Pekerjaan Freelance yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Siapa bilang kalau ibu rumah tangga itu gak perlu meningkatkan pengetahuan dan keahlian mereka? Sayang sekali kalau masih ada yang beranggapan bahwa ibu rumah tangga itu gak perlu sekolah tinggi-tinggi, tidak perlu berbisnis atau bekerja karena kebutuhan finansial sudah disediakan oleh suami.

Padahal ibu rumah tangga juga insan yang punya cita-cita, kemampuan, serta potensi. Ibu rumah tangga juga berhak mengembangkan segala potensi dan kemampuannya. Seorang ibu juga berhak menempuh pendidikan tinggi yang diinginkan olehnya.

Banyak manfaat atau keuntungan yang diperoleh jika seorang ibu rumah tangga dapat mengembangkan pengetahuan dan potensinya. Ibu yang gemar membaca dan menulis akan menularkan kebiasaan baik itu kepada anaknya. Ibu yang pintar berbisnis juga bisa menginspirasi anak mereka untuk mandiri dan cerdas mengelola keuangan sejak dini. Begitu pula ibu yang menempuh pendidikan tinggi akan memicu semangat belajar anak-anaknya untuk ikut berprestasi tinggi di bidang akademik.

Bisa dikatakan seorang ibu yang potensi dan cita-citanya tersalurkan akan merasa bahagia menjalani hari-harinya. Ketika ibu bahagia maka keluarga pun akan bahagia.

Dari berbagai alasan itulah yang menjadi alasan saya untuk tetap berkarya di rumah. Meskipun sudah memutuskan resign dari pekerjaan kantoran tapi saya berharap bisa berkarya dan berpenghasilan dari rumah. Saya ingin tetap di rumah, tetapi tetap mampu berkarya dan mengaktualisasikan diri dalam berbagai kesempatan.

Pekerjaan Freelance yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Pekerjaan Freelance dari Rumah

Salah satu pilihan saya untuk bisa tetap berkarya dan tetap di rumah adalah menjadi freelancer. Pekerjaan lepas ini jadi pilihan saya karena fleksibel dalam menentukan tempat dan waktu kerja. Menjadi freelancer kita bisa tetap berkarya dan bekerja secara full time tanpa harus pergi ke kantor setiap hari. Berikut ini beberapa pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan dari rumah.

1. Copywriter

Bidang pekerjaan freelance yang satu ini sesuai dengan yang memiliki hobi menulis. Pandai merangkai kata untuk memromosikan produk bisa jadi skill atau kemampuan yang bermanfaat. Copywriter ini salah satu jenis pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan oleh agensi untuk menangani klien mereka dari berbagai jenis produk.

2. Content Creator

Pekerjaan freelance berikutnya yang bisa dikerjakan dari rumah yaitu menjadi content creator. Pekerjaan ini cocok untuk siapa saja yang senang melakukan sharing produk atau berbagi informasi melalui media sosial. Konten yang sudah dibuat juga bisa dijadikan bahan untuk menambah portofolio sehingga bisa mendukung kemajuan kita sebagai content creator.

3. Sosial Media Officer

Hampir sama dengan content creator, jenis pekerjaan freelance yang dapat dilakukan di rumah adalah sosial media officer. Pekerjaan ini banyak dibutuhkan oleh agensi atau perusahaan yang ingin meningkatkan branding usaha mereka di media sosial.

4. Content Writer

Pekerjaan freelance berikutnya ini hampir sama dengan copy writer yang membutuhkan keahlian menulis. Hanya saja untuk jadi content writer juga dibutuhkan kemampuan dasar tentang SEO. Peluang untuk menjadi content creator banyak dibuka oleh perusahaan-perusahaan berskala besar maupun kecil.

5. Data Entry

Seiring perkembangan teknologi dan internet yang makin meningkat, banyak perusahaan yang melakukan digitalisasi data mereka. Biasanya perusahaan yang baru mulai mendigitalkan data usahanya membutuhkan pekerja freelance atau part time untuk melakukan input data.

6. Graphic Designer

Apabila sobat punya keahlian mengoperasikan Adobe Illustrator, Photoshop atau after effect, maka dapatkan peluang mendapat pekerjaan freelance sebagai graphic designer. Pekerjaan ini biasanya banyak dibutuhkan oleh perusahaan di luar negeri. Penghasilannya pun cukup tinggi.

