete
  23. ikhtiar untuk mendapat penghasilan dari rumah buat IRT banyak ya pilihannya. tinggal disesuaikan dengan minat, skill dan kemampuan. bisa banget kan ibu berkarya dan berdaya dari rumah ya

    ReplyDelete
  24. Tambahan lagi kak, content creator dan afiliator. Sekarang kayaknya dua pekerjaan itu lagi trending dan diminati ibu rumah tangga

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^