Rekomendasi Kelas Online Untuk Karir Freelance

Sebagai seorang ibu dari anak yang termasuk generasi Z, saya pikir harus bisa menyesuaikan diri dengan gaya hidup mereka. Gaya hidup yang bersanding dengan teknologi. Karena generasi Z yang terkenal dengan sebutan generasi internet ini memang sebagian besar hidupnya memanfaatkan teknologi dan internet.

Generasi Z ini memiliki kelebihan mampu melakukan pekerjaan multitasking atau bisa melakukan berbagai jenis kegiatan dalam satu waktu. Aktivitas multitasking yang sering mereka lakukan seperti menggunakan komputer, mendengarkan musik, dan memainkan media sosial dalam satu waktu yang sama. Hal tersebut bisa mereka lakukan karena generasi Z sudah kenal dekat dengan teknologi sejak lahir sehingga bisa mengaplikasikan teknologi dengan maksimal.

Rekomendasi Kelas Online Untuk Karir Freelance

Freelance Menjadi Tren Pekerjaan Generasi Z

Generasi Z yang lekat dengan teknologi internet dan menyukai kebebasan dalam bekerja ini cenderung memilih pekerjaan paruh waktu sebagai mata pencahariannya. Dan pekerjaan paruh waktu sebagai virtual assistant pun menjadi pekerjaan yang sedang trend untuk kalangan generasi Z.

Virtual assistant banyak diminati karena bisa menghasilkan pendapatan yang cukup dan bisa dijadikan pekerjaan sampingan selain pekerjaan utamanya. Namun untuk menjadi seorang virtual assistant tentunya perlu ditunjang dengan berbagai skill supaya bisa lebih menguasai pekerjaan tersebut.

Sebenarnya peluang karir untuk menjadi virtual assistant cukup terbuka lebar. Pekerjaan sebagai virtual assistant bisa berupa customer service virtual assistant, administrative virtual assistant, data entry virtual assistant, sosial media administrative assistant, dan lainnya.

Nah, supaya bisa bekerja secara maksimal sebagai virtual assistant, tentunya freelancer perlu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan kita.

Rekomendasi Kelas Online untuk Freelance Virtual Assistant

Agar lebih profesional untuk menjadi freelancer virtual assistant, freelancer perlu meningkatkan pengetahuan. Salah satu caranya dengan mengikuti kelas online. Berikut ini beberapa kelas online yang bisa dimanfaatkan untuk menambah keahlian dan pengalaman.

1. Kelas Admin Perkantoran

Seperti yang telah diketahui bersama, seorang virtual assistant bisa dibutuhkan untuk bidang admin perkantoran. Di kelas admin perkantoran kita bisa mempelajari dasar-dasar administrasi, sistem administrasi perkantoran hingga cara untuk memenuhi kualifikasi admin.

Materi di kelas ini sebenarnya bukan hanya untuk freelance namun juga berguna untuk mereka yang sudah profesional dalam bekerja. Materi yang berguna untuk menambah skill di bidang admin perkantoran virtual assistant di antaranya time management, administrative skill, conflict solution, dan materi lainnya.

2. Kelas Media Sosial

Saat ini keberadaan media sosial menjadi bagian penting bagi perusahaan atau pemilik bisnis. Pebisnis memanfaatkan media sosial sebagai media untuk promosi brand dan produk perusahaan. Oleh karenanya dibutuhkan orang yang ahli dalam bidang media sosial sebagai social media virtual assistant supaya bisa mengelola media sosial yang dimilikinya.

Di kelas media sosial, kita bisa mempelajari berbagai hal tentang pengelolaan media sosial seperti memahami content plan dan content pillars, social media analytics, termasuk hal-hal lain yang berhubungan dengan media sosial.

3. Kelas Customer Support

Menjaga customer support juga jadi salah satu pekerjaan yang berhubungan dengan bidang virtual assistant. Virtual assistant di bidang ini bertugas menjawab pertanyaan pelanggan, menangani keluhan pelanggan dan lainnya.

Materi yang ada di kelas ini dapat membantu freelancer memahami dan mendalami pekerjaan sebagai customer support virtual assistant. Peserta kelas akan dibantu untuk memahami cara membangun komunikasi dengan customer dan lainnya dari mentor berkualitas.

