Ingin Kuliah Jurusan Komunikasi? Ini dia Kampus Jurusan Komunikasi Terbaik

Hari berganti hari, minggu berganti minggu, rasanya waktu bergulir cepat tanpa saya sadari. Masih segar dalam ingatan anak mungil yang lucu, tertawa senang jika diayun dalam pelukan. Tatapan matanya yang bulat, terlihat senang ketika saya menyusuinya.

Kini, anak perempuan itu sudah bertambah besar. Awal tahun ajaran ini, saya mengantarkannya memasuki gerbang sebuah SMA Negeri di Bandung untuk daftar ulang. Mengiringi langkah si sulung, membawa ingatan saya beberapa tahun yang silam. Ketika mengantarkannya melakukan daftar ulang di sekolah dasar. Betapa cepatnya waktu berlalu.


http://www.nurulfitri.com/2017/09/kampus-jurusan-komunikasi-terbaik.html

Setelah beberapa minggu mencari ilmu di sekolah menengah atas, kakak mulai harus menentukan pilihan jurusan apa yang akan dipilihnya. Tidak seperti masa saya sekolah dahulu yang melakukan penjurusan di tahun kedua, kini zaman anak sulung saya, penjurusan dilakukan di awal tahun.

Dan sepanjang pengetahuan kami, jurusan di SMA mempengaruhi  jurusan apa yang nanti akan diambilnya ketika kuliah. Karena apa yang dipelajari anak di bangku SMA bisa menjadi bekal ketika dia mengikuti perkuliahan. 

Sebagai orangtua, tugas kami hanya mengarahkan saja. Apapun jurusan yang diambil oleh anak, kami akan mendukungnya. Selama anak senang dan menikmati proses belajar di jurusan tersebut, kami tidak akan melarang. 

Anak perempuan saya itu, keinginannya selalu berubah-ubah. Minatnya pada sebuah profesi selalu berbeda. Cita-citanya ketika masih di sekolah dasar, berbeda ketika dia masuk ke SMP, dan ketika belajar di SMA pun, impiannya beda lagi.

Dia senang sekali pelajaran yang menyangkut lingkungan hidup. Ketika SMP anak pertama saya itu, menjuarai perlombaan penelitian tingkat SMP nasional yang melakukan penelitian dengan tema lingkungan hidup. Saya pikir dia pasti senang jika bisa masuk jurusan IPA. Tapi ternyata, belakangan dia menyatakan, tidak suka dengan pelajaran matematika. Dia ingin mengambil jurusan IPS. 

Setelah memberinya masukan, saran dan dengan pertimbangan bersama, akhirnya kakak mantap untuk memilih jurusan IPS. Ada beberapa profesi  yang ingin dituju olehnya dengan mendalami pelajaran-pelajaran di jurusan tersebut.

Jurusan saya dan suami ketika di SMA, memang berbeda. Tapi ketika kuliah, kami sama-sama belajar di jurusan IPS. Karena itu, kami tidak keberatan jika anak perempuan itu mau kuliah di jurusan IPS.

Dan salah satu jurusan yang paling diminati di bidang IPS yaitu ilmu komunikasi. Saya beri masukan pada anak saya untuk mau memilih jurusan tersebut. Karena saya lihat, dia senang berbicara dan berteman dengan banyak orang.

Saya informasikan jika jurusan komunikasi merupakan salah satu yang kerap menjadi pilihan mahasiswa baru. Peminat untuk jurusan komunikasi pun terus meningkat melihat peluang berkarir di dunia komunikasi terbuka dengan lebar. 


Untuk menambah pengetahuan tentang sekolah yang memiliki jurusan komunikasi yang baik, saya berikan daftar universitas yang terkenal. Saya berikan daftar kampus komunikasi terbaik di Indonesia seperti :

1. Universitas Indonesia

Universitas dengan khas almamater warna kuning ini memang tidak diragukan lagi dengan kualitas pendidikannya, banyak jurusan dengan predikat akreditasi A di raih oleh Universitas Indonesia. Sama halnya dengan jurusan komunikasi yang juga mendapat predikat akreditasi dengan predikat A.

Di Universitas Indonesia jurusan komunikasi berada dibawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FSIP). Sebagai informasi tambahan Universitas Indonesia berada di peringkat pertama sebagai kampus komunikasi terbaik di Indonesia, program yang tersedia pun beragam mulai Diploma hingga pascasarjana.