7. Photo Editor

Pekerjaan di bidang photo editor merupakan salah satu pekerjaan freelance yang banyak dibutuhkan baik oleh individu, agensi, atau perusahaan yang memiliki studio foto. Peluang pekerjaan photo editor ini biasanya dibutuhkan oleh studio foto yang memiliki banyak klien dan menginginkan hasil editan fotonya untuk segera dikirim.

8. Voice Over Talent

Pekerjaan freelance yang berikutnya yaitu peluang bagi sobat yang memiliki suara bagus. Ide freelance ini ternyata cukup menjanjikan. Banyak bisnis yang membutuhkan konten video sebagai sarana promosi produknya.

Voice Over Talent Freelance


9. Reseller atau Dropshipper

Apakah sobat ingin berjualan tetapi tidak punya cukup modal untuk menghasilkan produk sendiri? Menjadi reseller merupakan jawaban yang paling sesuai. Menjadi reseller, sobat hanya perlu menjual produk dari supplier kepada pelanggan.

Selain bisa dikerjakan dari rumah, menjadi reseller termasuk bisnis yang cocok untuk pemula karena waktunya fleksibel dan menghasilkan keuntungan yang cukup lumayan.

10. Mentor Les Umum atau Privat

Pekerjaan freelance berikutnya yang bisa dikerjakan dari rumah yaitu menjadi mentor atau pengajar les umum atau privat. Dengan memanfaatkan teknologi, sekarang guru les atau mentor bisa mengajar secara online. Atau bisa juga mengajar di rumah.

Freelancer di Rumah

Bagi ibu rumah tangga yang ingin tetap berkarya dan berpenghasilan di rumah, memilih jadi freelancer merupakan keputusan yang tepat. Karena banyak peluang pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan di rumah. Dengan begitu, ibu rumah tangga bisa memiliki penghasilan tanpa harus meninggalkan anak-anaknya.

Peluang kerja sama yang didapatkan oleh freelancer tentunya tidak diperoleh dengan mudah. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh freelancer supaya bisa mendapatkan proyek atau pekerjaan. Hal yang harus dilakukan untuk  mendapatkan proyek untuk freelance bisa dibaca pada artikel cara dapat proyek freelance di bagian lain pada blog ini. 

Dan bagi yang ingin mengetahui bidang pekerjaan apa saja yang membutuhkan pekerja lepas, di blog ini juga ada artikel tentang bidang pekerjaan yang membutuhkan freelancer. Jangan lewatkan juga tulisan tentang membangun networking untuk freelancer. Selamat membaca! Semoga bermanfaat.

Salam takzim

Post a Comment

26 Comments

  1. Banyak pilihan pekerjaan jaman now yang bisa dilakukan. Terlebih pekerjaan tersebut dapat dikerjakan dari rumah tanpa harus terpaku dengan jam kerja 8/5 atau 9/5 ya

    ReplyDelete
  2. Mau coba reseller dan dropship deh. Tapi tidak tau juga gimana cara masarinnya hehe

    ReplyDelete
  3. ada juga yang lagi rame nih kak, jadi Virtual Asisten yang penting memiliki Keterampilan organisasi dan manajemen waktu yang baik, kemampuan komunikasi yang efektif, dan pengetahuan tentang berbagai aplikasi dan alat online.
    Palingan kerjaannya Mengelola email, mengatur jadwal, membuat presentasi, melakukan riset, dan tugas administratif lainnya.

    ReplyDelete
  4. Buat ibu rumah tangga yang pengin punya penghasilan sendiri dari rumah, kalau mau melek dikitttt aja, banyak loh peluang kerjanya. Nih, jadi freelancer saja udah ada aneka jenis usaha. Tinggi dipilih sesuai kemampuan kita. Atau syukur-syukur mau belajar untuk bisa menekuni semuanya.

    ReplyDelete
  5. Udah pernah jadi content writer dan reseller nih. Pengen coba jadi voice over talent tapi belajar dulu. Sekarang Alhamdulillah bisa berkarya dan dapat uang walau di rumah aja.

    ReplyDelete
  6. Banyak juga ya pilihan freelance dari rumah. Tinggal di sesuaikan dengan minat dan kemampuan buat yang ingin bekerja freelance dari rumah

    ReplyDelete
  7. Selain jadi blogger skrg aku jg pengen nyambi jual apaaa gitu wkwkwk ga kepikir tapii mau jualan apa yang longlasting :(( huhu

    ReplyDelete
  8. Terima kasih buat ide usahanya, nih. Cocok buat bekerja di rumah. Cuma berasa juga sih capeknya freelance ampe malem masih kudu siapin macem-macem.

