Situs Freelance Terpercaya dan Paling Cuan

Saat ini untuk cari penghasilan tidak harus dilakukan di kantor dengan jam kerja yang mengikat. Dunia kerja sudah mulai masuk dalam gig economy. Yang dimaksud gig economy yaitu pasar tenaga kerja yang independen dan tidak terikat perjanjian kontrak kerja. Tren cara kerja ini dibuktikan dengan banyaknya situs freelance dan orang-orang yang memilih menjadi freelancer.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah banyak tersedia situs freelance yang menyediakan banyak pilihan pekerjaan sesuai minat dan skill. Untuk mendapatkan banyak klien dan bekerja sebagai freelancer secara full time, kita perlu aktif mencari klien untuk memperluas jaringan.

Situs Freelance Tepercaya dan Paling Cuan

Cara mendapatkan pekerjaan dari klien bisa dipermudah dengan tersedianya website freelance terbaik untuk membantu para freelancer.

Situs Freelance yang Bisa Menghasilkan Cuan

Situs freelance yang bisa dimanfaatkan untuk mencari cuan sudah banyak tersedia di pasaran. Mengingat banyaknya website cari kerja freelance yang berkembang, mari kita lihat situs freelance yang ada di Indonesia. Berikut ini situs freelance yang menyediakan berbagai pekerjaan untuk mendapatkan cuan.

1. Sribu

Pada awalnya Sribu dan Sribulancer merupakan website yang berbeda. Dulu Sribu lebih fokus untuk pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan desain. Namun kini Sribulancer dan Sribu sudah jadi satu, menyediakan berbagai jenis pekerjaan di bidang digital. Di situs ini freelancer bisa menemukan pekerjaan mulai dari desain grafis, penulisan artikel, pengembangan website, pembuatan konten video juga audio.

Bagi freelancer yang mempunyai keahlian di bidang digital seperti desain logo, web developer, content writing, dan keahlian digital lainnya, website Sribu bisa jadi pilihan yang tepat untuk mencari tambahan penghasilan.

Penggunaan website ini cenderung mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun. Tampilan website ini simpel dan rapi hingga memudahkan penggunanya.

2. Freelancer Indonesia

Website Freelancer Indonesia ini merupakan salah satu situs freelance terbesar. Website ini menyediakan hampir semua jenis pekerjaan.

Pengguna website Freelancer Indonesia cukup besar dengan jumlah user terdaftar sebanyak 32 juta user. Banyaknya jumlah user tersebut menjadikan platform ini sebagai penyedia berbagai jenis pekerjaan yang bisa dipilih sebagai freelancer.

Cara daftar di Freelancer Indonesia cukup mudah dan tanpa biaya. Kita bisa mencari keberuntungan untuk menawarkan jasa yang disediakan atau mencari jasa freelancer dari ratusan lowongan yang di-posting setiap hari.

3. Projects

Jenis pekerjaan yang tersedia di platform Projects kebanyakan di bidang teknologi. Website ini juga termasuk salah satu website terbesar yang menyediakan banyak job.
Jasa yang ditawarkan oleh website ini seputar teknologi seperti animasi dan 3D modeling, data entry, marketing dan sosial media, serta pekerjaan teknologi lainnya.

4. Fastwork

Seperti website sebelumnya, platform Fastwork ini juga menyediakan pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi. Penggunaan website ini simpel, mudah dan rapi.
Situs freelancer ini merupakan situs pencari kerja online yang dibentuk di New York pada tahun 2015, dan kemudian lebih fokus di area pasar Asia Tenggara.

Website Fastwork ini hanya membutuhkan waktu satu tahun untuk mendatangkan lebih dari 50.000 user terdaftar. Transaksinya pun sudah ribuan.
Di website yang masuk ke Indonesia pada tahun 2018 ini, kita bisa menemukan berbagai pekerjaan seputar teknologi seperti desain grafis sampai gaya hidup seperti menulis caption di media, atau jadi planner itinerary perjalanan.

5. KitaLulus

Website yang menyediakan pekerjaan di Indonesia ini memudahkan para freelancer untuk mendapatkan pekerjaan sesuai kompetensinya. Lowongan pekerjaan di KitaLulus jumlahnya ribuan dan berasal dari berbagai perusahaan tepercaya. Lowongan pekerjaan di KitaLulus sistem kerjanya full time dan ada juga yang kerjanya part time.

