Bidang Pekerjaan yang Membutuhkan Freelancer

Ingin punya pekerjaan yang fleksibel? Pekerjaan yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja?
Berminat punya penghasilan tambahan dari pekerjaan sekarang? Atau sobat merupakan ibu rumah tangga seperti saya yang ingin punya penghasilan tambahan yang dapat dikerjakan dari rumah? Mau jadi pekerja lepas tanpa terikat dengan aturan perusahaan?

Yup, sobat bisa memilih untuk jadi freelancer. Apa itu freelancer? Bisa dikatakan freelancer itu seorang pekerja lepas yang memanfaatkan keterampilan dan pengalamannya untuk memberi layanan kepada klien.


Bidang Pekerjaan yang Membutuhkan Freelancer

Penghasilan freelancer ini biasanya didapatkan berdasarkan per pekerjaan atau setiap selesai proyek. Jangka waktu pekerjaannya biasanya tidak lama. Dan karena tidak terikat pekerjaan maka pekerja freelance bisa mengambil banyak pekerjaan dari perusahaan yang berbeda.

Lalu apa saja bidang pekerjaan yang membutuhkan tenaga freelancer? Yuk, kita simak! Siapa tahu ada yang cocok dengan bidang keahlian dan pengalaman yang sobat miliki.

Pekerjaan yang Membutuhkan Freelancer

Ada beberapa bidang pekerjaan yang menawarkan jasa pekerja lepas. Berikut ini bidang pekerjaan dan daftar industri yang membutuhkan jasa freelancer.

1. Bidang IT

IT merupakan industri pekerjaan yang sangat luas dan dibutuhkan oleh banyak orang. Banyak bidang di dunia IT yang bisa dilakukan oleh pekerja freelance. Bidang IT yang membutuhkan freelancer yaitu sebagai programmer, IT konsultan, web developer, dan pekerjaan IT lainnya.

Supaya bisa menjadi freelancer di bidang IT yang profesional, freelancer harus menguasai bahasa pemrograman, mengerti tentang coding, update dengan informasi tentang teknologi dan keterampilan IT lainnya.

2. Bidang Pendidikan

Tidak hanya bidang IT, di bidang pendidikan juga membutuhkan tenaga freelancer. Banyak lembaga pendidikan yang membutuhkan tenaga freelancer sebagai guru, tutor, trainer atau konsultan.

Bagi sobat yang ingin menjadi seorang trainer, guru atau tutor, sebaiknya memilih sebuah bidang khusus dan fokus di bidang tersebut.

Misalnya sobat menguasai bidang Human Resources Departemen (HRD), fokus di bidang tersebut untuk memberi layanan.
Termasuk untuk menjadi guru lepas, cari mata pelajaran yang paling dikuasai dan disukai lalu optimalkan.

Tidak masalah jika kita ingin mengambil beberapa bidang asalkan mampu ketika menjalaninya.

3. Bidang Keuangan

Bidang pekerjaan selanjutnya yang membutuhkan freelancer adalah bagian keuangan. Beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan keuangan adalah akuntan, auditor, business analyst, dan pekerjaan keuangan lainnya.

Freelancer di bidang keuangan akan selalu dibutuhkan oleh berbagai perusahaan atau bisnis manapun. Karena banyak dibutuhkan maka banyak juga yang berminat menjadi freelancer di bidang keuangan. Oleh karenanya sobat harus benar-benar menguasai satu bidang secara unggul atau memiliki keahlian yang unik dan berbeda dari yang lainnya.

Misalnya untuk menjadi seorang freelancer akuntan, sobat harus terus meningkatkan day tarik kalian di mata perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga freelancer. Sebaiknya fokus pada bidang yang spesifik.

4. Bidang Penulisan

Saat ini banyak peluang menjadi freelancer di bidang penulisan yang dibutuhkan oleh perusahaan.
Freelancer bisa membidik bidang penulisan seperti menjadi editor, content writer, atau copywriter.