2. Universitas Airlangga

Posisi kedua untuk kampus dengan jurusan komunikasi terbaik ialah Universitas Airlangga, UNAIR yang berlokasi di Surabaya ini merupakan salah satu kampus dengan jurusan komunikasi terbaik. Akreditasi untuk jurusan Ilmu Komunikasi nya pun mendapat predikat A oleh BAN-PT.

Dan hal ini tentu menjadi bukti kongkret bahwa kualitas ilmu komunikasi di jurusan sudah sangat baik.

3. Universitas Padjadjaran

Kampus komunikasi terbaik di Indonesia selanjutnya ialah UNPAD Bandung. Kampus ini memiliki sejulah fakultas dan prodi yang dapat kamu pilih. Salah satunya yang terbaik diantaranya yaitu jurusan ilmu komunikasi dengan akreditasi A. 

Kebetulan universitas ini, dekat dengan tempat tinggal kami. Dan saya serta suami merupakan alumni dari kampus yang memiliki jas almamater berwarna biru dongker tersebut. Kami mengetahui dengan pasti, keadaan di kampus tersebut. Lingkungan belajar dan fasilitasnya pun kami sudah mengenal dengan baik. Maka kami sarankan dia untuk memilih kampus tersebut. 

Tapi saya dan suami telah sepakat, tidak akan memaksakan kehendak orangtua pada anak. Kami akan menyerahkan keputusan pada kakak. Semoga dia tahu yang terbaik baginya.

4. Universitas Gadjah Mada

Kampus buluk sumur ini juga tidak mau kalah, akredetasi untuk jurusan ilmu komunikasi di UGM pun mendapat predikat A oleh BAN-PT.

Prestasi ini merupakan wujud dari kualitas pendidikan yang selama ini terus diupayakan agar semakin baik kedepannya.

5. Kalbis Institute 

Yang terakhir datang dari kampus swasta yaitu Kalbis insitute. Kalbis merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang juga merupakan salah satu kampus komunikasi terbaik. Untuk fasilitas di kampus ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, tentunya tidak kalah dengan kampus terbaik lainnya.
 
Diantara sekian banyak kampus komunikasi, 4 diatas merupakan yang terbaik dibidangnya. Saya pun menyarankan anak perempuan saya agar meningkatkan belajarnya jika ingin melanjutkan ke jurusan komunikasi supaya bisa lolos ke kampus terbaik. Sehingga profesi yang dicita-citakan pun bisa tercapai.

15 comments:

  1. Wah, saya baru tahu kalo Kalbis bagus...
    Btw, semoga sukses buat si Kakak..tercapai apa yang dicita-citakan kelak:)

    ReplyDelete
  2. sama mbak. rasanya baru kemarin nganter masuk tk, eh skrg anaknya udah mahasiswi aja. Waktu berlalu dg cepat.

    ReplyDelete
  3. Wah saya jdi ngebayangin anak saya yang masih kecil jadinya. Hrus dinikmati nih masa kcilnya. Sblum nti tiba2 bsar lalu kuliah 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dinikmati,Bun...masa-masa melihat keceriaan mereka saat kecil, gak akan terulang lagi...

      Delete
  4. Oo Kalbis recomended ya mba, noted!

    ReplyDelete
  5. Wah..anak mbak Nurul sudah besaar..saya baru masuk PAUD behehe, komunikasi yaa👍

    ReplyDelete
  6. iya mbak, ponakan saya dari kelas satu sudah ambil jurusan IPA, waktu mau ambil jurusn tersebut juga diadakan psikotes, sekarang dia sudah kelas dua, anaknya rajin bejar, dan minatnya memang dari SMP ingin melanjutkan ke fak kedokteran, semoga diterima amin,

    apaun cita-cita anak, orang tua pasti akan mendukung ya mbak :-) :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apapun cita-cita anak,kita memang perlu mendukungnya ya...

      Delete
  7. Anak sudah SMA, 3 tahun gak terasa itu loh...
    Sebentar aja udah punya mahasiswi 😊

    ReplyDelete
  8. wah Kalbis satu-satunya yang swasta kah? keren ya bisa satu kelompok dengan universitas negeri ternama

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}