    ReplyDelete
  9. Eh, voice over talent menarik keknya, biar ada pengalaman baru nih, ya walo punya suara nggak bagus-bagus amat, nggak ada salahnya mencoba, wkwk..

    ReplyDelete
  10. Zaman skrg cari kerjaan emg susah. Butuh kualifikasi tingkat tggi. Belum lagi ada syarat maksimal usia. Wassalam deh.

    Untungnya aja ada freelance yg tdk mensyaratkan hal2 ribet. Yg penting lu pny keahlian, klien berani membayar. Yuk pelajari skill yg kamu kuasai dan pertama. Siapa tahu bs jd ladang cuan dr rumah.

    ReplyDelete
  11. Masih sering ketuker tuker kalo nyebut istilah copywriter sama content writter kalo aku mbak. Yang jelas di era digital gini makin memudahkan, pekerjaan ga selalu harus ngantor ya

    ReplyDelete
  12. ada banyak peluang pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan ibu rumah tangga. tapi tentunya harus membagi waktu dengan seimbang antara kerjaan dan mengurus rumah agar manajemen waktu tetep terkontrol dengan baik

    ReplyDelete
  13. Betul banget mbak, sebagai freelancer, aku juga menerima miostly job desk dari yang diriu paparkan di atas. Namun tetap harus pinter2 bagi waktu sih yaa

    ReplyDelete
  14. setujuuu, ibu rumah tangga meski full time dirumah tetap harus meluangkan diri untuk terus belajar dan berkembang

    ReplyDelete
  15. Banyak sih emang pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan di rumah atau dari mana pun selama terhubung ke internet dan punya perangkat pendukungnya. Tinggal kitanya aja lagi yang pilih dan sesuaikan dengan keterampilan yang kita miliki ya

    ReplyDelete
  16. Banyak juga ya, pekerjaan freelance yang bisa jadi pilihan. cocok ini untuk ibu-ibu rumah tangga yang mau menambah penghasilan.

    ReplyDelete
  17. Menyenangkan sekali ketika di rumah tetap bisa produktif.
    Dan semoga ketika melakukan pekerjaan yang ada kaitannya dengan berpikir dan beraktivitas, kita bisa menjauhkan dari penyakit alzheimer.

    ReplyDelete
  18. Banyak ya pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan dari rumah. Kalau ditekuni bener-bener, pendapatannya juga nggak kalah dari yang kerja tetap di kantor.

    ReplyDelete
  19. Asalkan mau mengambil peluang, saat ini ada banyak hal yang bisa kita ambil sebagai bagian dari sumber pendapatan ya, Kak. Pastinya kerjanya lebih asik karena bisa dari rumah biasanya.

    ReplyDelete
  20. Seneng sih sekarang banyak pilihan buat bekerja dari rumah ya, orang2 gak perlu tau kita ngapain dirumah, yg penting bisa dpt cuan hihi

    ReplyDelete
  21. Lumayan banyak juga ya mbak pekerjaan freelance yang bisa kita kerjakan dari rumah. Menantang nih yang voice over, belum pernah nyobain soalnya. Boleh juga nih untuk referensi pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah.

    ReplyDelete
  22. Ternyata banyak banget ya pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah kalau kitanya punya kreatifitas dan keahlian, baru menjadi seorang Blogger saja yang dikerjakan, lainnya siap-siap didalami supaya bisa dilakukan juga

    ReplyDelete
  23. Yap, meski di rumah mengurus rumah tapi bukan berarti kehilangan peluang. Apalagi banyak sekali pekerjaan freelance yang bisa kita kerjakan dari mana saja.

    ReplyDelete
  24. Sekarang ini banyak kesempatan yang bisa dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga ya
    Banyak pekerjaan freelance yg bs dilakukan di rumah

    ReplyDelete
  25. Berada di rumah bukan alasan untuk tidak berpenghasilan. Dengan bantuan internet banyak pekerjaan freelancer dari rumah yang bisa menghasilkan jutaan rupiah

    ReplyDelete
  26. Buat nambah nambah penghasilan emang mesti pinter pinter cari freelance yang bisa dikerjain di rumah yaaa Kak..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^