6. Indeed

Website yang tepercaya berikutnya yaitu Indeed. Tidak hanya pencari kerja yang profesional, di Indeed juga tersedia pekerjaan untuk mahasiswa yang mencari uang tambahan. Jenis pekerjaan yang ditawarkan berupa kerjaan full time hingga part time. Dianggap sebagai platform yang tepercaya karena pekerjaan yang tersedia merupakan lowongan dari perusahaan yang kredibel.

Lowongan pekerjaan di Indeed di-posting berupa iklan dan proses pendaftaran akan dialihkan ke website pemberi kerja. Penggunaan sistem seperti ini dapat mengurangi risiko adanya lowongan yang palsu.

7. LinkedIn

Website ini terkenal kredibel dengan reputasi yang baik. Umumnya pekerjaan yang tersedia seputar penulis dan penerjemah.
LinkedIn sendiri mulai populer sebagai situs pencari kerja freelance sejak pandemi Covid 19. Freelancer dapat memanfaatkan LinkedIn untuk mendapatkan pekerjaan remote atau pekerjaan lepas.

8. Fiverr

Jenis pekerjaan yang tersedia di Fiverr seputar digital marketing, pengelola media sosial, dan pengembangan website. Fitur yang ada di Fiverr memungkinkan freelancer untuk menampilkan portofolio berupa hasil pekerjaan yang pernah diselesaikan. Dengan begitu calon pengguna jasa tidak perlu mengontak freelancer satu persatu.

Kelebihan platform Fiverr ini yaitu jenis pekerjaan yang tersedia beragam dan pendaftaran pun tanpa biaya. Kekurangannya biaya komisi cukup tinggi dan proses pembayaran yang tidak cepat.
Selain menyediakan berbagai jenis pekerjaan, Fiverr juga menyediakan pelatihan gratis untuk mengembangkan keahlian freelancer dan mengajarkan penggunanya cara mendapatkan klien.

9. Upwork

Situs freelance tepercaya berikutnya adalah Upwork. Di situs ini pekerjaan yang ditawarkan berupa pemasaran merek, desain website, pemrograman dan pekerjaan digital lainnya.

Fitur yang ada di Upwork mendukung perjalanan karir freelancer seperti proses rekrutmen yang transparan, ruang kolaboratif, dan pembuatan invoice.
Website ini memberikan perlindungan meliputi pembayaran, proyek berbasis anggaran dan klien yang kredibel. Kekurangannya di sini proses seleksi lama dan biaya layanannya pun cukup tinggi.

10. OLX 

Pada umumnya orang mengenal OLX sebagai situs jula beli barang-barang second, kendaraan, atau properti. Padahal di situs OLX ini juga menyediakan tempat untuk menawarkan pekerjaan. Jenis pekerjaan freelance yang ditawarkan pun beragam, mulai dari penulis, guru hingga ketua arisan. Karena sudah dikenal oleh user secara umum, proses mencari lowongan pun cenderung mudah. Sayangnya di situs ini sistemnya belum terintegrasi hingga proses transaksi masih harus dilakukan di luar website.

Rekomendasi Situs Freelance

Mencari Peluang di Situs Freelance Tepercaya

Sebagai freelancer, kita bisa dengan bebas menentukan jenis pekerjaan yang akan diambil dan bebas untuk mengerjakannya di mana saja.
Dari beberapa situs freelance tepercaya yang sudah direkomendasikan, freelancer bisa memilih situs yang paling sesuai dengan pekerjaan freelance yang dikuasai.

Bagaimana? Cukup banyak situs freelancer yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan cuan, bukan? Sudah siap jadi freelancer, dapat cuan tanpa harus kerja kantoran? Atau masih bingung caranya? Yuk baca tulisan saya tentang cara memulai jadi freelancer dan artikel terkait lainnya!

Salam takzim

Post a Comment

20 Comments

  1. Peluang cari cuan sudah semakin meluas ya teh. Bukan hanya dari dunia kerja saja, tapi juga dari internet, salah satunya ya platform freelance ini yang kalau ditekuni bisa mendatangkan cuan yang menjanjikan.

    Setelah membaca artikel yang keren ini, saya baru tau loh kalo OLX juga menawarkan pekerjaan, termasuk freelance.

    Peluang mendapatkan cuan terbuka lebar, tinggal kitanya aja nih yang mau upgrade skill untuk berkesempatan mendapatkan pekerjaan di situs-situs freelancer tersebut.

