Rekomendasi Situs Freelance Penulis yang Auto Cuan

Bekerja dari mana saja tidak terikat tempat dan bebas menentukan waktu merupakan gaya kerja yang booming sejak pandemi Covid 19. Model kerja seperti itu masih dilakukan oleh banyak orang hingga saat ini. Bekerja secara remote dengan memanfaatkan teknologi jadi tren yang banyak diminati. Mereka bebas menentukan tempat kerjanya seperti bekerja di rumah, cafe, pantai, di siang, sore, atau malam hari yang kemudian dikenal dengan istilah digital nomad.

Metode kerja yang tidak terikat waktu dan tempat ini juga dibarengi dengan gaya hidup minimalis. Gaya hidup yang mengutamakan perasaan bahagia, mengurangi stres, menghemat waktu, energi, dan uang. Seiring dengan itu juga menimbulkan kesadaran akan pentingnya mengelola keuangan.

Rekomendasi Situs Freelance Penulis yang Auto Cuan

Tidak heran jika kini banyak orang yang terjun ke dunia freelancer. Dunia kerja yang jam kerjanya fleksibel, bebas menentukan dengan siapa kita bekerja sama, fleksibel menentukan tempat kerja, bisa mengendalikan beban kerja, bisa lebih kreatif dan kelebihan bekerja secara freelance lainnya.

Namun menjadi freelancer juga ada kekurangannya seperti penghasilan yang tidak tetap, tidak mendapatkan tunjangan atau cuti kerja, dan harus kerja lebih keras untuk mendapatkan pekerjaan dan proyek dari klien.

Nah, dengan kekurangan tersebut alangkah baiknya seorang freelancer itu bisa memahami jenis pekerjaan yang dipilih kemudian mencari peluang untuk mendapatkan kerja sama dengan klien. Salah satu cara untuk mendapatkan peluang kerja sama dengan klien yaitu bergabung dalam platform atau website untuk freelance.

Website Freelance Khusus Penulis

Bagi sobat yang senang menulis, bisa menyalurkan hobi dengan terus berlatih hingga mendapatkan bayaran untuk tulisan kita.

Untuk yang statusnya telah bekerja pun tidak perlu khawatir karena ada banyak peluang pekerjaan freelance di bidang penulisan. Tersedia juga peluang menulis di website atau platform tertentu yang bisa mendapatkan cuan yang menjanjikan. Apa saja website untuk freelance penulis yang sesuai untuk melatih skill dan bisa menghasilkan cuan? Berikut ini website tempat penulis mengumpulkan karyanya dan bisa menghasilkan uang sendiri.
 

1. UC News

Situs yang merupakan anak perusahaan e-commerce besar dunia yaitu Alibaba ini membuka sistem pengisian konten dari penulis.

Di UC News kita bisa menulis berbagai topik seperti gaya hidup, dunia hiburan hingga politik. Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menulis di UC News kita harus mendaftar terlebih dahulu di aplikasinya. Pendaftarannya cukup mudah, hanya dengan menyertakan foto KTP dan foto diri. Setelah mendapatkan approval dalam 48 jam, baru kita bisa menulis di platform tersebut.

UC News menetapkan ketentuan untuk kontributor. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menulis artikel di situs penulis lepas ini. Pertama, terikat kontrak dengan ketentuan menulis minimal 20 artikel setiap bulannya. Kedua, penulis mendapatkan bagi hasil dari iklan yang terpasang di artikel. Namun untuk kontributor pemula, UC News menetapkan batas pengiriman 1 artikel per hari. Ketika tulisan kita mendapatkan 1.000 jam tayang (views), artinya kita bisa memonetisasi akun dan mendapatkan bagi hasil dari iklan.

2. Bacapetra.co

Website Bacapetra menerima berbagai tulisan seperti puisi, cerpen, ulasan, reportase literasi dan tema menarik lainnya.