5. Bidang Bahasa dan Penerjemah

Bidang pekerjaan yang membutuhkan freelancer yang kelima yaitu bidang bahasa dan penerjemah. Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa translator untuk menerjemahkan teks dan interpreter yang membantu sebagai penghubung dalam meeting dengan orang asing.

Ada juga perusahaan yang membutuhkan ahli linguistik. Bidang pekerjaan ini cocok untuk sobat yang memiliki latar belakang di bidang sastra.

6. Bidang Industri Kreatif

Selain bidang pekerjaan yang sudah disebutkan di atas, ada juga bidang kreatif yang membutuhkan tenaga freelancer. Industri kreatif yang membutuhkan jasa tenaga lepas seperti fotografi, desain grafis, web desain, dan bidang kreatif lainnya.

Kini banyak perusahaan yang membutuhkan editor, videographer, fotografer, atau bahkan art director untuk mengerjakan sebuah proyek. Memang biasanya perusahaan memiliki videographer atau art director in house, tetapi untuk beberapa kondisi, mereka juga membutuhkan freelance untuk membantu pekerjaannya.

Misalnya apabila ada production house (PH) yang akan mengerjakan sebuah proyek tetapi tema yang dibutuhkan tidak mereka kuasai atau di luar keahlian mereka. Maka tim production house (PH) membutuhkan tim kreatif yang lebih menguasai tema tersebut dan dapat memberikan pendapat kreatifnya.

Industri kreatif untuk pekerja freelance

Menentukan Bidang Pekerjaan Freelancer

Masyarakat di era modern seperti saat ini, banyak yang memilih menjadi tenaga freelance karena fleksibilitas yang ditawarkan. Makin meningkatnya perkembangan teknologi dan konektivitas membuat peluang untuk pekerjaan freelance pun makin terbuka lebar.

Namun semua peluang yang ada tetaplah pemahaman yang menyeluruh karena harus sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang kita miliki. Dengan memilih bidang pekerjaan yang tepat akan memberikan hasil pekerjaan yang maksimal.

Setelah menentukan bidang pekerjaan yang akan diambil, sebaiknya freelancer membuat portofolio untuk memamerkan karyanya. Dengan begitu, calon klien akan memilih hasil pekerjaan yang sesuai dengan harapan mereka.

Nah, pembahasan untuk menjadi freelancer profesional sudah dibahas lebih lengkap dalam tulisan cara menjadi freelancer. Dan bagi yang baru mau terjun di dunia freelance, sobat juga bisa membaca tulisan tentang rekomendasi pekerjaan freelance untuk pemula di blog ini. Jangan lewatkan juga untuk membaca tips  membangun networking freelancer, ya! Semua bisa sobat baca dan pelajari di sini.

Semoga bermanfaat.

Salam takzim

Post a Comment

22 Comments

  1. Ternyata banyak ya jenis pekerjaan yang membutuhkan tenaga freelancer. Tidak nyangka kalau pendidikan juga butuh freelancer

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah ya dengan adanya kemajuan teknologi seperti sekarang, maka yg dirumah pun bisa mencari jalan untuk berpenghasilan tanpa harus keluar rumah

    ReplyDelete
  3. Maka dari itu peluang menjadi freelancer terbuka lebar ya kak, karena dibutuhkan di banyak bidang juga. Tinggal perdalam skill nya

    ReplyDelete
  4. Masih banyak pekerjaan yang membutuhkan freelancer. Seperti pekerja kreatif digital yang semakin dibutuhkan memang cukup menggiurkan. Bisa jadi sumber khidupan apalagi kalau memang kita memiliki multi talenta untuk pekerjaan ini. Bisa banget sih diandalkan ini

    ReplyDelete
  5. Sekarang banyak yang bekerja freelancer, soalnya waktunya yang fleksibel dan sangat banyak sekali bidang pekerjaan sesuai passion

    ReplyDelete
  6. Banyak banget ya mbak pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan jasa freelancer. Memang, kalau era digital itu memunculkan pekerjaan baru, termasuk para freelancer ini

    ReplyDelete
  7. Jadi feelancer memang sefleksibel itu ya. Tinggal pilih sesuai skill aja. Aku sih pernah coba yg bidang penulisan sama industri kreatif.