    ReplyDelete
  2. Nah yang OLX nih gak sangka daku.
    Jadi puya tambahan rekomen nih buat bisa dapat peluang cuan di sana deng jadi freelancer

    ReplyDelete
  3. Wow baru tahu di olx kita juga bisa cari pekerjaan ternyata ya
    Saya mau coba ah
    Siapa tahu ada yg butuh tenaga freelance untuk optimalisasi sosmed, hehehe

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah sekarang semakin banyak situs freelance ya, Mbak. Jadi peluang semakin terbuka. Tinggal kita yang terus semangat menjemput rezeki.

    ReplyDelete
  5. Hahh ciyus OLX ada lowongan freelancer juga? Cuss ah ke webnya. So far baru coba Fastwork aja yg sistemnya mudah dimengerti. Kalau Upwork belum pernah tembus nih padahal ngiler ama dollarnya.

    ReplyDelete
  6. Sebenarnya banyak peluang untuk lebih produktif ya, saya sudah gabung di beberapa situs freelancer cuma belum fokus makanya belum memberikan hasil maksimal

    ReplyDelete
  7. Banyak banget ya kak pilihan mencari tempat freelancer di dunia maya. Aku sih beberapa udh ada yg tahu. Kyk LinkedIn, Sribu, Projects dll.

    Yg bikin aneh tuh OLX. Keren bgt perubahan platfotm sesuai zaman. Mulai dr tempat jual beli mobil bekas sampe skrg jd trmpat pencarian kerja freelancer. Salut sih utk perubahan haluannya.

    ReplyDelete
  8. Oh. OLX bisa buat nyari kerjaan juga toh? Kirain buat jualan barang aja. Dulu sempat sih jualan di OLX, tapi nggak merhatiin soak lowongan kerja.

    ReplyDelete
  9. Saat ini banyak orang menjadi freelancer. Keleluasaan mengatur waktu adalah salah satu alasannya. Beruntung karena ada banyak platform yang mempermudah freelancer mendapat pekerjaan.

    ReplyDelete
  10. Menjadi freelancer tak harus menunggu di call klien ya
    Tapi kita bisa jemput bola dengan mengakses situs situs di atas

    ReplyDelete
  11. Wah memang makin banyak situs freelance ya tapi harus hati-hati juga karena harus cari yang terpercaya

    ReplyDelete
  12. Wah makasih listnya kak. Aku butuh nih. Ijin save ya kak.

    ReplyDelete
  13. Wah, jadi sekarang Sribu sama Sribulancer udah satu ya? Keren banget! Bisa dibilang jadi semacam one-stop-shop buat para freelancer di bidang digital. Suka banget sama tampilan websitenya yang simpel dan rapi, pasti bikin pengguna nyaman dan gampang buat cari proyek baru. 💼👍

    ReplyDelete
  14. SItus beli kerjafreelance ini bermanfaat bbanget untuk menjembatani antara pencari kerja dan pencari karyawan, saya baru tahu beberapa referensi di atas

    ReplyDelete
  15. Banyak juga situs freelance yang bisa dikunjungi untuk mencari tambahan cuan. menarik buat dicoba nih.

    ReplyDelete
  16. Ada banyak jalan untuk bisa lebih menggali potensi dan rejeki.
    Dengan mengamati dan mencoba berbagai situs freelance, semoga bisa terus belajar dan berkembang dari segi pengalaman dan keilmuan.

    ReplyDelete
  17. masih banyak yang belum saya coba ni Mba Nurul, dan banyak yang ternyata menyediakan freelance ya dan menghasilkan uang pastinya, wajib cobain satu-satu

    ReplyDelete
  18. wah layak dicoba nih daftar situs freelance nya ^^ dulu pernah daftar di sribulance dan freelancer, tapi cuma daftar aja belum sampe cari2 peluang xD linkedin juga belum aku maksimalkan untuk cari job, hehe..

    ReplyDelete
  19. Wah boleh nig dicoba semuanya, lumayan buat nambah cuan. Eh saya baru tau kalau olx ternyata sekarang bisa dimanfaatkan buat cari jadi freelancer ya

    ReplyDelete
  20. Wah ternyata buat nyari kerjaan freelancer bisa lewat OLX sama kita lulus juga ya Kak aku ngiranya OLX cuma tempat jual beli barang bekas dan kita lulus cuma nyediain pekerjaan yang bukan freelance. nanti aku mau nyoba lihat lowongan kerja saya kedua tempat itu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^