Pekerjaan Freelance yang Cocok untuk Anak SMA

Berkat teknologi, semua lini kehidupan kita bisa dijalankan lebih mudah dan praktis. Sekarang semua bisa dilakukan secara online menggunakan teknologi internet. Termasuk dalam hal mencari penghasilan. Kita bisa lebih mudah mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan internet. Pekerjaan bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan dari mana saja.

Memanfaatkan peluang usaha secara online ini sudah menjadi hal yang biasa di keluarga saya. Saya dan suami sudah beberapa tahun ini memilih bekerja secara online, bekerja di rumah sebagai freelancer. Anak sulung saya juga terbiasa melakukan bisnisnya secara online. Tinggal anak bungsu saya nih, yang masih di SMA/SMK yang harus dikenalkan dengan pekerjaan freelance.
Pekerjaan Freelance yang Cocok untuk Anak SMA

Selama ini anak lelaki saya sudah terbiasa dengan dunia online. Selain main game, dia juga senang mengerjakan edit video.
Sekolah di SMK jurusan DKV, membuat anak bungsu saya jadi lebih intens menekuni dunia online. Kegiatan membuat desain grafis kini sudah jadi kegiatannya sehari-hari. Kegiatannya tersebut membuat saya semakin mudah untuk mengarahkan anak saya itu untuk mencari peluang sebagai freelancer.

Memang ada kerjaan freelance untuk anak SMA/SMK? Wah, ada. Banyak, loh!

Pekerjaan Freelance untuk anak SMA/SMK

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kini banyak orang yang sudah memanfaatkan kemajuan teknologi. Termasuk anak sekolah tingkat atas yang menjadi freelancer sebagai salah satu pekerjaan sampingan yang populer di kalangan mereka.

1. Guru Bimbingan Belajar

Saat ini banyak anak siswa Sekolah Dasar dan SMP yang membutuhkan bantuan tambahan dalam mata pelajaran tertentu. Kondisi ini bisa dijadikan peluang usaha sebagai guru les atau guru privat. Bagi anak SMA/SMK yang memiliki prestasi belajar di mata pelajaran tertentu seperti bahasa Inggris, Matematika, atau IPA, bisa menawarkan jasa les privat kepada siswa yang membutuhkan bantuan tambahan. Kegiatan belajar mengajarnya bisa dilakukan dengan fleksibel, menyesuaikan dengan waktu sekolah. Bisa dilaksanakan langsung di rumah siswa atau menggunakan platform online.

2. Jualan Online

Seperti anak sulung saya yang menjalankan bisnisnya secara online, adiknya yang masih di SMA pun bisa berjualan online. Pekerjaan sampingan ini termasuk yang populer di kalangan remaja.

Produk yang bisa dijual oleh anak SMA antara lain makanan ringan, aksesoris, atau pakaian. Proses bisnisnya bisa dijalankan melalui platform online seperti Facebook, Instagram, Tiktok atau platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia.

3. Content Creator

Pekerjaan freelance sebagai content creator ini sudah dijalani oleh sahabat anak saya. Bujang saya cerita kalau sahabatnya akhir-akhir ini aktif bermain sosial media dan rajin berinteraksi dengan pengikutnya di media tersebut.

Tugas content creator itu menciptakan konten yang menarik dan informatif, seperti foto, video, gambar, dan tulisan untuk diterbitkan di platform online. Banyak media yang dapat digunakan oleh content creator seperti TikTok, Instagram, YouTube, dan blog pribadi. Sebaiknya content creator membuat konten yang menarik, informatif, dan bervariasi mengenai sebuah topik tertentu yang sedang kekinian atau menjadi interest baginya.

4. Penulis Artikel

Peluang pekerjaan freelance untuk anak SMA/SMK selanjutnya yaitu menjadi penulis artikel. Bagi siswa yang punya kemampuan untuk menyusun informasi kemudian merangkainya dalam kalimat yang menarik, pekerjaan freelance ini patut dicoba.