    ReplyDelete
  8. Banyak bidang yang bisa digarap oleh freelancer ya. Yang penting punya skill, kemauan, dan bisa memanajemen diri sendiri.

    ReplyDelete
  9. Seneng yaa, teh.. meskipun freelancer tapi profesional sehingga banyak dibutuhkan klien dan bahkan bisa keliling dunia karena pekerjaan yang fleksibel seperti ini.

    ReplyDelete
  10. pokoknya selagi terhubung dg internet, kita bisa mendapat uang tambahan karena ada banyak pekerjaan sbg freelancer yg bisa kita pilih

    ReplyDelete
  11. Freelancer di bidang kreatif nih yang rasanya jadi salah satu lahan yang sedang terbiuka lebar banget untuk coba dijajal. Persaingan pun bukan lagi mikirin polittik kantor, tapi sibuk meningkatkan skill dan jam terbang termasuk memperluas pertemanan supaya terbuka banyak peluang.

    ReplyDelete
  12. Kyknya semua pekerjaan di dunia masih memerlukan freelancer. Mulai dr pekerjaan yg menggunakan otot hingga otak pun msh meminta bantuan freelancer. Tinggal harga masih sesuai ga dgn beban kerjanya. Ini tinggal deal2an atau sesuai dgn harga pasar terdekat.

    ReplyDelete
  13. Sepertinya bidang pendidikan dan bidang industri kreatif ini yang paling banyak ya peluang bagi freelancer. Cocok ini untuk kita yang mempunyai skill dan pengen punya penghasilan tambahan.

    ReplyDelete
  14. Seru ya kerja freelancer gini, bisa kerja di mana saja dan tidak terikat waktu. Kita sendiri yang mengatur waktunya. Aku memulai freelancer setelah melahirkan. Alhamdulillah ada aja rezekinya 😍

    ReplyDelete
  15. bidang freelancer ini cukup banyak juga ya, cocok untuk mahasiswa atau yang emang gak mau terikat dengan perusahaan bahkan IRT sekalipun. hanya perlu menggali potensi dan upgrade skill

    ReplyDelete
  16. Sebagai ibu rumah tangga dengan segala kesibukan, bekerja sebagai freelance ini bukan hanya pilihan tapi juga kesempatan
    Ya bagi yg bisa membagi waktu dan memaksimalkan potenydiri, meski jadi freelance, tapi insyaallah bisa jadi kreativitas dan pemasukan yang signifikan ya

    ReplyDelete
  17. Buat saya, memilih pekerjaan freelance kuncinya adalah sesuai dengan hobi. Jadi bisa dibilang sebagai hobi yang menghasilkan. Jadi lebih bisa menikmatinya, yang penting tetap profesional.

    ReplyDelete
  18. Sekarang lagi nge-trend nih pekerjaan freelance, apalagi pas ngafe itu banyak orang yang kini wfc. Jadi bisa kerja di mana saja, tapi tetap bisa melakukan kewajiban terutama jadi ibu rumah tangga.

    ReplyDelete
  19. Freelancer menjadi peluang kerja dan peluang menambah pendapatan nih, karena peluangnya masih terbuka lebar. Terlebih di era seperti saat ini, masih banyak bidang industri yang membutuhkan freelancer untuk kemajuan perusahaannya

    ReplyDelete
  20. Menurutku, digitalisasi juga berperan penting dalam menyediakan pekerjaan freelancer ini. Siapapun jadi bisa bekerja dengan mudah

    ReplyDelete
  21. Sepakat bidang-bidang tersebut bisa disupport oleh para freelancer mengingat pekerjaannya memang tidak hanya sebatas administrasi saja dan biasanya base on projek, jadi kehadiran pekerja lepas itu pastinya akan mempermudah proses kerja mereka lebih cepat dan maksimal mengingat para freelancer mempunyai keahlian dan keterampilan khusus sesuai dengan bidangnya

    ReplyDelete
  22. bidang keuangan juga ternyata ada yang freelance ya? kerjaan freelance ini lumayan banget buat tambahan jajan hehehe.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^