Pekerjaan Freelance yang Cocok untuk Anak SMA

Berkat teknologi, semua lini kehidupan kita bisa dijalankan lebih mudah dan praktis. Sekarang semua bisa dilakukan secara online menggunakan teknologi internet. Termasuk dalam hal mencari penghasilan. Kita bisa lebih mudah mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan internet. Pekerjaan bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan dari mana saja.

Memanfaatkan peluang usaha secara online ini sudah menjadi hal yang biasa di keluarga saya. Saya dan suami sudah beberapa tahun ini memilih bekerja secara online, bekerja di rumah sebagai freelancer. Anak sulung saya juga terbiasa melakukan bisnisnya secara online. Tinggal anak bungsu saya nih, yang masih di SMA/SMK yang harus dikenalkan dengan pekerjaan freelance.
Pekerjaan Freelance yang Cocok untuk Anak SMA

Selama ini anak lelaki saya sudah terbiasa dengan dunia online. Selain main game, dia juga senang mengerjakan edit video.
Sekolah di SMK jurusan DKV, membuat anak bungsu saya jadi lebih intens menekuni dunia online. Kegiatan membuat desain grafis kini sudah jadi kegiatannya sehari-hari. Kegiatannya tersebut membuat saya semakin mudah untuk mengarahkan anak saya itu untuk mencari peluang sebagai freelancer.

Memang ada kerjaan freelance untuk anak SMA/SMK? Wah, ada. Banyak, loh!

Pekerjaan Freelance untuk anak SMA/SMK

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kini banyak orang yang sudah memanfaatkan kemajuan teknologi. Termasuk anak sekolah tingkat atas yang menjadi freelancer sebagai salah satu pekerjaan sampingan yang populer di kalangan mereka.

1. Guru Bimbingan Belajar

Saat ini banyak anak siswa Sekolah Dasar dan SMP yang membutuhkan bantuan tambahan dalam mata pelajaran tertentu. Kondisi ini bisa dijadikan peluang usaha sebagai guru les atau guru privat. Bagi anak SMA/SMK yang memiliki prestasi belajar di mata pelajaran tertentu seperti bahasa Inggris, Matematika, atau IPA, bisa menawarkan jasa les privat kepada siswa yang membutuhkan bantuan tambahan. Kegiatan belajar mengajarnya bisa dilakukan dengan fleksibel, menyesuaikan dengan waktu sekolah. Bisa dilaksanakan langsung di rumah siswa atau menggunakan platform online.

2. Jualan Online

Seperti anak sulung saya yang menjalankan bisnisnya secara online, adiknya yang masih di SMA pun bisa berjualan online. Pekerjaan sampingan ini termasuk yang populer di kalangan remaja.

Produk yang bisa dijual oleh anak SMA antara lain makanan ringan, aksesoris, atau pakaian. Proses bisnisnya bisa dijalankan melalui platform online seperti Facebook, Instagram, Tiktok atau platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia.

3. Content Creator

Pekerjaan freelance sebagai content creator ini sudah dijalani oleh sahabat anak saya. Bujang saya cerita kalau sahabatnya akhir-akhir ini aktif bermain sosial media dan rajin berinteraksi dengan pengikutnya di media tersebut.

Tugas content creator itu menciptakan konten yang menarik dan informatif, seperti foto, video, gambar, dan tulisan untuk diterbitkan di platform online. Banyak media yang dapat digunakan oleh content creator seperti TikTok, Instagram, YouTube, dan blog pribadi. Sebaiknya content creator membuat konten yang menarik, informatif, dan bervariasi mengenai sebuah topik tertentu yang sedang kekinian atau menjadi interest baginya.

4. Penulis Artikel

Peluang pekerjaan freelance untuk anak SMA/SMK selanjutnya yaitu menjadi penulis artikel. Bagi siswa yang punya kemampuan untuk menyusun informasi kemudian merangkainya dalam kalimat yang menarik, pekerjaan freelance ini patut dicoba.

Ada beberapa situs yang menerima kiriman tulisan dan membayar penulis yang membuat artikel dengan topik tertentu seperti pendidikan, teknologi, kesehatan, dan bisnis. Situs yang membayar tulisan penulis di antaranya WriterAccess, Feverr.com, UpWork.com, Sribu.com, dan lainnya.

Freelancer sebagai Penulis

5. Asisten Virtual

Anak SMA SMK bisa juga mengambil peluang sebagai asisten virtual untuk menambah penghasilan. Tugas sebagai asisten virtual ini melakukan pekerjaan yang ditugaskan dan dibutuhkan oleh klien. Asisten virtual ini membantu menyelesaikan tugas-tugas administratif seperti menyusun dokumen, mengatur jadwal, atau menjawab email.

