Tips Membangun Networking untuk Freelancer

Bagi yang sudah memutuskan untuk menjadi seorang freelancer pasti sudah paham jika bidang pekerjaan yang satu ini selain memiliki kelebihan juga ada kekurangannya. Salah satu kekurangan pekerja freelance yaitu suatu ketidakpastian. Berbeda dengan pekerja kantoran yang pekerjaannya teratur dan tetap, freelancer harus membangun karirnya sendiri.

Meskipun prospek kerja seorang freelancer cukup menjanjikan tetapi ada faktor lain yang memengaruhi kinerjanya sepertinya memiliki networking.

Tips Membangun Networking untuk Freelancer

Cara Membangun Networking untuk Freelancer

Untuk memajukan karir, freelancer bukan hanya memberikan pekerjaan berkualitas saja. Penting sekali untuk memiliki jaringan atau networking untuk memajukan karir. Networking atau jaringan ini memegang peran penting dalam memperluas lingkungan profesional, membuka peluang baru, dan bisa membina kolaborasi juga.

Mengingat pentingnya membangun networking bagi freelancer berikut ini ada beberapa tips membangunnya.

1. Memperbanyak Portofolio

Bagi seorang freelancer, jumlah pekerjaan yang bisa didapatkan bergantung pada kualitas kerja yang sudah kita kerjakan. Makin banyak hasil portofolio kita makin bagus juga kredibilitas freelancer di mata klien.

Melalui portofolio yang dimiliki freelancer, bisa membuka peluang untuk mendapatkan koneksi dengan klien baru akan lebih besar. Oleh karenanya buatlah portofolio yang menarik supaya bisa membangun networking.

2. Bergabung dengan Network yang Ada

Freelancer bisa bergabung dengan network yang sudah ada sehingga tidak perlu membuat network baru. Bagaimana cara bergabung dengan network yang sudah ada?

Salah satu cara untuk bergabung di network yang sudah ada yaitu dengan aktif di berbagai komunitas. Biasanya di komunitas sering diadakan berbagai kegiatan yang berhubungan. Freelancer bisa bergabung dengan kegiatan komunitas sehingga memungkinkan bisa bertemu dengan orang dari berbagai latar belakang dan mengembangkan networking.

3. Mengikuti Forum

Membangun networking bisa juga dilakukan dengan cara aktif terlibat dalam event atau forum. Dengan mengikuti sebuah event, freelancer mendapat kesempatan untuk menunjukkan kemampuan. Di dalam forum itu juga bisa berkesempatan bertemu dengan calon klien.

4. Manfaatkan Media Sosial

Manfaatkan media sosial untuk memromosikan portofolio yang dimiliki freelancer. Di era digitalisasi, penggunaan media sosial sudah menjadi hal yang umum.

Media sosial tidak hanya bermanfaat untuk menyebarkan portofolio, freelancer juga bisa mendapatkan kesempatan menjalin networking. Menambah pertemanan di media sosial bisa menambah koneksi baru dan memiliki peluang memperluas networking.

Manfaatkan media sosial untuk membangun networking

5. Membuka Hubungan dengan Orang Dekat

Membangun sebuah networking tidak harus keluar zona nyaman dan menemui orang yang tidak dikenal. Freelancer juga bisa membangun jaringan dari orang terdekat seperti keluarga, teman, atau teman kerja terdahulu.

Beritahukan orang-orang terdekat mengenai pekerjaan kita sebagai freelancer, termasuk jasa yang ditawarkan. Minta juga pada orang terdekat untuk menyebarluaskan informasi tersebut kepada kenalan atau kerabatnya supaya kesempatan mendapatkan pekerjaan makin besar.

6. Rekomendasi Klien

Apabila freelancer sudah memiliki beberapa proyek sebelumnya, cobalah untuk menghubungi klien yang dulu. Freelancer dapat membangun hubungan profesional yang positif dengan klien dan meminta rekomendasi dari mereka.
Mungkin saja dari klien-klien tersebut, freelancer bisa direkomendasikan kepada klien baru.

7. Membantu Koneksi

Cara selanjutnya untuk membangun jaringan atau networking yaitu dengan membantu koneksi kita. Dengan saling membantu dan memberi dukungan, dapat tercipta networking yang dapat membantu freelancer mendapatkan peluang bekerja sama dengan klien.

8. Berkomitmen

Networking bisa tercipta dari kemauan kita membangun sebuah jaringan. Buat rencana untuk membangun networking setiap hari baik secara online atau langsung bertatap muka. Realisasikan rencana tersebut sambil membuat catatan evaluasi.

Nah, itulah beberapa tips membangun networking untuk freelancer. Memiliki networking yang luas sangat bermanfaat bagi pekerja freelance karena bisa membuka peluang kerja sama yang lebih banyak. Selain harus memiliki networking yang luas, untuk bisa menjadi freelancer yang berhasil perlu juga memperhatikan cara mengatur waktu dan mengelola keuangan.

Sobat bisa membaca tulisan di blog ini tentang manajemen waktu untuk freelancer dan tips mengelola keuangan. Dan untuk yang mau mencari peluang pekerjaan freelance penulis di berbagai situs, ada juga artikelnya yang bisa di baca di situs freelance penulis.
Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Salam takzim

Post a Comment

0 Comments