4. Kelas Market Research

Salah satu pekerjaan virtual assistant yang bisa ditingkatkan kemampuan di kelas online ini yaitu market research. Tugas market research virtual assistant yaitu mengelola tugas yang berhubungan dengan penelitian online untuk perusahaan dan mempunyai pengalaman di bidang penelitian.

Di kelas Market Research, peserta dapat mengasah kemampuan dalam melakukan market research lebih terperinci mulai dari dasar hingga jenis riset lainnya. Selain skill market research, peserta kelas juga akan mempelajari market trends, market analysis dan lainnya.

5. Kelas Admin HRD

Selain menjadi virtual assistant di bidang admin perkantoran, virtual assistant juga dibutuhkan di bidang HRD. Peserta kelas ini bisa mendapatkan materi tentang HRD dari admin HRD-nya langsung.

Materi yang akan diberikan di kelas ini diantaranya pengelolaan administrasi karyawan, tanggung jawab admin HRD, tips dan trick berkarir sebagai admin HR hingga pemahaman divisi, yang harus dikerjakan oleh freelance virtual assistant.

6. Kelas Marketplace

Seiring penggunaan marketplace sebagai media penjualan oleh pengusaha, kebutuhan virtual assistant di bidang tersebut juga menjadi meningkat. Pemilik e-commerce sering mengalami tantangan yang makin sulit hingga membutuhkan virtual assistant marketplace yang bisa membantu mereka. Seorang virtual assistant marketplace akan bertanggung jawab atas semuanya, mulai dari komunikasi dengan pelanggan, pemenuhan pesanan, dan membantu mengelola beban kerja bisnis e-commerce yang sangat besar.

Untuk freelance yang bergabung di kelas ini bisa mengasah kemampuan mereka untuk membantu pekerjaan di bidang marketplace. Kemampuan atau skill yang diasah di kelas ini misalnya mengidentifikasi e-commerce yang tepat, memahami konsep e-commerce, hingga cara meningkatkan penjualan produk secara lengkap.

7. Kelas Akuntansi

Bagi freelancer yang menguasai bidang akuntansi, tentunya perlu meningkatkan keahlian akuntansi yang memadai. Karena bidang ini juga bisa dilakukan oleh freelance virtual assistant.

Skill akuntansi yang akan diasah di kelas ini meliputi prinsip, konsep hingga komponen akuntansi yang diberikan langsung oleh ahli akuntansi.

Cara Memilih Kelas untuk Freelance

Cara Memilih Kelas untuk Freelance

Sebelum memutuskan menjadi freelancer, tentunya kita sudah menentukan terlebih dahulu bidang apa yang akan kita tekuni. Setelah menentukan pilihan bidang yang akan dikerjakan, selanjutnya kita tentukan juga kemampuan atau skill yang harus dimiliki untuk mendukung pekerjaan. Setelah mengetahui kemampuan atau skill yang sesuai, pilih kelas online yang cocok untuk diikuti.

Kelas online yang sesuai dengan bidang pekerjaan akan dijalani dengan mudah. Dengan begitu, kelas-kelas online ini bisa membantu menjadi freelance yang sukses.
Lalu apakah sobat juga ingin menentukan bidang pekerjaan freelancer? Tulisan tentang bidang yang pekerjaan yang membutuhkan freelancer ini mungkin bisa membantu. Selain itu ada juga tulisan tentang pekerjaan freelancer yang bisa dikerjakan di rumah. Silakan dipelajari yaa ...
Semoga bermanfaat.

Salam takzim

Post a Comment

20 Comments

  1. Ada banyak kelas online yang tersedia untuk membantu kita membangun karir freelance yang sukses. Pilihlah kelas yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan kita. Dengan kerja keras dan dedikasi, kita bisa mencapai kesuksesan sebagai freelancer.

    ReplyDelete
  2. Gen Z ini ahlinya teknologi banget ya apalagi kalau urusan sama media sosial. Udah gitu pada kreatif, adanya gen z ini bikin insecure kadang masih merasa gaptek aja sama urusan edit video, haha.

    Ternyata mereka lebih menyukai freelance ya. Kalau mau jadi freelance skill nya juga harus diasah lagi. Aku paling penasaran sama kelas sosial media sih, pengen bisa optimasi dan analisisnya.

    ReplyDelete
  3. Kerja sekarang memang serba digital ya. Ada berbagai pilihan kelas online yang bisa dipilih ya. Bahkan untuk kelas media sosial ada juga. Pengen dong ikutan.