Kita bisa menawarkan jasa sebagai asisten virtual di platform online seperti Upwork atau Fiverr.

6. Influencer

Menjadi influencer di media sosial juga bisa dijadikan peluang usaha yang menjanjikan bagi siswa SMA. Pekerjaan ini cocok dengan siswa yang senang berinteraksi dengan dunia sosial. Sesuai namanya, influencer memiliki keistimewaan dalam menyebarkan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Pendapatan yang diperoleh dari kerjaan influencer di antaranya penghasilan dari iklan, sponsor, dan endorsement. Untuk bisa mendapatkan penghasilan yang maksimal sebaiknya influencer membangun personal branding yang kuat.

7. Desainer Grafis

Pekerjaan freelance sebagai desainer grafis ini merupakan pekerjaan yang paling cocok untuk anak bungsu saya. Sesuai dengan jurusannya yaitu DKV. Kebetulan perangkat yang dibutuhkan untuk jadi freelancer desainer grafis sudah ada, seperti smartphone dan laptop. Karya yang dihasilkan oleh seorang desainer grafis dapat berupa logo, brosur, banner, dan desain digital lainnya.

Situs yang direkomendasikan untuk menawarkan jasa desain grafis yaitu Sribu.com, Fiverr.com, Upwork.com, 99design.com dan situs lainnya.

8. Data Entry

Tugas sebagai data entry bisa dijadikan peluang mendapatkan penghasilan bagi siswa SMA. Pekerjaan yang harus dilakukan seperti membuat laporan dalam berbagai format, melakukan tugas administrasi dan memasukkan data ke dalam database tertentu. Pekerjaan yang satu ini membutuhkan ketelitian dan kemampuan mengetik menggunakan laptop/PC.

Peluang Pekerjaan Freelance untuk Siswa SMA/SMK

Mempunyai penghasilan sendiri merupakan hal yang didambakan bagi siswa SMA/SMK. Tujuannya selain untuk mendapatkan uang tambahan untuk jajan, belanja keperluan pribadi, koleksi yang berhubungan dengan hobi, juga memiliki tabungan sendiri.

Memanfaatkan era digital yang semakin berkembang, siswa SMA/SMK bisa memilih pekerjaan online sebagai penulis, desainer grafis, jualan online, dan pekerjaan freelance lainnya.

Sebagai siswa yang tugas utamanya belajar, banyak hal yang perlu diperhatikan untuk menekuni pekerjaan freelance. Karena jangan sampai pekerjaan bisa mengganggu tugas belajar. Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan, dan keterampilan. Sesuaikan juga dengan waktu belajar dan memperhatikan waktu untuk istirahat.

Itulah beberapa pekerjaan freelance yang cocok untuk anak SMA. Sebelumnya saya juga sudah mengulas tentang pekerjaan freelance untuk mahasiswa dan IRT, dalam artikel freelance untuk mahasiswa dan freelance untuk ibu rumah tangga.
Dan untuk yang membutuhkan informasi tentang situs freelance, bisa membaca ulasan lengkapnya dalam artikel situs freelance paling cuan.
Semoga bermanfaat.
Salam takzim

Post a Comment

25 Comments

  1. Banyak juga ya ide bisnis yang mudah untuk anak SMA, keponakanku juga masih SMA tapi dia udah pinter banget jadi reseller suatu langganan layanan streaming

    ReplyDelete
  2. Kebetulan banget nih kak, saya ada ponakan yang sebentar lagi SMA. Ketimbang waktu habis untuk hal ga jelas, rasanya bisa diisi dengan kegiatan yg lebih bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Memang bener nih Teh. Anak SMA/SMK harus udah mulai cari duit sendiri sih. Jadi ntar mau kuliah engga pusing UKT naik, udah biasa nyari tambahan. Pendidikan tetep jalan, dompet juga engga melompong...

    ReplyDelete
  4. Menjadi freelancer di masa SMA bisa menjadi pengalaman berharga yang membantumu mengembangkan soft skills, seperti komunikasi, manajemen waktu, dan tanggung jawab. Selain itu, juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dan membangun portofolio untuk masa depan.

    Ingatlah untuk selalu memprioritaskan pendidikan dan atur waktu dengan bijak agar kesuksesan di dunia freelance tidak mengorbankan prestasi belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya apalagi sekarang makin mudah ya berkarya, makin maju teknologinya asal mau belajar yg positif

      Delete
  5. Anak sekolah pun dengan punya skill yang oke, bisa nih menggeluti bidang freelance ini. Dengan begitu bisa punya pengalaman dan malah siapa tahu punya bisnis sendiri nantinya

    ReplyDelete
  6. pekerjaan online ini memang memudahkan siapapun ya, asal mau tekun dan berusaha pasti bisa dapat kerjaan online..