Rubrik cerpen menerima tulisan dengan panjang tulisan sekitar 1000-3000 kata. Karya harus orisinil dan belum pernah dipublikasikan di mana pun.
Rubrik puisi juga menerima karya orisinil dan belum pernah tayang di mana pun dengan jumlah tulisan antara 5-8 puisi. Sedangkan rubrik ulasan menerima tulisan dengan panjang sekitar 1500-3000 kata. Ulasan yang diterima bisa berupa resensi atau kritik untuk buku sastra/film.

Setiap tulisan yang masuk ke Bacapetra akan dikurasi terlebih dahulu dan konfirmasi pemuatan akan diberitahukan paling lambat 60 hari. Tulisan yang lolos kurasi dan dimuat di Bacapetra disediakan honor sekitar Rp. 300.000

3. Basabasi.co

Apakah sobat senang menulis karya sastra seperti cerpen, puisi atau tulisan motivasi? Basabasi.co menerima jenis tulisan seperti itu, loh! Ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan untuk menulis di Basabasi.co yaitu:
  • Tulisan orisinil dan belum pernah dikirim atau tayang di mana pun termasuk media sosial pribadi.
  • Tulisan dibuat dengan font Times New Roman (12), spasi 1,5, margin 4 atas, 3 bawah, 4 kiri dan 3 kanan).
  • Tulisan langsung dikirim ke website tersebut. Apabila dalam 2 bulan pengiriman tidak ada kabar lebih lanjut, maka otomatis tulisannya tidak lolos seleksi.
Honor yang diberikan oleh website basabasi.co cukup lumayan tergantung jenisnya. Untuk cerpen honor yang bisa didapatkan yaitu Rp. 300.000, puisi sebesar Rp 250.000, Essay Rp. 300.000, Resensi dan artikel ringan diberikan honor sebesar Rp 1.000.000

4. Buruan.co

Website Buruan.co merupakan media sastra independen yang berisi berbagai jenis tulisan seperti cerpen, puisi, cerbung, terjemahan puisi, dan rubrik ulasan dari berbagai buku dan film.
Buruan.co juga menerima karya puisi dan cerpen berbahasa Sunda

5. Remotivi

Bagi penulis yang tertarik dengan topik media, website freelance penulis yang satu ini menerima tulisan dari berbagai kalangan terhadap isu media, khususnya media Indonesia. Tulisan yang akan dimuat harus sistematis, ilmiah dan argumentatif. Cara mengirimkan tulisan melalui redaksi@remotivi.or.id. Tunggu konfirmasi hingga lima hari, jika tidak ada kabar artinya tulisan kita tidak lolos seleksi.

Situs Penulis Lepas

Freelance penulis termasuk salah satu pekerjaan yang memberikan peluang menjanjikan. Bahkan beberapa freelance writer bisa meraih puluhan juta per bulannya. Jadi profesi ini cukup menjanjikan tetapi kita harus menemukan cara yang tepat untuk mendapatkan cuan. Salah satunya menjadi kontributor di beberapa website penulis lepas. Sebenarnya masih banyak lagi situs yang menyediakan pekerjaan untuk freelancer, seperti yang ada dalam artikel situs freelance paling cuan. Silakan dibaca, ya!

Kini sudah banyak website yang menyediakan peluang untuk penulis bisa mendapatkan penghasilan yang menjanjikan. Menerima berbagai jenis tulisan dengan ketentuannya masing-masing. Bagaimana, apakah sobat juga tertarik mengirimkan tulisan ke website-website tersebut? Atau masih ingin tahu lebih lanjut tentang jenis pekerjaan lepas untuk penulis? Temukan jawabannya dalam tulisan pekerjaan freelance untuk penulis. Dan yang ingin tahu cara memulainya, bisa mempelajari tahapan cara jadi freelancer.

Semoga bermanfaat

Salam takzim

Post a Comment

0 Comments