Pekerjaan Freelance yang Cocok untuk Mahasiswa

Mengutip tulisan yang baru saja saya baca bahwa salah satu kecakapan hidup yang penting itu kemampuan untuk menata dan mengelola sumber daya yang dimiliki. Tujuannya supaya bisa mengambil keputusan yang bijak dalam hidupnya.

Salah satu kecakapan yang harus diasah yaitu kecakapan literasi finansial. Tidak hanya untuk orang dewasa, cakap dalam literasi keuangan juga harus diketahui oleh anak dan ditumbuhkan sejak dini.
Tidak begitu sulit bagi saya untuk mengenalkan literasi keuangan pada anak. Tanpa saya sadari, anak saya sudah biasa menerapkan konsep keuangan dan keterampilan pengelolaan keuangan sejak masih di bangku sekolah dasar.

Pekerjaan Freelance yang Cocok untuk Mahasiswa

Anak-anak saya sepertinya mengikuti jejak ayahnya yang berkecimpung di dunia bisnis. Anak perempuan saya senang berjualan di sekolahnya. Barang yang dijual mulai dari gantungan kunci, hingga alat tulis. Kini setelah menjadi mahasiswa pun dia tetap ingin punya penghasilan sendiri.

Sebenarnya banyak peluang usaha untuk mendapatkan penghasilan bagi seorang mahasiswa. Menjadi seorang freelancer juga bisa jadi alternatif memiliki penghasilan sendiri. Pekerjaan freelance cukup menjanjikan karena mahasiswa bisa mengatur jadwal kerjanya sendiri, mengasah keterampilan, dan mendapatkan pengalaman yang berguna untuk karir mereka di masa depan.

Anak saya tidak bisa fokus atau mencurahkan semua waktunya untuk mendapatkan penghasilan karena harus kuliah. Oleh karenanya menjadi freelancer merupakan pilihan yang tepat bagi mahasiswa.
Lalu apa saja pekerjaan freelance yang cocok untuk mahasiswa?

Rekomendasi Pekerjaan Freelance untuk Mahasiswa

Mahasiswa zaman sekarang lebih mudah untuk mendapatkan penghasilan tambahan sambil mengejar pendidikan. Tersedianya teknologi internet dan merebaknya tren digital marketing telah membuka kesempatan untuk menekuni pekerjaan sebagai freelance. Berikut ini rekomendasi pekerjaan freelance yang cocok untuk mahasiswa.

1. Content Writer (Penulis Konten)

Kemampuan untuk menulis sebenarnya sudah dimiliki oleh para mahasiswa. Karena anak kuliahan sudah terbiasa menulis untuk tugas kuliah, bukan?

Nah jadi freelance penulis konten bisa memberikan kesempatan kerja di berbagai platform.
Kesempatan kerja yang bisa diambil misalnya menulis artikel di blog, deskripsi produk, konten situs web, dan banyak lagi.

Pendapatan sebagai seorang content writer bervariasi tergantung pada pengalaman penulis, jenis konten yang dihasilkan, dan klien yang mengajak kerja sama. Untuk mendapatkan penghasilan yang maksimal, tentunya harus dibarengi dengan skill, pengalaman, dan portofolio sebagai content writer.

2. Sosial Media Manajemen

Pekerjaan freelance yang cocok untuk mahasiswa berikutnya yaitu menjadi sosial media management. Tugas pekerjaan ini meliputi mengelola posting, berinteraksi dengan audiens, dan bisa menganalisa statistik media sosial. Pekerjaan satu ini cukup menarik dan bisa menghasilkan pendapatan antara Rp. 2.000.000 hingga Rp. 8.000.000 setiap bulannya, tergantung pada jumlah akun yang dikelola dan kompleksitas tugas.

Seperti pekerjaan freelance lainnya, menjadi sosial media management, kita perlu menyiapkan portofolio untuk meyakinkan klien yang akan bekerja sama.

3. Desain Grafis

Bagi mahasiswa yang memiliki keahlian desain grafis, pekerjaan freelance ini bisa dijadikan peluang usaha untuk mendapatkan penghasilan.

Saat ini banyak perusahaan dan perorangan yang mencari desainer yang bisa menciptakan poster, brosur, logo, dan materi untuk pemasaran lainnya.
Supaya bisa diajak kerja sama dengan klien sebaiknya persiapkan portofolio desain dan kemudian bangun personal branding sebagai freelancer desain grafis yang profesional.

4. Affiliate Marketing (Pemasaran Affiliasi)

Pekerjaan freelance berikutnya yang bisa dilakukan oleh mahasiswa yaitu sebagai seorang affiliate marketing. Pekerjaan ini memerlukan kemampuan kita memromosikan produk atau jasa layanan klien sehingga kita bisa mendapatkan komisi.

Sebagai seorang mahasiswa, sobat bisa memanfaatkan blog atau media sosial sebagai media pemasaran produk tertentu dan menghasilkan cuan dari setiap transaksi penjualan yang berhasil.