Ada beberapa situs yang menerima kiriman tulisan dan membayar penulis yang membuat artikel dengan topik tertentu seperti pendidikan, teknologi, kesehatan, dan bisnis. Situs yang membayar tulisan penulis di antaranya WriterAccess, Feverr.com, UpWork.com, Sribu.com, dan lainnya.

Freelancer sebagai Penulis

5. Asisten Virtual

Anak SMA SMK bisa juga mengambil peluang sebagai asisten virtual untuk menambah penghasilan. Tugas sebagai asisten virtual ini melakukan pekerjaan yang ditugaskan dan dibutuhkan oleh klien. Asisten virtual ini membantu menyelesaikan tugas-tugas administratif seperti menyusun dokumen, mengatur jadwal, atau menjawab email.

Kita bisa menawarkan jasa sebagai asisten virtual di platform online seperti Upwork atau Fiverr.

6. Influencer

Menjadi influencer di media sosial juga bisa dijadikan peluang usaha yang menjanjikan bagi siswa SMA. Pekerjaan ini cocok dengan siswa yang senang berinteraksi dengan dunia sosial. Sesuai namanya, influencer memiliki keistimewaan dalam menyebarkan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Pendapatan yang diperoleh dari kerjaan influencer di antaranya penghasilan dari iklan, sponsor, dan endorsement. Untuk bisa mendapatkan penghasilan yang maksimal sebaiknya influencer membangun personal branding yang kuat.

7. Desainer Grafis

Pekerjaan freelance sebagai desainer grafis ini merupakan pekerjaan yang paling cocok untuk anak bungsu saya. Sesuai dengan jurusannya yaitu DKV. Kebetulan perangkat yang dibutuhkan untuk jadi freelancer desainer grafis sudah ada, seperti smartphone dan laptop. Karya yang dihasilkan oleh seorang desainer grafis dapat berupa logo, brosur, banner, dan desain digital lainnya.

Situs yang direkomendasikan untuk menawarkan jasa desain grafis yaitu Sribu.com, Fiverr.com, Upwork.com, 99design.com dan situs lainnya.

8. Data Entry

Tugas sebagai data entry bisa dijadikan peluang mendapatkan penghasilan bagi siswa SMA. Pekerjaan yang harus dilakukan seperti membuat laporan dalam berbagai format, melakukan tugas administrasi dan memasukkan data ke dalam database tertentu. Pekerjaan yang satu ini membutuhkan ketelitian dan kemampuan mengetik menggunakan laptop/PC.

Peluang Pekerjaan Freelance untuk Siswa SMA/SMK

Mempunyai penghasilan sendiri merupakan hal yang didambakan bagi siswa SMA/SMK. Tujuannya selain untuk mendapatkan uang tambahan untuk jajan, belanja keperluan pribadi, koleksi yang berhubungan dengan hobi, juga memiliki tabungan sendiri.

Memanfaatkan era digital yang semakin berkembang, siswa SMA/SMK bisa memilih pekerjaan online sebagai penulis, desainer grafis, jualan online, dan pekerjaan freelance lainnya.

Sebagai siswa yang tugas utamanya belajar, banyak hal yang perlu diperhatikan untuk menekuni pekerjaan freelance. Karena jangan sampai pekerjaan bisa mengganggu tugas belajar. Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan, dan keterampilan. Sesuaikan juga dengan waktu belajar dan memperhatikan waktu untuk istirahat.

Itulah beberapa pekerjaan freelance yang cocok untuk anak SMA. Sebelumnya saya juga sudah mengulas tentang pekerjaan freelance untuk mahasiswa dan IRT, dalam artikel freelance untuk mahasiswa dan freelance untuk ibu rumah tangga.
Dan untuk yang membutuhkan informasi tentang situs freelance, bisa membaca ulasan lengkapnya dalam artikel situs freelance paling cuan.
Semoga bermanfaat.
Salam takzim

Post a Comment

0 Comments