    ReplyDelete
  7. Data entry sama penulis lepas cocok banget sih emang, apalagi buat ngisi liburan kek gini, daripada ga ngapa ngapain di rumah yee kan hihi

    ReplyDelete
  8. Anak SMA yang jualan online di marketplace ... berarti yang udah 17 tahun ya, Teh? Yang udah punya KTP. Anakku kemarin sempet nanya2 soal kerja freelance.

    ReplyDelete
  9. Seiring perkembangan zaman, maka semakin terbuka juga banyak peluang bagi anak SMA ya. Apalagi bisa dilakukan di mana saja disela-sela waktu sekolah. Kalau zaman saya, paling bisanya menulis cerpen remaja. Lalu kirimnya butuh modal prangko juga. Nunggunya lama, dan berkali-kali ditolak hehehe.
    Jadi anal SMU sekarang, harus memanfaatkan peluang yang ada dan terus mengembangkan potensi dirinya.

    ReplyDelete
  10. Jaman sekarang ya, bahkan anak SMA pun ada pilihan freelance yang beragam dan menghasilkan. Jadi, benar-benar membantu keluarga.

    ReplyDelete
  11. anak sma sekarang udah mudah mencari penghasilan tambahan, jadi seharusnya gak minta2 lagi ke orang tua dong, kan udah ada channelnya. tinggal berdayakan diri dan jadi kreatif

    ReplyDelete

  12. Anak sma dan seusianya sepertinya lebih bagus untuk diarahkan dalam desain grafis. Di dunia digital ini desain grafis banyak dibutuhkan dan belajrnya juga otodidak sangat bisa.


    ReplyDelete
  13. Anak SMA zaman now tuh rata2 udh cerdas semua berdasarkan bidangnya. Mereka yg anak Gen Z selalu pgn instan terkenal. Salah satu caranya ya jadi kreator konten. Dgn hanya joget2 aja, bs dpt banyak followers. Datengin cuan gampang bgt tuh. Mantap.

    ReplyDelete
  14. Anak muda zama sekarang memang harus udah melek dengan dunia digital karena kesempatan belajar dan mendapatkan uang sangat besar asalkan mau belajar dan kerja keras

    ReplyDelete
  15. Saya sempat berpikir seperti ini, seandainya perkembangan dunia digital berkembang pesat seperti sekarang saat saya SMA. Saya pasti akan menulis dari dulu. Tapi, menyesal tiada guna. Dan pesan saya buat anak SMA, ada pekerjaan freelance yang cocok buat kalian. Pilihannya banyak, salah satunya jadil penulis artikel lepas.

    ReplyDelete
  16. Dulu jaman aku SMA, keknya belum ada kepikiran mau freelance apaan ya, haha.. Tapi kalo sekarang ya sesuai jamannya sih, apa² serba digital soalnya.

    ReplyDelete
  17. Wah bisa jadi pengalaman berharga nih, sambil sekolah sambi nge-freelance. Banyak juga peluangnya ya...

    ReplyDelete
  18. wah anak sma sekarang udah bisa cari penghasilan sendiri ya, dan semuanya bisa dikerjakan secara online dirumah atau di luar rumah, asal gak disekolah aja, hehehe

    ReplyDelete
  19. Wah banyak juga ya, pekerjaan sambilan untuk anak SMA, aku dulu kenapa ya nggak kepikiran sampe jauh untuk sekolah sambil bekerja.

    ReplyDelete
  20. Sekarang peluang usaha semakin terbuka lebar
    Tidak perlu menunggu lulus sekolah, masih SMA pun banyak pekerjaan freelance yg bisa dijalankan tanpa meninggalkan pendidikan

    ReplyDelete
  21. Dengan perkembangan teknologi peluang belajar untuk mencari uang juga terbuka semakin luas ya kak untuk anak sekolah. Jadi anak-anak bisa memanfaatkan waktu dengan efektif dengan belajar bekerja sedari dini. Kalau anak sekolah aq pikirnya belajar ya kak, bukan bekerja murni. Bagus untuk melatih kemampuan anak-anak didunia kerja.

    ReplyDelete
  22. Anak SMA sekarang kreatif-kreatif yaa, teh..
    Aku suka karena mereka bisa mencoba banyak hal dan menekuninya. Anaknya teteh menginspirasi.

    ReplyDelete
  23. Dulu pas jaman saya SMA, kantor pos juga membuka lowongan untuk anak SMA selama masa liburan sih, entah sekarang masih ada atau tidak

    ReplyDelete
  24. Anak SMA sekarang bisa ya ngelakuin pekerjaan online. Gak kayak dulu yang baru bisa dilakukan setelah lulus. Jaman makin maju. Teknologi pun cepat dikuasai anak muda

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^