Jenis Pekerjaan Freelance yang Cocok untuk Penulis

Di tengah kondisi ekonomi yang sempat terpuruk saat pandemi, bekerja secara lepas atau freelance jadi makin populer di Indonesia. Sistem kerja remote karena situasi pandemi, membuat masyarakat terbiasa bekerja dari jarak jauh. Menjadi freelancer ini menghadirkan peluang baru yang menjanjikan. Sistem kerja yang fleksibel membuat pekerjaan ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja tergantung kepada kita yang menentukan semuanya sendiri.

Jenis Pekerjaan Freelance yang Cocok untuk Penulis


Bagi yang menyukai dunia menulis, pekerjaan freelance di bidang menulis pun makin banyak peluangnya. Sejak bergabung di beberapa komunitas penulis, saya juga banyak mendapat informasi bahwa pekerjaan menulis ini banyak jenisnya. Apalagi seiring dengan berkembangnya dunia digital dan informasi, kini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penulis untuk mengenalkan produk dan brand mereka secara online.

Pekerjaan Freelance untuk Penulis  

Dulu menjadi seorang penulis itu biasanya bekerja untuk penerbitan atau media cetak. Namun di era digital seperti sekarang, peluang untuk penulis mendapatkan penghasilan yang menjanjikan terbuka lebih lebar. Berkat dukungan teknologi internet, penulis juga bisa menghasilkan dari pekerjaan freelancer. Dan berikut ini berbagai jenis freelance writer yang bisa dijadikan peluang untuk mendapatkan cuan.

1. Copywriter

Pekerjaan freelance pertama yang bisa dilakukan oleh penulis adalah menjadi copywriter. Hasil tulisan copywriter yang dinamakan copywriting membuat tulisan yang membujuk pembaca untuk membeli produk atau jasa layanan.

Seorang copywriter harus paham bagaimana caranya memengaruhi audiens dengan kata atau kalimat yang memberi sugesti. Hasil tulisannya dapat dimanfaatkan sebagai media promosi seperti konten di media sosial, email, brosur, situs web, papan reklame, katalog dan lainnya.

2. Content Writer

Penulis konten atau content writer merupakan pekerjaan freelance yang banyak diminati dan populer di antara jenis penulis lainnya. Karena content writer cakupannya lebih luas dan bisa mencakup jenis penulisan lainnya.
Namun pada umumnya seorang content writer diharapkan bisa menulis artikel yang lebih edukatif dan menghibur.
 
Seiring perkembangan teknologi, penulis konten ini juga harus bisa menyesuaikan tulisannya terkait kaidah SEO.
Content writer SEO dalam membuat tulisan harus bisa menyesuaikan dengan permintaan klien, menggunakan kata kunci tertarget dalam tulisannya, dan melakukan riset terkait topik yang akan dibidik untuk meningkatkan pengoptimalan mesin pencari untuk mendapatkan traffic yang menghasilkan penjualan.

3. Academic Writer

Jenis pekerjaan yang satu ini termasuk salah satu freelance yang cocok untuk mahasiswa dan kalangan akademik lainnya. Jenis pekerjaan ini membutuhkan penulis yang pandai melakukan riset, menganalisis, dan menulis karya ilmiah.

Gaya penulisan yang dihasilkan oleh academic writer merupakan penulisan formal yang digunakan di universitas dan publikasi ilmiah. Yang dimaksud academic writing itu diantaranya artikel jurnal, proposal penelitian, buku dengan topik akademik dan sebagainya.

Sebenarnya proses penulisannya hampir sama dengan jenis tulisan lainnya, hanya saja academic writing ini memiliki konvensi khusus dalam hal struktur, gaya dan kontennya sendiri.

4. GhostWriter

Peluang pekerjaan menjadi ghost writer ini cukup banyak tersedia di media online. Ghost writer ini penulis menerima pembayaran tanpa menerima kredit apa pun untuk karya yang dihasilkan. Biasanya ghost writer ini menulis untuk buku. Penulis membuat tulisan sesuai dengan ide dan permintaan klien. Penulis tidak memiliki hak untuk mengubah, sekedar memberi saran atas ide kreatif klien.

5. Technical Writer

Pekerjaan freelance sebagai technical writer menulis informasi faktual tentang produk dan layanan serta cara kerjanya. Menjadi technical writer berarti kita harus paham mengenai produk atau aplikasi, kemudian merencanakan dan menulis dokumentasi untuk menjelaskan kepada penggunanya.

Informasi yang diberikan harus ditulis dalam kalimat yang mudah dimengerti oleh publik. Tulisannya memuat informasi mengenai panduan pengguna untuk aplikasi perangkat lunak, referensi, dan manual instruksi untuk panduan pelatihan, instruksi peralatan, video instruksional atau bantuan online yang dimasukkan ke dalam panduan pengoperasian dan perangkat lunak.

6. Script Writer

Yang dimaksud script Writer yaitu penulis naskah untuk video pendek, film atau iklan. Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang script writer yaitu bisa menulis dengan baik dan memahami visual yang sesuai dengan proses pembuatan skrip.

7. UI/UX Writer

Permintaan aplikasi akan terus meningkat seiring perkembangan zaman. Menjadi UI/UX writer menjadi salah satu posisi yang dibutuhkan terkait banyaknya permintaan akan aplikasi. Pekerjaan freelance satu ini dituntut untuk dapat membuat pengalaman pengguna terbaik ketika berinteraksi dengan aplikasi atau website menjadi lebih nyaman dan mudah.

Rekomendasi pekerjaan freelance untuk penulis

Peluang Pekerjaan Bagi Penulis

Berbagai sektor berkembang didukung era digitalisasi termasuk di sektor bisnis. Kini strategi bisnis tidak hanya dilakukan secara konvensional karena untuk menjangkau pasar yang lebih luas perlu juga melakukan pemasaran secara online. Hal inilah yang jadi alasan bahwa pemasaran melalui tulisan harus dapat menggugah minat audiens. Tujuannya agar audiens tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Menjadi freelancer di bidang kepenulisan bisa membantu para pengusaha yang kurang mahir mengolah kalimat yang menggugah untuk menarik minat calon pelanggan. Penulis yang ingin mendapatkan penghasilan bisa memanfaatkan kebutuhan pengusaha akan ketersediaan konten tulisaan yang memikat audiens. Berbagai jenis pekerjaan freelance dapat dijadikan peluang mendapatkan cuan yang menjanjikan.

Itulah beberapa pekerjaan freelancer yang bisa dijadikan peluang untuk menambah penghasilan bagi yang menyukai dunia tulis menulis. Sebelumnya saya juga sudah membahas tentang situs yang cara menjadi freelancer dan rekomendasi freelance untuk milenial. Yuk, temukan info menarik di sana! Selamat membaca!


Salam takzim

Post a Comment

0 Comments