5. Translator (Penerjemah)

Mahasiswa yang ingin jadi freelancer bisa juga memanfaatkan kemampuan menguasai beberapa bahasa sebagai penerjemah. Saat ini banyak kalangan yang membutuhkan penerjemah dokumen, materi pemasaran, dan konten berbahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

6. Fotografi

Mahasiswa yang punya hobi foto-foto, bisa juga loh menjual hasil karyanya di platform stock foto. Selain menjual foto di platform foto, mahasiswa juga bisa menerima proyek pemotretan. Biasanya proyek yang membutuhkan jasa fotografer dilakukan di akhir minggu, waktu yang tepat di saat perkuliahan sedang libur.

Pendapatan yang bisa diperoleh dari fotografi tergantung dari jumlah foto yang terjual, tingkat kemampuan fotografernya, dan kualitas karya yang dihasilkan. Tips untuk mendapatkan klien, pastikan sobat memiliki portofolio yang menarik dalam bidang fotografi terutama foto produk.

Pekerjaan Freelancer Fotografer

7. Pengembang Web (Web Development)

Freelancer yang menggeluti bidang pengembang web merupakan salah satu freelance yang memiliki penghasilan tertinggi saat ini. Tugas pengembang web yaitu membuat atau mengelola pengembangan situs web untuk perusahaan atau perseorangan. Pendapatan seorang pengembang web tergantung pada tingkat keterampilan dan ukuran proyek. Untuk bisa mendapatkan proyek ini, pastikan untuk meningkatkan kemampuan pemrograman yang kuat dan portofolio yang menampilkan hasil website buatannya sebagai dasar untuk memikat hati klien.

Pekerjaan Freelance Untuk Mahasiswa

Jadi seorang freelancer merupakan salah satu peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa. Sistem kerjanya yang menawarkan fleksibilitas waktu, memungkinkan mahasiswa untuk bisa mengatur waktu kerja dengan jadwal kuliahnya. Selain itu, menjadi freelancer dapat membantu mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja, mengembangkan keterampilan, memperluas jaringan, dan membangun reputasinya di bidang tertentu.

Atas dasar itulah saya selaku orang tua tetap mendukung anak saya mengambil peluang jadi freelancer sambil mengejar pendidikannya.
 
Setelah kakaknya, sekarang giliran adiknya yang bisa juga memiliki kesempatan yang sama. Anak kedua saya kini masih duduk di bangku SMK. Dan ternyata banyak juga pekerjaan freelancer yang cocok untuk anak SMA/SMK. Nantikan ulasan lebih lengkapnya dalam artikel yang akan saya tulis, ya.

Oh iya, sambil menunggu artikelnya tayang, sobat juga bisa membaca tulisan tentang pekerjaan freelancer yang cocok untuk ibu rumah tangga atau ulasan lengkap mengenai situs freelance terpercaya dan paling cuan untuk mencari proyek pekerjaan.
Semoga bermanfaat.

Salam takzim


Post a Comment

9 Comments

  1. Anak muda zaman now, wajib baca ini nih supaya bisa memanfaatkan canggihnya teknologi. Ada hp, ada laptop, bisa banget jadi cuan ya selama mau berusaha.

    ReplyDelete
  2. dulu teman-teman banyak yang nyambi sebagai translator dan jasa pengetikan gitu, lumayan banget dapatnya, apalagi pas skripsi butuh duit banyak, jadi kerjaan sampingan tuh nolong banget untuk mahasiswa

    ReplyDelete
  3. Mahasiswa kalau gak mau diam, suka cari uang, memang banyak peluang sebenarnya. Tinggal balik ke mereka masing-masing sih. Yang kerja pakai tenaga juga banyak. Kaya gini tuh lumayan buat nambah pengalaman

    ReplyDelete
  4. Sekarang tu kayaknya semakin dini bisa menghasilkan uang semakin bagus ya hahaa...Peluangnya juga banyak jadi bisa disambi sekolah atau kerja formal lainnya..

    ReplyDelete
  5. Menumbuhkan jiwa bisnis ke anak ini mbak, yang saya belum bisa. Sampai saat ini baru kasih literasinya saja.

    ReplyDelete
  6. Aku ingat dulu masih kuliah dapat kesempatan freelance. Senangnya luar biasa. Semoga sekarang dengan berkembangnya digutal kesempatan jadi content writer buat mahasiswa makin terbuka luas. Begitujuga jadi fotografer

    ReplyDelete
  7. Mahasiswa bisa mulai menapaki karir nih lewat pekerjaan sebagai freelance ya. Apalagi banyak pilihannya, bisa disesuaikan dengan skill yang dimiliki

    ReplyDelete
  8. Anak kuliahan, bahkan anak SMK sekarang pun banyak yang jadi freelance ya mbak. Asal punya ketrampilan, terutama di bidang teknologi informasi, banyak peluang untuk menjadi freelance

    ReplyDelete
  9. Sebentar lagi anak saya libur kuliah. Biasanya memang suka agak lama. Saya suka minta cari kerjaan sampingan. Biar dia ada pengalaman juga.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^