    ReplyDelete
  4. Ternyata banyak ya kursus yang bisa diikuti sebagai freelancer. Ternyata akuntansi pun bisa dikerjakan untuk freelance ya mbak

    ReplyDelete
  5. Untuk menjadi seorang freelancer juga ga boleh asal-asalan, ya. Tetap harus profesional. Dan mengikuti kelas-kelas khusus freelance adalah salah satu jalan ninja terbaik untuk memperkuat pengetahuan dan informasi sesuai bidang yang akan kita tekuni

    ReplyDelete
  6. Iyaya kalau diperhatikan, gen Z tuh bisa ngerjain 2-3 hal bersamaan. Kayak engga fokus di satu gitu. Tapi bisa beres juga sih...
    Banyak pekerjaan yg tadinya engga kepikir, eh...sekarang udah umum berkat internet. Akibatnya gen Z jadi banyak yg memilik pekerjaan di balik komputer nih...

    ReplyDelete
  7. Betul banget, memilih kelas online perlu disesuaikan dengan bidang yang kita mampu ya. Kalau seperti saya, mungkin butuhnya yang kelas sosial media.

    ReplyDelete
  8. pengen ikutan kelas market research :(( dulu pernah ikut tapi kelasnya sebulan sekali, jadi kayak ngga maksimal gitu lho huhu, yaa namanya jg gratis sih ya wkwkw

    ReplyDelete
  9. Beberapa kali baca pengalaman orang-orang yang bekerja sebagai virtual assistant. Terlihat menarik, sih. Jam kerja lebih fleksible dan penghasilan juga bagus. Ternyata ada kelasnya juga ya sebelum beneran terjun sebagai VA.

    ReplyDelete
  10. Nah ini yang disuka bahwa freelance bisa tambah skill lagi. Apalagi punya banyak pilihan kelas yang bisa disesuaikan sama kebutuhan, tinggal atur waktu aja

    ReplyDelete
  11. Ternyata ada banyak ya bidang kelas-kelas online untuk mengembangkan kesempatan masuk dunia freelance. Selama ini yang ku tahu kelas digital marketing dan sosial media.

    ReplyDelete
  12. Freelancer itu memang pekerjaan yang potensial sih. Kalau mau ikut kelasnya, memang sebaiknya kita sudah tahu dulu mau tekun dan fokus di bidang apa. Jadi, kelasnya bisa menjadi semacam booster untuk meningkatkan skill.

    ReplyDelete
  13. menjadi freelance sudah banyak dijalankan orang. Salah satu keuntungannya kerja yang fleksibel terus bisa di mana saja dan kapan saja. Tapi harus terus meningkatkan skill dengan mengikuti berbagai kelas. Dan syukurlah dimudahkan dengan sekarang hadir kelas-kelas online freelance.

    ReplyDelete
  14. Wah, enak banget ya GenZ bisa cobain rekomendasi kelas freelance di atas, yg penting disesuaikan sama tujuannya aja.

    ReplyDelete
  15. Kelas-kelas online untuk freelance ini kira-kira bayar ngga ya. Pengen juga ikutan salah satu kelasnya.

    ReplyDelete
  16. Gak nyangka, zaman skarang banyak banget Kelas untuk Freelance yang bisa diikutin yaa, teh.. Betapa prospek ke depannya untuk menekuni work from anywhere dengan waktu dan tempat yang kita miliki secara fleksibel.

    ReplyDelete
  17. Mengambil kelas untuk bisa jadi tambahan skill sebagai freelance tuh perlu. Paling nggak ya jadi update sama tools yang sekarang digunakan. Jadi kalau dapat projek ya sudah terbiasa.

    ReplyDelete
  18. ternyata banyak juga ya kelas untuk para freelancer yang bisa dipelajari dan pastinya memang kita harus meningkatkan kemampuan kita dengan mengambil beberapa kursus dan pastinya memilih kelas online yang cocok dengan kita

    ReplyDelete
  19. sekarang itu memudahkan banget...banyak kelas-kelas online yang bisa didapatkan tanpa hadir di kelas fisik..asal serius, pekerjaan dari rumah pun bisa didapatkan

    ReplyDelete
  20. Beruntungnya di era digital ini banyak kelas-kelas online untuk upgrade softskill bagi freelancer ya. Kadnag dibutuhkan juga untuk penunjang di perusahaan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^